Minggu, 02 September 2018

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 Mei 2010 (Bgn 1)


Godaan di dunia ini terlampau banyak, harta, rupa, ketenaran, makanan dan tidur, bila menyadari bahwa semua ini adalah penderitaan, maka hatimu tak tergoyahkan lagi.

Ketika kita ingin memperoleh kenikmatan duniawi, sesungguhnya berapa banyak pengorbanan yang telah kita berikan? Apakah pantas? Sungguh tidak pantas!

Meskipun di dunia ini kita menjadi Kaisar, seperti kata pepatah “Kemuliaan sebagai kaisar, kekayaan seluas empat lautan”, tetapi berapa tahun anda sempat menikmatinya?

Dalam sejarah, Kaisar yang paling panjang umur adalah Kangxi (Kaisar Dinasti Qing ke-4), Kangxi bertahta selama 61 tahun. Qianlong (Kaisar Dinasti Qing ke-6) tidak berani melangkahi kakeknya, jadi dia cuma bertahta selama 60 tahun, lalu menyerahkan kekuasaan kepada putranya, sedangkan dirinya sendiri menjabat sebagai Maha Kaisar selama 4 tahun, lalu mangkat.

Cobalah renungkan, berapa lama bisa menikmatinya? Setelah pahala habis dinikmati, ke mana akan menuju? Tidak dapat keluar dari enam alam tumimbal lahir. Oleh karena tidak dapat keluar dari enam alam tumimbal lahir, maka bisa dibayangkan, generasi demi generasinya semakin terpuruk.

Inilah pengorbanan yang harus anda berikan, pahala yang ditimbun selama kelahiran demi kelahiran, namun dengan menjadi Kaisar satu masa kehidupan, semua pahala tersebut ludes seketika. Kemudian kembali menabung lagi dari titik nol, menimbun dari kelahiran demi kelahiran, buat apa?

Ini harus jelas kita pahami, kemudian bukan saja tahta kekaisaran yang tidak mampu memikat dirimu, bahkan tahta Raja Brahma, juga tidak mampu memikat seorang praktisi.

Seorang praktisi yang tercerahkan, akan memahami bahwa kalpa yang tak terhingga hanyalah satu petikan jari saja, lebih baik menentukan arah dan tujuan, yakni menemukan kembali jiwa sejati.

Buddha Sakyamuni membabarkan di dalam Avatamsaka Sutra bahwa “Semua makhluk memiliki kebijaksanaan dan kemampuan serupa dengan Tathagata”, kita harus menemukannya kembali, yang sejak semula sudah ada pada diri kita, makanya harus menemukannya kembali.

Enam alam tumimbal lahir dan Dasa Dharmadhatu sesungguhnya tidak ada, hanyalah sebuah mimpi buruk, oleh karena adalah mimpi buruk, maka itu kita pasti dapat bangun kembali, setelah terbangun maka mimpi buruk itu takkan ada lagi.  

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 Mei 2010

Dasa Dharmadhatu baca di :
http://smamituofo.blogspot.co.id/2013/07/poster-dasa-dharmadhatu.html

這個世界誘惑的東西太多,財色名食睡五欲六塵的誘惑,知道苦就不受誘惑。我要想得到世間這些享受,自己一定要想想付出多少代價,值得嗎?不值得。縱然在這個世間做了國王,世間人所說的,「貴為天子,富有四海」,你能享受幾年?大概歷代帝王裡頭,享受最長久的無過於康熙,康熙做了六十一年皇帝。乾隆不敢超過他的祖父,所以做六十年,把王位讓給他兒子,自己做了四年太上皇也就走了。所以你想想,能享幾時?福報享完之後到哪裡去?出不了六道輪迴。既然出不了六道輪迴,那就可想而知,他一代不如一代,我們講一世,一世不如一世,這是事實。這就是你付出的代價,修多少世的福報才能做一次帝王,一次享盡了,又要淪落多少世,那又何必?這是我們要把它看清楚、看明白的,然後,不但世間帝王沒有法子誘惑我們,大梵天王、摩醯首羅天王也不能夠誘惑一個修行人。修行人覺悟了、明白了,世間無量劫不過一彈指而已,還是把方向、目標確定,決定回歸自性,回歸大圓滿,自性是大圓滿。世尊在《華嚴》裡面為我們說的,「一切眾生皆有如來智慧德相」,我們要把這個找回來,這是本有的,本有一定找得回來。六道跟十法界本來沒有,這是一場惡夢,惡夢一定可以醒得過來,醒來就沒有了。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三十一集)  2010/5/6

 


 
 
Kita sungguh beruntung dapat mendengar Ajaran Buddha, terutama Ajaran Sukhavati dimana kita tidak diharuskan melenyapkan kekotoran batin hingga ke akar-akarnya, namun juga dapat terlahir ke Alam Sukhavati, ini merupakan Dharma langka yang sulit dipercaya.

Makanya begitu terlahir di Alam Sukhavati, anda langsung memperoleh tiga manfaat yang tiada bandingnya, yakni :
Manfaat pertama, “Mendengar pembabaran Dharma secara langsung dari Buddha Amitabha”, ini sungguh tidak mudah diperoleh. Di Alam Sukhavati, kita dapat melihat Sambhogakaya Buddha.

Sedangkan di Alam Manusia, meskipun berjodoh mendengar langsung pembabaran Dharma dari Buddha Sakyamuni, namun hanya dapat melihat Nirmanakaya Buddha.

Jadi di Alam Sukhavati, anda dapat menyaksikan langsung Sambhogakaya Buddha membabarkan Dharma kepada dirimu, mana ada alasan tak tercerahkan!

Manfaat kedua, “Tidak mundur lagi”, sampai di Alam Sukhavati mencapai tiga jenis ketidakmunduran. Maka itu Buddha Sakyamuni memberitahukan pada kita, praktisi yang terlahir pada Bunga Lotus tingkatan yang paling rendah sekalipun, juga mencapai Bodhisattva Avaivartika.

Mengapa melatih diri di dunia ini sulit berhasil, apa alasannya? Majunya sedikit, mundurnya banyak, majunya selangkah, mundurnya sepuluh langkah.

Manfaat ketiga, “Usia Tanpa Batas”, penduduk Alam Sukhavati memiliki usia tanpa batas. Maka itu, pada satu masa kehidupan ini juga, kita mesti terlahir ke Alam Sukhavati, menyempurnakan KeBuddhaan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 Mei 2010

Catatan :

Para Buddha memiliki 3 jenis tubuh (Trikaya Buddha) yakni :

1. Sambhogakaya
“Sambhoga-kaya”, para Buddha menimbun berbagai jasa kebajikan sehingga mewujudkan Sambhogakaya, yang juga merupakan tubuh berkah kebajikan, kebijaksanaan dan kewibawaan.  

Contohnya : Ketika Buddha Amitabha mengikrarkan tekadNya lalu mewujudkan Tanah Suci Sukhavati, Dia akan membabarkan Dharma kepada penduduk Alam Sukhavati dengan menggunakan Sambhogakaya, para Bodhisattva dapat melihat dan berinteraksi dengan Sambhogakaya Buddha Amitabha.

2. Dharmakaya
Dharma-kaya dimiliki oleh Benih KeBuddhaan yang sejak semula ada pada diri setiap makhluk. Dharmakaya memenuhi seluruh semesta alam.

3. Nirmanakaya (Tubuh Jelmaan)
Nirmanakaya merupakan tubuh jelmaan, contohnya ketika Buddha Sakyamuni sedang membabarkan Dharma di dunia ini, Beliau menggunakan Nirmana-kaya supaya dapat dilihat oleh manusia.


我們很幸運、很不容易,聽到佛菩薩的教誨,了解事實真相,不需要斷惑就能證真,這個真是稀有難信之法。極樂的同居它是淨土,它不是穢土,所以到了西方極樂世界,你就得三個好處,這三個好處無與倫比。

第一個好處「親聞佛說法」,這是不容易遇到的。聽什麼佛說法?給諸位說,到極樂世界聽報身佛說法。在西方極樂世界,三身即是一身,一身即是三身。我們在這個世間,縱然跟釋迦佛生在同一個時代,有緣見到釋迦牟尼佛,釋迦牟尼佛是應化身。你親自聽到法身、報身佛給你說法,哪有不開悟的道理!

第二「不退轉」,到西方極樂世界就圓證三不退。所以佛告訴我們,凡聖同居土下下品往生也是作阿惟越致菩薩,這多難得。我們在這個世間不能成就,原因在哪裡?進步太少,退步就太多了,真叫進一步退十步,所以不容易成就。

第三「壽命無量」,西方極樂世界是真正的無量壽,不是一個有量的無量數,是真正的無量數。所以,必定在這一生當中,就是生到西方極樂世界一生當中,圓斷諸惑,圓滿的斷見思惑、塵沙惑、無明惑,也就是《華嚴經》上說的執著、分別、妄想全斷了。圓淨四土,圓滿證得清淨四土,一即是四、四即是一。所以生同居就是生上三土,同時生上三土,圓生四土,這是一生當中圓滿成就。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三十一集)  2010/5/6





 

Melatih diri di dunia ini sangat sulit, dimana-mana terdapat rintangan, apa yang dimaksud dengan rintangan? Yakni yang membuat batinmu merosot, yang juga berarti godaan yang banyak, kalau menyerah pada godaan, maka anda mengalami kemunduran.

Siapa yang sedang menggodamu? Mara yang sedang memikatmu. Musuh kerabat penagih hutang adalah Mara, selama kelahiran demi kelahiran anda banyak menumpuk hutang pada mereka, mereka juga belum tercerahkan dan sesat, makanya membalas dendam padamu; utang nyawa dibayar nyawa, utang uang dibayar uang, kalau tidak sudi melunasi, maka hati mereka tidak ikhlas, selalu saja datang cari masalah denganmu, apalagi di belakang mereka ada Raja Mara yang jadi backingnya.

Sementara itu, diri kita sendiri juga tersesat sangat mendalam, para Buddha dan Bodhisattva tidak berdaya membantu kita, bukannya Buddha dan Bodhisattva tidak sudi membantumu, tapi tak berdaya. Kenapa tak berdaya? Karena anda tidak percaya, tidak taat, melambaikan bendera putih pada godaan, baguslah, hanya bisa mengalami kemerosotan batin.

Hidup di dunia masa kini, ketika 6 indria (mata, telinga, hidung, lidah, jasmani dan pikiran) melakukan kontak dengan 6 kondisi luar (rupa, suara, bau-bauan, rasa, sentuhan, bentuk-bentuk pikiran), coba amati dengan seksama, yang mana yang bukan godaan ketenaran dan keuntungan? Yang mana yang bukan merupakan godaan lima nafsu keinginan (harta, rupa, ketenaran, makanan dan tidur)?

Apakah anda mampu menahan cobaan begini? Maka itu praktisi yang mengalami kemerosotan batin banyak jumlahnya, ini merupakan fenomena normal. Hanya ada 2 jenis orang yang tetap teguh tak tergoyahkan, yakni yang pertama, selama kelahiran demi kelahiran lampau telah melatih diri, akar kebajikan mendalam dan tebal, orang begini takkan mengalami kemunduran; yang kedua adalah belajar ajaran sutra secara berkesinambungan, meskipun akar kebajikannya tidak tebal, namun sepanjang hayat memiliki jodoh yang unggul, sepanjang harinya tak terpisahkan dari ajaran sutra.  

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 Mei 2010


再接著看下面這段,「又此土修行難,退緣多故」。處處障礙,這個障礙是什麼?就是幫助你退轉的,也就是許許多多的誘惑,你要是禁不起誘惑你就退轉。誰在誘惑你?魔在誘惑你。冤親債主都是魔,你在這個世間生生世世虧欠他們太多,他們迷惑顛倒,他們要報復,他們要索取;欠命的要還他命,欠債要還錢,沒還,他心不甘情不願,總是要找你麻煩,何況後面還有大魔王做他們的依靠。我們也是迷得太深、迷得太重,諸佛菩薩想幫忙幫不上,不是佛菩薩不幫你,幫不上。怎麼幫不上?不相信,不聽話,受不了誘惑,好了,就退轉了。「故修道者多如牛毛,得道者少如麟角也」,為什麼?退轉了,道理在此地。今天這個世間,你六根所接觸的,你細心去觀察一下,哪一樣不是名聞利養的誘惑、不是財色名食睡的誘惑?你能夠受得了,能夠禁得起考驗嗎?所以退轉的人很多,這是正常現象。真正能不退轉的只有兩種人,一種是過去生中生生世世修行,善根深厚,這種人不退轉;另外一種人就是經教的薰習,雖然宿世善根不厚,但是他這一生的緣殊勝,一天都不離開經教。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三十一集)  2010/5/6