Senin, 29 Oktober 2018

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 17 Juni 2010 (Bgn 4)


Orang Tiongkok jaman dulu memiliki sebuah kisah perumpamaan yang bernama “Huang Liang Meng” atau mimpi yang tidak pernah jadi kenyataan, mengisahkan seorang pelajar yang berniat mengejar ketenaran dan keuntungan, ketika beristirahat di sebuah kuil Tao, dia mengantuk dan tertidur, sementara itu Pendeta tua Tao duduk bersamadhi di sebelahnya.

Pendeta tua sedang memasak Sorgum (sejenis tanaman pangan) dan menantinya matang. Pelajar yang terlelap itu bermimpi, di dalam mimpinya dia telah melewati waktu beberapa dekade, dia sedang bergegas berangkat ke ibukota mengikuti ujian negara, dia berhasil lulus dengan meraih rangking satu, lalu menjadi pejabat; terhadap yang pernah berbudi padanya, dia telah membalas budi; terhadap orang yang dibencinya juga sudah balas dendam; akhirnya usianya telah tua, pensiun dan pulang kampung.

Setelah pelajar itu bangun dari mimpinya, Sorgum masih belum matang. Ini menunjukkan waktu yang begitu pendek, namun dalam mimpinya, pelajar itu telah melewati beberapa puluh tahun, kehidupan manusia ibarat mimpi!

Kami jadi teringat semasa muda kami belajar Ajaran Buddha, dalam sekejab mata beberapa dekade telah berlalu, bagaikan satu petikan jari, begitu cepatnya.

Tempo dulu saya datang ke Hong Kong, yang mengundangku adalah dua orang praktisi, yang satunya anggota Sangha, yakni Master Sheng-huai dan satunya lagi adalah Upasaka, kini mereka telah tiada.

Ketika saya memberi ceramah waktu itu banyak anggota Sangha yang hadir, satu baris kursi paling depan terisi penuh dengan anggota Sangha, hampir semuanya kini telah tiada, kehidupan manusia penuh penderitaan dan begitu singkat, sudah 30 sekian tahun lamanya.

Seingatku waktu itu saya berusia sekitar 50 tahun, datang memberi ceramah di Hong Kong, sepertinya tahun 1977. Waktu berlalu begitu cepat, meskipun bisa mencapai usia seabad, itu juga terasa begitu singkat, hanya satu petikan jari sudah berlalu.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 17 Juni 2010

中國古人講的「黃粱夢」,這是傳奇小說裡面寫的一篇文章,這篇文章在過去國文裡面都有,在中學國文裡面都有,像我這樣年齡的人幾乎大概都讀過。這是一篇寓言,敘說一個秀才,名利心很重,在一個道觀裡面休息的時候,打個瞌睡,老道在他旁邊打坐,旁邊煮的一點吃的東西,就是黃粱,就是高粱米,小米。他的夢醒來的時候,在夢中已經幾十年了,夢到去趕考,考取了,以後中了狀元,做了官;喜歡的人都報了恩,不喜歡的也報了仇;到最後年歲大了,告老還鄉。夢醒來之後,黃粱還沒有煮熟。這就是說很短的時間,在夢中已經過了幾十年,人生如夢!實在情形也很彷彿。我們想到,當年剛剛學佛,很年輕,轉眼之間幾十年就過去了,真的像一彈指。早年我到香港來,邀請我的兩位大德,一個是出家的,一個在家的,出家的聖懷法師,兩位現在都不在了。那個時候我講經的時候的聽眾,法師很多,前面一排坐的全都是法師,幾乎大多數都不在了,人生苦短,三十多年。我記得我好像是五十歲的時候到香港來講經,好像一九七七年,一九七七年,五十還是五十一歲的樣子。時間過得太快,說是一百歲,一百歲我們現在感覺得太短了,一彈指而已,並不是很長。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第六十集)  2010/6/17




 

Sutra Usia Tanpa Batas Bab 2 adalah Meneladani Bodhisattva Samantabhadra, salah satu kalimatnya berbunyi : “Dalam waktu sekejab, berjelajah ke seluruh Alam Buddha”. Sekarang kita masih belum mampu mewujudkannya, kelak sesampainya di Alam Sukhavati barulah akan jadi kenyataan.

Begitu lahir di Alam Sukhavati, kita langsung dapat melakukannya, apa alasannya? Di dalam ikrar-Nya, Buddha Amitabha bertekad, para praktisi di sepuluh penjuru alam, yang melafal Amituofo dan terlahir ke Alam Sukhavati, sesampainya di Alam Sukhavati, “Semuanya menjadi Bodhisattva Avaivartika”. Siapakah Bodhisattva Avaivartika? Yakni Bodhisattva yang tidak mengalami kemunduran lagi.

Maka itu sesampainya di Alam Sukhavati, selain belajar pada Buddha Amitabha, mendengarkan pembabaran Dharma dari Buddha Amitabha, bersamaan itu pula anda akan menjelma menjadi tak terhingga, tubuh jelmaan anda akan menuju ke sepuluh penjuru alam, memberi persembahan kepada para Buddha.

Amitabha Sutra menyebut alam para Buddha berjumlah sepuluh triliun, angka ini mewakili jumlah tak terhingga. Oleh karena Buddha Sakyamuni mengatakan, jarak antara Alam Sukhavati dan dunia kita ini adalah sepuluh triliun Alam Buddha, artinya sesampainya di Alam Sukhavati nanti, kalau anda ingin pulang jalan-jalan ke dunia ini, kapan saja juga bisa.

Kenyataannya alam para Buddha jumlahnya bukan sepuluh triliun saja, tetapi tak terhingga dan tanpa batas, dalam waktu sekejab, anda sanggup menjelajahi keseluruhannya.

Bukankah Buddha mengajari kita menimbun berkah dan kebijaksanaan? Bagaimana cara menimbun berkah besar? Yakni memberi persembahan kepada Buddha, bayangkan, memberi persembahan pada satu Buddha saja, pahalanya sudah bukan main besarnya, setiap hari anda memberi persembahan kepada semua Buddha Tathagata di sepuluh penjuru dari tiga masa, betapa besarnya pahalamu! Ini adalah menimbun berkah.

Mengembangkan kebijaksanaan adalah mendengar ceramah dan belajar ajaran sutra, andaikata tiap Buddha membabarkan padamu satu kalimat Dharma, maka yang anda pelajari dalam sehari sudah bukan main banyaknya, Dharma yang dibabarkan oleh Buddha Sakyamuni selama 49 tahun, mungkin hanya dalam waktu beberapa menit saja, semuanya sudah anda kuasai.

Maka itu untuk mencapai KeBuddhaan di Alam Sukhavati bisa terwujud dengan cepat, menyempurnakan pahala dan kebijaksanaan yang tak terhingga, mencapai buah KeBuddhaan nan sempurna.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 17 Juni 2010

底下是「《德遵普賢品》」,這是第二品德遵普賢,「於一念頃,遍遊一切佛土」。這個我們現在做不到,可是這是西方極樂世界的事情,西方極樂世界確實如是,我們到那個地方,這個境界肯定會現前,什麼時候現前?應該說生到極樂世界就可以現前,為什麼?阿彌陀佛大願裡面說過,十方世界,念佛生到極樂世界那些人,到極樂世界,「皆作阿惟越致菩薩」,這是阿彌陀佛的願文,決定不是假的。阿惟越致菩薩是什麼?圓證三不退,依照經文裡面,《華嚴經》上說,圓教初住以上,分證即佛,也有一些祖師大德有這麼個說法,說七地以上,那還得了!所以到達西方極樂世界,每天除了親近本師,不離阿彌陀佛,聽經學教,同時你能夠分身去參訪十方世界的諸佛。《彌陀經》上給我們講十萬億,十萬億它有表法的意思。因為佛講,極樂世界跟我們世界的距離是十萬億佛國土,說十萬億的意思,就是說你到極樂世界去,你要想回家來看看,隨時都可以來,是這個意思。實際上不止,哪止十萬億!十方世界無量無邊諸佛剎土,你都能夠在一念頃分身去參訪。佛不是教我們修福修慧嗎?最大的福是怎麼修法?供養佛,你看你現在供養一尊佛的福報就不得了,你每天供養十方三世一切諸佛如來,你那個福報多大!這是修福。修慧是聽經學教,一尊佛給你說一句,你就不得了,你一天所學的,釋迦牟尼佛四十九年所講的,那真是你恐怕只幾秒鐘就學完了。所以到極樂世界成佛快,成就無量智慧,成就無量的福報,證得圓滿的佛果。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第六十集)  2010/6/17




 

Menyempurnakan KeBuddhaan adalah menyempurnakan pahala, kemampuan kebajikan dan rupa yang bagus. Maka itu kita mesti terlahir ke Alam Sukhavati guna menyempurnakan KeBuddhaan.

Di Alam Saha ini, setiap hari kita kenyang menikmati kesengsaraan, sungguh tidak pantas! Kalau sudah memahaminya dengan jelas, maka bulatkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati, dengan demikian barulah disebut sebagai insan tercerahkan.

Setelah memahami kebenaran ini, terhadap dunia ini takkan mendambakannya lagi, kemelekatan terhadap dunia ini hendaknya dilepaskan. Kalau memang masih mendambakan dunia ini, maka pergilah dulu ke Alam Sukhavati, setelah itu barulah kembali lagi, saat itu anda telah berstatus Bodhisattva, bukan lagi orang awam.

Anda datang bukan karena kekuatan karma, namun kini anda datang guna menyelamatkan para makhluk yang berjodoh denganmu. Anda berjodoh dengannya, barulah dia mau mendengar ajaranmu, anda datang menyelamatkan dirinya, menuntunnya terlahir ke Alam Sukhavati, makanya statusmu tidak sama dengan orang awam!

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 17 Juni 2010

圓滿的佛果就是圓滿的福報、圓滿的德能、圓滿的相好。這個地方能不去嗎?我們在娑婆世界天天受苦,冤枉!你要曉得,真正搞清楚了,巴不得趕快去,今天就去,那你是真的覺悟了。所以真搞清楚了,對這個世間不再留戀,這是真的,這個世間應該放下。如果要留戀,西方極樂世界去了再來,再來是菩薩身,再來不是業報,再來是什麼?乘願再來,幫助娑婆世界跟我有緣的眾生。你跟他有緣,他會聽你的教誨,你來教他,你來帶他一起去,那怎麼會一樣!

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第六十集)  2010/6/17