“Ayahanda Maitri
yang maha budiNya”, merupakan pujian yang diberikan umat Buddha kepada Buddha
Sakyamuni atas budi kebajikanNya, tanpa ajaran Buddha Sakyamuni, kita akan
berputar di dalam lingkaran enam alam tumimbal lahir untuk kalpa atau waktu
yang sangat panjang, di dalam enam alam tumimbal lahir pasti mengalami
penderitaan yang tak terungkapkan dengan kata-kata.
Sebelum memulai
belajar Ajaran Buddha, pertama-tama kita harus mengenal terlebih dulu siapakah
Buddha Sakyamuni, apabila anda tidak memahami terlebih dulu siapakah Buddha
Sakyamuni, maka dalam perjalanan belajar Buddha Dharma, anda akan menempuh
banyak jalan yang menyimpang dan berliku-liku, sebaliknya bila anda telah
mengenal dan memahami siapakah Buddha Sakyamuni, maka anda akan terhindarkan
dari banyak jalan yang menyimpang dan berliku-liku, memperoleh manfaat yang
sesungguhnya dari Ajaran Buddha.
“Buddha” adalah
gelar yang diberikan kepada insan yang telah mencapai penerangan sempurna. Untuk
memudahkan memahaminya, kita boleh mengibaratkan gelar Buddha itu sebagai gelar
akademik. Gelar akademik itu ada tiga tingkatan yakni yang paling tinggi adalah
Doktor (S3), disusul Magister (S2) dan Sarjana (S1) .
Demikian pula di
dalam Ajaran Buddha, gelar yang paling tinggi adalah Buddha, kita ibaratkan
gelar S3; kemudian yang kedua adalah Bodhisattva, kita ibaratkan S2; disusul
yang ketiga adalah Arahat, kita ibaratkan S1.
Maka itu praktisi
sekalian mesti memahami bahwa Buddha, Bodhisattva dan Arahat adalah manusia dan
bukan Dewa juga bukan malaikat, hal ini mesti dipahami dengan benar.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 20 Juli 2010
Komik Riwayat Buddha Sakyamuni (Seri
1,2,3) dapat diunduh di :
大恩慈父,是後人對老師這個恩德的讚歎,如果沒有釋迦佛的教誨,我們可以說是肯定長劫,這很長的時間,用劫做單位,在六道裡輪迴,六道輪迴肯定是苦不堪言。六道要知道它是事實,我們介紹本師就會談到。釋迦牟尼佛,學佛首先你得認識他,你要不認識他你會走很多彎路,你要認識他,你就省掉許許多多的彎路,真正得到佛陀教育的利益。所以佛陀我們稱釋迦牟尼佛,佛陀是佛陀教育裡面學位的名稱,我們用現在話講大家好懂,學位。就像現在一般學校學位有三種,最高的博士,其次的碩士,再其次的學士。在佛教育裡面也有三個學位,最高的稱佛陀,相當於博士;第二個菩薩,相當於碩士;第三個阿羅漢,相當於學士。所以諸位一定要知道,佛、菩薩、羅漢是人,不是神也不是仙,是很普通的稱呼,這個一定要懂得。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第八十五集) 2010/7/20
Nama Buddha berkaitan erat dengan ajaranNya, apa yang Beliau ajarkan
di dunia ini, jadi namaNya merupakan topik pengajaranNya. Apa yang diajarkan
oleh Buddha Sakyamuni? Yakni Sakyamuni. Apa artinya Sakya? Yakni Maitri (cinta
kasih universal).
Kenyataannya dalam masyarakat kita sekarang ini, kekurangan cinta
kasih, tidak punya sebutir hati yang mengasihi sesama manusia, dia bukan saja
tidak tahu menyayangi sesamanya, bahkan terhadap dirinya sendiri juga tidak
punya welas asih.
Maka itu mengasihi orang lain itu tidaklah gampang, terlebih dulu
mestilah tahu mengasihi diri sendiri, orang yang tidak tahu mengasihi diri
sendiri, bagaimana dia dapat mengasihi orang lain?
Maka itu apa yang diajarkan Buddha Sakyamuni di dunia ini? Yakni cinta
kasih universal, kita memperlakukan orang lain, mesti dengan hati Maitri
Karuna.
Lantas bagaimana cara memperlakukan diri sendiri? Yakni Muni. Apa
artinya Muni? Yakni suci, setara dan tercerahkan. Muni juga dapat diartikan
sebagai keheningan. Saya mengartikannya sebagai “suci, setara dan tercerahkan”
agar praktisi sekalian jadi mudah memahaminya.
Jadi apa yang diajari Buddha Sakyamuni? Yakni terhadap diri sendiri
mesti suci, setara dan tercerahkan; terhadap semua makhluk mesti Maha Maitri
Maha Karuna. Inilah Ajaran Buddha.
Maka itu topik pengajaran seorang Buddha berkaitan erat dengan
namaNya.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 20 Juli 2010
佛的名號,是他在這個世間教學的,我們講的宗旨,他在這地方他教什麼,名號就是他所教的。你說佛教教什麼?釋迦牟尼。釋迦是什麼意思?仁慈的意思,翻作能仁,他能夠仁慈。實際上對待我們今天的社會,我們這個社會的這些眾生缺乏的就仁慈,沒有愛心,他不但不愛人,他連自己都不愛。所以愛人不容易,自愛才能愛人,他自己對自己都不愛,他怎麼會去愛人?所以佛在這個世間教學教什麼?就是教仁慈。釋迦就是仁慈的意思,教導我們對別人,要有愛心、要有慈悲心,大慈大悲對待一切眾生,他教這個,這是佛法教學的內容。對自己呢?對自己是牟尼。這都是印度話,古印度話,牟尼是什麼意思?我們這個經題上「清淨平等覺」,牟尼翻作寂靜,我用經題上這五個字來講,你們更好懂,牟尼是心地清淨、心地平等、心地覺而不迷,這就是牟尼的意思,你看這名字多好。釋迦牟尼佛教我們什麼?教我們自己要清淨平等覺,教我們要以大慈大悲對待一切眾生,這就是佛陀教育,教什麼?就教這個。所以教學的宗旨在名號上,這個不是他的本名,他的本名,俗家本名叫悉達多。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第八十五集) 2010/7/20
Nama seorang Buddha
atau nama seorang Bodhisattva erat kaitannya dengan topik pengajaranNya, jadi
begitu melihat namaNya, langsung tahu apa yang akan diajarkanNya.
Walaupun materi
pembelajaran dalam Ajaran Buddha itu adalah tak terhingga dan tanpa batas, namun
takkan terpisahkan dari suci, setara dan tercerahkan, pasti terjalin dengan
Maha Maitri Maha Karuna, apabila terpisahkan dari poin-poin ini, maka tidak
bisa disebut sebagai Ajaran Buddha lagi, oleh karena Sang Buddha takkan
mengajari padamu apa yang bertentangan dengan suci, setara, tercerahkan dan
Maitri Karuna.
Apabila terhadap
Sang Buddha, kita tidak memiliki pemahaman yang jelas, maka jalan kita akan
menyimpang, hari ini kita ke vihara memohon pada Buddha, memohon pada
Bodhisattva supaya kita naik pangkat dan kaya raya, ini namanya kepercayaan
takhayul, ini sudah sesat. Ketika Buddha Sakyamuni membabarkan Dharma di dunia,
tidak ada hal begini.
Ketika Buddha
Sakyamuni membabarkan Dharma di dunia, hal ini ada tercatat di dalam sejarah
Tiongkok, setelah Sang Buddha memasuki Parinirvana, dihitung sampai tahun ini
adalah sudah 3037 tahun lamanya.
Sejarah Tiongkok
mencatat bahwa Buddha Sakyamuni lahir pada tahun ke-24 bertahtanya Kaisar Zhou
Zhao-wang, sedangkan Sang Buddha memasuki Parinirvana dalam usia 80 tahun, yakni
pada tahun ke-53 bertahtanya Kaisar Zhou Mu-wang.
Dasar
perhitungan tiga ribu tahun :
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 20 Juli 2010
佛的名號、菩薩的名號,都是他教學學科的宗旨,你一看名號就曉得他教什麼課程,這個名號是總課程。就是佛法裡面所教的,科目無量無邊,不離開這個宗旨,肯定門門都與清淨平等覺、都與大慈大悲相應,離開這個那就不是佛教,佛陀沒有這樣教你過。所以你看咱對佛要不認識,要是扭曲了,我們今天到佛廟求佛、求菩薩,求升官發財、求保佑,那叫迷信,那個叫顛倒,釋迦牟尼佛當年在世沒這個事情。他老人家當年在世,這照中國歷史記載,佛滅度之後,就是佛過世之後到今年,我們中國歷史上記載的三千零三十七年。我們中國歷史上記載,佛出生在周昭王二十四年,他過世的時候是周穆王五十三年,在世我們中國人講八十歲,外國人講實足年齡七十九歲,真的是七十九歲,中國人說虛歲八十歲,八十歲走的。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第八十五集) 2010/7/20