Rabu, 29 Mei 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 27 Agustus 2010 (Bgn 2)


Sepanjang hidup ini, karma yang kita ciptakan ada yang berupa karma baik dan karma buruk, kekuatan karma mana yang paling kuat, maka dialah yang akan menuntun dirimu pergi bertumimbal lahir.

Kalau begini kita jadi tahu, andaikata pada masa kehidupan sekarang mengamalkan Sepuluh Kebajikan, kekuatan karma baik paling kuat, maka kelak akan terlahir ke Alam Dewa (Surga); apabila kekuatan Sepuluh Kebajikan ini agak lemah, maka hanya bisa bertumimbal lahir ke Alam Manusia. Makanya kita perlu bercermin, apakah niat pikiran yang timbul, ucapan dan tindakan kita sudah sesuai dengan Sepuluh Kebajikan? Berapa nilai kita?

Hari ini kami menggalakkan pendidikan kesusilaan “Di Zi Gui” dan “Risalah Balasan dan Ganjaran Setimpal” sebagai landasan, kemudian barulah mempelajari “Sepuluh Kebajikan”.

Setelah tiga akar ini ditanam dengan kokoh, barulah pelatihan diri kita dapat berhasil. Tiga akar ini merupakan hal wajib yang harus dipenuhi untuk menjadi orang baik, setelah berhasil mengamalkan tiga akar ini barulah dapat disebut sebagai putra berbudi dan putri berbudi.

Alam Sukhavati merupakan tempat berkumpulnya insan berkebajikan tertinggi; dengan perkataan lain, kalau anda bukan insan berkebajikan tertinggi, maka tidak dapat terlahir ke Alam Sukhavati.

Meskipun Buddha Amitabha sangat ber-Maitri Karuna, ingin menjemputmu ke sana, namun penduduk Alam Sukhavati akan menolaknya, oleh karena anda bukan orang baik. Hal ini mesti dipahami dengan jelas, bukanlah metode melafal Amituofo yang tidak efektif, tetapi diri kita sendirilah yang tidak memenuhi persyaratan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 27 Agustus 2010


我們這一生造作的業,有善業、有惡業,哪一個業力強,強者先牽,牽著你先去投胎。那我們就知道了,如果我們這一生十善,修善的力量很強,那就是天道;十善力量不強,還可以,大概有個中等,那就是人道,中品十善人道,上品十善天道。我們起心動念、言語造作,跟十善對照一下,做到多少?《十善業道經》裡面只說了一個大綱,沒有細說,細說在戒律裡頭,在小乘經裡面。中國古人,唐代中葉以後,佛門裡頭無論出家在家二眾弟子,根本戒都用儒跟道做基礎。這一千七百多年,在家出家學佛的同修成就非常可觀,證明古聖先賢選擇的是正確的。我們今天提倡用儒家《弟子規》、用道家的《太上感應篇》做基礎,依教修行,再學《十善業道》就不難了。這三個根紮穩,根深蒂固,我們才會有成就。這三個根是必須要的,三個根才是善人,這三個根都做到,是經上說的善男子、善女人。西方極樂世界諸位要知道,皆是諸上善人俱會一處;換句話說,不是上善之人,你到不了極樂世界去。阿彌陀佛很慈悲,想接你去,極樂世界的人不同意,因為你不善。這些道理都必須要搞清楚,不是念佛不靈,是我們的條件不具足。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一二五集)  2010/8/27




 

Saya sudah memenuhi syarat yakin, bertekad dan mengamalkan, tetapi mengapa saya gagal terlahir ke Alam Sukhavati? Selain tiga syarat utama ini, masih ada syarat tambahan lainnya yaitu “Tidak boleh kekurangan akar kebajikan, berkah kebajikan dan jalinan jodoh barulah dapat terlahir di Negeri Buddha Amitabha”.

Apa yang dimaksud dengan akar kebajikan? Akar kebajikan adalah dapat meyakini, dapat memahami. Apa yang dimaksud dengan berkah kebajikan? Yakni dapat mengamalkan, dapat membuktikan. Dengan perkataan lain, orang yang membulatkan tekad melafal Amituofo, orang begini memiliki pahala besar!

Sebagian orang tidak mengetahuinya, mengira orang kaya barulah mempunyai pahala, bukan begini, orang kaya bisa menikmati kekayaannya di dunia ini untuk waktu berapa tahun? Meskipun usianya bisa mencapai seabad, itu pun cuma satu petikan jari saja, tamatlah riwayatnya.

Makanya hal ini tidak boleh tidak dipahami. Setelah berkah habis dinikmati dan selama hidup juga tidak memupuk berkah, maka kelahiran mendatang, keadaannya akan beda jauh dengan yang sekarang ini.

Andaikata saat menikmati berkah juga sambil menciptakan karma buruk, maka sangat gampang jatuh ke tiga alam rendah, bukankah ini sungguh mengerikan.  

Lain halnya bila melafal Amituofo dan berhasil terlahir ke Alam Sukhavati, memperoleh usia tanpa batas, menjadi Bodhisattva Avaivartika, bersua dengan semua Buddha. Menurutmu siapa yang paling berberkah?

Mungkin saja yang melafal Amituofo dan berhasil terlahir ke Alam Sukhavati adalah para lansia, yang buta aksara, miskin dan hina. Yang berarti bahwa dalam masyarakat, dia tidak punya harta dan kedudukan, namun sesampainya di Alam Sukhavati dia menjadi Buddha. Apakah ini dapat diperbandingkan?

Ini adalah fakta, apa yang disebutkan di dalam Buddha Dharma tidaklah semu. Kalau tidak berjodoh, tidak berkesempatan bersua dengan Ajaran Sukhavati, maka juga tak berdaya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 27 Agustus 2010


我有信願行,為什麼還不能往生?它還有附帶的條件,釋迦牟尼佛給我們講清楚了,「不可以少善根福德因緣得生彼國」,我們善根少、福德少,去不了。善根、福德是什麼?善根是能信、能解,這是善根;福德是什麼?是能行、能證。換句話說,真正死心塌地念阿彌陀佛的人,那個人有福,那大福報!我們一般人不知道,以為這個世間富貴就是福報,不是的,富貴你在世間能享幾年?縱然你活到一百歲,也是一彈指就完了。所以這個我們不能不知道。福享完了,你在這一生當中有沒有繼續修福?如果沒有真正修福,來生的福報比這一生就差很遠了。如果享福當中造作罪孽,也很容易墮三惡道,你說多可怕。這個人念佛往生,生到極樂世界無量壽,生到極樂世界作阿惟越致菩薩,見一切佛,你說誰有福?可能這個念佛生到極樂世界的是個老太婆、老阿公,也不認識字,貧窮、貧賤之人,就是說他在社會上沒有財富,他也沒有地位,他到極樂世界去作佛去了,這能跟他比嗎?這些都是真正的事實,佛法裡面所說的沒有虛假的。遇不到,沒有這個緣分,那就沒法子。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一二五集)  2010/8/27




 

Dari tiga persyaratan, akar kebajikan, berkah kebajikan dan jalinan jodoh, lihatlah kita memiliki jodoh dengan Ajaran Sukhavati, makanya kita dapat bersua dengannya.

Terlahir sebagai manusia, bertemu dengan Buddha Dharma, berjumpa dengan Mahayana, bersua dengan Pintu Dharma Tanah Suci, jodoh ini telah sempurna.

Apakah bisa berhasil atau tidak terlahir ke Alam Sukhavati adalah tergantung pada akar kebajikan dan berkah kebajikan diri sendiri. Apabila tiga persyaratan ini terpenuhi maka tiada satupun yang tidak berhasil.

Akar kebajikan dan berkah kebajikan dipupuk dari masa kehidupan lampau, pada masa kelahiran lampau telah menanam benih. Walaupun akar kebajikan dan berkah kebajikan kita tidak mencukupi, andaikata pada satu masa kehidupan sekarang kita memiliki jalinan jodoh yang unggul, maka dapat menambal kekurangan tersebut. Jodoh ini berupa mendengar ceramah Dharma.

Jodoh ini tidaklah banyak, masa kini orang yang memberi ceramah Dharma kian lama kian sedikit jumlahnya. Semua ini diakibatkan oleh kondisi kehidupan kita sekarang ini. Siapa yang mendidik anak-anak zaman now?

Kita tahu bahwa pendidikan masyarakat masa kini dikendalikan oleh media informasi, siaran televisi, jaringan internet, di dalam masyarakat masa kini, siapa yang tidak menonton siaran televisi, siapa yang tidak berselancar di jagat maya?

Apa info yang mereka peroleh dari televisi dan internet? Kekerasan, asusila, membunuh, merampok, berzina, berdusta, inilah yang diajari, sampai-sampai setiap insan hanyut dalam kesesatan, suasana hati yang labil dan dipenuhi perasaan emosional.

Makanya ajaran insan suci dan bijak bagaimana bisa menyentuh batinnya, bahkan Buddha dan Bodhisattva juga tak berdaya mendidiknya, dia takkan sudi menerimanya.

Kekotoran batinnya sudah terlampau tebal, ketamakan, kebencian, kedunguan, keangkuhan dan kecurigaan (keraguan), lima jenis kekotoran batin ini, terhadap ajaran insan suci dan bijak, dia malah mencurigainya, tidak punya rasa hormat.  

Master Yin Guang berkata, terhadap ajaran insan suci dan bijak, dapat membangkitkan satu bagian rasa hormat maka akan memperoleh satu bagian manfaat; dapat membangkitkan dua bagian rasa hormat maka akan memperoleh dua bagian manfaat; dapat membangkitkan sepuluh bagian rasa hormat maka akan memperoleh sepuluh bagian manfaat.

Kalau tidak punya rasa hormat sama sekali, walaupun Buddha dan Bodhisattva yang datang langsung mendidikmu, anda juga takkan bisa memperoleh manfaat apapun.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 27 Agustus 2010

Akar kebajikan = dapat meyakini dan memahami
Berkah kebajikan = dapat bertekad dan mengamalkan

這三個條件,善根、福德、因緣,你看因緣我們有,我們遇到了,得人身、遇佛法,遇到大乘,遇到淨土,緣具足了,能不能成就就看自己的善根福德,三個條件統統具足,沒有一個不成就。善根福德,過去生中修的,過去有因,縱然咱們善根福德不夠,如果這一生的緣殊勝,很容易都把它補足,這叫補習,都能把它補足,這個緣就是聽經聞法。這個緣真的不多,現在講經教學的人愈來愈少了。愈來愈少不是沒有原因的,是現在我們生活的環境造成的,這不能不知道。現代的社會教育是誰在負責、誰在掌管?我們要知道,現代社會教育是媒體在操作,電視、網路,你看在現在的社會,哪一個人不看電視,哪一個人不看網路?電視、網路裡面的內容是什麼?暴力、色情、殺盜淫妄,它教這些,教得每一個人真是迷惑顛倒、心浮氣躁。於是聖賢教育就不能夠沾邊,佛菩薩來教都沒辦法教他,他不能接受。他煩惱太重,貪瞋痴慢,五個煩惱,貪瞋痴慢疑,對古聖先賢東西懷疑,沒有誠敬心。印光大師跟我們說得很好,聖賢教誨肯定是一分誠敬得一分利益,二分誠敬得二分利益,十分誠敬得十分利益;沒有誠敬心,佛菩薩來教你也得不到利益。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一二五集)  2010/8/27