Sabtu, 11 Agustus 2018

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 16 April 2010 (Bgn 1)


Tempo dulu, Upasaka Huang Nian-zu pernah memberitahukan padaku, mulai sekarang dan seterusnya, di dalam sekte Dhyana (Zen), yang mencapai pencerahan sempurna, tidak ada lagi, insan yang memiliki akar kebijaksanaan sedemikian rupa sudah tidak ada lagi; di dalam sekte Tantra, praktisi yang melatih diri mencapai KeBuddhaan, juga tidak ada lagi; yang ada hanyalah praktisi pelafal Amituofo, yang belajar pada Buddha Amitabha, merekalah yang memperoleh penyelamatan.

Pintu Dharma Tanah Suci merangkul semua kalangan, hanya satu-satunya Pintu Dharma ini yang akan menyelamatkan para makhluk hingga Buddha Dharma lenyap dari permukaan Bumi ini, yang juga berarti selama periode keberlangsungan Dharma Buddha Sakyamuni 12 ribu tahun, sampai waktu penghujungnya, Metode Pelafalan Amituofo tetap efektif menyelamatkan para makhluk.  

Dengan perkataan lain, mulai saat sekarang dan seterusnya, hanya Pintu Dharma ini yang dapat menyelamatkan para makhluk.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 16 April 2010

往年黃念祖老居士告訴我,從今之後,禪宗裡面大徹大悟沒有了,這個根性的人沒有了,密宗裡三密相應、即身成佛也沒有了,只有念佛往生,親近阿彌陀佛,這也是屬於一種得度。這個法門三根普被,聖凡齊收,只有這一門。而這一門一直到佛法在這個世間消滅,也就是說,世尊的法運一萬二千年,到終了,這個法門都有效。換句話說,從今之後只有這一門我們能夠得度,除這一門之外真難,真不容易!

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第十二集)  2010/4/16





Setiap hadirin Persamuan Avatamsaka Sutra, selain para Bodhisattva, apakah ada Arahat? Ada, juga ada Pratyekabuddha, para Dewa dan Malaikat. Para Dewa dan Malaikat ini merupakan makhluk awam di enam alam tumimbal lahir, lantas kenapa mereka dapat hadir dalam Persamuan tersebut?

Ini menunjukkan pada kita bahwa alam saha ini merupakan tempat keberadaan makhluk awam dan insan suci, tampaknya banyak sekali makhluk awam, sesungguhnya mereka merupakan Bodhisattva Dharmakaya (calon Buddha) yang sedang menjelma di enam alam tumimbal lahir, mereka datang menyamar sebagai makhluk awam.

Malaikat Pohon, Malaikat Gunung, Malaikat Sungai, Malaikat Bumi atau Dewa Bumi (catatan : Dewa di Langit dan Malaikat di Bumi), mereka juga ikut menghadiri Persamuan Avatamsaka, mereka ini semuanya merupakan jelmaan Bodhisattva Dharmakaya.   

Dari sini dapat diketahui bahwa, semakin banyak penderitaan yang dialami manusia, semakin banyak pula para Buddha dan Bodhisattva yang menjelma di dunia, kita tidak mengenali mereka.

Andaikata bukan demikian, maka sejak awal Bumi kita sudah menghadapi kehancuran, kita mengandalkan pahala Mereka, Mereka secara diam-diam membantu kita, kita tidak tahu sama sekali.

Bila kita kembali ke jalan yang benar, menerima dan mengamalkan sesuai dengan ajaran sutra, maka bukan saja kita yang terselamatkan, namun juga dapat membantu Bumi ini, membantu masyarakat ini mengurai bencana; walaupun tidak mampu mengeliminasi-nya secara keseluruhan, minimal dapat meringankan, waktunya juga dapat dipersingkat, pasti ada gunanya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 16 April 2010

凡是參加華嚴法會的,我們在這個經裡面看到,除了菩薩之外,有沒有聲聞?有,也有緣覺,還有天神,甚至於我們世間許許多多神眾都參加了。這是六道凡夫,他們為什麼能參加?這裡面給我們很大的啟示,說明這個地方是凡聖同居土,許許多多的凡夫,實際上他們是法身大士應化在六道,他不是真的凡夫。樹神、山神、河神、地神,地神就是土地神,他們也在華嚴會上,那是什麼?這些神全是法身大士,法身菩薩,上上根人,他到那裡示現的。由此可知,眾生愈是有苦難,我們這個世間裡面諸佛菩薩來的人也愈多,我們肉眼凡夫不認識!如果沒有這麼多佛菩薩在我們這個人間,大地早就沉下去了,我們託他們的福,他們在暗中幫助我們,我們不知道。如果我們能夠回心向善,能夠依教奉行,不但自己得度,也能幫助這個地球,也能幫助這個社會化解災難;不能完全化解,把這個災難減輕,時間縮短,肯定能收到效果。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第十二集)  2010/4/16

 


 

Saya selalu berkata pada praktisi sekalian bahwa “Empat Tekad Agung Bodhisattva”, di dunia ini kita hanya sanggup mengamalkan butir pertama dan kedua saja, sedangkan butir ketiga dan keempat, hanya dapat kita wujudkan di Alam Sukhavati nanti.

“Bertekad mempelajari Pintu Dharma yang tak terhingga”, hanya dapat diwujudkan kelak setelah terlahir di Alam Sukhavati, sebelum berhasil terlahir di Tanah Suci Sukhavati, maka kita tetap harus menfokuskan diri pada satu Pintu Dharma dan mendalaminya, saya mengandalkan satu metode ini untuk mencapai Alam Sukhavati, setelah bersua dengan Buddha Amitabha, barulah belajar beraneka ragam.  

Kalau sekarang buru-buru belajar beraneka ragam, maka anda hanya menunda kesempatan bagi diri sendiri, anda jadi tidak terfokus, pikiran jadi bercabang-cabang, waktu dan tenaga tidak cukup digunakan; yang kedua, begitu perhatian anda terpecah, pikiran anda tidak dapat terfokus, dengan perkataan lain, satu Pintu Dharma saja tidak sanggup dilatih dengan baik, maka ini sungguh disayangkan.

Lebih baik pada satu masa kehidupan ini kita menfokuskan diri pada satu Pintu Dharma dan mendalaminya, melatihnya berkesinambungan selama jangka panjang, pasti dapat meraih keberhasilan, sampai di Alam Sukhavati barulah belajar beraneka ragam, aman dan kokoh, ini merupakan cara yang bagus.

Meneladani Master Lian-chi yang berkata : “12 Bagian Tripitaka, biarlah orang lain yang mempelajarinya dan mencapai pencerahan“, saya tidak ingin mempelajarinya, biarlah orang lain saja yang belajar; “84 ribu pintu Dharma juga mengalah pada orang lain”, kita sendiri hanya menjalankan satu Pintu Dharma ini, sepanjang hayat cuma satu metode, satu arah, satu tujuan, melafal Amituofo berkesinambungan tak terputus, membulatkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati, dengan begini barulah dapat berhasil, buat apa membuat persoalan jadi begitu ribet.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 16 April 2010

我在早年講學當中就常常勸勉同學們,四弘誓願,我們在這個世間只學前頭兩願,後面兩願我們做不到。我們只學前面兩個,後面兩個到極樂世界再圓滿,廣學多聞到極樂世界去,沒到極樂世界去,我一門深入,我靠這一門穩穩當當的取極樂世界,親近阿彌陀佛之後再廣學多聞。現在不要搞,現在要搞廣學多聞,你就耽誤自己,你要分心,你的精神、精力、時間不夠用;第二個是你分心了,你精神意志不能集中,換句話說,你一門都學不好,那就可惜了。不如我們在這一生當中一門深入、長時薰修,自己決定有成就,到極樂世界再廣學多聞,穩穩當當,這個方法好。學蓮池大師,他有兩句話很了不起,「三藏十二部,讓給別人悟」,我不搞,讓別人去搞;「八萬四千門,也讓給別人行」,我們自己只走一條路,一生當中就一條路,一個方向、一個目標,死心塌地執持名號求生淨土,就對了,就成功了,何必找這麼多麻煩。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第十二集)  2010/4/16