Senin, 24 Desember 2018

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 15 Juli 2010 (Bgn 2)


Atau ada yang membocorkan identitasnya, begitu orang lain mengumumkan identitasnya, maka jelmaan asli akan segera pergi buat selama-lamanya, ini barulah merupakan yang tulen.

Di Vihara Guoqing, terdapat Bhiksu Feng-gan yang merupakan jelmaan Buddha Amitabha, Han-shan dan Shi-de yang merupakan jelmaan dari Bodhisattva Manjusri dan Bodhisattva Samantabhadra.

Pada waktu itu ibunda walikota sedang menderita sakit, Bhiksu Feng-gan berhasil menyembuhkannya, kemudian walikota meminta petunjuk pada Bhiksu Feng-gan, adakah Suciwan yang berdiam di wilayah pemerintahannya? Bhiksu Feng-gan menjawab, ada. Siapakah dia? Hanshan dan Shide. Jadi jati diri Hanshan dan Shide dibocorkan oleh Bhiksu Fenggan.

Ketika rombongan walikota tiba di vihara, mereka mengutarakan maksudnya untuk mengunjungi Sang Suciwan yakni Hanshan dan Shide, semua penghuni vihara jadi tertawa terbahak-bahak dan merasa begitu kocak : “Kenapa anda mencari kedua orang ini? Mereka berdua tiap hari bertingkah gila-gilaan! Lagi pula mereka itu cuma tukang masak air di dapur”.  

Tetapi walikota bersikukuh ingin mencari kedua orang jelmaan Bodhisattva tersebut, alhasil Hanshan dan Shide hanya bisa kabur dari vihara, rombongan walikota segera melakukan pengejaran, sampai di sisi sebuah gunung mereka berhenti, kemudian gunung terbelah dan kedua orang jelmaan Bodhisattva segera masuk ke dalamnya, lalu berkata, “Buddha Amitabha banyak mulut” dan gunung tersebut menutup kembali.

Setelah mendengarnya, walikota segera sadar bahwa Bhiksu Fenggan ternyata adalah jelmaan Buddha Amitabha, segera berbalik arah untuk mengejar Bhiksu Fenggan. Sesampainya di tempat tujuan, Bhiksu Fenggan telah wafat.

Sepanjang sejarah Tiongkok tercatat banyak jelmaan Buddha dan Bodhisattva yang turun ke dunia! Namun begitu identitasnya terbongkar, Mereka segera memasuki ketidakkekalan. Jadi kalau ada yang mengaku-ngaku jelmaan Buddha dan Bodhisattva, tetapi tidak pergi-pergi juga, itu namanya penipu!

Insan zaman dulu telah memberikan perumpamaan yang bagus kepada kita semuanya, semua pengetahuan ini mengingatkan kita supaya jangan terjebak oleh tipu muslihat orang lain, maka itu tidak boleh tidak dipahami.

Terutama pada era sekarang ini, di mana masyarakat telah mengabaikan Pendidikan Kesusilaan, Pendidikan Hukum Karma, kekurangan hawa kebenaran, aura positif.

Oleh karena kita telah mengabaikan pendidikan kesusilaan yang diajarkan oleh insan suci dan bijak, orang zaman sekarang menganggapnya sebagai kepercayaan takhayul, sehingga budaya masyarakat jadi rusak, Mara, siluman dan setan jahat lainnya bermunculan.

Apabila masyarakat dipenuhi hawa kebenaran, masih adakah Mara, siluman dan setan jahat lainnya? Ada, hanya saja dia tidak berani keluar, dia harus bersembunyi, tidak berani menampakkan diri.

Tidak seperti sekarang ini, semua makhluk jahat tidak malu-malu lagi untuk show-off, makanya yang menciptakan rumor itu banyak sekali, hal ini mesti kita pahami.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 15 Juli 2010

  或者是別人宣布他的身分,別人只要一宣布,他就走了,那也是真的。國清寺的豐干和尚,阿彌陀佛再來的,寒山、拾得是文殊、普賢。當時的刺史,就是當時的市長,母親生病,豐干和尚把他媽媽病治好了,他非常感激,向這個法師請教。正好他被派到當地做太守,就是這個地方的市長,去向他老人家請教,天台山是他管轄的轄區,這裡面有沒有真正的高僧大德?有,他就告訴他有。什麼人?寒山、拾得,你到那個廟裡去親近這兩位大德。寒山、拾得,是文殊、普賢,是豐干說出來的。他去了,去了,人家去拜訪參學,要見這些聖賢僧,一說寒山、拾得,大家都笑:你怎麼找這兩個?這人瘋瘋顛顛的,神經病!怎麼找他?這裡頭高僧多得很,這兩個是在寺廟廚房裡燒火的,一個是挑泔水的,一個是在廚房燒火的,他說你怎麼找這兩個人?他不說話,他知道這兩個人是菩薩再來的,一定要去頂禮。這兩個瘋瘋顛顛笑他,往外跑,他就後頭跟,去追。追的時候,追到一個山邊,這山裂開了,他們兩個走進去,說了一句話,「彌陀饒舌」,山就合起來,沒有了,這是真的。人家一聽「彌陀饒舌」這句話,豐干告訴我的,那豐干是彌陀,豐干把他身分暴露的。回過頭來找豐干,豐干也圓寂了,都沒有了。中國在歷史上,這種現象多!說了就走。說了還不走,騙人!哪有這種道理!古人的例子做給我們看了,歷代真的是有,不但出家人有,在家居士有。像我們念到的傅大士,唐朝時候,居士,他也是彌勒菩薩化身來的。這些常識,我們初學佛的時候,老師都囑咐我們,將來遇到了,不能上當,這是不能不知道的。尤其在近代,社會上倫理、道德、因果教育疏忽了,社會缺乏正氣,浩然之氣,外國人講磁場。因為我們把古聖先賢的教育丟掉了,在外國,把宗教教學也丟掉了,全都搞迷信,社會風氣就壞了,在外國人講磁場壞了,妖魔鬼怪都出現了。如果社會有浩然正氣,妖魔鬼怪有沒有?有,他不敢出來,他要藏起來,不敢現身。現在全冒出來了,所以造謠生事很多,我們一定要知道。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第八十集)  2010/7/15


 

 
Setiap manusia memiliki kesehatan yang berbeda-beda, rupa yang tidak sama, kaya dan miskin, semua perbedaan ini disebabkan oleh kekuatan karma, yakni segala sesuatu muncul dari hati dan pikiran.  

Pada masa kehidupan lampau menimbun berkah, maka pada masa kelahiran sekarang datang menikmati berkah; pada masa kehidupan lampau melakukan karma buruk, maka pada masa kelahiran sekarang datang menjalani kesengsaraan.

Buddha Sakyamuni berkata : Manusia datang menerima ganjaran dan balasan karmanya! Walaupun kekuatan karma itu ada, tetapi dapat diubah, bukan tidak dapat diubah.

“Empat Ajaran Liao-fan” merupakan sebuah teladan yang baik yang mengajari kita untuk memperbaiki nasib, di dalam garis hidupnya tidak memiliki kekayaan, namun akhirnya hidup berkecukupan; di dalam garis hidupnya tidak ada kecerdasan dan kebijaksanaan, namun akhirnya cerdas dan bijak; di dalam garis hidupnya berusia pendek, namun akhirnya hidup sampai tua.

“Di dalam Pintu Buddha, segala permohonan pasti terkabul”, ucapan ini disampaikan oleh Master Zhangjia padaku, waktu itu saya masih merupakan praktisi pemula, asalkan kita memohon dengan cara yang benar, maka mukjizatnya sungguh tak terbayangkan.

Saya belajar Ajaran Buddha sudah 59 tahun lamanya, membuktikan semua ini, menuruti cara yang diajarkan oleh guruku, Master Zhangjia, segala harapan terwujud dan jadi kenyataan, maka itu tiada keraguan sama sekali.

Bagi yang sedang menikmati pahala, hendaknya meneruskan menimbun berkah, sehingga pahalamu takkan habis dinikmati; apabila hanya tahu menikmati berkah tetapi tidak menimbun berkah, maka pahala yang dinikmati pasti akan habis.

Pepatah Tionghoa menyebutkan “Kekayaan tidak melampaui tiga keturunan”, ini dikarenakan waktu menikmati berkah tetapi tidak menimbunnya lagi; apabila tahu menimbun pahala, maka pahalanya takkan habis dinikmati.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 15 Juli 2010

Komik Empat Ajaran Liao-fan :

我們人身體確實也有某些程度上的差別,健康不同,相貌不同,在這一生當中富貴貧賤不同,這些差別是業力變現的,這就講了,一切法從心想生。過去生中修的有福,你是來享福的;過去生中造的罪業,那你是來受罪的,受苦受難的。佛說:人生酬業!但是業力是有,可以改變,不是不能改的。《了凡四訓》就是教我們改造命運最好的一個典範,命裡面沒有財富,可以得財富;命裡沒有聰明智慧,可以得聰明智慧;命裡面沒有壽命,可以得長壽。「佛氏門中,有求必應」,這些話是我初學佛的時候,老師教我的,章嘉大師教我的,這裡頭有道理、有方法,如理如法去求,感應不可思議。我學佛五十九年,完全兌現了,我依照老師的教誨,完全兌現,所以一絲毫疑惑都沒有。有福報的,享福的時候還要修福,你的福報生生世世享不盡;如果享福不知道修福,福報是會享盡的。我們中國諺語所謂「富不過三代」,那就是享福的時候不知道修福報;如果知道修福報,那他的福報是世世代代綿綿不斷。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第八十集)  2010/7/15




 

Lihatlah Konfusius, selama lebih dari 70 generasi leluhurnya, pendidikan keluarga tidak mengalami kemerosotan. Ini merupakan timbunan kebajikan yang sedemikian besarnya, timbunan kebajikan ini berupa menyebarluaskan pendidikan kesusilaan, sepanjang hayatnya Konfusius giat dalam menyampaikan ajaran insan suci dan bijak.

Konfusius adalah insan yang jujur dan tulus, apa yang dia pelajari dan disampaikan, diwariskan, bukanlah teori ciptaannya sendiri, namun merupakan ajaran insan suci dan bijak terdahulu, maka itu generasi berikutnya menyebutnya sebagai tokoh penghimpun.

Puluhan ribu tahun yang lampau, Bangsa Tiongkok masih belum menemukan aksara, maka itu ajaran disampaikan secara lisan, diwariskan turun temurun; sampai pada era Konfusius, dengan ditemukannya aksara, maka ajaran leluhur mulai dituangkan dalam bentuk tulisan, diwariskan dari generasi demi generasi. Maka itu Konfusius adalah tokoh penghimpun.

Konfusius mengatakan sepanjang hayatnya “Menyampaikan ajaran para pendahulu, tidak menciptakan teori sendiri, yakin dan suka pada ajaran para pendahulu”, sikap begini sungguh sulit diperoleh, dia yakin pada insan suci dan bijak terdahulu, suka pada ajaran mereka, belajar dengan kesungguhan hati dan mampu memahaminya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 15 Juli 2010

你看孔老夫子,孔德成是第七十幾代了,家道不衰。這是積的大德,這個大德是教學,夫子一生沒做別的,教學!教什麼?聖賢之道。夫子是個老實人,我們用老實、聽話、真幹,這六個字他做到了。他所學的、所修的、所教的、所傳的,不是自己的,他不妄語,他老實,是誰的?古聖先賢的,所以中國後世稱他為集大成者。中國自古以來,那是幾萬年前,老祖宗那時候沒有文字,文字沒發明,都是口傳的,世世代代傳下來;到夫子這時候有文字了,用文字記錄下來,流傳給後世,所以他是集大成者。他自己講的是真話,不是謙虛,這一點我們要能夠體會到。他說他自己一生「述而不作」,這就說明他沒有創作,他沒有發明,所修、所學、所傳、所教的,都是古聖先賢的,他沒有創造;「信而好古」,這個態度真難得,他相信古聖先賢,喜歡古聖先賢的教誨,他認真學習,他能理解,他真正把它做到。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第八十集)  2010/7/15