Mengapa Buddha
Sakyamuni menampilkan sosok Pertapa yang menjalani kehidupan sederhana? Hanya
mempunyai tiga helai jubah dan sebuah patra (mangkok), bermalam di bawah pohon,
makan sehari satu kali saja yakni waktu siang hari, untuk apa Sang Buddha
menampilkan kehidupan sedemikian rupa? Apa maknanya? Yakni mengajari manusia
untuk “Melepaskan Kemelekatan”!
Dengan melepaskan
kemelekatan barulah dapat menemukan kembali Jiwa Sejati. Mengapa anda bisa
tersesat? Oleh karena anda mementingkan diri sendiri, anda memiliki ketamakan,
kebencian dan kebodohan, anda serakah akan kenikmatan Lima Nafsu Keinginan (harta,
rupa, ketenaran, makanan dan tidur) dan Enam Kondisi Luar (rupa, suara,
bau-bauan, rasa, sentuhan, bentuk-bentuk pikiran), anda melekat pada semua ini
makanya jadi tersesat.
Apakah kita tidak
boleh menikmati kesenangan? Boleh, kalau saat menikmati kesenangan itu tidak
timbul perbedaan dan melekat. Sebaliknya kalau saat menikmati kesenangan,
muncul perbedaan dan melekat, timbul perasaan emosional, ini disebut
menciptakan karma buruk. Karma buruk mengundang akibat yang buruk, yakni enam
alam tumimbal lahir dan tiga alam penderitaan.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 14 April 2010
佛為什麼要示現苦行僧,三衣一缽,樹下一宿,日中一食,這是幹什麼?這是什麼意思?我們學了這麼多年,我們意思懂了,教人什麼?放下!放下就回歸自性。你為什麼迷的?就是因為你有自私自利,你有貪瞋痴慢,你貪愛五欲六塵的享受,你搞這些東西,這就迷了。
實際上,五欲六塵的享受可不可以?可以,為什麼不可以?你享受,在這裡面不起分別、不起執著,就對了。可是你享受的時候,起分別、起執著、起七情五欲,那就壞了,這裡頭產生許多副作用,這就造孽。產生這些東西,這些東西又惹來果報,這不善的因,得不善的果,六道三途。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第十集) 2010/4/14
Melepaskan kemelekatan bukan berarti meninggalkan tanggung jawab.
Tugas sehari-hari harus dikerjakan, namun tidak meninggalkan kesan di dalam
hati, dalam hati cuma ada sepatah Amituofo.
Mengingat dan melafal Amituofo, inilah yang menjadi misi utama para
Buddha muncul di dunia ini, guna membantu para makhluk mencapai KeBuddhaan.
Anda sesungguhnya adalah Buddha, maka itu dengan melafal nama Buddha pasti
mencapai KeBuddhaan!
Hal-hal di dunia ini, janganlah dihiraukan, terima saja apa adanya,
jangan memaksakan kehendak, “Mengeliminasi karma lama, jangan lagi menciptakan
karma baru”, praktisi senior jaman dulu mengajari kita kalimat ini.
Kalau kita tidak tahu, maka terhadap manusia, urusan, makhluk hidup
dan benda mati di sekeliling kita, masih bisa timbul niat pikiran,
membeda-bedakan dan melekat, sehingga menciptakan karma baru.
Hendaknya jalani dan terima apa adanya, dalam hati suci dan bersih,
asalkan tidak timbul niat pikiran, tidak membeda-bedakan dan tidak melekat,
maka takkan ada rintangan.
Rintangan terbesar adalah perseteruan, takkan berseteru dengan
manusia, urusan, makhluk hidup dan benda mati, inilah yang harus dilenyapkan
untuk membantu pelatihan diri kita. Jangan sampai ada pikiran untuk mengendalikan,
apalagi menguasai.
Bagaimana cara untuk melenyapkan niat pikiran? Dengan melafal
Amituofo. Di hatiku cuma ada Amituofo, membulatkan tekad terlahir ke Alam
Sukhavati mencapai KeBuddhaan.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 14 April 2010
放下不是把事都扔掉,不是的,事照幹,今天這一天事情還得照幹,心裡頭痕跡都不落。心裡面呢?心裡頭就是一句阿彌陀佛,念的是阿彌陀佛,想的是阿彌陀佛,真念佛,不搞假的。這就是什麼?這就是諸佛如來到這個世間來就為這樁大事,為了什麼?幫助眾生趕快成佛。你本來是佛,你現在念佛,肯定就作佛了,本來是佛!世間事,十法界的事,別去理會,隨緣就好,不要攀緣,「隨緣消舊業,莫再造新殃」,古大德教我們的。如果我們不知道,在周邊一切人事物上,還會起心動念,還有分別執著,那你就在造新殃,你就在造業,錯了。事上隨緣,心上要乾淨,事為什麼?是假的,事事無礙,只要不起心、不動念、不分別、不執著,什麼障礙都沒有。障礙是起心動念,起心動念裡面最嚴重的障礙,頭一個是對立。決定不能跟人對立,不能跟事對立,不能跟一切萬物對立,首先要把這個消除,成就自己這一生圓滿的道業。決定不能有控制的念頭,更不可以有佔有的念頭,就學這個,從這裡下手。怎樣把念頭化解?念阿彌陀佛就化解了。我心裡只有阿彌陀佛,只想阿彌陀佛,一心想著早一點回極樂世界,到極樂世界就成佛了。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第十集) 2010/4/14
Alam Sukhavati memiliki lingkungan yang bagus, penduduknya memiliki
usia tanpa batas, melatih diri cepat mencapai keberhasilan, oleh karena di sana
tidak ada jodoh penghambat. Semua jodoh yang anda temui adalah jodoh yang
membantumu supaya cepat berhasil, oleh karena di sekeliling anda adalah Buddha
dan Bodhisattva.
Sampai di Alam Sukhavati, setiap saat anda dapat menjelajahi seluruh
alam para Buddha di sepuluh penjuru, oleh karena anda memiliki kemampuan
menjelma sampai tak terhingga. Anda tetap duduk manis mendengar pembabaran
Dharma dari Buddha Amitabha, sambil menjelma sampai tak terhingga dan tanpa
batas, pergi berjelajah ke sepuluh penjuru alam, memberi persembahan kepada
para Buddha lalu mendengar ajaran Mereka, maka itu kalau mau memperkaya ilmu
pengetahuan, sampai di Alam Sukhavati barulah belajar beraneka ragam, para
Buddha akan mengajarimu secara langsung.
Lihatlah jalinan jodoh yang begitu istimewa-nya, lingkungan belajar
yang demikian unggulnya, mengapa tidak memilih Alam Sukhavati? Buat apa masih
melekat dan mendambakan dunia ini?
Buddha Sakyamuni oleh karena melihat kita begitu mendambakan dunia
ini, makanya sepanjang hidupNya tidak membangun vihara, beristirahat di bawah
pohon hanya untuk waktu semalam saja, esoknya pindah lagi, mengapa demikian?
Oleh karena ketika melihat pohon yang besar dan rindang, timbul kemelekatan di
hati; makanya cuma menginap semalam saja, esoknya pindah lagi, melenyapkan hati
yang serakah, ini adalah upaya kausalya, membantu kita tidak timbul kerisauan,
membantu kita tidak menciptakan karma buruk.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 14 April 2010
那個地方修學的環境好,人的壽命長,無量壽,而且快速成就。為什麼?修學環境好,決定沒有障礙的緣被你遇到,你在那裡找不到有障礙的。都是成就你的緣,因為你在那個地方,你所接觸到的都是諸佛如來、諸大菩薩。到西方極樂世界,要曉得,你能夠時時刻刻接觸到十方一切諸佛如來,你有能力分身,坐在那個地方聽阿彌陀佛講經說法,分無量無邊身到十方世界去拜佛、供養、聽佛說法,這是十方世界裡沒有的緣分,極樂世界具足。所以廣學多聞,到極樂世界真的廣學多聞,諸佛親自教誨,你有能力分身。你說這樣殊勝的因緣,這麼殊勝的學習環境,怎能不去?何必貪戀此地?釋迦牟尼佛怕我們在這裡動貪戀的念頭,所以一生不搞道場,沒有貪戀的。樹下只准睡一晚上,為什麼?這樹蔭很大,你起了貪心;只能睡一晚,第二天到別的地方去,斷你的貪心,這真叫善巧方便,幫助我們不生煩惱,幫助我們不造罪業。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第十集) 2010/4/14
Buddha memandang semua makhluk adalah Buddha, sebaliknya makhluk awam
memandang Buddha adalah makhluk awam, mengapa demikian? Oleh karena makhluk
awam menggunakan hati yang membeda-bedakan dan hati yang melekat untuk
memandang segalanya.
Maka itu kalau anda bertanya, kapan anda baru bisa mencapai KeBuddhaan?
Jawabannya sangat gampang, kapan anda memandang semua makhluk adalah Buddha,
maka selamat buatmu, anda sudah mencapai KeBuddhaan. Bukan hanya memandang
semua makhluk sebagai Buddha, bahkan semesta alam beserta seluruh isinya juga
adalah Buddha.
Bila sebaliknya, melihat ini timbul rasa suka, melihat itu merasa
benci, maka anda adalah makhluk awam enam alam tumimbal lahir.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 14 April 2010
佛看一切眾生是佛,可是眾生看佛也是眾生,為什麼?他有分別,他用分別心去看他,用執著心去看他,那就不一樣,看錯了!所以你要問問,我哪一天成佛?很簡單,哪一天你看所有一切眾生都是佛,恭喜你,你成佛了。不但有情眾生都是佛,樹木花草山河大地統統是的,沒有一法不是的,你就成佛了。你還看這個喜歡,看那個討厭,那你是六道凡夫。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第十集) 2010/4/14