Sabtu, 15 Desember 2018

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 12 Juli 2010 (Bgn 3)


Setelah kita memahami Ajaran Buddha, merasakan kebahagiaan Alam Sukhavati, Alam Sukhavati bagaikan ada di sini. Anda telah berhasil mengubah lingkungan alam saha menjadi Alam Sukhavati, meskipun anda masih berada di dunia ini, namun anda dapat menikmati kebahagiaan Alam Sukhavati, suasana hati itu hampir mirip, apa alasannya?

Oleh karena anda tidak memiliki khayalan, perbedaan dan kemelekatan, dengan perkataan lain, anda telah mencapai kondisi batin dimana ketika enam indria (mata, telinga, hidung, lidah, tubuh, pikiran) melakukan kontak dengan enam kondisi luar (rupa, suara, bau-bauan, rasa, sentuhan, bentuk-bentuk pikiran), takkan timbul niat pikiran, takkan timbul perbedaan dan takkan timbul kemelekatan lagi.

Para Buddha Tathagata, Bodhisattva Dharmakaya, tak peduli menjelma di mana saja, takkan timbul niat pikiran, kalau tidak timbul niat pikiran, bagaimana mungkin ada perbedaan dan kemelekatan! Makanya Mereka berdiam di Alam Dharma Tunggal Sejati. Kondisi batin yang dicapai adalah Nitya-sthita, memasuki Dharma non dualisme, inilah yang disebut sebagai menemukan kembali jiwa sejati (Jiwa KeBuddhaan).

Contohnya Guru Sesepuh ke-6 Aliran Dhyana, Master Huineng, setelah mencapai pencerahan, berdiam dalam kondisi batin sedemikian rupa. Sebagai orang awam, kita tidak dapat mengetahuinya, tetapi bila diamati dengan seksama, dia tampaknya begitu bebas tanpa beban pikiran. Anda dapat melihat kesucian, kesetaraan dan Maitri Karuna-nya.

Anda dapat mengamatinya, baik terhadap Dharma duniawi maupun Dharma non duniawi, dia juga takkan menaruhnya di dalam hati, dalam hatinya begitu bersih, setitik debu pun takkan ada, hatinya terjalin dengan Nitya-sthita.

Kehidupannya tidak berbeda dengan semua orang, anda tidak bisa mengenalinya, bahkan jejak pun takkan ada. Setiap saat senantiasa menebarkan senyuman, tutur katanya ramah dan harmonis, pikiran benar tanpa kepura-puraan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 12 Juli 2010

Catatan :
Dharma non dualisme = contoh dualisme adalah panas-dingin, bagus-jelek, cepat-lambat, panjang-pendek, hitam-putih dan sebagainya.

Nitya-sthita = Tanah Suci tingkatan tertinggi di Alam Sukhavati.


我們真正學會了,大乘教常講「會麼?」這個話的意思深長無際。會了,如果是真的會了,你現在就活在阿彌陀中;換句話說,現在你已經活在極樂世界。極樂世界在哪裡?就在此地。你已經把當前的環境轉變成極樂的環境,也就是雖然你在地球上,你還沒到極樂世界去,你在地球上已經是跟在極樂世界的心情一樣,真的一樣嗎?真一樣。為什麼?因為你已經沒有妄想分別執著,換句話說,你已經六根在六塵境界上不起心、不動念、不分別、不執著,你跟極樂世界有什麼兩樣!一樣了;一起心動念就不一樣,一分別執著差別更大。諸佛如來、法身菩薩無論應化在什麼地方,他絕對不會起心動念,起心動念尚且沒有,哪來的分別執著!所以他住什麼世界?一真法界。他的境界是什麼?他的境界是常寂光,真正的契入不二法門,這個一點都不假,這就是中國大乘所謂大徹大悟、明心見性。在中國像禪宗六祖惠能大師,他開悟之後他就住這個境界。我們一般凡夫不知道,你怎麼看看不出來,可是你細心看,你能看出一樁,就是看他很自在,你能看出他的清淨、平等、慈悲。你細心觀察,世出世間一切法,他都不會放在心上,他心裡面乾乾淨淨,一塵不染,心與常寂光相應。行,生活行為與一切大眾和光同塵,你看不出,痕跡都看不出。跟一切人都笑眯眯的,真正做到柔和質直,這入了境界。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第七十七集)  2010/7/12




 

Alam Sukhavati diwujudkan oleh jiwa sejati (Jiwa KeBuddhaan). Anda tidak perlu meragukannya, juga tidak perlu membayang-bayangkannya, oleh karena anda mustahil dapat memvisualisasikan-nya, mengapa demikian? Oleh karena anda menggunakan hati khayal, yang anda bayangkan keluar adalah khayalanmu.

Dengan hati khayal bagaimana mungkin bisa mengungkapkan keluar hal yang sejati? Lantas bagaimana kita dapat mengetahui hal yang sejati? Yakni dengan menyingkirkan khayalan atau bentuk-bentuk pikiran, barulah yang sejati itu dapat muncul ke permukaan.

Meskipun anda mengetahui yang sejati itu, namun takkan sanggup mengungkapkannya keluar, makanya setelah mencapai KeBuddhaan barulah mengerti.

Praktisi zaman dulu mengibaratkannya sebagai “Bagaikan orang yang minum air, hanya diri sendiri yang tahu rasanya”, airnya panas atau sejuk, bagaimanapun saya mengatakannya padamu, anda juga takkan mengerti, kecuali anda sendiri yang langsung meneguknya barulah tahu rasanya.

Kalau cuma meneguk se-kali saja, belum tentu anda dapat merasakannya, saya bilang padamu suhu air adalah begini, apa bisa diandalkan? Tidak bisa diandalkan. Oleh karena perasaan setiap orang itu tidak sama, ada orang yang suka minum air panas, jadi cocok buatnya, tetapi ada orang yang merasa terlalu panas, ada pula yang merasa sedang, jadi tidak ada standarnya.

Maka itu praktisi zaman dulu mengibaratkannya sebagai “Bagaikan orang yang minum air, hanya diri sendiri yang tahu rasanya”,

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 12 Juli 2010

西方極樂世界依正莊嚴全是自性變的。你不用去懷疑,不用去亂想,你想不到的,你想是什麼?全是妄念。妄念怎麼能把真實想出來?真實怎麼知道?把妄念放下,真實就現前。真實不是不能知道的,能知道,你雖然知道,你也說不出來,所以這樁事情唯證乃知。古德有個比喻,「如人飲水,冷暖自知」,你這個水是熱的還是涼的,怎麼給你講都不清楚,講不出來,你喝一口就明白。你喝一口你也講不出來,現在給你講溫度多少度那可靠嗎?不可靠。為什麼?每個人感受不一樣,有人吃很熱的他覺得很舒服,很適合他,有人認為太燙了,有人認為正好,每個人不一樣,沒有標準。所以宗門大德這句話說得好,冷暖自知,你自己清楚。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第七十七集)  2010/7/12


 

 

Ketika melatih Jalan Bodhisattva, Buddha Amitabha mengerahkan segenap perhatian untuk mewujudkan Alam Sukhavati, tujuannya adalah guna membantu para makhluk supaya dapat mencapai KeBuddhaan sedini mungkin.

Ini merupakan Bodhicitta tertinggi tiada taranya, membantu semua orang yang berjodoh di jagat raya, apa yang dimaksud dengan orang yang berjodoh? Yaitu yang dapat meyakini, dapat memahami, dapat mengikrarkan tekad dan dapat mengamalkan, dengan demikian barulah berjodoh dengan Buddha Amitabha.

Cepat lambatnya waktu adalah tergantung pada pelatihan diri masing-masing individu, Buddha Amitabha pasti datang menjemputnya, pasti akan menyambutnya dengan penuh sukacita, satupun takkan ketinggalan.

Ketika saya masih belajar pada Guru Li di Taichung, ada seorang praktisi merasa ragu dan bertanya, para makhluk yang tersebar di sepuluh penjuru alam jumlahnya amat banyak, memangnya Buddha Amitabha takkan kebingungan dan bisa mengingat satu persatu? Bagaimana kalau Beliau silap dan melupakan diriku?

Manalah mungkin Buddha Amitabha melupakan dirimu? Begitu sebutir niat pikiran kita timbul, Buddha Amitabha segera menerima pesan darimu, mustahil bisa silap!

Terutama ketika kita menfokuskan pikiran pada satu arah, maka kekuatan yang dihasilkan akan sangat besar, Buddha Amitabha pasti dapat menerima dan meresponnya. Inilah yang disebut dengan “Setiap lafalan terjalin dengan Buddha Amitabha, lafalan demi lafalan terjalin dengan Buddha Amitabha”.

Lantas kenapa kita tidak dapat merasakan balasan pesan dari Buddha Amitabha? Bukankah katanya Beliau telah menerima pesan-pesan yang kita kirimkan untukNya?

Buddha Amitabha langsung membalas setiap pesan yang anda kirimkan buatNya, bahkan anda sendiri juga telah menerima balasan dariNya. Tapi kenapa kita tidak merasakannya? Oleh karena kekotoran batin dan tabiat yang terlampau berat.

Apabila hati kita tulus, suci dan setara, bagaimana mungkin kita tidak merasakannya, mukjizat ini sungguh tak terbayangkan.

Saat menjelang ajal, Buddha Amitabha segera hadir di hadapanmu, anda dapat melihat diriNya, menjemputmu terlahir ke Alam Sukhavati, inilah buktinya Sang Buddha selalu merespon dan membalas pesan-pesan yang anda kirimkan buatNya, Beliau tidak pernah mengabaikan dirimu sama sekali.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 12 Juli 2010

阿彌陀佛在因地修行,他確實我們講一心一意,一向就是一個方向、一個目標,建造極樂世界,也就是建造這個修學的場所,為什麼建造?幫助有緣眾生早一天成佛,這早一天成就。這是發無上菩提心,幫助遍法界虛空界的有緣人,什麼是有緣人?能信、能解、能發願、能行,這就是跟阿彌陀佛有緣了。在一生當中,時間長短在個人,阿彌陀佛一定接引他,一定歡迎他,一個都不漏。有初學的人懷疑,早年我們在台中跟李老師學的時候,有同學就懷疑,十方世界人太多了,阿彌陀佛能搞得清楚嗎?萬一把我忘掉怎麼辦?你說阿彌陀佛會不會忘記?現在我們知道不會忘記。為什麼?我們念頭才一動,這裡就像電台一樣,我們電波發射過去,他那裡就收到,怎麼會錯得了!就跟電腦一樣的。我們在《還源觀》上你看念的那個,那是真的不是假的。我們心的念頭,還有我們的物質,物質是我們這肉體,我們這個肉體也有波動,這個肉體的細胞,每一個細胞它都在動,這個波動它跟我們的意念是一致的,我們的意念一心專注極樂世界,全身的細胞都專注。每一個細胞,細胞還講得大!現在科學講什麼?小光子就是量子,我們佛法裡面講微塵,每一粒微塵,你看彌勒菩薩講得很清楚,「念念成形」,那個形就是微塵,「形皆有識」,每一粒微塵裡面都有受想行識。

所以這些波動的時候,我們這個人是很大的機器,我一個意念波動,把所有這個波都集中向一個目標、一個方向,這個力量很大,阿彌陀佛能收到。他的能量不可思議,他的能量是自性圓滿的發揮;我們的能量,可以說百分之九十九點九煩惱習氣障礙了,它發不出去,我們真正能跟諸佛菩薩起作用,這個能量很少。但是佛的能量很大,我們能量立刻周遍法界,他就收到,這就是有感,眾生有感,他立刻就有應。我們聲聲在念阿彌陀佛,聲聲都有感應,所以「一念相應一念佛,念念相應念念佛」。為什麼我們沒有感覺阿彌陀佛的回應?回應有,我們的身體是發射的機器,也是接收的機器。我們有沒有接收到?有。為什麼沒有感覺?煩惱習氣太重。如果我們的心真誠、清淨、平等,阿彌陀佛回應著我們,我們就感覺到,感應道交不可思議。我們什麼時候命終,他知道,他到那個時候他就出現,你就看到了。他來接引你,就證明他在經上講的話是真的,不是假的,他沒有騙我們。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第七十七集)  2010/7/12