Yang paling pokok adalah menyelamatkan diri sendiri, sepanjang hayat
mesti melewati kehidupan yang bahagia, seperti yang disampaikan oleh Guru Fang
kepadaku, belajar Ajaran Buddha merupakan kenikmatan hidup tertinggi, andaikata
kita tidak memperoleh kenikmatan hidup tertinggi, maka sia-sia saja belajarnya.
Kenikmatan hidup tertinggi bukanlah harta benda, juga bukan
kedudukan, tidak ada kaitannya dengan materi. Kenikmatan hidup tertinggi adalah
kebahagiaan! Sepanjang hari penuh sukacita, berbahagia dalam Dharma, senantiasa
membangkitkan hati sukacita, dalam satu masa kelahiran ini tidak terlewatkan
sia-sia.
Dari mana kebahagiaan berasal? Bukan berasal dari luar, namun
mengalir dari dalam batin, seperti sumber mata air, yang disebut sebagai sukacita dalam Dharma.
Seperti yang tercantum di dalam Lun Yu (Analek Konfusius) sebagai “Ketika
teori yang dipelajari berhasil diterapkan dalam kehidupan keseharian, betapa
bahagianya”.
Konfusius memiliki seorang murid kebanggaan yang bernama Yan Hui. Yan
Hui tidak punya kedudukan, rakyat jelata, tidak punya harta, diantara semua
murid Konfusius, Yan Hui memiliki taraf hidup yang paling buruk, meskipun hidup
melarat namun tidak mengubah cita-citanya.
Bahkan mangkok nasi juga tidak punya, lantas apa yang digunakannya
untuk makan? Dia menggunakan bambu untuk dijadikan mangkok nasi; tidak punya
gelas minum, dia menggunakan labu sebagai pengganti gelas.
Kehidupan semacam ini, Konfusius berkata takkan ada orang lain yang
sanggup menjalaninya, bagaimana dengan Yan Hui? Sepanjang hari Yan Hui tetap
bersukacita, bahkan diantara semua murid Konfusius, Yan Hui yang paling bahagia.
Apa yang membuatnya bahagia? Dapat memahami ajaran insan suci dan
bijak, lalu menerapkannya dalam kehidupan keseharian, dia telah berhasil
mewujudkannya, bagaimana mungkin tidak merasa bahagia?
Niat pikiran yang timbul, ucapan dan tindakannya terjalin dengan Lima
Kebajikan, Lima hubungan manusia yang beradab, Delapan Moralitas, mungkinkah
dia tidak merasa bahagia?
Manusia di dunia ini meskipun berkedudukan tinggi, memiliki harta
berlimpah, namun tak bahagia! Melewati hari demi hari dalam kesengsaraan. Seperti
hartawan-hartawan masa kini, tidak sedikit yang saya temui, yang memiliki harta
berlimpah, malam hari harus menelan obat tidur barulah bisa tidur, lihatlah
bukankah ini merupakan siksaan, manalah mungkin dia bisa serupa diriku yang menikmati
kebebasan!
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 11 Juni 2010
Mengenal Istilah Dalam Ajaran Konfusius :
頭一個救自己,自己這一生能夠過到幸福美滿的生活,就像方老師為我介紹的,學佛是人生最高的享受,我們要沒有得到最高的享受,那你叫白學了。最高的享受,不是有財富,不是有地位,與這個絲毫不相關。最高的享受是什麼?快樂!一天到晚歡歡喜喜,佛家講法喜充滿,常生歡喜心,你這一生沒白過。快樂從哪裡來的?不是外面刺激來的,是從內裡面發出來的,像泉水一樣,從內心裡頭往外面湧,叫法喜充滿。儒家有,道家也有,你看儒家《論語》頭一句話,「學而時習之,不亦說乎」,那個悅是喜悅。孔子有個最得意的門生,顏回。顏回沒有地位,貧民,沒有財富,學生當中物質環境最差的,簞食瓢飲,過這樣的生活。簞是吃飯連飯碗都沒有,用什麼?用竹子編一個簍做飯碗;喝水沒有水杯,沒有杯子,用葫蘆瓢,瓢飲。那樣的生活,夫子說得很好,要給別人,沒有人能夠受得了,可是在顏回?顏回一天到晚歡喜,「回也不改其樂」,學生當中最快樂的是顏回。他樂什麼?把聖賢人所教的那些理論他明白了,教誨他都落實,他都做到了,他怎麼會不快樂?起心動念、言語造作都能跟五常五倫、四維八德相應,你說他能不快樂嗎?世間人縱然有很高的地位,有很多的財富,不快樂!生活得很痛苦。現在的人大富長者,我也遇到不少,有億萬財富的,晚上不吃安眠藥不能睡覺,你說他多苦,他哪有我這麼自在!
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第五十四集) 2010/6/11
Belasan tahun belakangan ini, saya menghadiri banyak konferensi
internasional, teman-teman peserta konferensi sangat menghormati diriku, mereka
hampir memiliki satu pertanyaan yang sama, dengan cara apa saya memelihara
kesehatanku? Saya jawab tidak ada cara khusus, bahkan suplemen apapun tidak
saya minum, hidup bersahaja, bervegetarian dan porsi makan sangat sedikit.
Lantas apa yang saya andalkan untuk memelihara kesehatan? Hati yang
suci. Pemikiranku sangat sederhana, setiap hari selain membaca sutra, membaca
ajaran insan suci dan bijak, hal lainnya telah dilepaskan.
Selama beberapa dekade, saya tidak pernah menonton siaran televisi,
tidak mendengar siaran radio, tidak membaca surat kabar dan majalah, apa
alasannya? Semua ini adalah Mara, saya berhak menolaknya, takkan terpengaruh
olehnya.
Setiap hari belajar ajaran sutra Mahayana, bersahabat dengan para
Buddha dan Bodhisattva, berinteraksi dengan Mereka, barulah hatimu bisa suci. Tidak
menyentuh hal-hal yang berbau ketenaran dan keuntungan, Lima Nafsu Keinginan (harta,
rupa, ketenaran, makanan dan tidur) dan Enam Objek (rupa, suara, bau-bauan,
rasa, sentuhan, bentuk-bentuk pikiran), betapa bahagianya, betapa bebasnya!
Inilah caraku memelihara kesehatan. Sutra Mahayana adalah landasan
teori, asalkan pikiran dan tindakan dapat terjalin dengan suci, setara dan
tercerahkan, maka sudah benar.
Guruku, Master Zhangjia mengajariku mengikhlaskan dan melepaskan,
mengikhlaskan adalah sudah mengerti dengan jelas, setelah memahami sebab akibat
di alam semesta ini, maka mesti belajar mengikhlaskan dan melepaskan, takkan
menaruhnya di dalam hati.
Niat pikiran yang terbaik, yang paling suci, yang paling murni, tak
lain adalah Amituofo. Setiap saat menaruh Amituofo di dalam hati, maka anda
telah terselamatkan, ini nyata adanya.
Niat pikiran mengendalikan semuanya, niat pikiran ini ada pada diri
sendiri, tidak ada kaitannya dengan orang lain. Diri sendiri merupakan majikan
bagi diri sendiri, yang mengendalikan kesehatan jiwa dan raga, keluarga
harmonis, karir lancar, masyarakat sejahtera, dunia damai sejahtera, semua ini
terletak pada niat pikiranmu.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 11 Juni 2010
最近這十幾年,我參加過許多國際會議,這些會友們對我也很恭敬,幾乎都問一個同樣的問題,問我用什麼方法來保養身體?我說什麼都沒有,什麼補品我都不吃,生活很簡單,素食,而且吃得很少。怎麼保養的?清淨心。我的思想很單純,每天除了讀經,讀聖人的東西之外,其他的都放下了。幾十年不看電視,不聽廣播,不看報紙,不看雜誌,為什麼?那些是魔,造成一個像網一樣,他有能力製造,我也有能力拒絕,不受他的誘惑。我們天天接觸的大乘經教,跟諸佛菩薩做朋友,跟諸佛菩薩交流,你心才能清淨。名聞利養、五欲六塵邊都不沾,多快樂,多自在!這個就是我養生之道。學了佛法之後,大乘經典是理論的依據,只要心行能夠跟清淨平等覺相應就正確了,這是諸佛菩薩養生之道。這樣的存心,然後老師教導我們看破放下,看破是明瞭,對於宇宙萬有性相理事因果明瞭,要看破;明瞭之後,你當然就放下,不把這些東西放在心上。善中之善的一個念頭,淨中之淨,純中之純,就是阿彌陀佛四個字。時時刻刻把阿彌陀佛放在心上,你平安了,在佛法講你就得度,這是外國宗教講你得救了,這是真的不是假的。所以意念主宰一切,意念是在自己,不在別人。自己主宰一切,主宰自己身心健康、家庭美滿、事業順利、社會安定、世界和平,全在你的意念。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第五十四集) 2010/6/11