Sabtu, 13 Oktober 2018

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 26 Mei 2010 (Bgn 2)


Mengapa Bangsa Tiongkok dapat berdiri di dunia ini selama lima ribu tahun, selamanya tidak mengalami keruntuhan, di dunia ini ada empat peradaban kuno, tiga-nya telah musnah, satu-satunya yang masih bertahan adalah Budaya Tionghoa, mengapa demikian? Pendidikan Moral.

Yang menyangga Bangsa Tiongkok adalah keluarga, keluarga Tiongkok jaman dulu sungguh sempurna, mengapa mereka dapat membangun keluarga dengan sedemikian bagusnya? Yakni mengandalkan Pendidikan Kesusilaan.

Tanpa pendidikan moral, bagaimana anggota keluarga dapat bertindak dengan mengutamakan kepentingan umum dan mengenyampingkan kepentingan diri sendiri?

Anak-anak sejak usia kecil telah dididik untuk mengutamakan kepentingan keluarga, tidak boleh ada niat yang mementingkan diri sendiri, untuk  apa hidup di dunia ini?  Demi keluargaku.

Dia mencintai keluarganya, maka dia akan mencintai tanah kelahirannya, mencintai dusunnya, mengasihi penduduk dusunnya, mencintai kampung halamannya, yang juga mencintai tanah airnya. Cinta universal ini kian berkembang kian meluas.

Maka itu sekitar tahun 1970-an, Dr.Arnold J. Toynbee, sejarawan Inggris mengatakan bahwa “Permasalahan masyarakat abad ke-21, hanya bisa diselesaikan dengan ajaran Konfusius dan Mencius, serta Buddha Dharma Mahayana”.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 26 Mei 2010

中國為什麼五千年屹立在這個世界上,永遠不衰不敗,世界上四大古文明三個都沒有了,中國還在,什麼道理?教育。支撐著中國的就是家,中國的家太完美,家庭為什麼做得那麼好?靠教育。如果沒有教育,你這個家人怎麼能夠大公無私?大公無私,從小就要教小孩,不能有私心,活在這個世間為什麼?為我的家。他愛家,他就愛他的土地,愛他的鄉里,愛家鄉,愛家鄉就愛國家,這個愛是一層一層往外擴大的。所以這個親是中國教育的根,都是從這個字衍生出來的。親是親愛,中國的教育第一個目的,就是父子這個親愛如何能保持一生當中永遠不變,這是教育頭一個目的。第二個目的,這種親愛發揚光大,從愛父母、愛兄弟姐妹、愛你的家族、愛你的鄰里鄉黨、愛你這個社會、愛你這個國家,然後再擴大愛人類,「凡是人,皆須愛」,愛的教育。你愛他,你就不會害他,那肯定的。所以過去七0年代英國湯恩比博士說,「解決二十一世紀社會問題,只有中國孔孟學說跟大乘佛法」,英國人講的。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五十集)  2010/5/26




 

Sepanjang hayatnya, Konfusius memiliki sikap belajar yang sangat jelas yakni “Menyampaikan ajaran para pendahulu, tidak menciptakan teori sendiri, yakin dan suka pada ajaran para pendahulu”.

Terhadap kalimat yang tercantum di dalam Lun Yu (Analek Konfusius) ini, saya sangat salut. Kalau orang lain bertanya padaku, kalimat mana yang paling penting dari keseluruhan isi Analek Konfusius? Saya akan jawab, tentu saja kalimat di atas tersebut.

Konfusius tidak menciptakan teori sendiri, beliau tidak punya penemuan baru. Apa yang beliau pelajari dan apa yang beliau ajarkan, semuanya merupakan ajaran insan suci dan bijak terdahulu.

Tidak seperti orang jaman sekarang, orang masa kini di otaknya penuh dengan kreasi baru, harus ada penemuan baru, harus menonjolkan diri, harus bersaing, semua ini sudah salah.

Perlu diketahui bahwa sibuk dengan kreasi baru, penemuan baru, suasana di hatimu begitu kacau sekali; sedangkan Konfusius yakin dan suka pada ajaran terdahulu, hatinya begitu damai dan tenang.

Konfusius tidak menciptakan teorinya sendiri, juga tidak punya penemuan baru, hatinya selamanya begitu tenang dan terfokus. Sedangkan hati kita terus bergerak, tidak terfokus, bagaimana anda dapat memahami ajaran para insan suci dan bijak terdahulu?

Dengan pikiran kalutmu itu, bukan saja tidak sanggup menguasai ajaran insan suci dan bijak jaman dulu, bahkan tulisan orang masa kini, juga takkan anda pahami.

Kebenaran yang dimaksudkan di sini sungguh mendalam! Apabila anda telah memahaminya, maka anda akan menemukan bahwa karya orang modern tak sebanding dengan karya orang tempo dulu.

Masyarakat tempo dulu merupakan masyarakat yang tertib dan sejahtera, setiap insan hidup dalam suasana aman sentosa, harmonis, bahagia dan indah, meskipun hidup dalam kondisi kekurangan, namun dia bahagia, hatinya tenang, masih menaati tata susila, yakin pada Hukum Karma, sedangkan orang jaman sekarang, semuanya sudah terbalik.

Orang sekarang pikirannya sibuk berkeliaran, setiap hari juga diajari oleh siaran televisi dan dunia maya, apa yang dia pelajari? Kekerasan, asusila, menciptakan penemuan baru, membunuh, mencuri, berzinah, berdusta, apa tidak celaka, ini sudah terlampau menyeramkan.

Kita sungguh beruntung, hidup di dunia ini, bertemu dengan Buddha Dharma Mahayana, bersua dengan Sutra Usia Tanpa Batas, ini sungguh sulit diperoleh, bila dapat mempelajari dan memahaminya, maka manfaat yang akan diperoleh pasti tak terbayangkan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 26 Mei 2010

孔夫子一生,他求學的態度說得很清楚,「述而不作,信而好古」。我對《論語》上這兩句話佩服得五體投地。人家要問我,《論語》裡哪兩句話最重要,我會說這兩句。述而不作,他沒有創造,他沒有發明。他所學的,他所修的,他所教的,他所傳的,全是古聖先賢的東西。不像我們現在人,現在人滿腦袋要創新、要有創意、要有發明,要跟人競爭,錯了。你要曉得,創意、發明你心是浮動的;他信而好古,他心是定的。他沒有創造、沒有發明,他心永遠是定的,定就能契入自性。我們現在心是動的,所以心浮氣躁,你怎麼能聽得懂古人的東西?你怎麼能體會得到?心浮氣躁,不但古人的東西學不到,今人的東西、尖端的東西你也學不到。這個裡頭的道理深!你要是把它參透,才曉得今人的確不如古人。古時候的社會是承平盛世,人人確實生活在安定、和諧、幸福、美滿之中,縱然是貧窮,他快樂,他心是定的,他能夠守規矩,能夠遵守道德,知道因果,跟現在人這個思惟完全不一樣。現在人叫胡思亂想,天天還有人教他,電視在教,網路在教,教什麼?教暴力、教色情、教你創新、教殺盜淫妄,這怎麼得了,這太可怕了。我們很幸運,生活在這個世間,還遇到大乘佛法,遇到《無量壽經》,遇到《華嚴經》,太難得,真要聽得懂,這個受用不可思議。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五十集)  2010/5/26