Jumat, 31 Mei 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 28 Agustus 2010 (Bgn 3)


Negeri Buddha Amitabha merupakan alam nan istimewa, Alam Sukhavati bukanlah sebuah negara, di sana tidak ada yang dinamakan raja, pimpinan negara, juga tidak ada kota dan sebagainya. Di sana cuma ada Guru Pembimbing dan para siswaNya.

Buddha Amitabha adalah Guru, seluruh penduduk di sana adalah siswaNya. Hal ini menunjukkan bahwa Ajaran Buddha adalah pendidikan. Boleh dikatakan bahwa Alam Sukhavati merupakan universitas Buddhis yang didirikan oleh semua Buddha, Buddha Amitabha adalah Rektornya, para Buddha Tathagata di sepuluh penjuru adalah Dosennya.

Setiap praktisi yang terlahir ke Alam Sukhavati memperoleh pemberkatan kewibawaan tekad Buddha Amitabha, semuanya menjadi Bodhisattva Avaivartika, Bodhisattva Avaivartika melampaui Bodhisattva tingkatan Bhumi ke-7.

Lihatlah, betapa gampangnya belajar di Alam Sukhavati, para Buddha di sepuluh penjuru alam berdatangan untuk membabarkan Dharma padamu, atau anda sendiri yang berkunjung langsung ke alam para Buddha di sepuluh penjuru.

Setiap hari anda dapat berjelajah ke seluruh alam para Buddha, tidak perlu moda transportasi, lantas bagaimana caranya? Begitu anda memikirkannya, langsung tiba di tempat tujuan. Bagaimana hal ini dapat terwujud?

Oleh karena di Alam Sukhavati tidak ada konsep ruang dan waktu. Tidak ada konsep ruang artinya tidak ada jarak lagi, betapapun jauhnya negeri Buddha tersebut, juga bukan masalah, begitu dia memikirkannya, negeri Buddha tersebut langsung hadir di hadapannya, dia sudah tiba di tempat tujuan.

Tanpa konsep waktu artinya dia dapat menuju ke masa lampau maupun masa yang akan datang, tak peduli jarak waktunya adalah ribuan tahun, puluhan ribu tahun, juga bukan masalah, dia dapat melihatnya, juga dapat memasuki zaman tersebut, begitu unggulnya!

Ingat, selama anda masih memiliki secuil kemelekatan pada dunia saha ini, maka tidak dapat terlahir ke Alam Sukhavati, dunia saha ini sungguh menakutkan, segala hal mirip dengan tanah liat yang lengket, begitu melekat sedikit saja tidak dapat mengelak lagi, kembali berputar di enam alam tumimbal lahir, sungguh memprihatinkan!

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 28 Agustus 2010

Penjelasan Bodhisattva Avaivartika baca di :

Tingkatan Bodhisattva:


西方極樂世界這些菩薩們,西方極樂世界你細心去觀察,它那個世界很特殊,它那個世界不是個國家,西方極樂世界沒有國王、沒有總統,也沒有說它那裡哪些都市的市長什麼,都沒有。它那個世界很大很大,比我們地球大太多了,它那個星球上只有兩種人,一個老師,一個學生,阿彌陀佛是老師,其他都是學生。這是說明什麼?佛教是教學。確實西方極樂世界可以說是一切諸佛共同建立的一個佛教大學,阿彌陀佛是校長,十方諸佛如來在極樂世界都是教授,學生得到彌陀本願威神加持,個個都是阿惟越致菩薩,阿惟越致是七地以上。你看在極樂世界上課容易,佛來,或者是你願意到他方諸佛世界去跟他學,很簡單,每天都可以去,不必交通工具,沒有聽說極樂世界有飛機、有汽車,沒聽說,他怎麼去的?念頭一想就到了。為什麼?極樂世界沒有時間、沒有空間。沒有空間就是沒有距離,再遠再遠的國土,念頭一動就在面前,他就到了。沒有時間他可以回到過去,他也可以進入到未來,未來幾千年、幾萬年他看得到,他能夠入得去,過去的幾千年、幾萬年他能夠回轉,回得去,他都可以能到現場,這樣殊勝!記住,貪戀這個世間一點點你就去不了,這個世間很可怕,樣樣東西都像黏土一樣,黏上一點就跑不掉,你生生世世就搞輪迴,可憐!可憐憫者。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一二六集)  2010/8/28




 
 
Buddha Amitabha dapat melihat kita, tetapi kita tidak dapat melihat diriNya.  Mengapa Beliau dapat melihat diri kita? Oleh karena hatiNya suci, setara dan tercerahkan, sehingga dapat melihat diri kita dengan jelas.

Kita melafal namaNya, mengapa tidak dapat melihat diriNya? Oleh karena di hati kita masih ada khayalan, perbedaan dan kemelekatan. Sampai kapan barulah dapat bersua denganNya? Ketika kita berhasil menghapus khayalan, perbedaan dan kemelekatan, barulah dapat bersua denganNya.

Maka itu kita tidak perlu melakukan visualisasi atau mengkhayal, dengan menghapus khayalan barulah kita dapat menyatu denganNya, dengan melenyapkan perbedaan dan kemelekatan, barulah dapat bersua denganNya.

Asalkan kita menfokuskan diri melafal Amituofo berkesinambungan, seperti yang dikatakan oleh Bodhisattva Mahasthamaprapta, “Mengingat dan melafal Amituofo, baik pada masa sekarang maupun yang akan datang, pasti bersua dengan Buddha Amitabha”.

Masa sekarang menunjuk pada satu masa kehidupan ini juga, dapat bersua dengan Buddha Amitabha, masa yang akan datang menunjuk pada waktu terlahir ke Alam Sukhavati, setiap hari dapat bersua denganNya, selamanya berada bersama, dalam hati takkan lagi timbul sebersit kekotoran batin, di sana adalah Tanah Suci, di sana adalah Alam Sukhavati.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 28 Agustus 2010


阿彌陀佛見到我們,我們沒有見到他。為什麼他見到我們?因為他心清淨,他是清淨平等覺心,他見我們清清楚楚、明明瞭瞭。我們念他,為什麼見不到他?我們心裡還是有妄想分別執著,所以我們雖念他,我們還沒有辦法見他。到什麼時候才能見他?我們能夠把分別執著放下就見到了,不必妄想,妄想要是放下那就跟他融合一體,只要把分別執著放下,你就見到阿彌陀佛。所以我們只要專念,大勢至菩薩講得很清楚,「憶佛念佛,現前當來必定見佛」。現前是現在,是這一生當中見到阿彌陀佛,當來是生到西方極樂世界,天天見面,永遠生活在一起,心裡面決定不會有一個煩惱生起,那是清淨世界,那是極樂世界。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一二六集)  2010/8/28

 


 
 
Kalimat berikutnya adalah tanya jawab antara dirimu dan Buddha Amitabha. Anda bertanya pada Buddha Amitabha, “Hendaknya melatih diri dengan metode yang bagaimana, sehingga dapat terlahir di Alam Sukhavati?”. Buddha Amitabha menjawab : “Praktisi yang ingin terlahir ke NegeriKu, hendaknya melafal namaKu”.

Bukankah anda ingin menuju ke Alam Sukhavati? Caranya adalah dengan melafal Amituofo. Bila tekadmu telah bulat, hendaknya mencabut segala bentuk pikiran.

Andaikata hari ini saya dapat melafal Amituofo tanpa timbul sebersit niat pikiran apapun, maka hari ini juga saya dapat terlahir ke Alam Sukhavati. “Amitabha Sutra” menyebutkan, dalam waktu sehari, dua hari, tiga hari, empat hari, sampai tujuh hari.

Hal ini menjelaskan pada kita, kapan di dalam hatimu cuma ada sepatah Amituofo, selain sepatah Amituofo takkan ada niat pikiran lainnya, maka pada saat inilah anda dapat terlahir ke Alam Sukhavati. Tidak sulit!

Lantas bagaimana kalau saya masih belum mengenal dan mengamalkan sila, apakah saya dapat menuju ke sana? Dapat. Apa alasannya? Dengan mengulang sepatah Amituofo ini telah sempurna akan sila (taat susila), samadhi (konsentrasi) dan prajna (kebijaksanaan).

Coba pikirkan, kalau siang malam anda sibuk melafal Amituofo, apakah masih sempat melakukan kejahatan? Mustahil! Sepatah Amituofo telah menyempurnakan segala-galanya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 28 Agustus 2010

Catatan :
Melafal Amituofo tidak boleh dipaksakan, setelah capek harus beristirahat. Saat melafal Amituofo timbul bentuk-bentuk pikiran, jangan dihiraukan, jangan dipaksakan untuk berkonsentrasi. Melatih diri hendaknya mengikuti apa yang alamiah, jangan dipaksakan. Perlahan-lahan bentuk-bentuk pikiran akan kian berkurang dan pasti meraih kemajuan batin. Apa yang instan pasti ada efek sampingnya.


下面說,「即問」,你不是見到了嗎?你問阿彌陀佛,「持何法得生此國」?這就是修什麼樣的法門才能夠生到西方極樂世界?「阿彌陀佛報言:欲來生者,當念我名」。你不是想來嗎?念阿彌陀佛的名號就能來,教給我們持名念佛。你真的要想去,你心裡把雜念拔掉。如果心裡我今天一天除阿彌陀佛之外一個念頭都沒有,你什麼時候能生?一天就能生。《彌陀經》上講的,若一日,若二日,若三日,若四日,到若七日。也就是說,你什麼時候念到心裡只有阿彌陀佛,除阿彌陀佛之外什麼念頭都沒有,這個時候就是你生極樂世界的時候。不難!那我想到,我根本戒什麼都還沒有修,能去嗎?能。為什麼能?道共戒,這一句阿彌陀佛裡頭戒定慧統統具足了。你想想看,你心裡全是阿彌陀佛,你還會造殺盜淫嗎?不可能!叫道共戒,一句阿彌陀佛,什麼法都圓滿了,它是這麼個道理。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一二六集)  2010/8/28