Senin, 15 Oktober 2018

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 27 Mei 2010 (Bgn 2)


Terhadap orang-orang di dunia ini, apakah dia orang baik atau jahat, kita memperlakukan mereka dengan setara. Terhadap orang baik, kita memuji; terhadap pelaku kejahatan, kita takkan menaruh keburukan-nya di dalam hati, kalau kita membuang sampah ini ke dalam hati kita, bisa-bisa hati kita jadi berbau busuk.

Hati kita mulanya bajik dan bersih suci, tetapi kita malah menaruh keburukan orang lain ke dalamnya, bukankah sekarang hati kita berubah jadi tong sampahnya bukan? Bukankah hati kita sudah jadi rusak? Lantas harus bagaimana?

Hendaknya kita meneladani Buddha dan Bodhisattva, melihat segalanya dengan jelas dan dimengerti, namun takkan menaruh jejak ini di dalam hati, hati kita harus senantiasa suci dan bersih, takkan ada bekas apapun.

Juga tidak boleh taruh di mulut, sering-sering membicarakan keburukan orang lain, ini namanya menciptakan karma buruk sendiri. Setiap pelaku kejahatan pasti ada balasannya, kita jangan sampai terpengaruh oleh keburukannya.

Senantiasa memelihara sebutir hati yang suci, setara dan tercerahkan, begini barulah disebut sebagai belajar Ajaran Buddha.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 27 Mei 2010

我們對這個世間大眾,他行善也好,他作惡也好,行善我們讚歎他;他作惡,我們看到了決定不能把它放在心上,放在心上我們的心就壞了。我們的心本來是善心、清淨心,把他那些惡念、惡行裝在我們心裡面,我們的心豈不變成他的垃圾桶了嗎?我們的心不就變壞了嗎?那你就大錯特錯了!應該怎麼樣?應該要學習像佛菩薩一樣,看得清清楚楚,心裡不落痕跡,乾乾淨淨,根本就沒這回事情。也不可以放在口裡常常談「他做什麼」,那就錯了,那不是他造業,是我們自己在造口業,與他不相干。各人造各人受,我們不要被他所轉,他影響我們了,錯了,不可以。永遠保持清淨平等覺,經題上這五個字太好了,這叫真學佛。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五十一集)  2010/5/27

 


 

Hari ini semua orang mengharapkan dan menanti terwujudnya masyarakat yang harmonis dan damai, sesungguhnya keharmonisan dan perdamaian itu hendaknya dimulai dari diri kita sendiri, diri sendirilah yang harus melakukannya terlebih dulu.

Beberapa tahun silam, kami pernah melakukan uji coba untuk diperlihatkan kepada Perserikatan Bangsa-Bangsa, uji coba ini berhasil. Uji coba ini dilakukan di  kota kecil Tangchi, Kabupaten Lujiang, Provinsi Anhui.

Kami mengumpulkan 37 orang guru, untuk mengajari penduduk setempat tentang “Di Zi Gui”. Tentunya 37 orang guru ini terlebih dulu telah berhasil mengamalkan Di Zi Gui. Kalau diri sendiri belum sanggup mengamalkannya, bagaimana bisa mengajari orang lain?

Para pahlawan tanpa tanda jasa ini segera bergerilya ke berbagai pelosok untuk menyebarluaskan pendidikan kesusilaan tersebut. Tidak sampai 4 bulan kemudian, hati nurani masyarakat mulai bangkit, ini di luar perkiraan. Kami memperkirakan hasilnya baru tampak 2-3 tahun kemudian, tak terduga belum sampai 4 bulan sudah efektif.

Kondisi masyarakat berubah 180 derajat, membuat kami benar-benar merasakan apa yang diucapkan leluhur kita sebagai “Sifat dasar manusia pada mulanya adalah baik”, hal ini nyata adanya, manusia dapat dididik jadi baik.

Peristiwa ini kami tuangkan ke dalam laporan yang disampaikan kepada PBB, untuk dijadikan materi pembelajaran. Pendidikan Kesusilaan yang kami selenggarakan di Tangchi berlangsung hingga 3 tahun lamanya, kemudian kami membubarkannya dan melanjutkannya di Malaysia.

Sekitar 20 orang guru berangkat dari Tangchi melanjutkan pengajaran di Kuala Lumpur, Malaysia, sungguh sulit diperoleh. Pendidikan kesusilaan ini mendapat sambutan yang begitu besarnya dari berbagai belahan dunia, terutama praktisi-praktisi Pure Land Learning Society, mereka begitu memandang berat pada kegiatan tersebut, ini merupakan hal yang baik. Oleh karena tujuan akhir kita adalah terlahir ke Alam Sukhavati, belajar pada Buddha Amitabha.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 27 Mei 2010

今天大家都盼望著、都期待著和諧,和諧要從我們自己本身做起。這個事情我們從前做過實驗,那個實驗是做給聯合國看的,做成功了。我在安徽廬江湯池小鎮,最初我們有三十七位老師,在那個地方推行《弟子規》。三十七位老師自己先做到,自己做不到不能教人,自己做到了,下鄉入戶來教學,身行言教。不到四個月,這個小鎮人的良心都喚醒了,出乎意料之外。我們以為教學總得二年、三年才能收到效果,沒想到不到四個月成果卓著,社會起了一百八十度的變化,讓我們真正震撼到、感觸到,老祖宗所說的「人之初,性本善」是真的,不是假的,人是這麼好教的。這是我們老祖宗的德厚,我們的文化底蘊很深,雖然丟了將近一百年,一喚就醒了,這出乎意料之外。我們將這樁事情在聯合國做了詳細報告,值得大家做參考。如果是引用這些媒體、先進的這些科技來做詳實的報告,這個效果多大!我們今天,湯池做了三年,我們的教學解散了,不過馬來西亞繼續再做,湯池大概有二十位老師在吉隆坡教學,非常難得。可是影響很大,世界上許多國家,特別是我們淨宗同學,對這個都非常重視,是好事情。因為念佛的同修終極的目標,都希望將來能夠生到極樂世界,親近阿彌陀佛。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五十一集)  2010/5/27