“Tak peduli bagi
yang memuji maupun menfitnah Buddha Amitabha”. Ketika diliputi oleh
ketidaktahuan, tidak memahami kebenaran, kita bisa saja menfitnah Ajaran
Sukhavati, namun kemudian, bertemu dengan Kalyanamitra yang menjelaskan padamu,
anda jadi mengerti lalu bertobat, beralih menjadi memuji Buddha Amitabha.
Tak peduli memuji
maupun menfitnah, asalkan anda mengetahui adanya lafalan Amituofo, maka di
Alayavijnana (gudang kesadaran) telah tertanam benih Amituofo, akar kebajikan
ini. Dalam satu kehidupan ini belum berhasil, namun pada masa kehidupan
berikutnya atau yang akan datang, “Berkalpa-kalpa atau kelahiran demi kelahiran
kelak, dengan mengandalkan sepatah Amituofo pasti memperoleh pembebasan”, anda
memiliki akar kebajikan ini, kelak di kemudian hari bertemu dengan faktor
pendukung, pasti terlahir di Tanah Suci Sukhavati.
Maka itu di dalam
Pintu Dharma ini sering dikatakan sebagai “Begitu sepatah Amituofo melewati
indera pendengaran, selamanya tertanam menjadi benih vajra”.
Anda melihat rupang
Buddha Amitabha, bernamaskara pada rupang Buddha Amitabha, mendengar suara
lafalan Amituofo, mendengar suara pembacaan sutra, benih-benih ini akan
tertanam selamanya di Alayavijnana (gudang kesadaran).
Benih-benih ini,
Guru Sesepuh menyebutnya sebagai benih vajra, yang selamanya takkan rusak,
setelah melewati kalpa demi kalpa, kelahiran demi kelahiran, ketika anda
berkesempatan terlahir kembali jadi manusia, bertemu lagi dengan Pintu Dharma
Tanah Suci, boleh dikatakan jodoh sudah masak.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 18 Mei 2010
「或讚或毀」,你讚歎阿彌陀佛,你毀謗阿彌陀佛。在無知的時候、不了解的時候毀謗,一遇到善友跟你講解,你明白了,你就懺悔,你就讚歎。無論是毀謗是讚歎,你知道有阿彌陀佛,你阿賴耶裡面就有阿彌陀佛的種子,這就是善根。這一生不能成就,來生後世,「多劫多生,俱蒙解脫」,你有這個善根,以後遇到善緣,你肯定往生淨土。所以這個法門裡常講,「一歷耳根,永為道種」。你看到阿彌陀佛的形像,知道這尊佛是阿彌陀佛,聽到念佛的音聲、聽到讀誦經典的經句,阿賴耶裡面都形成種子。這個種子,祖師大德稱為金剛種子,永遠不壞,多劫多生,你哪一世得人身,又遇到這個法門,就可能成熟。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四十三集) 2010/5/18
Praktisi sekalian
hendaknya tahu bahwa kita bisa bertemu dengan Pintu Dharma ini, bukanlah karena
faktor kebetulan, namun pada masa-masa kehidupan sebelumnya, sudah pernah
bertemu dengan metode ini, barulah pada masa kelahiran sekarang memiliki akar
kebajikan sedemikian rupa.
Begitu mendengar
lafalan Amituofo langsung timbul perasaan sukacita, begitu mendengar Ajaran
Sukhavati langsung menerima dan meyakininya, ini menjelaskan bahwa anda pada
masa-masa kelahiran sebelumnya telah akrab dengan Pintu Dharma ini.
Lantas kenapa pada
masa kelahiran lampau anda tidak berhasil terlahir ke Alam Sukhavati? Hanya ada
satu alasan, kemelekatan pada perasaan belum sanggup dilepaskan, masih begitu
mendambakan dunia ini.
Kemelekatan pada
perasaan, bila belum sanggup dilepaskan, serupa dengan yang dikatakan oleh
Upasaka Li Bing-nan, maka anda tidak dapat keluar dari lingkaran tumimbal
lahir.
Berputar di dalam
enam alam tumimbal lahir, betapa sulitnya memperoleh kesempatan bertemu dengan
Buddha Dharma, coba bayangkan, andaikata pada satu masa kehidupan, anda
berhasil terlahir jadi manusia, dari populasi dunia yang berjumlah lebih dari 6 miliar,
anda merupakan salah satunya, anda akan bertumibal lahir di wilayah mana?
Apakah anda bisa
menjamin dirimu dapat bertemu kembali dengan Buddha Dharma? Andaikata anda
sudah berhasil bertemu dengan Buddha Dharma, lantas apakah anda juga bisa
beruntung bersua dengan Pintu Dharma Tanah Suci? Tidak gampang, bahkan
terlampau sulit! Hal ini lebih sulit lagi daripada memenangkan lotere.
Maka itu pada satu
masa kehidupan ini, kita benar-benar telah memenangkan Grand Price. Anda harus
mempertahankannya, sehingga pada satu masa kehidupan ini meraih kesempurnaan.
Pintu Dharma ini
begitu luas, merangkul semua kalangan, baik yang memiliki akar kebijaksanaan tajam,
menengah maupun tumpul. Tak peduli bagaimanapun akar kebijaksanaan yang anda
miliki, walaupun pelatihan dirimu tidak bagus, juga bisa terlahir ke Alam
Sukhavati, asalkan bersedia melepaskan segala kemelekatan, semua sampah batin
di dunia ini jangan lagi ditaruh di hati, kalau masih hobi mengoleksi beragam
macam kekhawatiran dan kecemasan, maka ini menunjukkan bahwa anda masih belum
mengikis akar enam alam tumimbal lahir.
Lepaskan segala
kemelekatan, di dalam hati hanya boleh ditaruh Tanah Suci Sukhavati, hanya
boleh ada Buddha Amitabha, barulah anda bisa berhasil terlahir ke Alam
Sukhavati, dalam satu kelahiran pasti mencapai KeBuddhaan.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 18 Mei 2010
我們淨宗同學應當要曉得,我們遇到這個法門,決定不只是這一生才聞到,過去生中多生多劫不知遇到多少次,才有今天這樣的善根。一聽就歡喜,一聽就能接受,這是說明你過去生對它已經很熟悉。為什麼那個時候沒走得了?只有一個因素,情執沒放下,對這個世間還有掛念。掛念裡面最重的就是情執,你沒把它放下,這個東西放不下,就是李老師所說的,你就不能避免長劫輪迴。你在六道輪迴裡面很不容易遇到佛法,你想想,如果你來生得人身,全世界有六十多億人,你是其中之一,你生在哪個地區?你有機會聞到佛法嗎?聞到佛法,聽說有個佛,聽說有佛教,你知道有淨土嗎?不容易,太難太難了!這個比彩票特獎還難。所以這一生我們真的是中特獎了,你一定要把握住,真正能把握住,你這一生決定就成就。這個法門廣大,不在乎什麼樣的根性,你說我修得不好,修得不好也能去,只要真正能夠放下萬緣,世間拉拉雜雜事情再不要牽掛,牽掛這些事情,那就是六道輪迴的根你沒斷。什麼都得放下,心裡面只有西方淨土,只有阿彌陀佛,你就決定得生,決定一生成就。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四十三集) 2010/5/18
Tiga sutra Aliran Sukhavati adalah Amitabha Sutra, Sutra Usia Tanpa
Batas dan Amitayurdhyana Sutra. Bagaimana sikap kita memandang tiga sutra ini?
Kita harus memandang tiga sutra ini sebagai rumah kediaman diri sendiri, Buddha
Amitabha adalah Ayahbundaku, para Bodhisattva Calon Buddha yang jumlahnya tak
terhingga dan tanpa batas sebagai saudara-saudaraku.
Dikarenakan ketidaktahuan, kita kabur dari rumah, berkelana di luar,
kenyang menikmati kesengsaraan, setelah kelelahan barulah teringat akan
hangatnya kasih sayang Ayahbunda di rumah, maka itu mesti bertekad segera
pulang ke rumah, jangan lagi hidup sengsara di luar, menempuh jalan
berliku-liku, sungguh tidak pantas!
Setelah bertekad kembali ke rumah, maka harus tahu menempuh jalan
pulang, caranya adalah “Membangkitkan Bodhicitta, menfokuskan diri melafal
Amituofo berkesinambungan”. Bodhicitta adalah hati pencerahan, takkan tersesat
lagi, mengerahkan segenap hati bertekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, hati
begini disebut sebagai Maha Bodhicitta.
Satu arah yakni penjuru Barat, satu tujuan yakni Alam Sukhavati,
segenap hati ingin belajar pada Buddha Amitabha.
Coba pikirkan, apakah kita mesti menjadi orang begini? Benar, lebih
baik mengandalkan diri sendiri daripada mengharapkan orang lain. Di dunia ini
tidak ada yang lebih sulit lagi daripada mengharapkan bantuan orang lain,
sedangkan untuk terlahir ke Alam Sukhavati adalah mengandalkan diri sendiri.
Setelah memahami hal ini dengan jelas, masalah pun jadi selesai. Maka
itu untuk terlahir ke Alam Sukhavati, hal apa yang paling pokok? Yakni
mendengar ceramah Dharma. Buddha Sakyamuni membabarkan Dharma selama 49 tahun
di dunia ini, tiada seharipun yang absen, ini menunjukkan ber-Maitri Karuna
menyelamatkan dunia, menyelamatkan semua makhluk.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 18 Mei 2010
在淨土三經裡面,三經都是為我們介紹極樂世界,我們應當把三經怎麼個看法?三經裡面講的是我們的老家,阿彌陀佛像是我們的父母,諸上善人,等覺菩薩無量無邊,像是我們的兄弟姐妹。我們自己無知,離家出走,受這麼多的苦難,現在知道家裡好,趕快回去,別再受這些苦難,冤枉,不值得!「從願起行」,怎麼個行法?底下這兩句,「發菩提心,一向專念」。菩提心是覺悟的心,不再迷惑,一心一意求生淨土,這個心就是大菩提心。一個方向,西方,一個目的,極樂世界,一心一意要想親近阿彌陀佛,這樣的人正是當機。
我們想想我們要不要做這樣的人?給諸位同學說,做這樣的人不難,這個世間難事,求人難,登天難、求人難,這個事情求自己,不求人,自己真的搞清楚、搞明白了,問題解決了。所以,往生極樂世界第一要緊的是什麼?聽經,這一點都不假。釋迦牟尼佛當年在世,四十九年講經說法,沒一天空過,那是什麼?那就是慈悲濟世,普度眾生。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四十三集) 2010/5/18