Untuk memulai belajar Ajaran Sukhavati, pertama-tama belajarlah jadi
orang baik terlebih dulu. Kalau belajar jadi orang baik saja, tidak sanggup,
maka takkan berdaya terlahir ke Alam Sukhavati, jadi pertama-tama belajarlah
dulu untuk berperilaku baik.
Tetapi kita pernah melihat orang yang sepanjang hidupnya berbuat
jahat, saat menjelang ajal ada sahabat Dharma yang datang menasehatinya supaya
melafal Amituofo bertekad terlahir ke Negeri Buddha Amitabha, alhasil dia dapat
terlahir ke Tanah Suci Buddha Amitabha, bagaimana pula penjelasannya?
Kejadian ini membuat banyak orang merasa ragu. Sepanjang hidup
berbuat jahat, saat menjelang ajal dia menyadari kesalahannya, begitu kembali
ke jalan yang benar, rintangan karmanya jadi tereliminasi.
Di dalam sutra Buddha terdapat sebuah perumpamaan, sebuah rumah yang
sudah ribuan tahun berada dalam kegelapan, tidak ada cahaya sama sekali. Seribu
tahun kemudian ada orang yang menyalakan pelita, kegelapan pun langsung sirna.
Kegelapan itu ibaratnya karma buruk, seribu tahun diibaratkan
melakukan karma buruk untuk jangka waktu yang lama, begitu sebersit pikirannya
tercerahkan dan kembali ke jalan yang benar, ibaratnya seunggun pelita,
kegelapan segera sirna.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 8 Agustus 2010
淨宗的方便,首先把人做好,人做不好,極樂世界沒法子,沒分,把人做好。可是我們也真的看到,這不是假的,一生造惡,臨命終時遇到善友勸他回頭是岸,念佛求生淨土,居然他也成就了,這什麼原因?讓許多人懷疑。這裡頭有大道理在,什麼大道理?一生造惡,臨終懺悔,他知道錯了,這一回頭,罪業就消掉。佛經上有個比喻,千年暗室,這個房子沒有亮光,多久?一千年了,你點一盞燈就照明,黑暗就沒有了。黑暗好比是罪業,千年是造罪業的時間很長,你這一念回頭,就是你點了一盞燈,黑暗就沒有了。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第一0二集) 2010/8/8
Sutra Intan menyebutkan “Segala sesuatu yang dapat muncul dan lenyap,
adalah bagaikan mimpi, khayalan, gelembung air dan bayangan”. Orang yang
melakukan karma buruk adalah bagaikan sedang bermimpi buruk, menciptakan karma
buruk akibatnya harus menjalani siksaan, tiba-tiba ada orang yang menyadarkan
dan membangunkan dirimu, setelah bangun, apapun tidak ada lagi.
Di dalam enam alam tumimbal lahir, untuk jangka waktu yang sangat
panjang, anda menciptakan karma buruk, menjalani siksaan di tiga alam rendah,
sekarang ada seorang Kalyanamitra yang menyadarkan dan membangunkan dirimu,
begitu anda tercerahkan, menyadari bahwa enam alam tumimbal lahir sungguh
menyengsarakan, saya mesti terlahir ke Alam Sukhavati, begitu sudut pandang
diputar, maka karma buruk pun tereliminasi, takkan berdaya merintangi dirimu
lagi.
Berapa banyak karma buruk yang tereliminasi, tergantung pada
keyakinan hatimu. Keyakinan hati yang teguh, tanpa keraguan sama sekali, maka
karma buruk dapat tereliminasi hingga tuntas.
Lantas kenapa pula ada yang tidak berhasil mengeliminasi karmanya?
Oleh karena dia sibuk mengeluh : “Saya sudah melakukan terlampau banyak karma
buruk! Saya sudah berbuat jahat untuk jangka waktu yang lama, apa benar karma
burukku bisa terkikis?”.
Selama ada secuil keraguan, maka rintangan karmanya cuma bisa
tereliminasi secuil saja, masih ada sejumlah besar yang tak berdaya
dieliminasi, inilah yang akan terus merintangi dirinya.
Apabila kita memahami kebenaran ini, maka singkirkan segala keraguan,
menyadari bahwa seberat apapun rintangan karma diri sendiri, namun sepatah
Amituofo dapat mencairkan dan melenyapkannya, peluklah Buddha Amitabha
seerat-eratnya, jangan sampai melonggarkannya sedikitpun.
Di dalam hati ada Amituofo, di mulut juga ada Amituofo, segala
aktivitas tubuh juga sedang melafal Amituofo, apakah mungkin anda akan gagal
terlahir di Alam Sukhavati?
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 8 Agustus 2010
《金剛經》上講得好,「一切有為法,如夢幻泡影」,有為法就是生滅法。好像作夢一樣,作惡夢,造罪業是作惡夢,造業受苦,有個人把你叫醒,醒過來之後,夢就全沒有了。你在六道的時候,很長的時間造作罪業,感受是三途苦報,現在有個善知識把你喚醒,你一下覺悟了,六道真苦,我要到極樂世界去,這個念頭一轉,業就消掉,它不再障礙你。
這個業消多少,那就看你的信心。堅定的信心,一絲毫不懷疑,業就消盡了。有些怎麼?我這個造業太多!造業時間太久,這能行嗎?只要有這麼一個念頭,他的業只能消幾分之幾,還有大多數他消不掉,還是會障礙他。我們要是真正懂得這個道理,就不再懷疑,知道什麼樣的罪業,這一句阿彌陀佛真消得掉,得把阿彌陀佛抱緊,決定不能放鬆。心裡有阿彌陀佛,口裡有阿彌陀佛,身體造作也像阿彌陀佛,這還能不往生嗎?
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第一0二集) 2010/8/8
Melepaskan kemelekatan merupakan ketrampilan terutama dari seorang
praktisi. Melepaskan kemelekatan, melepaskan perbedaan dan melepaskan niat
pikiran yang timbul; dari tiga poin ini, poin terakhir merupakan yang paling
sulit diwujudkan.
Untuk melepaskan kemelekatan dan perbedaan, kita masih mungkin untuk
mewujudkannya, walaupun tidak se-sempurna yang dilakukan Bodhisattva, kita
mulai melakukannya! Setiap saat dapat menyadari poin ini sangat penting adanya.
Terutama dalam lingkungan kehidupan sekarang ini, setiap hari kita
mendapat info dari siaran televisi, internet dan media lainnya, di seluruh
dunia bermunculan bencana yang tidak masuk akal, namun hal ini justru merupakan
motivasi bagi praktisi, sehingga kita menyadari bahwa alam saha ini benar-benar
menyengsarakan dan tidak boleh didambakan.
Setiap hari kita membaca sutra, menyadari mengapa Buddha Sakyamuni
menasehati kita supaya terlahir ke Alam Sukhavati! Bila kita membandingkan Alam
Sukhavati dan alam saha, maka tekad kita untuk terlahir ke Alam Sukhavati, kian
hari kian menguat.
Andaikata dunia ini aman sentosa, tiada bencana sama sekali, maka
kita tidak berminat lagi menuju ke Alam Sukhavati, meskipun mulut melafal
Amituofo namun dalam hati masih begitu mendambakan dunia ini.
Maka itu melihat kejadian bencana yang mengerikan, telah menyadarkan
banyak orang sehingga membangkitkan keyakinan dan tekad melafal Amituofo.
Maka itu Master Ouyi berkata dengan sangat bagus, “Segala kejadian
tidak ada yang baik dan buruk, baik dan buruk ada di hati manusia”. Bagaimana
sudut pandangmu, lingkungan itu tidak ada yang baik dan jelek, demikian pula
dengan persoalan hidup manusia, juga tidak ada baik dan buruk, tergantung
bagaimana cara anda memandangnya.
Bila anda menanggapi dengan hati yang seimbang, maka tidak ada hal
yang tidak bagus; sebaliknya bila anda menanggapinya dengan sentimen negatif, maka
lingkungan apapun akan jelek jadinya, jadi lingkungan itu berubah mengikuti
perubahan suasana hati.
Semoga praktisi sekalian dapat menggunakan hati yang baik untuk
mengubah lingkungan ke arah yang lebih baik.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 8 Agustus 2010
放下是修行人第一功夫。放下執著、放下分別,放下起心動念這一條不容易做到,從分別執著上我們能做到,雖然不能像菩薩那樣的圓滿,我們開始幹!時時刻刻都能夠警覺到,這一點很重要。特別在現前這個環境當中,我們每天從電視、網路、媒體上所看到的,全世界許許多多無法想像的這些災難,這些災難對修行人來說有好處,讓我們警覺到這個世界真苦,這個世界不能住。每天在經上看到世尊給我們介紹的極樂世界,這世界多好!兩個世界一對比,我們求生極樂世界的願望油然而生,這是好處。這個世界上沒有災難,咱們就不想去了,念阿彌陀佛還捨不得離開這個世界。所以這一次大災難,這種現象也度了很多很多人,許多人有善根,善根不成熟,看到這個災難,善根成熟了,他真想去,他真放下了。所以蕅益大師有兩句話講得很好,境緣無好醜,好醜在人心。你怎麼個看法,就是環境沒有好壞,人事也沒有好壞,你怎麼看法。你要是用正常的心態去看,沒有一樣不好;不正常的心態,什麼環境都不好,確實境隨心轉。希望我們學佛的同學都能夠心轉境界,這就好。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第一0二集) 2010/8/8