Senin, 06 Agustus 2018

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 11 April 2010


Buddha Sakyamuni membabarkan di dalam sutra bahwa 9 ribu tahun kemudian, Buddha Dharma akan lenyap dari dunia ini, sutra yang paling akhir hilang dari peredaran adalah “Sutra Usia Tanpa Batas”, setelah seluruh sutra lenyap dari peredaran, masih tersisa satu sutra yakni “Sutra Usia Tanpa Batas” yang akan bertahan selama seratus tahun.

Seratus tahun kemudian, “Sutra Usia Tanpa Batas” juga akan lenyap, namun masih tersisa sepatah “Namo Amituofo”, para makhluk yang mengamalkannya masih dapat terselamatkan.

Pintu Dharma Tanah Suci sungguh menakjubkan tak terbayangkan, kita menerima dan mengamalkan sesuai dengan ajaran sutra, setelah memperoleh manfaat, kita juga mempengaruhi orang lain, supaya ikut melafal Amituofo.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 11 April 2010

佛在這個經裡講過,將來佛法到滅法時期,就是九千年之後,佛法在這世間滅了,《無量壽經》最後滅;所有經滅了之後,《無量壽經》還存在這個世間一百年。一百年之後,《無量壽經》也沒有了,還有一句「南無阿彌陀佛」,遇到這個名號,那都是有特別的緣分,都能得度。法門不可思議!世尊多次宣講不可思議,翻譯不可思議,會集不可思議,註解也不可思議。我們依教奉行,自己得利益;自己得利益,也會影響別人,
  
文摘恭錄 淨土大經解演義  (第七集)  2010/4/11




 

Saya pernah mengunjungi kamar penyepian Master Yin Guang, yang letaknya di Vihara Ling-yan-shan di Suzhou, kamar penyepian ini sangat sederhana, cuma ada sebuah altar Buddha kecil, luasnya kira-kira cuma setengah dari luas studio rekaman kita, di belakang rupang Buddha tertempel aksara “Mati” yang ditulisnya sendiri.

Setiap hari merenungkan ketidakkekalan, apakah ada lagi yang tidak sanggup diikhlaskan? Maka itu setelah kita menyaksikan Film “2012”, kita mesti menganggap hari ini merupakan hari terakhir, setiap hari juga merupakan hari terakhir, maka segala kemelekatan pasti sanggup anda lepaskan, barulah bisa memperoleh kesucian hati.  

Kita lahir ke dunia ini dengan sepasang tangan kosong, perginya juga demikian, apapun tidak bisa dibawa serta! Segenap hati mengingat Buddha, jangan memikirkan hal lainnya, di hati cuma ada Amituofo, satu arah yakni Alam Sukhavati di penjuru barat, satu tujuan yakni belajar pada Buddha Amitabha. Selain sebersit niat ini takkan ada lagi niat kedua. Dengan demikian barulah anda bersedia melepaskan segala jalinan jodoh.

Ketika bencana melanda, apakah kita perlu merasa takut? Tidak takut. Setiap hari saya mengingat Buddha Amitabha, setiap hari pula saya mengingat Alam Sukhavati, saat waktunya tiba, saya akan berpamitan dengan dunia ini, takkan ada ketakutan sama sekali!

Ini bukan pemikiran pesimis, hari ini hari terakhirku, makanya saya harus melenyapkan kejahatan menimbun kebajikan. Terhadap para makhluk yang kesusahan, saya mengerahkan segenap kemampuan untuk membantu mereka, namun takkan menaruhnya di hati, hati tetap bersih dan suci, takkan melekat, setiap saat takkan melupakan Amituofo.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 11 April 2010

印光大師的關房我去拜訪過,蘇州靈巖山寺,關房裡面一個小佛堂,不大,大概只有我們攝影棚一半大,佛像背後寫了一個字,他老人家自己寫的「死」字,這一個字。天天想到,死到臨頭了,你還有什麼放不下的?所以我們在今天看了「2012」之後,我跟大家說,我們要把今天當作我這一生最後的一天,明天早晨起來,我又是最後一天,天天都是最後一天,你就什麼都放下了,你才能得到清淨心。來到這個世間兩手空空而來,走的時候還是空空而去,什麼也帶不走!一心想佛,心裡什麼都不要放,只有阿彌陀佛,一個方向,一個目標,一個方向是西方極樂世界,一個目標是到極樂世界親近阿彌陀佛。就這一念,除這一念沒有第二個念頭,萬緣你才真放得下。災難來了怕不怕?不怕。我天天想阿彌陀佛,天天想極樂世界,終於時候到了,我去了,絲毫恐懼都沒有!天天在等待,天天在嚮往,這就對了,這不是消極,這是積極。我這一天,這是我最後一天,我必須斷惡修善,我必須積功累德,為什麼?提高自己品位,應該的。苦難眾生,我有一天、活一天,我全心全力幫大家一天,我幫大家一天,心地乾乾淨淨,就是三輪體空,絕不著相,念念不捨阿彌陀佛。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第七集)  2010/4/11




 

Sejak kapan Ajaran Buddha berubah jadi kepercayaan, menurutku mungkin terjadi setelah masa pemerintahan Kaisar Jiaqing berakhir. Kaisar Jiaqing adalah kaisar ke-7 Dinasti Qing.

Saat Kaisar Qianlong (Ayahanda Jiaqing) masih bertahta, Ajaran Buddha masih menjadi pendidikan, setiap hari vihara-vihara menyelenggarakan kegiatan ceramah.  

Setelah Kaisar Qianlong mangkat, digantikan oleh Kaisar Jiaqing, setelah Jiaqing mangkat digantikan putranya, Daoguang, perlahan-lahan Ajaran Buddha mulai berubah jadi kepercayaan.

Perubahan yang paling menyolok adalah pada masa pemerintahan Ibu Suri Cixi (permaisuri dari Kaisar Xianfeng, putra Daoguang). Ibu Suri Cixi menganut kepercayaan takhayul, tempo dulu, Kaisar mendiskusikan urusan pemerintahan dengan anggota Sangha dan praktisi senior, tetapi sekarang Ibu Suri malah menghentikan kegiatan ceramah Dharma di dalam istana.

Ibu Suri Cixi suka pada hal-hal berbau mistis, bertanya kepada ahli nujum dan orang-orang yang kesurupan, inilah penyebab runtuhnya Dinasti Qing. Master Zhang Jia menceritakannya padaku. Menurut pendapatku, persoalan ini berdampak pada generasi berikutnya, makanya di kemudian hari, Ajaran Buddha berubah jadi kepercayaan.

Guruku, Master Zhang Jia dan Mr.Fang Dong-mei menasehatiku agar meneladani Buddha Sakyamuni. Belajar ajaran sutra menuntun kita kembali ke jalan yang benar, membantu kita menemukan kembali jiwa sejati (Jiwa KeBuddhaan).  

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 11 April 2010

佛教變成宗教,變成現在這個樣子,我們要知道很晚很晚,大概我想應該在嘉慶之後。我們在乾隆的時候看到還是教學,那些寺廟裡面的高僧大德天天講經,天天在教學。乾隆以後是嘉慶,嘉慶以後是道光,總在這個時候慢慢的變質。我想真正大幅度的變質應該是在慈禧太后的時候,慈禧太后迷信,她許多事情不像從前的帝王向高僧大德請教,慈禧太后宮廷裡面不再講經。清朝宮廷裡面,經常不斷邀請儒釋道的高人講學,這個制度是慈禧太后把它廢棄,宮廷裡頭不再講學。她喜歡扶乩扶鸞,這個事情是章嘉大師告訴我的,國家大事問神,扶鸞裡頭問神,所以亡國了。我想這個影響非常大,上行下效,所以佛教變成宗教。今天說佛教是宗教,我們不能夠否定,但是我的老師章嘉大師跟方東美先生都教給我學釋迦牟尼佛。我們學習經典,經典裡面有寶,有好東西,它能幫助我們回頭,幫助我們明心見性。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第七集)  2010/4/11