Jumat, 12 Oktober 2018

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 23 Mei 2010


Dharma yang dibabarkan oleh Buddha masa sekarang dan Buddha masa lampau adalah sama, tidak bertambah maupun berkurang. Buddha masa sekarang begitu rendah hati, hanya menyampaikan ajaran dari Buddha masa lampau, meskipun Mereka sama-sama telah mencapai penerangan sempurna.

Buddha masa sekarang takkan menciptakan teori baru, atau ajaranNya tersendiri, namun mereka hanya membabarkan ajaran para Buddha terdahulu, mengapa demikian?

Mereka memperagakan hal ini untuk menasehati kita. Kita orang awam ini tidak tahu kebenaran, suka berlagak, pongah, iri hati, merintangi orang lain, dari sinilah manusia menciptakan karma buruk.

Maka itu Buddha masa sekarang memperagakan kepada kita, memberitahukan pada kita, “Anda tidak mungkin bisa melampaui Buddha masa lampau”.

Konfusius pernah berkata demikian, Master Qingliang juga pernah berkata demikian. Master Qingliang mengatakan bahwa selama 49 tahun Buddha Sakyamuni membabarkan Dharma, seluruhnya merupakan ajaran Buddha masa lampau, Buddha Sakyamuni tidak pernah menambah atau mengurangi satu aksara pun.

Rendah hati merupakan kebajikan yang sejak semula sempurna di dalam jiwa sejati; sebaliknya pongah tidak ada dalam jiwa sejati, kesombongan merupakan kekotoran batin.

Kekotoran batin merintangi dirimu menemukan kembali jiwa sejati, merintangi dirimu melatih diri, merintangi dirimu meraih keberhasilan, makanya kekotoran batin ini mesti disingkirkan.

Orang awam sungguh patut dikasihani, berputar di enam alam tumimbal lahir berkepanjangan, selama kalpa yang tak terhingga berputar di dalam lingkaran enam alam tumimbal lahir, ibarat tenggelam di dalam lautan penderitaan yang luas, sebentar-sebentar ia menyembulkan kepalanya dari dalam air, memelihara kebiasaan buruk menjadi tabiat dan kekotoran batin, mementingkan diri sendiri, mengejar ketenaran dan keuntungan, lima nafsu keinginan dan enam objek, ketamakan, kebencian, kebodohan dan keangkuhan, sungguh memprihatinkan!

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 23 Mei 2010

「今佛如古佛之再來」,今佛、古佛他所證是一樣的,不增不減,證得自性的圓滿。那麼,今佛所說的不就是古佛所說的嗎?古佛所說的就是今佛所說的,沒有兩樣。今佛謙虛,統統是古佛說的,其實古佛證得圓滿,他也證得圓滿。他不說自己說的,說古佛說的,這是什麼?這是勸導我們。我們凡夫不懂道理,傲慢、嫉妒、障礙,他從這裡造罪業。他給我們表法,他來教導我們,「你不可能會比古佛多一點,不可能」。夫子說過這個話,清涼大師也說過這句話,在《四十華嚴》經題裡面,我們看到了。他老人家講,釋迦牟尼佛四十九年所說的一切法,全是古佛所說,世尊沒有在古佛經典上多加一個字。比孔老夫子還嚴格,說得這麼清楚。是不是?真的,一點都不假,每個人都證得究竟圓滿。沒有到明心見性,他到不了這個境界,到明心見性就知道了。謙虛是性德,自性裡頭有的;傲慢,自性裡頭沒有,傲慢是煩惱。煩惱本身就是障礙,障礙什麼?障礙你見性,障礙你修行,障礙你成就,這個東西不能不放下。凡夫可憐,在六道的時間太長,無量劫來三途六道是頭出頭沒,養成這些煩惱習氣,自私自利、名聞利養、五欲六塵、貪瞋痴慢,可憐!佛菩薩看到說「可憐憫者」,這是真的,不是假的。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四十八集)  2010/5/23




 
 
Hari ini kita berhasil terlahir jadi manusia dan bertemu dengan Buddha Dharma, melatih diri, tetapi kenapa tak kunjung tampak hasilnya? Alasan utamanya adalah kekotoran batin dan tabiat yang terlampau berat.

Dengan kata lain, masih suka mementingkan diri sendiri, mengejar ketenaran dan keuntungan, iri hati lalu merintangi orang lain, meskipun hari ini terlahir jadi manusia, bertemu Buddha Dharma, tapi masih juga hobi menciptakan karma buruk. Perangainya masih tidak diperbaiki.

Dengan hati tumimbal lahir menciptakan karma tumimbal lahir, sehingga belajar Dharma pun masih juga menciptakan karma tumimbal lahir.

Amitabha Sutra menyebutkan, “Tidak boleh kekurangan akar kebajikan, berkah kebajikan dan faktor pendukung, barulah dapat terlahir di Negeri Buddha Amitabha”.

Jadi kalau kekurangan akar kebajikan, berkah kebajikan dan faktor pendukung, maka takkan bisa berhasil, hanya bisa memperoleh secuil manfaat saja, yakni menanam benih Buddha di Alayavijnana.

Anda masih saja hobi menciptakan karma buruk, oleh karena menciptakan karma buruk maka harus bertumimbal lahir lagi untuk menerima buah akibatnya.

Di dalam masyarakat sekarang ini, pengaruh negatif menang melawan pengaruh positif, kita hidup pada lingkungan begini, apakah bisa terhindar dari menciptakan karma buruk?

Walaupun anda memiliki sebersit niat yang baik untuk melatih diri hingga beberapa dasawarsa lamanya, juga sulit terlihat hasilnya. Ini fenomena normal, setelah memahami fakta sesungguhnya, anda takkan merasa keheranan lagi.

Bagi praktisi yang mampu meraih keberhasilan pada era begini, maka akar kebajikan, berkah kebajikan dan faktor pendukung yang dimilikinya adalah terunggul tiada bandingnya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 23 Mei 2010

有緣,這非常難得,得人身,遇到佛法,一生的修學為什麼沒有成就?主要就是煩惱習氣太重。說得簡單一點,自私自利放不下、名聞利養放不下、嫉妒障礙放不下,雖得人身,學了佛法,還是在造業,心沒改,依舊是輪迴心,輪迴心就是造輪迴業,學佛也造輪迴業。所以經上講的一句話,「不可以少善根福德因緣」,《彌陀經》上講的,「得生彼國」。不修淨土,無論修哪個法門,如果沒有善根福德因緣,都不能成就,都只是在佛法裡得一個利益,阿賴耶裡面落下佛的種子,你只得這個好處,你依然在那裡造業。既然造業,一定在輪迴受果報,你造的業必然是善業少、惡業多,為什麼?五十一個心所,善心所只有十一個,不善的心所二十六個,內裡面煩惱習氣極重;現前這個社會,五欲六塵的誘惑,負面勝過正面,我們在這種環境裡,你能不造惡業嗎?縱然你有好心來發心修行,修幾十年,看不到進步。這個現象是正常的,你了解事實真相,你就不會見怪,是正常的。真有成就的,那善根福德因緣是無比的殊勝。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四十八集)  2010/5/23




 

Hal yang paling pokok sekarang adalah akar kebajikan dan berkah kebajikan. Akar kebajikan adalah dapat yakin, dapat memahami, tulus; berkah kebajikan adalah serius mengamalkan, setelah memahami maka harus mengamalkan, orang begini punya berkah, tak peduli berada dalam lingkungan seburuk apapun, dia juga mampu berhasil. Di dalam masyarakat era sekarang ini, boleh dikatakan praktisi begini mempunyai akar kebajikan besar dan berkah kebajikan besar.

Sebelum belajar Buddha Dharma, karma buruk yang diciptakannya, tak peduli seberat apapun, yang penting dia dapat kembali ke jalan yang benar, maka rintangan karma akan sirna dengan sendirinya, berkah dan kebijaksanaan akan muncul dengan sendirinya.

Kita melihat perumpamaan Vasubandhu, Vasubandhu sangat cerdas, setelah belajar Ajaran Theravada, dia menfitnah Ajaran Mahayana. Oleh karena dia sangat cerdas sehingga menulis 500 sastra untuk mengkritik Mahayana.

Kemudian Abangnya (Asanga) berhasil menyelamatkannya, Asanga memberi bimbingan padanya. Setelah mengerti, Vasubandhu bertobat, dia hendak memotong lidahnya di hadapan rupang Buddha, dia berkata : “Lidahku ini sudah terlampau jahat, tempo hari mengkritik Mahayana, menfitnah Mahayana”.

Asanga segera menghentikan niat adiknya, lalu berkata : “Asalkan kembali ke jalan yang benar, maka sudah cukup, buat apa mau potong lidah segala? Kamu masih membutuhkan lidahmu untuk memuji Mahayana, alangkah baiknya bukan!”

Mendengar kata Asanga, Vasubandhu merasa cukup beralasan, lalu membakar seluruh buku karyanya yang menjelek-jelekkan Mahayana, sekarang beralih menulis pujian buat Mahayana, juga sebanyak 500 sastra.

Karyanya ini disebut seribu sastra pujian, 500 sastra memuji Theravada dan 500 sastra memuji Mahayana. Takkan lagi melontarkan kritikan.

Vasubandhu melatih diri berhasil mencapai Bodhisattva tingkatan pertama, sayangnya belum mencapai Bodhisattva Calon Buddha. Andaikata dia bertekad terlahir ke Alam Sukhavati, meskipun Bodhisattva tingkatan pertama, namun sudah setara dengan Bodhisattva Calon Buddha.

Lingkungan Alam Sukhavati sangat istimewa adanya, sungguh tak terbayangkan, semuanya ini merupakan pemberkatan dari kewibawaan tekad agung Buddha Amitabha, maka itu begitu terlahir di Alam Sukhavati, semuanya menjadi Bodhisattva Avaivartika.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 23 Mei 2010

最重要的還是善根、福德,善根是能信、能解,老實;福德是什麼?福德是真幹,解了以後他真幹,這個人有福,無論環境怎樣不善,他都能有成就。這在現前社會,可以說這人是大善根、大福德。沒學佛,無論他造什麼樣的罪業,造多重的罪業,佛經上說五逆十惡都沒關係,只要一回頭,業障自然消了,福慧自然就現前。我們看天親菩薩給我們示現的例子,不就是嗎?天親菩薩聰明絕頂,以後學了小乘法,毀謗大乘,他聰明,造了五百部論批判大乘。以後他哥哥救了他,無著菩薩開導他。他明白了,明白之後他懺悔,他要在佛像面前把舌頭割掉,他說:我舌頭太壞,過去批評大乘、毀謗大乘。他哥哥就跟他說:你回頭就好了,何必割舌頭?你還用這個舌頭去讚歎大乘多好!他聽了很有道理,把以前毀謗大乘這些著作全部燒掉,讚歎大乘,也造五百部論,叫千部論師,五百部讚小乘,五百部讚大乘,再也不毀謗了。修行證初地菩薩,雖然沒有到補處,如果往生西方極樂世界,那就等於補處。西方世界的環境是非常特殊,很不可思議,都得阿彌陀佛本願威神加持,生到極樂世界,皆作阿惟越致菩薩。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四十八集)  2010/5/23








Buddha Sakyamuni sepanjang hidupNya hanya memiliki tiga helai jubah dan satu patra (mangkok), makan sehari satu kali yakni pada siang hari, malam hari istirahat di bawah sebatang pohon, esoknya pindah lagi, ketika memasuki Parinirvana juga di alam terbuka, bukan di dalam rumah tapi di hutan.

Ini membuktikan bahwa rombongan Buddha Sakyamuni beserta siswaNya, tidak gentar diterpa angin, disiram hujan, dijemur teriknya mentari, betapa bagusnya daya tahan Mereka!

Bagaimana dengan kita-kita ini? Coba saja menginap semalam atau dua malam di alam terbuka, esoknya sudah harus diantar ke ICU, mustahil anda bisa meniru cara hidup demikian! Manalah bisa sebanding!

Cobalah jalan ke luar, rupa kita ini kurang bagus, kesehatan juga kalah, bagaimana orang lain bisa memandang berat padamu? Orang lain akan berkomentar : “Lihatlah penampilan kalian ini, siapa lagi yang berani belajar Ajaran Buddha”.

Maka itu belajar Ajaran Buddha, manfaat pertama yang akan diperoleh adalah sehat secara lahiriah maupun batiniah, berbahagia dalam Dharma, ke mana saja selalu menebarkan senyum, serupa dengan Bodhisattva Maitreya, beginilah penampilan seorang praktisi.

Kalau sebaliknya, tiap hari orang lain melihat mukamu stres, penuh kekhawatiran, resah dan gelisah, siapa lagi yang berminat belajar Ajaran Buddha? Memangnya manfaat apa lagi yang bisa dipetik? Belum lagi manfaat diperolehnya, tapi yang dia lihat mukamu duluan, begitu tak sedap dipandang mata, dia merasa seram makanya segera ambil langkah seribu.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 23 Mei 2010

世尊一生,他的生活三衣一缽,日中一食,樹下一宿,走的時候不是在房子裡面,是在樹林裡面。這就是說明,他們不怕風吹雨打、太陽曬,你說身體多好!我們要是在野外露天住個一、二晚上,你身體就不行了,肯定住加護病房去了,你怎麼能跟人家比!這是修行的功夫展示出來給你看。我們今天走到外面,相貌不好,身體也不好,人家怎麼能瞧得起?「你們學佛的人這個樣子,佛不必學了」,所以學佛頭一個利益就是身心健康,法喜充滿,走到哪裡都是笑瞇瞇的,就像彌勒菩薩一樣,這是個學佛的相。每天的表情叫人看到的時候,他是憂慮、憂愁,這佛還能學嗎?學佛有什麼好處?好處沒看到,看到你那個面相這麼難看,把人都嚇跑了。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四十八集)  2010/5/23