Setelah memahami
Buddha Dharma, barulah menyadari ternyata teori dalam ilmu pengobatan
tradisional Tiongkok sungguh beralasan. Kita dapat mengendalikan diri kita,
supaya tidak jatuh sakit, segala sesuatu tercipta dari hati dan pikiran. Maka
itu mesti berlapang hati, memiliki hati Maitri Karuna, tidak boleh timbul
kebencian dan dendam.
Dendam, benci,
kesal, amarah, kerisauan, semua ini merupakan sumber penyakit. Ketamakan,
kebencian, kebodohan, kesombongan dan kecurigaan merupakan penyebab penyakit; Dendam,
benci, kesal, amarah, kerisauan merupakan jalinan jodoh atau faktor pendukung.
Ketika benih sebab bertemu dengan faktor pendukung akan menghasilkan buah
akibat yakni virus penyakit.
Setelah memahami
kebenaran ini, ketika jatuh sakit, maka hati mesti tenang, berpikirlah secara
positif. Saya pernah menulis definisi Bodhicitta sebagai : “Tulus, Suci,
Setara, Tercerahkan, Maitri Karuna”, pikiran kita mesti diarahkan untuk
memikirkan kalimat ini, barulah sel-sel tubuh yang terinfeksi virus akan pulih
seperti sedia kala.
Dia akan menuruti niat
pikiranmu, orang lain membaca sutra dan melimpahkan jasa kepada dirimu,
hasilnya tidaklah seberapa, tetapi ketika pikiranmu diarahkan ke hal yang
positif, maka kekuatan tersebut akan jadi besar.
Orang lain memberi
pemberkahan pada dirimu, hasilnya juga tidaklah seberapa, namun ketika niat
pikiranmu diarahkan ke hal yang positif, kembali ke jalan benar, maka hasilnya
akan cepat efektif.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 23 April 2010
佛法你了解之後,回頭看中國中醫真了不起,真有道理,佛經裡面講得透徹。所以我們可以控制我們,讓我們怎樣不會生病,完全從心態上控制,心量要大,一定要有慈悲心,決定不能有怨恨。怨、恨、惱、怒、煩,那都是得病的緣,因是貪瞋痴慢疑,貪瞋痴慢疑是病因,怨恨惱怒煩是病源,因緣一結合,我們的細胞就產生病毒,就變成病毒。你懂得這個道理,哪個地方有病了,你就把心地放清淨,你去想正面的。我們學這個經,學大乘,我是題了菩提心的十個字,你想「真誠、清淨、平等、正覺、慈悲」,想這個,那個病毒的細胞就會恢復正常。它是服從你的意念,別人要是說給你做好事、誦經迴向,也有一點好處,不多、不大,自己念頭一轉,那個力量才大。別人加持你不是沒有用,有用處,也有一點用,效果沒那麼直接。念頭真要一轉,回心向善,那就轉得很快。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第十九集) 2010/4/23
Guru Li (Upasaka Li Bing-nan) berkata padaku, batas usia manusia
sebenarnya adalah 200-300 tahun. Yang penting adalah menjauhi beban pikiran,
jangan ada kerisauan.
Dalam kehidupan ini, banyak hal yang tidak berkenan di hati, dari 10
hal ada 8 atau 9 hal yang tidak sesuai keinginan. Orang lain menfitnahku, saya
ikhlas saja, jangan taruh di hati, berterimakasih padanya, mengapa demikian?
Dia datang mengujiku, melihat apakah saya sanggup bersabar atau
tidak, kalau lulus maka saya berhasil melewati rintangan ini, saya
berterimakasih padanya. Dia melukai hatiku, menghina diriku, dia juga datang
mengujiku.
Sebaliknya ada pula yang baik padamu, yang selalu membuatmu gembira. Kondisi
yang serba lancar, bertemu dengan jodoh atau orang baik, ini adalah keadaan
yang menyenangkan, sehingga anda jadi melekat pada kondisi ini, begini juga
tidak boleh, mengapa demikian?
Tujuh perasaan emosional (suka, marah, sedih, senang, sayang, benci,
nafsu keinginan) dan Lima Nafsu Keinginan (harta, rupa, ketenaran, makanan dan
tidur), semua ini merupakan kekotoran batin.
Maka itu kita harus senantiasa menjaga keseimbangan batin, kala
bertemu dengan keadaan yang tidak menyenangkan, tidak muncul kebencian,
sebaliknya ketika bertemu dengan keadaan yang menyenangkan, takkan muncul ketamakan.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 23 April 2010
李老師告訴我,人的壽命本來是可以能夠活二、三百歲,活二、三百歲是一點都不稀奇的。最重要的你的心態要正常,你不要有雜念,不要有煩惱。在這個社會裡面,所謂不如意事常八九,都是有原因的。這個人毀謗我,我就受了,不要放在心上,感謝他。為什麼感謝他?等於說他來考驗我的功夫,看看我能不能忍,我能忍,通過了,我這一關通過了,不放在心上,感謝他。他傷害我、羞辱我,這都是在考驗,這是負面的考驗。還有正面的,正面帶給你歡樂。如果你在正面的,就是順境善緣,在這個狀況之下,一切都是很順利,你要是起了貪戀,生歡喜心,也錯了。為什麼?七情五欲是煩惱。順境裡面沒有貪戀,逆境裡頭沒有怨恨,永遠保持心地的清淨平等,這才叫幻滅滅盡。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第十九集) 2010/4/23
Penduduk di Alam Sukhavati memiliki usia
tanpa batas dan awet muda, tubuh yang kokoh, takkan jatuh sakit. Bunga-bunga di
Alam Sukhavati juga tidak pernah layu. Apa sebabnya?
Oleh karena penduduk Alam Sukhavati, tidak
memiliki hati perbedaan dan kemelekatan, makanya mereka tetap awet muda. Selama
kita dapat menghapus kekotoran batin dan tabiat, maka proses penuaan akan
melambat.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 23 April 2010
我們在念《無量壽經》,描繪極樂世界狀況的時候,極樂世界人長生不老、不病,沒生病的,也不會衰老,極樂世界的花永遠不謝。什麼原因?因為那個地方的居民心裡沒有分別執著。它為什麼還有現象?因為他有起心動念。沒有分別執著的時候,他的變化就變得非常緩慢,時間再長,他永遠年輕,就這個道理。我們要是懂得了,我們把煩惱習氣統統放下,我們在這個世間衰老的速度就減緩,就這麼個道理。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第十九集) 2010/4/23
Praktisi sekalian hendaknya tahu bahwa
melatih diri itu bukanlah setiap hari membaca sutra, setiap hari memukul alat
kebaktian sambil melafal Amituofo. Ini hanyalah salah satu cara melatih diri, namun
ketrampilan yang sesungguhnya itu terletak pada “Tercerahkan”, setiap saat dan dalam
aktivitas apapun, berpakaian dan makan.
Mengenakan pakaian, merasa pakaian ini
kurang cantik, lagi-lagi anda timbul niat pikiran, anda membeda-bedakan dan
melekat, maka itu berpakaian juga melatih diri; saat makan, hidangan ini lezat
sekali, makan banyak-banyak, anda jadi rakus dan serakah. Hidangan ini tidak
enak, anda tidak sudi memakannya, anda berusaha menolaknya, lihatlah, kekotoran
batinmu muncul ke permukaan.
Dalam kehidupan keseharian, saat
berinteraksi, baik dalam kondisi yang menyenangkan atau tidak, anda harus
memandang semua orang sebagai Bodhisattva, dia membantuku meningkatkan kemajuan
batin, bagus, semuanya orang baik!
Orang yang mengelabuimu, menipumu, juga
adalah orang baik, tanpa dirinya, mana mungkin anda bisa mengetahui sampai di
mana kemajuan batinmu? Maka itu senantiasa membangkitkan hati sukacita,
memandang semua orang sebagai Bodhisattva, mereka adalah orang-orang yang
berbudi padaku, ingat budi tahu balas budi.
Bagaimana cara membalas budi? Dengan cara
memperbaiki diri dan menimbun kebajikan, senantiasa melindungi sebutir hati
yang suci, setara dan tercerahkan, begini barulah sempurna, begini barulah
berhasil mencapai kemajuan batin.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 23 April 2010
諸位要知道,修行不是天天在念經,天天敲著木魚念佛,不是那樣的。那也是一種方法,但是真正功夫就是你的覺性,你時時刻刻,穿衣吃飯。穿衣,覺得這個衣服不好看,你又起心動念,你又分別執著了,所以穿衣也是在修行;吃飯的時候,這個菜好吃一點,多吃幾口,你貪心起來了。那個不好看、不好吃的、不願意吃的,你就拒絕,你看你的煩惱習氣全現行了。日常生活,處事待人接物,順境、逆境,你要把所有人都看成菩薩,他是幫助我提升的,好事,好人!騙你的人、坑你的人都是好人,沒有他,你的功夫怎麼知道現前?所以你常生歡喜心,看什麼人都是菩薩,看什麼人都是恩人,知恩報恩。怎麼報法?報恩就是改過修善,一定把自己的清淨心保持住,平等心保持住,要是能夠保持覺心那就更好,那就很圓滿,這叫真報恩,真成就了,真提升了。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第十九集) 2010/4/23