Aliran Tanah Suci lebih unggul dibandingkan dengan aliran Tantra,
bahkan lebih praktis, tata cara di dalam aliran Tantra itu amat banyak,
dipelajari juga sungguh merepotkan.
Lain halnya dengan Aliran Tanah Suci yang cuma mengandalkan sepatah “Namo
Amituofo”, lihatlah betapa praktisnya, kapan saja juga boleh dilafal, baik
dengan suara nyaring maupun suara kecil, atau melafalnya di dalam hati, juga
boleh, ini merupakan metode yang paling praktis, yang paling mudah dipelajari
dan yang paling mudah berhasil.
Dengan lafalan Amituofo meredakan segala bentuk-bentuk pikiran,
inilah tujuan dari melafal Amituofo. Kalau tidak melafal Amituofo, maka
seharian berpikir sembarangan, makanya harus menggunakan lafalan Amituofo untuk
mengenyahkan bentuk-bentuk pikiran tersebut.
Setiap niat pikiran yang muncul adalah Amituofo, selain Amituofo
jangan ada niat pikiran lainnya, begitu niat pikiran lainnya muncul, tak peduli
itu adalah niat pikiran baik atau buruk, jangan dihiraukan, segeralah melafal
Amituofo.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 30 Agustus 2010
淨土宗比密宗還要殊勝、還要方便,密宗的儀軌很多,學起來也很麻煩。沒有淨土宗這一句「南無阿彌陀佛」,你看多方便,什麼時候都可以念,大聲念、小聲念、在心裡默念都可以,這是最方便的一個方法,最容易學,成就最高。這念,諸位要記住,要把這一句阿彌陀佛代替我們所有一切的妄念,念佛真正的目標在此地。不念佛就胡思亂想,把這些雜亂的念頭用一句佛號取而代之,這叫念佛。念念都是阿彌陀佛,除了阿彌陀佛之外沒有別的妄念,別的妄念才起來,不管它是善念、是惡念,沒有關係,都不要理它,馬上換成阿彌陀佛,妙就妙在此地。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (一二八集) 2010/8/30
Bagaimana cara Buddha Sakyamuni mencapai KeBuddhaan? Yakni melafal nama
Buddha mencapai KeBuddhaan. “Segala
sesuatu muncul dari hati dan pikiran”, bila hatimu memikirkan Buddha maka akan
mencapai KeBuddhaan, bila hatimu memikirkan Bodhisattva maka akan menjadi
Bodhisattva.
Kalau di hati tiap hari memikirkan kaya raya, ini tidaklah baik,
mengapa demikian? Oleh karena rakus akan
harta adalah hati loba, akibatnya jatuh ke Alam Setan Kelaparan, kebencian
berakibat jatuh ke Neraka, kebodohan berakibat jatuh ke Alam Binatang.
Apabila setiap niat pikiran yang timbul adalah tiga racun (ketamakan,
kebencian, kedunguan), maka masa depanmu akan suram, jatuh ke tiga alam rendah.
Maka itu Buddha Sakyamuni mengajarkan kita metode yang begitu
menakjubkan ini, tak peduli niat pikiran yang muncul itu adalah keserakahan,
kebencian maupun kebodohan, segera tanggapi dengan melafal Amituofo, hingga
niat pikiran reda, juga tetap melafal Amituofo, di dalam hati, selain lafalan
Amituofo takkan ada niat pikiran kedua lagi, anda telah berhasil, mencapai
Samadhi Pelafalan Amituofo.
Setelah mencapai Samadhi Pelafalan Amituofo, mana ada alasan tidak
berhasil terlahir ke Alam Sukhavati!
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 30 Agustus 2010
釋迦牟尼佛怎麼成佛的?念佛成佛的,這他自己說的。跟教下所講的道理完全相應,「一切法從心想生」,我心裡面想佛他就成佛,心裡想菩薩他就成菩薩。心裡面天天想發財這不好,為什麼?發財的果報是餓鬼道,貪財是貪心,貪心墮餓鬼,瞋恚墮地獄,愚痴墮畜生。你看這個是我們正報,這個三毒煩惱,如果我們念念跟三毒、跟貪瞋痴相應,你的前途是一片黑暗,你到三惡道去。所以佛教我們這個方法多妙,無論是貪念、瞋念、痴念,念才起就阿彌陀佛,念到不起念也是阿彌陀佛,心裡面除了阿彌陀佛之外,什麼都沒有,你成功了,你得念佛三昧。得念佛三昧,哪有不往生的道理!
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (一二八集) 2010/8/30
Si A yang dalam kesehariannya tidak pernah melafal Amituofo, namun
saat menjelang ajalnya tiba-tiba bersua dengan Kalyanamitra yang mengajarinya
melafal Amituofo, akhirnya dia berhasil terlahir ke Alam Sukhavati.
Sebagian praktisi yang menyaksikan hal ini jadi merasa tidak adil, kenapa
saya harus setiap hari bersusah payah melafal Amituofo, siang malam menunaikan
kebaktian pagi dan kebaktian sore, tidak pernah absen, lihatlah si A, saat
menjelang ajal baru melafal Amituofo, ternyata juga bisa berhasil.
Orang awam hanya tahu kejadian pada masa kehidupan sekarang, tidak
mengetahui kejadian masa kehidupan lampau, si A pada masa kelahiran lampaunya
telah menimbun akar kebajikan yang mendalam dan tebal, makanya saat menjelang
ajalnya bersua dengan jodoh yang baik.
Berhasil atau tidaknya seseorang terlahir ke Alam Sukhavati
ditentukan oleh sebersit niat pikiran terakhir saat menghembuskan napas
terakhir. Jika sebersit niat pikiran terakhir adalah Amituofo, maka pasti
terlahir ke Alam Sukhavati.
Hal ini dijelaskan di dalam tekad Buddha Amitabha yang ke-18, saat
menjelang ajal satu lafalan hingga sepuluh lafalan pasti terlahir ke Alam
Sukhavati.
Maka itu siapa yang bisa begitu beruntung, saat menjelang ajal bersua
dengan jodoh yang baik? Tidak gampang, lebih sulit lagi dari memenangkan
undian.
Maka itu dalam waktu keseharian kita mesti rajin melafal Amituofo,
baik-baik memupuknya jadi kebiasaan, hingga saat menjelang ajal memiliki
kepastian terlahir ke Alam Sukhavati.
Kuncinya adalah dalam waktu keseharian dapat melepaskan kemelekatan,
poin ini sangat penting; apabila dalam keseharian tidak sanggup melepaskan
kemelekatan, maka ini merupakan rintangan yang terbesar.
Dalam waktu keseharian, hendaknya memandang segala sesuatu dengan
hambar, benar-benar dapat mewujudkan seperti yang dikatakan insan zaman dulu
sebagai “Tidak bersaing dengan orang lain, tidak mendambakan dunia ini”.
Sepanjang hayat melewati hari demi hari dengan seadanya, memandang
segalanya juga merupakan hal yang baik, tidak ada yang tidak bagus, memupuk
kebiasaan tidak mengeluh, tidak ada yang tidak disukai, dengan demikian barulah
memiliki kepastian terlahir ke Alam Sukhavati.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 30 Agustus 2010
平常不念佛的人,或者念佛功夫很差,差是什麼?夾雜太多,佛號裡頭夾雜許多妄想雜念,最後遇到殊勝的善緣他也能往生。有些人看到之後好像很不公平,我比他用功,天天念佛,一生早晚課都不缺,為什麼我沒有往生,為什麼他能往生?這個道理要知道,我們凡夫只知道這一世,不知道過去世,這個往生的人,可能這一生念佛不怎麼勤快,過去生生世世累積的善根深厚,所以他在臨命終時他遇到善緣,最後那一念清淨。真正能不能往生是最後一念,一念頃,你斷氣最後那一念是阿彌陀佛,肯定往生。這經上講得很清楚,第十八願,臨命終時一念十念決定得生,這是阿彌陀佛的本願。所以誰有那麼好運氣,臨命終時遇到這種善緣?不容易,太不容易,那比買彩券中特獎還難。所以我們自己平常還是要努力,好好的培養到臨命終時真有把握,那個關鍵都在平常能放得下,這點很重要;如果平常放不下,那是我們最大的障礙。平常什麼都要看淡,真正能做到像古人所說的「於人無爭,於世無求」,這就好。一生隨緣度日,沒有一樣不好,養成沒有一樣不歡喜,我們往生才有把握。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (一二八集) 2010/8/30