Di
dalam Persamuan Avatamsaka Sutra, dapat dilihat bahwa Bodhisattva Manjusri dan
Bodhisattva Samantabhadra, menuntun para Bodhisattva menuju ke Alam Sukhavati,
berguru pada Buddha Amitabha.
Coba
bayangkan, betapa besarnya kelapangan hati Buddha Vairocana. Umpamanya kita
mengikuti Guru A, lalu kita melihat ada Guru B yang ternyata lebih bagus, kemudian
kita mengajak seluruh teman belajar kita supaya mengikuti Guru B. Bagaimana
perasaan Guru A? Ini disebut mengkhianati Guru sendiri.
Tetapi
Buddha Vairocana malah bersukacita, baguslah, kalian dapat belajar pada Buddha
Amitabha. Mengapa demikian? Oleh karena Buddha Amitabha dan Buddha Vairocana
adalah satu kesatuan.
Mengapa
harus ke Alam Sukhavati? Oleh karena di Alam Sukhavati, Buddha Amitabha
menggunakan upaya kausalya untuk membantumu melatih diri mencapai KeBuddhaan
dalam waktu singkat.
Kalau
tetap berada di Alam Avatamsaka (Tanah Suci Buddha Vairocana), berapa waktu
yang dibutuhkan untuk mencapai KeBuddhaan? Tiga Asamkheyakalpa besar.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 April 2010
在華嚴會上看到,文殊、普賢帶領著華藏世界四十一位法身大士,從初住菩薩到十地菩薩,還到等覺,叫四十一位,十住、十行、十迴向、十地就四十個,加上一個等覺,四十一位法身大士,到哪裡去?到極樂世界去,拜阿彌陀佛去。你們想想這個境界,再想想毘盧遮那佛的度量多大!如果我們現在說,一個老師,我們跟著這個老師,我們居然發現一個好的老師,把我們的同學統統帶到那個老師那裡去了,這老師心裡怎麼想法?那不是很難過嗎?那是背師叛道。不但毘盧遮那佛沒有反對,而且毘盧遮那佛歡喜,好,你們到那邊去太好了,去看阿彌陀佛。為什麼?阿彌陀佛跟毘盧遮那佛不二,是一不是二。為什麼到極樂世界去?極樂世界阿彌陀佛有善巧方便,幫助你修行證果,在時間上大幅度的縮短了。你在華藏世界,我們講圓教初住菩薩,他證得究竟圓滿的佛果要多長的時間?三大阿僧祇劫。
Terlahir
ke Alam Sukhavati, meskipun belum mencapai KeBuddhaan, namun sudah serupa
dengan telah mencapai KeBuddhaan, di dalam 48 tekad agung-Nya, Buddha Amitabha
berkata demikian, terlahir ke Alam Sukhavati “Semuanya menjadi Bodhisattva
Avaivartika”, baik “Sutra Usia Tanpa Batas”, “Amitabha Sutra”, maupun “Amitayurdhyana
Sutra” juga mengatakan sedemikian rupa.
Bagaimana
yang dimaksud dengan Bodhisattva Avaivartika? Avaivartika berasal dari Bahasa
Sanskrit, artinya tidak mundur lagi. Bodhisattva Avaivartika telah mencapai “Tiga
Ketidakmunduran” yakni tidak mundur lagi dari tingkatan-nya, tidak mundur lagi
dari pengamalan, tidak mundur lagi dari niatnya.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 April 2010
往生到西方極樂世界,雖沒有成佛,等於成佛了,他真的等於成佛,這阿彌陀佛自己說的,四十八願裡講的,生到極樂世界「皆作阿惟越致菩薩」,《無量壽經》是這麼講的,《彌陀經》也是這麼講的,《觀經》也是這麼講的,這句話三經都有。阿惟越致是什麼菩薩?阿惟越致是梵語,翻成中國意思叫不退轉。三種不退轉,第一個是位不退,第二個是行不退,第三個是念不退,這還得了嗎?
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第二集) 2010/4/6
Di
dalam sutra terdapat sebuah perumpamaan, ada seorang anak yang terlahir di
keluarga kerajaan, maka begitu terlahir di dunia ini, anak ini telah memiliki keagungan
serupa seorang raja, mempunyai pahala yang begitu besarnya, apakah mungkin?
Mustahil. Lain halnya bila Anda terlahir di dalam keluarga kerajaan, begitu
terlahir ke dunia sudah menjadi putra mahkota, namun hal ini jarang dijumpai.
Tetapi
terlahir ke Alam Sukhavati, Buddha Amitabha adalah Raja, seluruh penduduknya
adalah Pangeran, Anda menikmati pahala Ayahanda, yakni Buddha Amitabha. Jadi
meskipun Anda terlahir di Alam Sukhavati pada tingkatan Bunga Teratai paling
rendah sekalipun, tetap sama memperoleh pemberkatan dari 48 tekad Buddha
Amitabha, hal ini tidak dijumpai dalam pintu Dharma lainnya.
Maka
itu dikatakan kita memperoleh pemberkatan dari kekuatan Buddha. Kebijaksanaan
Buddha memberkati kita, agar kebijaksanaan kita dapat serupa dengan Buddha;
jasa kebajikan Buddha memberkati kita, supaya jasa kebajikan kita dapat serupa
dengan Buddha; pahala Buddha memberkati kita, agar pahala kita serupa dengan
Buddha, segala-galanya adalah diberikan oleh Buddha kepada diri kita, jadi
bukan atas upaya sendiri.
Ini
sungguh luar biasa dan langka adanya, mana boleh tidak memilih Pintu Dharma
Tanah Suci? Orang yang tidak sudi belajar Pintu Dharma ini jumlahnya tidak
sedikit, siapa saja? Yakni mereka yang memandang tinggi pada diri sendiri,
menganggap dirinya yang paling hebat, tidak sudi menjadi putra Buddha Amitabha.
Mereka
ini lebih suka mengandalkan kekuatan diri sendiri, baiklah, pelan-pelan saja
belajarnya, Anda akan menempuh perjalanan yang sangat panjang sekali, ini nyata
adanya. Sebaliknya bila Anda telah membulatkan tekad mengikuti Buddha Amitabha,
maka Anda adalah insan yang sungguh beruntung, tidak lama lagi segera meraih
keberhasilan.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 April 2010
經上也有這個比喻,有個比喻,我們從比喻當中能夠明瞭一些信息。好比我們有個人到這個世間來,一出生就享到像帝王一樣的尊貴,那麼大的福報,能行嗎?不行,哪有這種能力?如果你要是生在國王家,做了王太子,那不就得到了嗎?不是沒有,太少了。可是生到西方極樂世界,阿彌陀佛是國王,那全都是王子,你享的是誰的福?是父王之福,享他的福。所以生到西方極樂世界,下下品往生的人,都得到阿彌陀佛四十八願本願的加持,這是修其他法門得不到的,其他任何一個法門沒有這個說法,只有淨土三經是這個說法。所以說我們得佛的加持,佛力加持。佛的智慧加持我們,讓我們的智慧跟佛一樣;佛的功德加持給我們,我們的功德跟佛一樣;佛的福報加持給我們,我們的福報跟佛一樣,統統是從他這裡來的,不是自己的,是這麼回事情。什麼時候你自己有這個能力,不需要加持?你在極樂世界證得七地以上菩薩,那就不是佛加持的,是自己的,七地之前全是得佛力加持的。這是無比殊勝、無比的稀有,你說你能不選這個法門嗎?不學這個法門的人不少,那些是什麼人?很自負的,很自以為了不起的,不甘心、不情願去做阿彌陀佛的乾兒子。這些人他要靠自力,好,你就慢慢學吧,你有一段很長的路要走,這是真的。如果你要是跟阿彌陀佛跟定了,那你很幸運,你很快就成就。這是一乘了義,這句話了不起!
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第二集) 2010/4/6
Pada
masa kehidupan ini, betapa beruntungnya dapat bersua dengan “Sutra Usia Tanpa
Batas”, pahalamu jadi sempurna, mana ada lagi pahala yang lebih besar dari ini!
Andaikata
Anda tidak tahu menghargainya, melewatkannya begitu saja. Apa yang merupakan
penyesalan terbesar sepanjang masa? Inilah yang menjadi penyesalan terbesar
sepanjang masa, tidak ada lagi penyesalan yang melampaui hal ini. Kesempatan
ini begitu sulit ditemukan.
Pada
masa Dinasti Qing ketika Kaisar Qianlong bertahta, terdapat Upasaka Peng
Ji-qing yang berkata bahwa dapat bertemu dengan Ajaran Sukhavati merupakan “Hari
yang langka dan sulit ditemukan sepanjang kalpa yang tak terhingga”.
Upasaka
Peng Ji-qing berasal dari keluarga berada, Ayahnya menjabat sebagai Menteri
Pertahanan Kaisar Qianlong. Upasaka Peng orangnya cerdas, belum genap usia 20
tahun telah lulus ujian sarjana negara, namun sepanjang hidupnya dia tidak
menjadi pejabat, menghabiskan masa hidupnya dengan belajar Ajaran Buddha,
merupakan praktisi senior pada era tersebut.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 April 2010
「極圓極頓,不可思議之微妙法門」,這一點都不假!你說這一生遇到這個,得人身,遇到佛法,遇到《華嚴》,遇到《無量壽》,你這個福報都已經圓滿了,哪有這麼大的福報!哪有這麼好的運氣!這是全得到了。你要是不曉得珍惜,就是當面錯過。人生不是一世,生生世世,什麼遺憾最大?這個遺憾最大,沒有比這個遺憾更大的了。這樣好的機會,百千萬劫難遭遇,乾隆時候彭際清居士說,這個居士也是個很了不起的居士,他說這個淨宗法門是「無量劫來希有難逢的一天」,你遇到了。彭際清,要用現在的話說,是高幹子弟,他的父親是乾隆皇帝的兵部尚書,就是國防部長,所以他家世好。人聰明,不到二十歲就考取進士,應該在十九歲的時候,不到二十,二十歲是行冠禮了。一生沒做官,學佛,家庭環境好,學佛真學到家,宗教顯密圓融,那是那時代的大居士、大德。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第二集) 2010/4/6