Jumat, 07 September 2018

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 8 Mei 2010 (Bgn 1)


Buddha Sakyamuni membabarkan pada kita, bila dapat melafal Amituofo berkesinambungan tak terputus, pasti terlahir di Alam Sukhavati. Apa maksudnya berkesinambungan? Yakni menaruh lafalan Amituofo di dalam hati. Inilah yang harus selalu kita risaukan.

Jangan risaukan hal-hal lainnya, mencemaskan hal-hal lainnya adalah enam alam tumimbal lahir; yang harus anda risaukan adalah lafalan Amituofo, begini barulah betul. Melafal berkesinambungan artinya tidak boleh terputus, siang malam 24 jam di dalam hati hanya ada Buddha Amitabha.

Melakukan kebaktian setiap hari, tubuh melakukan namaskara pada Buddha Amitabha, sehari minimal 300 kali, ini juga merupakan olahraga yang bagus. Mulut melafal Amituofo, ada jadwal tetap dan tidak tetap, jadwal tetap adalah kebaktian pagi dan sore, untuk kebaktian pagi dan sore minimal harus melafal Amituofo sebanyak 3000 kali, tidak banyak. Kalau punya waktu luang, paling bagus kalau bisa melafal hingga 10 ribu kali, ini jadwal tetap.

Sebelum melafal Amituofo, ada baiknya membaca 1 buku “Sutra Usia Tanpa Batas”, atau boleh juga membaca 1 buku “Amitabha Sutra”, jika punya waktu luang, bacalah “Sutra Usia Tanpa Batas”.

Apabila keyakinan hati telah teguh, tiada keraguan lagi sama sekali, memiliki tekad bulat terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, maka waktu untuk membaca sutra boleh dipersingkat, boleh membaca “Amitabha Sutra” saja, soalnya “Sutra Usia Tanpa Batas” terlampau panjang.

Tetapi apabila pengenalan kita terhadap Alam Sukhavati masih kurang jelas, pemahaman juga masih kurang, belum sanggup menghapus keraguan, maka perlu membaca “Sutra Usia Tanpa Batas”, oleh karena Sutra Usia Tanpa Batas menjelaskan lebih terperinci, setelah membaca sutra lama kelamaan akan jadi mengerti, alasannya terletak di sini.

Jadi kalau sedikit keraguan pun sudah tidak ada lagi, maka cukup membaca “Amitabha Sutra” saja, tidak perlu membaca “Sutra Usia Tanpa Batas”, mengapa demikian? Oleh karena melafal Amituofo barulah merupakan pelatihan pokok yang utama, ini harus dipahami.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 8 Mei 2010

佛告訴我們,但能繫念不止,定生佛前,這是說淨宗的學人。繫是什麼?掛在心上,我們講牽掛。你心上別牽掛別的,牽掛別的都是六道輪迴,你就錯了;你應該牽掛阿彌陀佛,你就對了。這個繫念的心不能中斷,二六時中心上真有佛,真正有阿彌陀佛。每天的功課,身禮拜阿彌陀佛,一天至少拜三百拜,這也是非常好的運動。口念阿彌陀佛有定課、有散課,定課是早晚課,早晚課至少要念三千聲佛號,不多。如果你有時間,工作不多、不忙,最好能念一萬聲佛號,定課。念佛號之前,最好念一部《無量壽經》,或者是念一部《阿彌陀經》都好,有充分時間的念《無量壽經》。信心堅定,沒有絲毫懷疑,願力懇切願生淨土,念經的時間就可以縮短,念《彌陀經》就好,《無量壽經》太長。如果我們對西方極樂世界認識還不夠清楚,了解還不夠多,疑惑沒有能夠徹底斷除,就念《無量壽經》好,《無量壽經》講得詳細,慢慢念久了就明白,道理在此地。真的一點懷疑都沒有,念《彌陀經》就好,就不必念《無量壽經》,為什麼?執持名號是主修,這個要懂得。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三十三集)  2010/5/8
 



 

Selain kebaktian pagi dan sore merupakan jadwal tetap, maka waktu lainnya disebut sebagai jadwal bebas, kapan saja dan di mana saja, kita boleh melafal Amituofo. Apabila siang malam 24 jam anda dapat melafal berkesinambungan, maka selamat buatmu, ketrampilan melatih dirimu sudah mahir (selain lafalan Amituofo, tidak ada lagi pikiran lainnya), meskipun kekotoran batinmu masih ada, namun ketrampilan-mu dapat meredamnya, sehingga kekotoran batin itu tidak bisa efektif.

Dengan ketrampilan begini, anda sudah dapat terlahir ke Alam Sukhavati dengan bebas tanpa rintangan, anda boleh pergi kapan saja sesuai dengan keinginan, Buddha Amitabha akan datang menjemputmu.

Kalau anda merasa kasihan dengan dunia ini, bencana yang melanda bertubi-tubi, ingin tinggal di dunia ini buat menolong mereka, tentu saja boleh, takkan ada rintangan.

Sebanyak apapun bencana di dunia ini, namun anda tetap berada dalam kondisi selamat, mengapa demikian? Karma kolektif yang tidak serupa, mereka tertimpa bencana karena memiliki karma kolektif, sedangkan anda tidak memilikinya.

Buddha dan Bodhisattva akan menjaga dirimu, para Dewa Pelindung Dharma juga akan menjaga dirimu, oleh karena anda menetap di dunia ini adalah demi membantu umat manusia.

Setelah misimu dalam membantu para makhluk telah sempurna, ikatan jodoh dengan para makhluk di dunia ini juga telah berakhir, maka anda akan terlahir di Alam Sukhavati. Pasti terlahir di hadapan Buddha Amitabha, lihatlah kalimat ini begitu memastikan, tiada keraguan sama sekali.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 8 Mei 2010

除了早晚兩堂定課之外,其他的時間叫散課,想起來就念。到哪一天你二六時中,就二十四小時這佛號自自然然不間斷,恭喜你,你功夫成片。你的見思煩惱沒斷,你這種功夫確實能夠把見思煩惱控制住,雖然不斷,它不起作用,這種功夫就能夠自在往生,你想什麼時候走,阿彌陀佛就來接引你。你覺得這個世界眾生太可憐,災難太多,想留在這裡幫他們一把,行,不礙事。世界災難再多,災難就在你面前,你也能平安無事,這是什麼?共業不同,他有遭難的共業,你沒有這個共業。所以佛菩薩會照顧你,護法神會照顧你,你是來幫大家忙的。你幫助眾生這個緣盡了,你這份工作做圓滿,你就到極樂世界去了。定生佛前,你看這個字用得多肯定,讓你一絲毫疑慮都沒有。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三十三集)  2010/5/8

 


 

Terlahir ke Alam Sukhavati pasti mencapai KeBuddhaan, penduduk Alam Sukhavati memiliki usia tanpa batas, makanya pasti meraih keberhasilan. Bahkan oleh karena memiliki akar kebajikan, berkah kebajikan dan faktor pendukung (jalinan jodoh) yang tebal dan mendalam, makanya sampai di Alam Sukhavati, takkan mengubah Pintu Dharma yang selama ini dilatihnya, juga takkan berminat mempelajari pintu Dharma lainnya, satu-satunya hanya melafal Amituofo berkesinambungan tak terputus, makanya dia mencapai KeBuddhaan dengan cepat!

Apa alasannya? Dia mencapai Samadhi Pelafalan Amituofo. Buddha Sakyamuni sering membabarkannya di dalam sutra Mahayana bahwa “Samadhi Pelafalan Amituofo merupakan raja diantara semua jenis samadhi”.

Praktisi sekalian, sudahkah kalian menghafal kalimat ini? “Samadhi Pelafalan Amituofo merupakan raja diantara semua jenis samadhi”, sungguh unggul tiada bandingnya. Dengan mencapai samadhi maka terbukalah prajna (kebijaksanaan). Dengan tercapainya rajanya samadhi, maka kebijaksanaan yang terbuka, pasti adalah prajna terunggul dan sempurna.

Begitu kebijaksanaan terbuka, pintu Dharma yang tak terhingga dan tanpa batas yang dibabarkan oleh para Buddha di sepuluh penjuru dari tiga masa, bukankah sudah dapat dikuasai semuanya?

Segala kekuatan dan kemampuan para Buddha Tathagata, bukankah sekaligus jadi sempurna? Ini merupakan Jalan terdekat menuju pencapaian KeBuddhaan. Pintu Dharma serupa ini, mau cari ke mana lagi? Walaupun praktisi pelafal Amituofo itu jumlahnya banyak, namun berapa orang yang memahami kebenaran begini?

Praktisi yang serius mengamalkannya, yakni yang melepaskan segala kemelekatan, hatimu akan suci, memperoleh manfaat yang sesungguhnya, kemudian memberi manfaat bagi orang lain, membantu orang lain.

Bila masih ada yang belum sanggup dilepaskan, dikarenakan masih belum memahami kebenaran ini, sebaliknya bila sudah mengerti, memahami bahwa seluruh jenis sutra dan sastra, tak terpisahkan dari sepatah Amituofo, asalkan melafal Amituofo hingga menemukan kembali jiwa sejati, maka seluruh jenis sutra, baik Dharma duniawi  maupun Dharma non duniawi, tiada satupun yang tidak anda kuasai.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 8 Mei 2010

往生西方極樂世界,給諸位說,就是成佛,雖然在同居土裡面沒成佛,方便土裡頭也沒成佛,肯定一生成佛,他無量壽,壽命長,肯定成就。而且果然是善根福德因緣深厚,到西方極樂世界也不改變法門,也不想修別的,就這一句名號念到底,他成佛快!什麼原因?他得念佛三昧。佛在大乘教裡面講得很多,「念佛三昧,三昧中王」,諸位有沒有記得住這句話?三昧是禪定,念佛三昧是三昧中王,無比殊勝。得定了,定能開慧,三昧之王他開的智慧肯定是究竟圓滿的般若智慧。智慧一開,十方三世一切諸佛所說無量無邊的法門,不就全通達了嗎?諸佛如來的道力、神通、萬德萬能,不就同時具足了嗎?這是真正成佛的捷徑。這個法門到哪裡去找?雖然在中國很普遍,但是念佛的人很多,有幾個念佛人真正明白這個道理?真發心去幹,真發心就是萬緣放下才叫真發心,你的心真清淨,真得受用,得受用之後再利他,再幫助別人。你還有沒放下的,你對於道理、事實真相,你還不夠透徹,所以你還沒能放下。真透徹、真明白,知道千經萬論不出一句佛號,只要把這一句佛號念通,通到什麼地方?通到自性,一切經教、世出世法沒有一樣你不通達。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三十三集)  2010/5/8