Tempo dulu,
Pengurus Han (Mendiang Upasika Han Ying) mendukung diriku, saat itu tidak ada vihara
yang mengizinkan diriku menetap, oleh karena yang mereka butuhkan adalah Bhiksu
ritual dan bukan Bhiksu penceramah.
Pengurus Han
menerimaku tinggal di rumahnya, saya menetap di sana 17 tahun lamanya. Tiap hari kegiatanku adalah membaca sutra,
berceramah, tempat diselenggarakan ceramah dan hadirin pendengarnya, semua
urusan ini ditangani oleh Pengurus Han, oleh karena waktu itu saya juga baru
menjadi Bhiksu, siapa yang mengenal diriku? Siapa yang mau datang mendengar
ceramahku?
Maka itu Pengurus
Han yang pergi mengajak teman-temannya untuk datang mendengar ceramahku, kadang
kala ada belasan orang, kadang kala jumlahnya melampaui 20 orang.
Perlahan-lahan jumlah pendengar ceramahku meningkat hingga mencapai 50-60
orang, berkesinambungan tak terputus. Tiap malam saya memberi ceramah berkisar
1-1,5 jam, pagi harinya saya membaca sutra dan melafal Amituofo.
Lihatlah betapa
bagusnya kebajikan ini, seorang umat awam yang hidupnya berkecukupan, rumahnya
luas, sanggup mendukung seorang Bhiksu penceramah, anda dapat mendukungnya
selama 10 tahun, dia pasti bisa berhasil.
Saya tinggal di
rumah Pengurus Han 17 tahun lamanya. Kemudian pendengar ceramahku kian lama
kian banyak, mereka mulai berdana dan akhirnya kami berhasil membeli sebuah
vihara mungil, luasnya mirip dengan studio rekaman kita ini, sejak itu tidak
perlu lagi menyewa ruangan ceramah di luar.
Oleh karena memiliki
vihara sendiri, jadi kegiatan ceramah mulai diperbanyak, pagi, siang dan malam,
juga diselenggarakan kegiatan ceramah, rasanya bahagia sekali dan tidak capek.
Memberi ceramah
dengan judul yang berbeda, sehari tiga sesi, tiga sesi hadirinnya tidak sama,
sama seperti membuka kelas Dharma, asalkan anda memiliki waktu, bolehlah datang
mendengarnya.
Kini untuk membina
calon penceramah sudah mudah, rekaman ceramahku juga banyak beredar, asalkan
memilih satu judul saja, menfokuskan diri pada satu Pintu Dharma dan
mendalaminya, melatihnya berkesinambungan untuk jangka panjang, satu judul
dipelajari selama 10 tahun, maka anda pasti bisa berhasil.
Bila anda memang
punya niat dan memiliki kemampuan finansial, maka berilah dukungan pada 1 atau
2 orang penceramah, baik yang berasal dari anggota Sangha maupun umat awam, ini
merupakan jasa kebajikan yang tak terhingga dan tanpa batas.
Tetapi untuk
mencari anak muda begini juga sangat sulit dijumpai, siapa yang bersedia
melepaskan segala kemelekatan, menggunakan waktu 10 tahun untuk belajar? Maka
itu metode sudah ada, namun sayangnya sulit mencari orangnya.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 11 Agustus 2010
過去韓館長對我的照顧,在她家裡,一個小房間,我在她家裡住了十七年,不容易。每天我的事情就是讀經、講經,講經的場所、聽眾她替我張羅,因為年輕,剛剛出來講經,誰認識你?誰來聽你的?所以就是韓館長到處去張羅,邀請她的這些朋友、她的一些道友們,有時候十幾個,有時候二十幾個。到以後,我講經的時候正常差不多有五、六十個人聽,沒中斷。天天晚上有一個小時到一個半小時,通常是一個半小時的多,晚上講一個半小時,白天的時間,我自己讀經、念佛。你看看這都是好樣子,一個居士,家裡比較富有,有房間多出來的,你就照顧一個人,你能照顧十年他就成功了。我在韓館長家裡住了十七年。以後聽眾多了,大家都拿一點錢,買了一個講堂,那個講堂差不多是有我們這個攝影棚這麼大,買了這麼一個講堂,就不再借講堂。自己有這麼個講堂,我們講經的時間就多了,上午講、下午講、晚上講,樂此不疲。講不一樣的經,所以一天三次,三次聽眾不一樣,就等於開課一樣,你能抽出時間你就來聽。我曾經最多的時候,一個星期講五、六種。我講經是在台中跟李老師學的。現在培養講經方便很多,我這麼多年,講經所留下來的這些錄像、錄音,大概是一萬五千個小時以上,不少過一萬五千小時。種類也很多,只要選其中的一種,一門深入,長時薰修,一種東西真正能苦學十年,你成功了。那個時候,他出家就是大法師,他在家也是大居士。真正有心人培養一個、兩個,無量無邊的功德,那真實的。不過這樣的人也很難找,誰肯萬緣放下,用十年寒窗,然後一舉成名?所以方法有,也並不困難,人難找。真正找到,犧牲奉獻,為正法久住,為繼承如來家業,這是廣義的福田,真正修福。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第一0九集) 2010/8/11
Para Buddha dan Bodhisattva selamanya tidak menikmati berkah, juga
tidak menikmati kesenangan, tidak ada. Lihat saja di dalam pintu Buddha, sejak
dulu hingga sekarang, para Bhiksu dan praktisi senior, mana ada yang menikmati
berkah? Hanya dengan memberikan ceramah, beginilah cara mereka menikmati
berkah.
Zaman dulu, Bhiksu yang diangkat menjadi guru negara, yakni Kaisar
berguru padanya, kehidupannya juga sangat bersahaja, bukanlah karena kedudukan
berubah sehingga gaya hidup pun ikut berubah. Para praktisi senior tersebut
umumnya masih mempertahankan tradisi makan sehari se-kali saja yakni sebelum
melewati tengah hari. Praktisi agung sedemikian rupa jumlahnya terlampau
banyak!
Kehidupan mereka begitu bersahaja, mengapa demikian? Memberi teladan
kepada orang lain, tiada keangkuhan sama sekali, bukanlah karena sudah menjadi
guru negara, sehingga mata pun melihat ke atas, namun mereka tetap tak berubah,
berinteraksi dengan kaum papa tanpa membeda-bedakan. Inilah etika moral.
Terhadap kaum bangsawan, mereka menggunakan kebijaksanaan untuk
membantu menata pemerintahan, terhadap kaum papa, membantu mereka menjauhi
penderitaan memperoleh kebahagiaan, membimbing tanpa perbedaan.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 11 Agustus 2010
諸佛菩薩永遠沒有說是享福、享樂的,沒有。你看看佛門裡頭,自古以來這些高僧大德有沒有享福的?他教學就是享福。再高的地位,從前做到國師,皇帝以他做老師,國師,他的生活還是很簡單,沒有改變,那些修行人多半還是日中一食。太多了!生活非常簡單,為什麼?給別人做榜樣,一絲毫傲慢都沒有,不是說地位很高,就高高在上,不是的,跟貧苦的人接觸依舊是很多,這是德行。與大官,這是社會上,現在講的是高層次的人接觸,那是用智慧幫助他治理國家,跟貧窮人往來是幫助他離苦得樂,平等的教化。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第一0九集) 2010/8/11
Manusia di dunia ini mesti mengecap pendidikan etika moral,
pendidikan Hukum Sebab Akibat. Mengapa demikian? Beragam problema dunia yang
muncul sekarang ini disebabkan oleh hilangnya pendidikan kesusilaan.
Tempo dulu di Tiongkok masih menjunjung pendidikan kesusilaan, kini
sudah terabaikan. Kini manusia memuja teknologi, walaupun tampaknya umat Buddha
jumlahnya bertambah, namun masyarakat menjunjung keuntungan dan nafsu
keinginan, bahkan para praktisi juga sudah ditelan oleh keuntungan dan nafsu
keinginan, inilah fenomena yang ada di depan mata, berlomba-lomba mengejar
ketenaran dan keuntungan, ajaran dikesampingkan dulu, tidak berminat belajar
lagi.
Inilah penyebab kekacauan masyarakat dunia, yang juga merupakan sumber
penyebab perubahan lingkungan alam. Hari ini bila kita ingin menyelamatkan
masyarakat ini, menyelamatkan Planet Bumi, maka harus menggalakkan kembali
pendidikan kesusilaan, menasehati setiap insan agar kembali pada kebajikan.
Oleh karena manusia telah menyimpang dari jalurnya, makanya timbul banyak
problema, sampai-sampai Bumi pun ikut berubah mengikuti niat pikiran manusia.
Pendidikan kesusilaan dapat membantu kita menyelesaikan banyak
problema. Namun baik di Tiongkok maupun di luar negeri, jumlah praktisi senior
semakin berkurang jumlahnya, makanya kita harus tahu dengan jelas, bagaimana
cara memberi dukungan pada praktisi.
Kalau memang berjodoh, bersua dengan praktisi sejati, maka sudah
sepantasnya kita memberi dukungan, membantunya supaya berhasil. Jadi
pertama-tama, tentunya kita berharap agar dia mau menanam akar pendidikan
kesusilaan. Dalam kurun waktu setahun harus bisa mengamalkannya, kalau tidak,
maka tidak jadi mendukung dirimu, mempersilahkan dia pamit.
Kalau dalam kurun waktu setahun, dia dapat mengamalkan akar
pendidikan kesusilaan, maka kita harus lebih menghormati dirinya. Kemudian
memberinya kesempatan berceramah, tiap hari 1,5 jam, anda sendiri yang
mendengarkannya, sahabat dan keluarga anda juga boleh ikut mendengarnya.
Tiap hari membiarkannya ceramah, sampai 10 tahun kemudian, barulah boleh
berceramah di hadapan umum. Ini gunanya melatih kesabarannya (Ksanti Paramita).
Meskipun sudah trampil juga tetap harus melatih hingga 10 tahun
lamanya, kalau dia sudah tidak sabaran lagi, memaksakan diri keluar berceramah,
apalagi kalau dia berlidah fasih, pendengarnya juga banyak, maka dana pun
mengalir deras, dia pun memilih kabur, dirinya sudah berubah, jatuh ke jurang
ketenaran dan keuntungan. Kalau sudah begini, kita juga ikut bersalah.
Maka itu dalam memberi dukungan mesti jeli, amati dulu dirinya,
benarkah dia sanggup hidup bersahaja, benarkah dia berkarir demi Ajaran Buddha,
dengan demikian barulah bisa berhasil.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 11 Agustus 2010
世人普遍應該要受這個教育,就是倫理的教育、道德的教育、因果的教育。為什麼?今天全世界出了這些麻煩,就是因為這個教育沒有了。在古時候有,我們中國有,在外國有宗教教育也行,都能夠生效。現在是在中國這個教育不講求了、疏忽了,在外國現在逐漸科學抬頭,信仰宗教的人愈來愈少,社會崇尚利欲,許多宗教人士也被利欲吞噬,這是我們目前看到的現象,也去爭名逐利,把宗教教育放在一邊,不再學習。這是現前社會動亂的因素,也是地球上變異的原因。我們今天救社會,救這個地球,就要把這些東西找回來,勸導大家要好好的做人,都是做人出了問題,連帶我們的依報地球出了問題。
中國儒釋道的教育,外國宗教教育,真的能幫助我們解決這個問題。但是現在無論是中國、在外國,真正之大德太少,我們應當知道怎樣去尊重、去培養。是一樁難事,應該把這樁事情放在心上,遇到有這種緣分,有這樣的人,我們要關心他、要照顧他、要幫助他、要成就他。所以現在,如果沒有老師指導,真有這樣的人,紮三個根、四個根,這是基礎,一定要求他做到。一年要做到,一年做不到就不護持你,就請你走路;一年真正做到了,我們加倍的禮敬。督促他,督促他的方法很簡單,每天給我們講一個半小時,講給誰聽?就講給你聽,不要有其他的人,或者你家人、幾個朋友在一起,就講給你聽。天天讓他學、天天讓他講,學十年、講十年不就成就了嗎?十年之後,再把他介紹出去,找講堂對外公開講演,十年之內不對外。這是訓練什麼?訓練他忍辱波羅蜜。他會了也得忍十年,他要不能忍,他一出去講,講得還不錯,恭敬他的人多了、供養人多了,他就跑掉,他就變質,又落到名利裡面去,那我們就錯了。所以要觀察他,真能吃苦、真有使命感,這才能成就。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第一0九集) 2010/8/11