Senin, 20 Agustus 2018

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 26 April 2010


Praktisi yang melatih Aliran Mahayana, tak peduli Pintu Dharma manapun yang dipilihnya, melimpahkan seluruh jasa kebajikannya dengan bertekad terlahir ke Alam Sukhavati, saat menjelang ajal, semuanya dapat terlahir ke Negeri Buddha Amitabha.

Buddha Amitabha memiliki kelapangan hati yang maha luas, tak peduli anda melatih pintu Dharma manapun, asalkan anda memenuhi tiga syarat berikut ini, maka semuanya dapat terlahir ke Alam Sukhavati.

Tetapi di sini perlu ditekankan bahwa jika anda berniat terlahir ke Alam Sukhavati, pada akhirnya anda juga mesti memenuhi tiga persyaratan yakni membangkitkan keyakinan, membulatkan tekad dan melafal Amituofo.

Jadi tak peduli anda melatih pintu Dharma manapun, terakhir mesti memenuhi tiga persyaratan tersebut di atas. Yang penting anda tidak lari dari melatih pintu Dharma dari Aliran Mahayana.

Apa yang dimaksud dengan Mahayana? Mahayana adalah memberi manfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Kalau hanya melatih diri sendiri dan tidak memberi manfaat bagi orang lain, ini namanya Hinayana. Mahayana dan Hinayana, perbedaannya bukan terletak pada sutra dan paritta, namun perbedaan ini terletak pada kelapangan hati masing-masing praktisinya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 26 April 2010

修大乘的人,不管修哪個法門,臨命終時將他所修學的迴向淨土,求生西方極樂世界,統統都能往生。阿彌陀佛的心量大,不管你修哪個法門,只要你具足這個條件,統統能往生。可是你要記住,這裡頭非同小可的信息,無論修行哪個法門,因為你真正往生,還是最後信願持名,還是最後,不管修什麼法門,那個功德都是幫助你到極樂世界提升品位的,了不起!大乘,你要大乘心才行。

  大乘是什麼?大乘是自利利他,這就是大乘。只講自利,不講利他,這是小乘。大小乘不是經典的差別,不是教相上的差別,是自己心量上的差別。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第二十二集)  2010/4/26




 
  
Prinsip tertinggi dari melatih diri adalah “Membangkitkan Bodhicitta, menfokuskan diri melafal Amituofo”.

Di Jepang ada sebuah sekte, yang juga melatih metode pelafalan Amituofo, dia cuma menekankan pada menfokuskan diri melafal Amituofo, tetapi tidak membangkitkan Bodhicitta, maka itu disebut Sekte Tekad ke-18, ini tidak boleh, oleh karena dia cuma memilih tekad ke-18 dan mengabaikan tekad ke-19, yakni membangkitkan Bodhicitta.

Beberapa praktisi sekte ini pernah datang mengunjungiku, saya bilang kalian ini sudah salah. Mereka bilang : Sekte ini diwariskan oleh Guru Sesepuh. Saya bilang : Benar, tetapi ketika Guru Sesepuh mewariskan sekte ini, setiap butir tekad agung mengandung 47 tekad lainnya. Tetapi sekarang anda cuma menghendaki sebutir tekad ke-18 saja, sementara 47 tekad lainnya diabaikan begitu saja, mana boleh, ini bukan lagi namanya 48 tekad agung Buddha Amitabha, jadi harus jelas dan dimengerti.

Membangkitkan Bodhicitta itu sangat penting sekali, Bodhicitta adalah pencerahan, dengan membangkitkan Bodhicitta barulah dapat melepaskan kemelekatan. Dengan melepaskan kemelekatan barulah menfokuskan diri melafal Amituofo, hasilnya baru efektif, barulah dapat terjalin dengan Buddha Amitabha.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 26 April 2010

修學指導最高原則是「發菩提心,一向專念」。日本有一派,也是修淨宗的,他只著重一向專念,他沒有發菩提心,所以叫本願念佛,那個不行,他疏忽掉了,他只取十八願,他沒有學十九願。所以他們的一些同修來找我,我說你們錯了。他說:這也是祖師傳下來的。我說沒錯,祖師傳下來的時候,那個時候每一願裡面都圓滿含攝其他的四十七願,願願如是,那就對了。如果你是單獨這一願,其他的都不包括在其中,這不行,這不是阿彌陀佛的本願,一定得搞清楚、搞明白。發菩提心重要,菩提心是覺悟,菩提心才能放下;沒有菩提心,放不下。放下,這一向專念才能收到效果,才真正與阿彌陀佛心心相印,感應道交。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第二十二集)  2010/4/26