Minggu, 16 Desember 2018

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 Juli 2010 (Bgn 1)


Buddha Amitabha tidak pernah berhenti membabarkan Dharma, oleh karena siswa baru yang berdatangan entah berapa banyak jumlahnya. Siswa-siswa yang baru hadir ini, meskipun telah bergelar Bodhisattva Avaivartika,  yang mengandalkan pemberkatan kewibawaan Buddha Amitabha, namun mereka masih harus belajar, mengapa demikian?

Kekotoran batin dan tabiatnya belum dilenyapkan, hanya saja kebijaksanaan dan kemampuan gaibnya hampir mirip dengan Buddha Amitabha, ini merupakan pemberkatan dari Buddha Amitabha.

Lantas kapan barulah kita dapat mengandalkan pelatihan diri sendiri secara keseluruhan, tidak perlu mengandalkan pemberkatan dari Buddha Amitabha, yakni ketika anda telah memperoleh Dharmakaya, dengan perkataan lain anda telah menghapus hingga tuntas khayalan, perbedaan dan kemelekatan, upaya ini membutuhkan satu kurun waktu.

Mereka yang telah berhasil seperti Bodhisattva Manjusri, Bodhisattva Samantabhadra, Bodhisattva Avalokitesvara, Bodhisattva Mahasthamaprapta, membantu Buddha Amitabha untuk membimbing para praktisi yang berada di Tanah Suci tingkat pertama (Fan-sheng-tong-ju-tu = tempat kediaman insan suci dan orang awam) dan Tanah Suci tingkat kedua (Fang-bian-you-yu-tu), oleh karena para Bodhisattva di dua tingkatan tanah suci ini masih belum menemukan kembali jiwa sejatinya.

Alam Sukhavati memiliki Guru yang bagus, Buddha Amitabha adalah Guru Pembimbing, para Bodhisattva Dharmakaya, Bodhisattva Calon Buddha datang menjadi asisten pengajar, membantu Buddha Amitabha membimbing para pendatang baru.

Lihatlah betapa unggulnya jasa kebajikan ini, betapa berwibawanya lingkungan belajar mengajar di sana!  

Buddha Amitabha telah memperlihatkan teladan yang terbaik buat kita semuanya, seperti yang sering diucapkan orang Tionghoa sebagai “Belajar tak kenal jenuh, mengajar tak kenal lelah”, kita telah melihat buktinya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 Juli 2010

Empat tingkatan Tanah Suci di Alam Sukhavati :


阿彌陀佛講學不中斷,因為新的學生每天不知道多少來報到。這新的學生,雖然是阿惟越致菩薩,彌陀威神加持的,他還是要學,為什麼?他的煩惱習氣真沒斷,只是他的智慧神通道力跟佛好像很接近,那是佛加持的。什麼時候自己真正到這個功夫,不需要佛加持了,那是你真正證得法身。真正證得法身,也就是說你真正把妄想分別執著斷盡了,不是靠佛加持的,是你自己真正斷盡,這需要一段時間。而已經斷盡的,像文殊、普賢、觀音、勢至這些大菩薩,在西方世界肯定是協助阿彌陀佛,幫助凡聖同居土跟方便有餘土,因為這兩土的菩薩沒有見性。有好的老師,佛是老師,這些法身菩薩、等覺菩薩來擔任助教,幫助阿彌陀佛、幫助這些新往生的菩薩們,你看這個功德多殊勝,這個氣象多莊嚴!十方世界找不到的。我們想學佛,想在佛法當中證得圓滿的成就,這個機會不能錯過,錯過這個機會太可惜了。阿彌陀佛給我們做出最好的榜樣,中國人所講的,「學不厭,教不倦」,我們在這裡看到了。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第七十八集)  2010/7/13


 

 

Pepatah Buddhis ada yang berbunyi “Orang kaya sulit melatih diri”, oleh karena hidupnya sudah terlampau nyaman, sehingga enggan melatih diri. Apa yang akan terjadi kalau pahalanya sudah habis dinikmati? Berapapun besarnya pahala yang dimiliki, suatu hari pasti habis dipakai.

Setelah pahala habis dinikmati, maka buah akibat karma akan segera muncul, mengikuti kekuatan karma berputar di lingkaran enam alam tumimbal lahir, menerima balasan karma.

Manusia yang menimbun berkah semasa hidupnya, akan bertumimbal lahir di Surga (Alam Dewa), menikmati pahala surgawi, meskipun di Alam Surga dia takkan menciptakan karma buruk, tetapi setelah pahalanya habis dinikmati, apa yang akan terjadi selanjutnya?

Pada masa kehidupan lampau menciptakan banyak karma buruk, karma buruk ini segera berbuah.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 Juli 2010

佛家講的「富貴學道難」,他生活太悠逸了,不想學這個東西。他福享完呢?福享完就沒有了,修再大的福都能享得盡,享盡之後,福享盡了,你過去生中造的那些業又現前,你還是搞六道輪迴,還是隨業受報。人有福報生到天上去,享天福,天上雖然不造業,天福享盡怎麼辦?過去生中在人間、在羅剎、在畜生、在餓鬼造了不少業,惡業,那還是得受報。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第七十八集)  2010/7/13




 

Di tempat mana Ajaran Buddha berkembang maka tempat tersebut memiliki berkah. Tempat yang paling berjaya adalah Alam Sukhavati. Bagaimana kita bisa mengetahui Alam Sukhavati merupakan tempat yang paling berjaya? Para Buddha di sepuluh penjuru serentak memujinya, hal ini tercantum di dalam “Amitabha Sutra” kita melihat bahwa para Buddha di enam penjuru serentak memberi pujian dan di dalam “Sutra Usia Tanpa Batas” kita melihat bahwa para Buddha di sepuluh penjuru serentak memberi pujian.

“Sutra Intan” menyebutkan bahwa “Para Buddha Tathagata berkata dengan sejujurnya dan tidak berdusta”, bolehkah anda tidak percaya? Maka itu tidak yakin pada Buddha, ini dikarenakan rintangan karma terlampau berat.

Kita harus jelas bahwa keyakinan kita tidak tahan uji. Begitu ketenaran dan keuntungan, lima nafsu keinginan (harta, rupa, ketenaran, makanan, tidur) dan enam objek (rupa, suara, bau-bauan, rasa, sentuhan, bentuk-bentuk pikiran) hadir di depan mata, keyakinannya langsung goyah, Buddha pun dilupakannya, ini bukanlah keyakinan benar.

Dari mana keyakinan benar berasal? Bagi orang awam umumnya harus membangun keyakinan hati dari belajar ajaran sutra. Hanya dengan belajar ajaran sutra, perlahan-lahan dapat memahami kebenaran dari alam semesta dan kehidupan manusia, setelah memahaminya barulah sanggup melepaskan kemelekatan.

Dengan demikian barulah dapat membangkitkan keyakinan benar, apa alasannya? Oleh karena anda mengamalkannya dengan serius. Kita melihat isi Tripitaka begitu tebal, apakah saya sanggup membacanya sampai habis?

Saya pernah berdiskusi dengan banyak praktisi pemula, ketika menyinggung hal di atas, mereka menggelengkan kepala, mustahil dapat membaca keseluruhan isi Tripitaka.

Maka itu dari sekian banyak sutra Buddha, kita pilih satu judul saja sudah cukup, mendalaminya hingga menemukan kembali jiwa sejati.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 Juli 2010

我們要肯定,有佛法的地方是有福的。佛法最盛的地方是極樂世界。怎麼知道它最盛?十方諸佛都讚歎,我們在《彌陀經》上看到六方佛讚歎,在《無量壽經》上看到十方佛讚歎。佛所說的話決定不會是妄語,決定不會是綺語,《金剛經》上說的,「諸佛如來是真語者,實語者,不誑語者,不妄語者」,你能不信嗎?所以不信佛,這個業障很重。我們自己要清楚,我們信佛,我們這個信,古人講的露水道心,禁不起考驗的。名聞利養、五欲六塵現前,他就不信,佛就忘掉了,這不是真信。真信從哪裡來?我們一般普通的人,不是上根利智,一般普通的人,我們的信心要靠經教來建立。只有通過學習經教,慢慢的把宇宙人生這些真相,佛家講的性相理事因果,搞清楚、搞明白了,你就真放下。那個時候叫真信,為什麼?你真幹了。我們看到佛家《大藏經》那麼多,我這一生能念得完嗎?我接觸過很多初學的人,談到這個地方,他就搖頭,我做不到。我們如何幫助他?幫助他要有智慧,還得有經驗。我們學了這麼多年,半個世紀多了,知道一即一切、一切即一,佛教這麼多經典,任何一部就行了。找一部簡單的,文字少的,一部經,一部經就能幫助你明心見性。那介紹哪一部?你得要觀機,眾生根性不相同。一般普通的人,能普遍契大眾機的。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第七十八集)  2010/7/13