Selasa, 09 Oktober 2018

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 19 Mei 2010 (Bgn 2)


Sambil belajar anda akan mencicipi aroma Dharma, Guru Sesepuh dan praktisi senior jaman dulu berkata, “Aroma duniawi tidak sekental Aroma Dharma”.

Maksudnya adalah aroma yang ada di dalam enam alam tumimbal lahir bila dibandingkan dengan Buddha Dharma, maka bedanya adalah sangat jauh sekali. Kenyataannya aroma Dharma lebih kental daripada aroma duniawi, di dalam aroma Dharma terdapat sukacita yang mengalir keluar dari jiwa sejati.

Serupa dengan Konfusius yang telah berhasil memperolehnya, lihatlah di dalam Lun Yu (Analek Konfusius), kalimat pembukanya adalah “Ketika teori yang telah dipelajari dapat diterapkan dalam kehidupan keseharian, betapa bahagianya”.

Apa yang anda pelajari dari ajaran Suciwan, kemudian diterapkan dalam kehidupan keseharian, di dalam hati pasti muncul sukacita Dharma. Yang juga berarti bahwa sukacita itu muncul dari dalam batin, bukan diperoleh dari lingkungan luar, tidak ada kaitannya dengan kondisi luar, maka itu Konfusius telah mencicipi perasaan sukacita tersebut.

Sedangkan bagi praktisi yang mendalami Buddha Dharma, akan mencicipi aroma Dharma, senantiasa membangkitkan hati sukacita, berbahagia dalam Dharma.

Praktisi sekalian janganlah meremehkan dua kalimat di atas, andaikata anda telah memahaminya, maka akan membawa padamu manfaat besar. Pepatah berkata “Manusia saat bertemu dengan hal yang menggembirakan akan jadi penuh semangat”. Kalimat ini akan mengantar anda pada seni kesehatan.

Setelah menginjak usia paruh baya, manusia semakin merasakan betapa pentingnya menjaga kesehatan itu, betapa berharganya kesehatan, ini barulah merupakan pahala yang sesungguhnya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 19 Mei 2010

你在學習當中嘗到味道了,叫法味,古來祖師大德常說的,「世味哪有法味濃」。世味是講六道輪迴裡面,要跟佛法來比那差太遠了。法味確實濃於世味,法味裡面有從自性裡面流露出來的喜悅。孔夫子得到了,你看《論語》第一句話說,「學而時習之,不亦說乎」。你能從聖人那邊學到的,落實到自己日常生活當中,你內心裡面就生法喜。那個悅,喜悅是從內心裡面生出來的,不是外面環境的,與外境不相干,所以夫子嘗到。佛法祖師大德講得就更多了,你真正契入經教之後,嘗到法味,常生歡喜心,法喜充滿。諸位不要小看這兩句話,這兩句話你要是明白了,你有大受用。世間諺語常說「人逢喜事精神爽」,換句話說,你得體會到養生。中年以上的人都感覺到,養生很重要,身心健康很重要,這是真正的福報。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四十四集)  2010/5/19




 

Dari mana kesehatan itu berasal? Kesehatan berasal dari hati sukacita, jika setiap hari wajahmu selalu murung, anda pasti sedang sakit-sakitan, mana bisa muncul hati sukacita? Makanya kesehatan jadi sirna.

Kesehatan berasal dari hati sukacita, setiap hari hidup dengan gembira, orang ini pasti sehat secara lahiriah maupun batiniah, tiada menderita penyakit apapun; usia bertambah namun tidak menua juga tidak melemah, inilah yang disebut pahala.

Apabila anda ingin memperoleh pahala besar ini, maka caranya banyak tercantum di dalam ajaran sutra Mahayana. Ini merupakan manfaat langsung yang diberikan oleh Buddha Dharma kepada kita, yang juga merupakan secuil manfaat yang dari sejumlah manfaat besar lainnya.

Anda memperoleh manfaat ini pasti sehat secara lahiriah maupun batiniah, keluarga harmonis, karir lancar, lebih luas lagi cakupannya adalah masyarakat aman sentosa, dunia diliputi perdamaian, ini cuma secuil manfaat dari sejumlah manfaat besar lainnya, yang diberikan oleh Buddha Dharma.

Manfaat besar yang diberikan oleh Buddha Dharma adalah membantumu mencapai tingkatan Bodhisattva dan menyempurnakan KeBuddhaan, sehingga memiliki kemampuan berjelajah di seluruh semesta alam untuk membabarkan Dharma kepada para makhluk, inilah yang disebut sebagai manfaat besar.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 19 Mei 2010

健康從哪來的?健康從歡喜心來的,如果你每天都愁眉苦臉,你一定多病,你哪來的歡喜心?所以健康就沒有了。健康從歡喜心來的,每一天生活都快樂,這個人身心健康,百病不生;年齡增長,老而不衰,這叫福報。你要想得這個大福報,那大乘經教裡面就太多了,到處都是。這是佛法對我們最直接的,也是最少分的利益。你得到這個利益肯定身心健康、家庭美滿、事業順利,再擴大社會安定、世界和平,這在佛法講小利,這不是大利。大利益是幫助你成菩薩、成佛,你有能力在遍法界虛空界裡面去教化眾生,大利益。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四十四集)  2010/5/19


 


 


Keterangan Gambar : Dasa Dharmadhatu

  

Upasaka Huang Nian-zu menyimpulkan bahwa Aliran Tanah Suci berbeda dengan Aliran Avatamsaka, Tiantai, Tantra dan aliran Mahayana lainnya, apa alasannya?

Cara belajar aliran lainnya harus melewati berbagai tingkatan, serupa dengan sekolah, mulai dari sekolah dasar, menengah, universitas hingga pascasarjana, butuh waktu yang sangat panjang, belum tentu ada hasilnya, mengapa demikian?

Sebanyak apapun materi yang telah dipelajari, pada akhirnya berubah jadi pengetahuan, bukan kebijaksanaan. Apa alasannya? Khayalan, perbedaan dan kemelekatan tidak dilepaskan, makanya anda tetap saja hidup dalam dunia yang penuh dengan keresahan dan beban pikiran.

Anda tidak sanggup membebaskan diri dari belenggu ini, tidak mendapatkan kebebasan batin, tidak memperoleh kebahagiaan yang sesungguhnya.

Jika ingin memperoleh manfaat dari Buddha Dharma, anda harus melepaskan kekotoran batin dan tabiat, menemukan kembali jiwa sejati, jiwa sejati ini sejak semula adalah sedemikian murni sedemikian bajiknya.

Leluhur orang Tionghoa berkata, “Sifat asli manusia sesungguhnya adalah baik”, Klasik Tiga Aksara menyebutkan, “Pada mulanya sifat dasar manusia adalah baik”, maka itu kembali pada kebajikan barulah merasakan sukacita Dharma.
 
Tujuan akhir dari belajar Buddha Dharma adalah mengajari kita untuk menemukan kembali jiwa sejati, satu arah, satu tujuan, namun metode itu ada banyak sekali, maka itu ada 84 ribu pintu Dharma.

Bila ingin meraih keberhasilan pada satu masa kehidupan ini juga, dari sekian banyak pintu Dharma, kita pilih 1 pintu saja, jangan sampai memilih 2 pintu atau 3 pintu, anda tidak mungkin memasukinya secara bersamaan, hanya 1 pintu saja barulah anda dapat melangkah masuk, memperoleh kesempurnaan. 84 ribu pintu Dharma adalah diperuntukkan bagi praktisi yang memiliki akar kebijaksanaan yang berbeda-beda, jadi bukan menyuruhmu belajar semuanya.

Serupa dengan memasuki perguruan tinggi, anda hanya boleh mengambil satu jurusan, 4 tahun tamat kuliah dapat gelar Sarjana. Kalau anda mengambil semua jurusan, mungkin sampai 400 tahun kemudian belum tamat-tamat juga, anda tidak punya hasil apapun.

Menfokuskan diri pada satu Pintu Dharma dan mendalaminya, melatihnya berkesinambungan untuk jangka panjang, begini barulah betul. Setelah memahami Ajaran Sukhavati, setiap insan dapat mengamalkannya, memperoleh manfaat yang sesungguhnya, tidak wajib menyingkirkan kekotoran batin, tidak hanya melampaui Triloka, bahkan juga dapat melampaui Dasa Dharmadhatu.

Semoga kita semuanya dapat serius mengamalkannya, menfokuskan diri pada satu Pintu Dharma dan mendalaminya, melatihnya berkesinambungan untuk jangka panjang, setiap insan dapat meraih keberhasilan, bahkan dalam waktu singkat mencapai kesempurnaan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 19 Mei 2010

黃老這個結論結得好,淨土跟這些像華嚴、天台、三論、法相、密宗不一樣,為什麼?他們那些宗派學習確實分很多層次,就像讀書一樣,你得從小學、中學、大學、研究所,要很長的時間,還未必能有結果,為什麼?教理學得再多,會變成常識、變成知識,不是智慧。為什麼?妄想分別執著沒放下,所以你依舊生活在煩惱苦惱的世界裡,你無法解脫,你得不到大自在,你得不到真正的快樂。要想真正得到佛法利益,你一定把煩惱習氣放下,回歸自性,自性純淨純善。我們中國老祖宗講得好,「本性本善」,《三字經》上第一句話說,「人之初,性本善」,回到本善那才有樂趣,才會有法喜。

佛法的教學終極的目標就是教我們回歸自性,方向是一個,目標是一個,方法千差萬別,所以八萬四千法門。我們希望在一生當中成就的,這麼多法門裡頭只選擇一門,你千萬不要選二門、三門,二門、三門你進不去,一門就進去了,進去之後一切都得到了,你所得到的是圓滿的。佛說那麼多法門,是給不同根性的人去選擇的,不是叫你統統學的,你統統學你就錯了。跟在大學念書一樣,只能念一個科系,四年就畢業了。你說把所有科系都念完,四百年都畢不了業,你不會有成就。一門深入、長時薰修,就對了。真正了解淨宗,人人能行,真實利益,不需要斷惑,就能超越十法界,不只三界,超越十法界,所以是頓中之頓的圓滿大教。這個話說得一點都不錯,希望我們同學要認真努力,一門深入,長時薰修,個個都能成就,而且很快就成就。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四十四集)  2010/5/19