Buddha Sakyamuni membabarkan begitu banyak pintu Dharma, hal ini
dikarenakan akar kebijaksanaan para makhluk tidak serupa, kesukaan dan keinginan
tidak sama, makanya Sang Buddha menyampaikan banyak metode pelatihan diri,
pintu Dharma mana yang anda pilih juga boleh, semuanya dapat mencapai
KeBuddhaan.
Sang Buddha mengatakan “Seluruh pintu Dharma adalah setara, tidak ada
yang lebih tinggi maupun lebih rendah”, terpulang kembali pada pilihanmu. Lantas
bagaimana cara menjatuhkan pilihan? Menfokuskan diri pada satu Pintu Dharma dan
mendalaminya, melatihnya berkesinambungan selama jangka panjang, dengan begini
barulah dapat meraih keberhasilan; sebaliknya kalau belajar beragam pintu
Dharma sekaligus, maka pikiranmu akan kacau.
Dalam melatih diri, hal yang wajib dihindari, hal yang paling
ditakuti adalah campur aduk, hasilnya pasti kacau. Bagaimana pun berdaya upaya,
hasilnya cuma memperoleh secuil pahala Alam Dewa dan Manusia, sama sekali tidak
dapat digunakan untuk mengakhiri samsara dan melenyapkan kekotoran batin,
sungguh patut disayangkan!
Sekarang, dari seluruh ajaran sutra yang dibabarkan Buddha Sakyamuni
49 tahun lamanya, akhirnya, kita berhasil menjatuhkan pilihan pada satu Pintu
Dharma, setelah memahaminya dengan jelas, Pintu Dharma manakah itu? Namo
Amituofo.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 30 Agustus 2010
佛給我們開這麼多法門,四十九年辛辛苦苦說的這麼多經教,只有一個目的,無非是教導我們找到一種方法,讓你快快的回到一念覺。眾生根性不相同,愛好欲望不一樣,所以佛就開很多法門,你喜歡哪個法門都行,門門皆成無上道。所以佛講得很好,「法門平等,無有高下」,在你自己選擇。選擇怎麼會成功?一門深入、長時薰修,就成功;你要同時學很多法門,那就壞了,搞雜了、搞亂了。修行這個事情最忌諱的、最怕的,就是個雜亂,一雜一亂全盤完了。再好的心、再怎麼努力,也是修一點人天福報,與了生死斷煩惱一絲毫都不起作用,你看這多可惜!現在我們總算在世尊四十九年所說的一切經教,找到一個法門,現在真搞清楚、搞明白了,這個法門是什麼?南無阿彌陀佛。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (一二八集) 2010/8/30
Insan yang berusia muda, siapakah yang dimaksud sebagai insan berusia
muda? Yakni yang berusia dibawah 50 tahun, harus baik-baik melatih sila,
samadhi dan prajna, membangkitkan ketulusan melafal Amituofo.
Usia 50 tahun ke atas, bagi orang Tiongkok, ini sudah disebut lansia,
sudah tidak sempat lagi, cuma bisa menfokuskan pikiran melafal Amituofo. “Di Zi
Gui” dan “Risalah Balasan dan Ganjaran Setimpal” tidak perlu dipelajari lagi.
Apakah dengan begini boleh? Boleh. Dengan melafal sepatah Amituofo,
dapat meredakan bentuk-bentuk pikiran dan tabiat jelek, anda bisa berhasil. Di
dalam sepatah Amituofo telah sempurna akan sila, samadhi (konsentrasi) dan
prajna (kebijaksanaan).
Jangan lagi cari kerumitan, cuma sepatah Amituofo saja telah
menyempurnakan sila, samadhi dan prajna. Apa itu Buddha Dharma? Yakni Namo
Amituofo, inilah Buddha Dharma.
Andaikata dapat melafal Amituofo selama satu dasawarsa, maka 10 tahun
kemudian anda sudah mencapai pencerahan, umpamanya usia 50 tahun mulai melafal
Amituofo, usia 60 tahun sudah mencapai pencerahan, masih sempat memberi
ceramah. Setelah mencapai pencerahan, sutra apapun mampu anda jelaskan.
Saat itu kebijaksanaanmu telah terbuka, Anda membangkitkan Maha
Maitri Maha Karuna terhadap semua makhluk, makanya sutra apa yang akan Anda
ceramahkan? Pasti judulnya adalah “Sutra Usia Tanpa Batas”. Apa alasannya?
Masa keberlangsungan Dharma Buddha Sakyamuni yang cuma tersisa 9 ribu
tahun lagi, cuma sutra ini yang dapat menyelamatkan para makhluk; sutra lainnya
enak didengar tapi tidak sanggup diwujudkan.
Hanya “Sutra Usia Tanpa Batas” yang sanggup diamalkan, pada Periode Berakhirnya
Dharma yang masih tersisa 9 ribu tahun lagi, “Sutra Usia Tanpa Batas” merupakan
sutra terunggul, “Amitabha Sutra” juga merupakan sutra terunggul.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 30 Agustus 2010
Catatan :
Dharma Buddha Sakyamuni
berlangsung selama 12 ribu tahun, terdiri dari :
Periode Dharma Sejati 1000
tahun
Periode Dharma Mirip 1000
tahun
Periode Berakhirnya Dharma 10
ribu tahun
年輕的,哪些是年輕人?五十歲以前的年輕人,要好好的學戒定慧,老實念佛。五十以上在中國人都叫老人,來不及了,專念阿彌陀佛,《弟子規》、《感應篇》都不需要念了,能行嗎?能。能夠把一句阿彌陀佛,把所有妄想習氣都取而代之,你成功,這叫什麼?這叫道共戒,就是這一句佛號裡面就具足戒定慧三學。你不要再找麻煩,就這一句佛號,圓滿成就了你的戒定慧,妙極了。什麼是佛法?南無阿彌陀佛,這就是佛法。真能念十年,十年開悟了,五十歲到六十歲開悟了,開悟了你還有壽命,你再教化眾生,你再發心講經說法不難,你什麼經都會講。到那個時候你智慧開了,你大慈大悲給一切眾生講什麼經?肯定你講《無量壽經》。為什麼?釋迦牟尼佛這個末法時期九千年,只有這部經能度眾生;別的經都是好聽,做不到。這部經可以做到,末法這個九千年《無量壽》是第一經,《阿彌陀經》是第一經。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (一二八集) 2010/8/30