Rabu, 01 Mei 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 11 Agustus 2010 (Bgn 8)


Menyebarluaskan Ajaran Buddha adalah sedemikian pentingnya, selain membantu orang lain dalam hal materi, hendaknya juga membimbing dirinya, hal ini lebih penting daripada memberinya bantuan materi.

Buddha Dharma memberi manfaat yang sesungguhnya bagi semua makhluk, membantu para makhluk menghancurkan kesesatan mengembangkan pencerahan.

Maka itu mesti membimbingnya, guna mencabut akar kemiskinan, semiskin apapun kehidupan seseorang, dia juga harus tahu berdana. Seseorang yang tidak mampu menyumbangkan uang, maka dia dapat menyumbangkan waktu dan tenaganya, contohnya menjadi relawan di vihara. Justru bentuk sumbangan ini mengungguli dana materi.

Maka itu sepanjang hayatNya, apakah Buddha Sakyamuni juga ikut berdana? Tentu saja, Sang Buddha menggunakan waktu dan tenagaNya, menggunakan kebijaksanaanNya untuk membimbing para makhluk setiap harinya. Bayangkan berapa orang yang memperoleh manfaatnya!

Siswa-siswaNya yang telah berhasil, beralih menjadi guru, menyebarluaskan ajaran Buddha Sakyamuni sehingga lebih banyak lagi orang yang memperoleh manfaatnya. Setelah mendengar ajaran Buddha, mereka jadi tercerahkan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 11 Agustus 2010


傳道比什麼都重要,幫助人家一點物質,送一點給他,教導他比什麼都重要,那更重要。佛法真正利益眾生,幫助眾生破迷開悟,這就對了。一定要教他,把貧窮的根拔掉,那就是再清貧都要懂得布施。實在沒有錢布施,像我們這些道場,做義工那是布施,是財布施,叫內財布施。我來做義工,我不要錢,我在道場服務,我用我的身體來布施,叫內財。內財布施得的果報比外財要多,外財你拿出錢,拿出物資、資源來供養,你身沒有來。所以釋迦牟尼佛的一生,我們就曉得,他有沒有財布施?有,他用他的身體、用他的時間、用他的智慧天天在教化眾生,這是財布施。多少人得利益!學生學成之後,學生發揚老師利益眾生的事業,輾轉教化。人到覺悟了,願意走這個路。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一0九集)  2010/8/11

 


 
Apakah Buddha Dharma dapat dilestarikan atau tidak, apakah Dharma Sejati dapat berlangsung lama atau tidak, kuncinya bukan terletak pada diriku, saya tidak berdaya, lantas siapa? Pendukung Dharma. Maka itu jasa kebajikan pendukung Dharma mengungguli penceramah.

Penceramah ibaratnya staf pengajar di sekolah, pendukung Dharma ibaratnya kepala sekolah, dia mendirikan vihara dan mengundangmu memberi ceramah di viharanya, barulah anda memiliki kesempatan untuk membimbing para makhluk.

Makanya dia mengundangmu berceramah di viharanya, ini merupakan budi kebajikannya. Setelah mendengar ceramah, umat Buddha memperoleh manfaat, ini jasa siapa? Pendukung Dharma.

Contohnya di Malaysia ini banyak berdiri Pure Land Learning (vihara Aliran Sukhavati), apakah Buddha Dharma dapat atau tidak berkembang pesat di wilayah ini, merupakan tanggung jawab para pendiri (ketua yayasan) Pure Land Learning.

Mereka memahami kejayaan dan kemunduran Buddha Dharma, mereka mendukung Bhiksu penceramah, mengundang Bhiksu datang memberi ceramah di Malaysia, jasa kebajikan ini merupakan milik mereka.

Serupa dengan kepala sekolah yang mengelola sekolahnya dengan baik, pemerintah akan memberi penghargaan, tentunya kepala sekolah yang akan menerima piagam tersebut dan bukan staf pengajar. Sebaliknya bila sekolah tidak dikelola dengan baik, maka yang mendapat hukuman juga adalah kepala sekolah, bukan staf pengajar.

Maka itu seorang penceramah baik yang berasal dari anggota Sangha maupun umat berkeluarga, semuanya merupakan staf pengajar, hal ini mesti dipahami.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 11 Agustus 2010


佛法能不能傳下去,正法能不能久住,關鍵不在我,我沒有辦法,在誰?在護法。所以,護法的功德比弘法的人大,弘法好比是學校裡教員,護法是校長,他在這裡建成一個道場,他要不請你,你就沒有機會到這來教學。所以,他願意請你來,你在這個地方可以教一段時期,教一門功課、教兩門功課,這是他們的恩德。這個地方大家聞法,得到佛法的利益,得誰的?得護法的利益,這個要知道。出家人就是寺廟的住持,在家人就是一般在家居士道場的主持人,像馬來西亞許多淨宗學會的會長,這個地區佛法能不能興旺,是他們的責任。他們有見識,了解佛法的興衰,培養講經的法師,禮請講經法師到這邊來教學、講經,這個功德是他們的。像辦學校,學校辦得很好,政府獎勵,獎勵誰?獎勵校長,不是獎勵教員;學校辦得不好受懲罰,校長受懲罰,也不是教員。所以這些講經的,無論出家在家,統統是教員的身分,這個要搞清楚、要搞明白。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一0九集)  2010/8/11




 

Apakah Buddha Dharma dapat berjaya atau tidak, masyarakat dapat sejahtera, negara berjaya, dunia diliputi perdamaian, semua ini merupakan tanggung jawab pendukung Dharma.

Mereka hendaknya mengundang seorang penceramah yang memiliki pelatihan diri dan taat susila, tak peduli penceramah ini berasal dari anggota Sangha maupun umat awam, mengundang mereka datang memberi ceramah di viharanya, ini merupakan kewajibannya.

Selain mengundang penceramah mengajar di viharanya, hendaknya juga membina calon-calon penceramah yang berbakat, sehingga penyebaran Buddha Dharma takkan terputus, jasa kebajikan ini sangat besar, melestarikan Buddha Dharma.

Jadi apakah mesti mendirikan sekolah (Kampus Buddhis)? Tidak harus. Ketika melihat anak muda yang berbakat ceramah, pertama-tama membantunya menanam akar pendidikan kesusilaan, serupa dengan Konfusius yang memberi pelajaran, yang pertama adalah pendidikan tata susila.

Jadi seorang calon penceramah mesti dapat mengamalkan “Di Zi Gui”, “Risalah Balasan dan Ganjaran Setimpal”, “Sepuluh Kebajikan”, bagi anggota Sangha mesti ditambah dengan “Peraturan Sramanera”. Dengan demikian moralitas-mu telah memiliki akar.

Setelah moralitas-mu telah memiliki akar, maka pilihlah satu judul sutra, menfokuskan diri pada satu Pintu Dharma dan mendalaminya, hal ini membutuhkan pendukung Dharma yang dapat membiarkan dirimu belajar dengan tenang, tidak perlu mengkhawatirkan sandang, pangan dan papan.

Pendukung Dharma memberimu persembahan makanan dan pakaian, serta tempat hunian yang mungil, sementara dirimu tiap hari harus belajar dengan tekun.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 11 Agustus 2010

Peraturan Sramanera :


佛法能夠興旺,社會能夠安定,國家能夠長治久安,世界能夠和平,三乘聖賢有大貢獻,就是這些道場的負責人。第一個,他一定會禮請有修有學的這些大德,無論是在家出家,請他到這個地方來講經教學,這是他本分的事情。同時,他要再進一步,不但要教學,還要培養後繼的人才,那他的功德就真大了,他真的就救了佛教。那是不是辦個學校?不一定。真正發現肯學的年輕人,一定先把三個根紮好,也就是跟孔老夫子一樣,先教德行。你真正能夠把《弟子規》、《感應篇》,《弟子規》裡面一百一十三樁事,《感應篇》是一百九十五樁事,你都能夠做到,然後《十善業道》很容易就落實了。如果是出家,要把《沙彌律儀》十戒、二十四門威儀也得要落實,但是那不困難,你前面的根太好了,這是你的德行有根了。德行有根之後,你可以選擇一部經,一門深入,真正有護持的人讓你身心安穩,你沒有憂慮。供養你的衣食住就可以了,你有安定的地方居住,衣食照顧很周到,就可以,自己天天用功;一個人行,一個小房間就可以。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一0九集)  2010/8/11