Senin, 27 Agustus 2018

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 30 April 2010 (Bgn 2)


Setelah terlepas dari enam alam tumimbal lahir, kita mencapai kesempurnaan di Alam Sukhavati, di Alam Sukhavati anda dijamin pasti berhasil. Mengapa demikian? Kewibawaan tekad Buddha Amitabha akan memberkatimu, walaupun anda baru terlahir di Alam Sukhavati, namun kebijaksanaan dan kemampuan anda telah setara dengan Bodhisattva tingkatan ke-7, kini anda telah bergelar Bodhisattva Avaivartika.

Asalkan telah bersua dengan Buddha Amitabha, anda langsung dapat menikmati fasilitas sebagai Bodhisattva Avaivartika. Bodhisattva Avaivartika merupakan Bodhisattva yang memiliki 3 ketidakmunduran, maka itu ketika Dia menjalankan misi untuk menyelamatkan para makhluk di enam alam tumimbal lahir, dia takkan tersesat, oleh karena dia telah menemukan kembali jiwa sejatinya.  

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 30 April 2010


我們脫離六道之後,在極樂世界成就了,實在講不成就也行,一到極樂世界馬上到十方世界去度化眾生也行。為什麼?彌陀本願威神加持你,你雖然是凡夫,可是你的智慧德能與七地菩薩相等,你是阿惟越致菩薩,只要見了阿彌陀佛,你就有阿惟越致菩薩的待遇,你就取得了。所以你證得阿惟越致當然更好,普度眾生;沒有證得,你有大慈悲心,看到眾生太苦,也行,你應化在六道裡面,阿彌陀佛、諸大菩薩會常常照顧你。真的在極樂世界證得阿惟越致,阿惟越致是圓證三不退,在《華嚴經》裡面圓教初住菩薩就是。他到六道裡面來應化,他會不會迷?他不會迷,為什麼?他見性了,明心見性怎麼可能會退轉?沒有這個道理。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第二十六集)  2010/4/30





 
 
Amitabha Sutra menyebutkan “Tidak boleh kekurangan akar kebajikan, berkah kebajikan dan faktor pendukung, barulah dapat terlahir di Negeri Buddha Amitabha”.

Apa yang dimaksud dengan akar kebajikan? Akar kebajikan adalah dapat meyakini, memahami, inilah yang disebut sebagai akar kebajikan. Apa yang dimaksud dengan berkah kebajikan? Yakni dapat melafal Amituofo. Faktor pendukung atau jalinan jodoh adalah lingkungan yang mendukung sehingga anda dapat bertemu dengan Pintu Dharma ini, bersua dengan Kalyanamitra yang menasehati anda melafal Amituofo.

Bila akar kebajikan, berkah kebajikan dan jalinan jodoh ini telah sempurna, maka anda pasti terlahir ke Alam Sukhavati, tiga butir ini, tidak boleh kurang satu pun. Andaikata anda memiliki berkah kebajikan, tetapi tidak punya jalinan jodoh, juga tidak punya akar kebajikan, setelah bertemu dengan Pintu Dharma ini, lantas bagaimana? Tidak percaya, juga tidak berdaya untuk memahaminya, maka itu anda tidak mampu membangkitkan minat terhadap pelafalan Amituofo, terlebih lagi tidak mampu membangkitkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati.

Tanpa memiliki berkah kebajikan, anda mampu percaya, mampu memahami, tapi tidak mampu mengamalkannya, tidak sanggup menolak godaan ketenaran dan keuntungan di depan mata. Anda bukannya tidak memahami teori, namun kekuatan godaan terlampau besar, jadi sudah tahu bersalah masih saja mau melanggarnya, orang begini jumlahnya banyak sekali.

Maka itu mengapa sepanjang hayatnya, Master Yin Guang menggalakkan pendidikan Hukum Karma, hal ini sungguh beralasan. Setelah memahami Hukum Sebab Akibat, barulah menyadari kelahiran dan kematian merupakan problema besar! Kelahiran demi kelahiran kita berada dalam kesesatan, berapa banyak sudah, kita menjalin permusuhan dengan para makhluk.

Setelah jelas akan hal ini, setelah memahami kebenaran yang sesungguhnya, barulah tercerahkan, takkan sudi bertumimbal lahir lagi, pada satu masa kehidupan ini juga, saya mesti keluar dari lingkaran enam alam tumimbal lahir, keluar dari Dasa Dharmadhatu.

Sejak itu anda akan serius melafal Amituofo, ini merupakan berkah kebajikan terbesar dan tak terhingga. Setiap niat pikiran tak terpisahkan dari Amituofo, setiap lafalan terjalin dengan Buddha Amitabha.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 30 April 2010


《彌陀經》上所說的,「不可以少善根福德因緣得生彼國」,什麼是善根?善根就是能信、能解,這是善根。什麼是福德?福德是能念,你真幹,真的持名。因緣,那是你外面助緣的環境,你遇到這個法門,遇到修學這些法門的善知識,他們來協助你,這是外緣。善根、福德、因緣這三者具足,決定得生,三者缺一個都不行。你有福德,你有因緣,你沒有善根,遇到怎麼樣?不相信,也沒有辦法理解它,所以念佛的願你發不起來,求生的願。如果沒有福德的話,你能信、能解,做不到,敵不過眼前名聞利養的誘惑。你不是不懂,誘惑的力量太強大,明知故犯,這種人很多,不是不多。所以印祖一生提倡因果教育就大有道理。懂因果是什麼?懂因果,這生死問題真是大事情!生生世世迷惑顛倒幹這個事情,與一切眾生結多少冤業。真搞清楚、搞明白了,是把因果道理、事實真相搞清楚了,這真覺悟了,不再幹了,下定決心不再幹了,我這一生一定要出六道、出十法界,這是因果的力量,那你就會真幹了,真幹就是大福德,無量的福德。行行為正修,念念不離阿彌陀佛,一念相應一念佛,念念相應念念佛,跟阿彌陀佛相應。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第二十六集)  2010/4/30


 

Master Lian-chi memberi teladan yang baik pada kita, beliau berkata “12 bagian Tripitaka, biarlah orang lain yang tercerahkan darinya”, beliau tidak ingin mempelajarinya lagi; “84 ribu metode, biarlah orang lain yang melatihnya”, kalian suka belajar pintu Dharma apa saja, silahkan dipelajari sendiri, Master Lian-chi menghormati dan memuji. Sedangkan dia sendiri? Menfokuskan diri melafal Amituofo.

Master Lian-chi tinggal di Hangzhou, saya pernah mengunjungi viharanya, namun sayangnya sekarang sudah diubah jadi Teahouse, sungguh miris rasanya. Bayangkan, itu merupakan vihara peninggalan Guru Sesepuh.

Suatu hari Hangzhou dilanda bencana kekeringan yang parah, waktu itu Gubernur Hangzhou memohon pada Master Lian-chi untuk berdoa memohon turunnya hujan. Di dalam Ajaran Buddha terdapat tata cara upacara memohon hujan, yakni memohon pada Raja Naga.

Master Lian-chi berkata pada hadirin : “Saya tidak memahami tata cara sedemikian rupa, saya hanya tahu melafal Amituofo. Bagaimana kalau kita bersama-sama melafal Amituofo saja”.

Kemudian bersama masyarakat setempat, Master Lian-chi mulai menuntun mereka melafal Amituofo, sambil mengelilingi lahan persawahan, sampai di mana Master berjalan, maka di sana turun hujan, sungguh menakjubkan!

Hanya menggunakan sepatah Amituofo, tidak ada tata cara atau formalitas apapun, ketulusan mendatangkan mukjizat! Di dalam Riwayat Master Lianchi tercantum kisah ini.

Sepatah Amituofo ini sungguh bermanfaat, asalkan tulus sepenuhnya, tiada keraguan sama sekali, terfokus dan tidak bercampur baur dengan bentuk-bentuk pikiran, maka akan mendatangkan mukjizat. Master Lianchi menggunakan sepatah Amituofo untuk memohon turunnya hujan dan berhasil.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 30 April 2010

Catatan :
Master Lian-chi adalah Guru Sesepuh Aliran Sukhavati ke-8, untuk lebih jelasnya silahkan baca “Mengenal 13 Guru Sesepuh Aliran Sukhavati” di :
Atau baca komik Kisah Master Lianchi di :

蓮池大師給我們做的榜樣,他老人家「三藏十二部,讓給別人悟」,他不再搞了;「八萬四千行,饒與別人行」,你們喜歡學哪個法門儘管學,他老人家恭敬讚歎。他自己呢?自己是專念彌陀,真專。有一年,他住在杭州,他的道場我去參觀過,我去過,現在開茶館,實在是我們看得很難過。大雄寶殿裡面佛像全沒有了,做成茶館,祖師的道場!他那個大殿叫神運殿,所以我們想到就很難過。有一年杭州乾旱,非常嚴重,太守,那個時候的太守,就是現在叫市長,去求老和尚,希望老和尚發慈悲心為乾旱求雨。這個在佛門裡面,你看大課誦本裡有求雨的一個儀規,這是求龍王。蓮池大師跟大家說,這儀規我都不會,我只會念佛,我們一起去念佛好了。帶著一大堆人,敲著木魚念阿彌陀佛,就在那田埂上走路,真的,他走到哪裡,雨就下到哪裡,真靈!就用一句阿彌陀佛,什麼一些儀規都沒有,誠則靈!蓮池大師傳記裡有記載這麼一個故事。這一句阿彌陀佛非常管用,只要誠心誠意,決定沒有懷疑,決定沒有夾雜,他就有感應,蓮池大師用阿彌陀佛佛號求雨,求到了。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第二十六集)  2010/4/30