“Sutra Usia Tanpa
Batas” menyebutkan bahwa di Alam Sukhavati, anda dapat bersua secara langsung
dengan semua Buddha di sepuluh penjuru dari tiga masa. Mengapa demikian? Oleh
karena di Alam Sukhavati tidak ada konsep ruang dan waktu.
Tidak adanya konsep
waktu, anda dapat melihat ke masa lampau, masa sekarang dan masa yang akan
datang; tidak adanya konsep ruang, jarak sudah tidak ada lagi, sejauh apapun
tempat tersebut kini ada di hadapanmu, kondisi ini sungguh tak terbayangkan.
Maka itu ketika
anda ingin belajar pada seluruh Buddha Tathagata, menjelajahi sepuluh penjuru
alam, tidak butuh kekuatan sama sekali, juga tidak butuh upaya apapun, bahkan
satu langkah pun tidak perlu digerakkan sama sekali, oleh karena tidak ada konsep
ruang, maka para Buddha di sepuluh penjuru hadir di hadapanmu.
Ilmu dan teknologi
kita masih belum mencapai kemajuan serupa ini, sekarang kita menggunakan media
televisi untuk melihat panorama di kejauhan, juga seperti saling berhadapan,
namun kita tidak dapat langsung berinteraksi dengannya.
Bila dibandingkan
dengan Alam Sukhavati, ilmu dan teknologi kita masih ketinggalan sangat jauh
sekali, saya selalu memotivasi para ilmuwan supaya menuntut ilmu di Alam
Sukhavati, Buddha Amitabha adalah ilmuwan tertinggi tiada taranya, hendaknya
belajar padaNya.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 17 April 2010
《無量壽經》上講的是十方佛,十方三世一切諸佛你都見到。為什麼?極樂世界沒有時空維次,我們這個世間有時空維次,極樂世界沒有時空維次。沒有時間,就是過去、未來你都看到;沒有空間,距離沒有了,再遠的距離它就在面前,不可思議的境界。所以你親近一切諸佛如來,十方世界不費吹灰之力,沒有舉足之勞,一步都不要動,十方佛都在面前。我們現在科學技術還沒達到這個,我們現在用電視屏幕,可以看到遠方的景象,也如同對面前,可是它平面的,他不能走出來跟我交談,西方世界就真的面對面。所以我們說科學跟極樂世界相比,還差得很遠,我是不斷鼓勵這些科學家要到極樂世界去留學,阿彌陀佛是大科學家,真了不起,得要向他學習。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第十三集) 2010/4/17
Pandangan benar dari Aliran Sukhavati
adalah sepatah Amituofo, pengetahuan benar dan pandangan benar; kalau melupakan
Amituofo, maka ketenaran dan keuntungan segera timbul, anda jatuh ke dalam
jebakan Mara.
Anda harus mengetahui bahwa diri sendiri
sedang melangkah di jalan menuju Alam Sukhavati, kini anda terpikat sehingga
salah melangkah, jika tidak segera kembali ke jalan yang benar, anda pasti akan
tersesat, maka sepuluh ribu kalpa juga sulit pulih kembali.
Tempo dulu hati manusia masih bajik, budaya
masyarakat masih kental, melatih diri jadi lebih mudah, godaan dari luar juga
tidak separah sekarang ini. Daya pikat sekarang ini, bertambah hingga seratus
kali lipat dari tempo dulu, sungguh mengerikan.
Praktisi senior pernah mempelajari “Surangama
Sutra” dan Sutra Mahayana lainnya, pasti memahami teorinya, namun apakah
sanggup menghadapi godaan Mara adalah sulit dikatakan. Maka itu praktisi yang
jatuh ke dalam jebakan Mara, jumlahnya banyak sekali.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 17 April 2010
淨宗法門的正見就是一句彌陀,正知正見;阿彌陀佛忘掉,名聞利養起來,你完了,你就墮入魔界。你要知道你走的西方極樂世界這條路,你走到岔路上去,如果不趕快回頭,你肯定迷失方向,那真是萬劫不復。一萬劫你能不能找得回來?有問題,不見得能找回來。所以過去人心善良,社會風俗淳厚,修道很容易,外面誘惑沒有像現在。現在的誘惑力量,比過去增長一百倍不止,太可怕了。學佛老同修學過《楞嚴》、學過大乘經的知道,可是能不能對付這些境界很難講。所以,修行墮在魔境界裡的人太多太多了。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第十三集) 2010/4/17
Jebakan Mara ini banyak terjadi di dalam
masyarakat masa kini, yakni melihat fenomena gaib, melihat penampakan Buddha
Amitabha, melihat penampakan alam para Buddha, bukan hanya satu orang saja yang
melihatnya, bahkan beberapa orang melihatnya secara bersamaan.
Baik di dalam Negeri Tirai Bambu maupun di
luar negeri, orang yang menderita kesurupan sangat banyak sekali, fenomena yang
dilihat lebih banyak lagi, kejadian begini dapat dipercaya atau tidak?
Patut diketahui bahwa ketika segala jenis
fenomena gaib muncul di hadapan, hatimu tidak tergerak, maka itu nyata adanya; sebaliknya
bila hatimu goyah, maka anda telah masuk jebakan Mara, kondisi ini disebut
sebagai kondisi batin Mara.
Maka itu Buddha dan Mara bukan berada di
luar, namun ada di dalam hati. Bila di dalam hatimu, sila, samadhi dan prajna
masih menjadi pengendali, maka kondisi batin Mara akan menjadi kondisi batin
Buddha.
Sebaliknya bila hatimu goyah, atau merasa kegirangan,
atau muncul ketamakan, kebencian dan kebodohan, maka hatimu telah goyah.
Hendaknya hati tidak boleh tergerak oleh kondisi luar. Orang lain bilang kamu
adalah Buddha apa yang sedang menjelma di dunia ini, anda kegirangan mengira
ini adalah benaran, celaka, anda sudah masuk ke dalam jebakan Mara.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 17 April 2010
這種境界在現前社會很多,見到瑞相,見到阿彌陀佛,見到諸佛剎土,真有人見到,不假,甚至於幾個人同時見到的。還有現在的社會,中國、外國都一樣,附體的很多,幻覺裡面產生的現象也很多,這裡面有很多佛境界,真的還是假的?你看了之後不動心就是真的;你看到的時候動心,你認為是真的,錯了。你要曉得,一切境界現前你如如不動,就是真的;境界現前你信心動搖,你起妄想,你錯了,你就上當,那個境界是魔境界。所以境界是魔是佛不在外面,取決你內心,你內心還是戒定慧做主,外面境界都是佛境界,魔境界也是佛境界。你如果起心動念,或者生歡喜心,或者生厭倦的心,全錯了,你心動了,或者你起貪瞋痴慢,這就錯了,不能被外頭境界所動。人家說你是什麼佛再來的,你就真以為是的,完了,你已經墮到魔境去了。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第十三集) 2010/4/17
Apakah Bodhisattva akan menjelma di dunia
ini? Benar, Bodhisattva menjelma di dunia ini, tetapi begitu jati diri-Nya terbongkar,
Mereka segera pergi meninggalkan dunia ini. Ini barulah Bodhisattva asli.
Sebaliknya kalau jati diri sudah
terbongkar, tapi tidak pergi-pergi, malah sengaja memikat dan menyesatkan umat,
maka ini pasti adalah tiruan.
Master Yin Guang ketika masih berada di
dunia ini, ada seorang gadis belia yang mengatakan beliau adalah jelmaan dari
Bodhisattva Mahasthamaprapta, namun Master membantah mati-matian.
Gadis belia ini adalah murid sekolah
menengah pertama, tidak meyakini Ajaran Buddha, suatu malam dia bermimpi
Bodhisattva Avalokitesvara berkata padanya, Bodhisattva Mahasthamaprapta sedang
membabarkan Dharma di Shanghai, pergilah ikut mendengarnya.
Gadis ini bertanya, yang mana yang
merupakan jelmaan Bodhisattva Mahasthamaprapta? Bodhisattva Avalokitesvara
menjawab, Master Yin Guang. Kemudian mereka sekeluarga dengan penuh sukacita
mengunjungi Master Yin Guang sambil menceritakan kejadian mimpi tersebut, namun
malah dimarahi Master Yin Guang, bahkan mengingatkan mereka supaya tidak
mengungkit-ungkit persoalan ini lagi.
Setelah Master Yin Guang wafat, gadis belia
ini menulis selembar artikel untuk mengenang Master Yin Guang, artikel ini sampai
sekarang masih tersimpan di dalam buku berjudul “Yin Guang Da Shi Yong Si Lu”.
Bodhisattva Avalokitesvara juga memberitahu
gadis ini bahwa Master Yin Guang menetap di dunia ini tinggal 4 tahun lagi, 4 tahun
kemudian beliau akan wafat, ternyata benar adanya.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 17 April 2010
所以在中國大乘教裡有個例子,菩薩會不會應化在世間?會。是真的嗎?如果是真的,身分一暴露馬上就走,真的,那不是假的;身分暴露還沒走,妖言惑眾,這假的不是真的。印光大師當年在世,有人說他是大勢至菩薩再來的,他老人家極口否認,嚴重警告。那是一個小孩,不信佛的,初中學生,夢中夢到觀世音菩薩,觀世音菩薩告訴她,大勢至菩薩最近在你們這裡講經,叫她去聽。她說大勢至是哪一個?印光法師。所以全家人歡歡喜喜去見印光法師,把夢一講,被印光法師臭罵一頓,以後你再說,不准你進門,再不敢說了。到印光法師圓寂,她寫了一篇文字,這篇文字在《印光大師永思錄》裡頭,真的,不是假的。觀音菩薩告訴她,印光法師住世好像還有四年,真的四年之後他就走了,所以才把這個事情說出來。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第十三集) 2010/4/17