Orang masa kini tidak memahami apa yang sebenarnya diinginkan-nya? “Di
dalam Pintu Buddha, segala permohonan pasti terkabul”, tetapi caranya harus
benar, sesuai dengan ajaran sutra, jadi bukan sembarangan doanya pasti
dikabulkan.
Seperti yang dilakukan sebagian orang, bakar dupa lalu memanjatkan
doa, dengan cara begini bagaimana permohonan bisa terkabul? Harus percaya pada
Sebab Akibat, anda menanam benih yang bagaimana barulah memetik buah yang
bagaimana.
Sepanjang hidupku, saya memberi teladan dalam bentuk pengamalan nyata
kepada praktisi sekalian, saat berusia muda, saya begitu miskin, gudang uangku
kosong melompong, tetapi sekarang apa yang ingin saya lakukan, semuanya bukan
masalah lagi.
Bila anda bertanya padaku, kegiatan apa lagi yang ingin saya
selenggarakan? Saya akan menjawab, tidak ada yang ingin saya wujudkan. Saya
hanya ingin meneladani Buddha Sakyamuni, setiap hari memberi ceramah Dharma.
Seperti sekarang ini setiap hari saya memberi ceramah selama 4 jam,
tetapi rekan-rekanku bilang kalau usiaku sudah senja, makanya perlu dikurangi
jadi 2 jam saja, saya jadi begitu sedih.
Padahal bagiku 4 jam sudah ideal, 2 jam di siang hari, 2 jam lagi di sore
hari, tidak letih sama sekali, kalau tidak memberi ceramah, tamu-tamu akan
berdatangan dan bercengkerama denganku, bukankah ini sama saja?
Maka itu di dalam garis hidupku, hidup melarat, namun kini segala
keinginanku dapat terwujud; di dalam garis hidupku, usiaku cuma sampai 45 tahun
saja, namun kini saya telah berusia 84 tahun.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 10 Juli 2010
現在人他真的不懂,你在這社會上,你想要什麼東西,「佛氏門中,有求必應」,這裡頭有道理、有方法,不是盲目去祈求的。像一般人那種燒香禱告,這做不到的,它有因果,要知道修什麼樣的因你得什麼樣的果報。我這一生,現身給大家說法,我剛才跟你講的,我沒有財,財庫裡頭空空的,可是現在想做什麼事情都沒有問題。你問我想不想做事?什麼事都不想做,學釋迦牟尼佛,就想教書,像這樣上課。我像這樣上課,我現在每天跟大家上四個小時還沒有問題,可是我們一些同學,說年歲太大了,四個小時不行,要減兩個小時,我自己都覺得很難過。四個小時對我來講是正好,上午兩個小時、下午兩個小時多好,不累,不上課跟別人講話還不是一樣在浪費時間。所以,命裡沒有財,不想了;沒有壽命,壽命延長了,我壽命四十五歲,今年八十四,我延壽延得比別人長,袁了凡先生延壽二十一年,我比他超過太多了。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第七十五集) 2010/7/10
Setelah memahami
Ajaran Buddha, tiada lagi perasaan takut terhadap kematian, takkan mengulangi
kebodohan lagi yakni bertumimbal lahir, pada satu masa kehidupan ini mesti
terlahir ke Alam Sukhavati, begini barulah betul.
Hanya ada satu
tempat yang ingin kutuju, yakni Alam Sukhavati, buat apa kita ke sana? Untuk menuntut
ilmu (melatih diri dan mencapai KeBuddhaan). Buddha Amitabha adalah Guru; Bodhisattva
Manjusri, Bodhisattva Samantabhadra, Bodhisattva Avalokitesvara, Bodhisattva
Mahasthamaprapta adalah teman sekolah kita, dalam satu kelahiran pasti
menyempurnakan KeBuddhaan, ini merupakan cita-cita kita semuanya.
Setelah mencapai
KeBuddhaan, lalu menuju ke sepuluh penjuru alam guna menyelamatkan para
makhluk, saat itu kita telah mempunyai kemampuan, di manapun ada makhluk yang
menderita, ke sanalah kita menuju dan membantu mereka, memperoleh pembebasan
agung!
Tetapi orang
sekarang malah mengabaikan Ajaran Buddha, katanya begini, “Deritaku tidak perlu
kamu ikut campur; saya sudi jalani deritaku sendiri; anda punya faedah bagus,
saya juga tidak mau”, menolaknya mentah-mentah.
Orang begini
disebut orang pandir, pantas kenyang makan siksaan. Buddha Amitabha hanya bisa
menunggu di satu sisi, menanti suatu hari anda tercerahkan dan mencari
perlindunganNya, Beliau segera datang menyelamatkan dirimu.
Kalau anda tidak sudi
menerima kehadiranNya, maka Sang Buddha juga takkan memaksamu, setelah anda
tercerahkan, Buddha segera datang menyelamatkan dirimu.
Buddha
memperlakukan semua makhluk dengan setara, inilah yang dimaksud dengan segala
permohonan pasti direspon.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 10 Juli 2010
學佛之後明白了,事實真相搞清楚了,沒有貪生的念頭,也沒有怕死的念頭。生死明白了,這叫了生死,了是明瞭,明瞭生死是怎麼回事情,明瞭了。明瞭就要幹明瞭的事情,不能幹糊塗事情,明瞭我們這一生身體死了之後精神不死,咱們到哪裡去?決定求生淨土,這就對了。哪裡我都不想去,我就想到極樂世界,到極樂世界去幹什麼?去留學去。阿彌陀佛是老師,那裡有好老師,文殊、普賢、觀音、勢至是同學。在那個環境裡面修學,一生當中決定圓滿成佛,圓滿回歸自性,這是我們念念當中所希求的。成佛之後,再廣度眾生,像諸佛如來一樣,那個時候有能力、有神通,遍法界虛空界,哪個地方眾生有難,就可以到那個地方去幫助他,真正得大自在!這是真的,絕不是假的,佛法對這些道理講得太清楚、太明白了,這是滅苦、與利。現代人如果說是不要佛教、反對佛教,那就是拒絕,「我苦你不要管,我受我的苦,你有好的利益我也不要」,不就是這個?拒絕了。這是傻人,這不是個聰明人,那真的他該受苦,他該受磨難。佛在旁邊等著,哪一天覺悟了你再來找他,他隨時等著,你不找他,他不找你,你找他的時候有求必應。佛對一切眾生是平等的,沒有厚此薄彼,真的是「千處祈求千處應」。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第七十五集) 2010/7/10
Bodhisattva Maitreya melambangkan Maitri Karuna, wajah yang
senantiasa tersenyum. Orang Tiongkok mengukir rupang Bodhisattva Maitreya mengikuti
rupa Bhiksu Kantong Kain. Sebelum wafat, Bhiksu Kantong mengaku dirinya adalah
jelmaan dari Bodhisattva Maitreya. Setelah mengaku langsung meninggal dunia,
jadi takkan berlama-lamaan di sini menanti dipuja umat.
Praktisi sekalian harus mengingat satu poin penting ini, sekarang di
dalam masyarakat ini banyak orang yang menciptakan rumor, yang mengaku dirinya
adalah jelmaan Buddha atau Bodhisattva, tempo dulu waktu saya berada di
Amerika, sudah banyak mendengarnya.
Tetapi setelah jati dirinya terbongkar, malah tak pergi-pergi, sudah
jelas ini adalah produk imitasi. Setelah jati diri terbongkar, tak peduli atas
pengakuan diri sendiri atau orang lain yang mengatakannya, begitu jati diri
terbongkar, yang tulen pasti segera memasuki ketidakkekalan.
Ini merupakan aturan dalam Buddha Dharma, asalkan memahaminya maka
praktisi sekalian takkan masuk perangkap, takkan dikelabui.
Demikian pula kalau ada orang lain datang bilang padamu, “Saya bisa
menerawang, anda ini adalah jelmaan Bodhisattva”, kalau jati dirimu sudah
terbongkar, tapi tidak pergi-pergi juga, ini pasti produk imitasi, terkecuali
begitu jati diri terbongkar anda langsung wafat, maka ini dipastikan adalah
tulen.
Kalau jati diri sudah terbongkar, tapi anda masih berdiri di sana,
nothing happening, ini pasti adalah palsu, tukang bohong. Jadi kebenaran ini
mesti dipahami.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 10 Juli 2010
彌勒也是代表慈悲,笑口常開。我們中國人塑彌勒菩薩像塑布袋和尚,布袋和尚臨走的時候跟大家宣布,他是彌勒菩薩再來的,說了就走了,這是真的,不是假的。所以中國人塑彌勒菩薩都塑他的像。諸位在此地千萬要記住一句話,現在這個社會上造謠生事的很多,說這個人是什麼佛再來的,那個人是什麼菩薩再來的,當年我在美國就聽到很多。可是身分暴露他又不走,那就是假的。身分一暴露,不管是自己說的是別人說的,說出來他馬上就走了,真的,這一點不假;說了沒走,假的,不是真的。這是佛法裡一個規矩,諸位要懂得就不會上當、就不會受騙。別人如果來說你,你是什麼菩薩再來的,你也沒走,說了你馬上就死了這是真的,說了你還活著在這裡,不是真的,假的,騙人的。這個要懂,佛法到底是真是假,從這裡辨別。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第七十五集) 2010/7/10