Minggu, 26 Agustus 2018

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 29 April 2010 (Bgn 1)


Keraguan membawa kerugian terbesar bagi Bodhisattva. Mengapa pelatihan diri kita gagal? Terus terang saja, ada berapakah praktisi yang benar-benar yakin pada Buddha? Ada yang sepanjang hayatnya belajar Ajaran Buddha, namun akhirnya bertanya apakah benar Buddha itu nyata adanya? Siapakah yang tidak memiliki keraguan sama sekali?

Insan yang tidak memiliki keraguan sama sekali disebut memiliki keyakinan benar, mereka yang memiliki keyakinan benar pasti akan mengamalkan sesuai dengan ajaran, buah akibatnya tak terbayangkan.

Namun justru kita selalu ragu pada Buddha, anda bilang anda tidak percaya, namun tampaknya masih mirip dengan percaya; sebaliknya anda bilang anda percaya, tapi tidak mengamalkannya.  

Belajar Buddha Dharma itu memang sulit, oleh karena ragu maka anda tidak mampu memahaminya; meskipun sudah memahaminya namun tidak sanggup menguasainya, ibarat air yang tidak jernih, mengandung residu.

Keyakinan benar dan pemahaman benar memiliki kaitan yang erat. Orang awam setelah memahami dengan jelas barulah timbul keyakinan. Lain halnya pula sebagian orang yang tidak paham namun mampu meyakininya, insan begini sungguh sulit ditemukan, dia dapat mengerahkan segenap hati untuk melatih diri, pasti akan meraih keberhasilan.

Contohnya murid Master Dixian yang bernama Guo Lou-jiang, ketika terlahir ke Alam Sukhavati, Master Dixian memujinya sebagai peristiwa nan langka! “Para Bhiksu penceramah dan para ketua vihara juga tak sebanding denganmu”.

Pujian Master Dixian bukanlah semu, Guo Lou-jiang meninggal dunia dengan posisi berdiri hingga tiga hari lamanya, menanti gurunya datang untuk mengurus upacara dukanya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 29 April 2010

你不能懷疑,疑是菩薩最大的障礙,這懷疑。我們學佛修行為什麼不能成就?說實在話幾個人真信佛?信佛信了一輩子,對佛還打問號,到底真有嗎?誰能夠一絲毫疑惑都沒有?那是真信,真信的人肯定依教奉行,果報不可思議。我們對佛就是有懷疑,你說不信還挺相信的,你說真信吧,他做不到,所以佛法真難!佛法確實知難行易,那個知是什麼?沒有疑才是知;有疑你無知,雖知,不透徹,拖泥帶水。真信、真解,所以信跟解有關係。我們凡夫真正搞清楚、搞明白,相信了,這是一般中下根性。沒有搞清楚、沒有搞明白,他就真信,這種人非常難得,為什麼?他能夠死心塌地修行,他有成就。這裡面兩種人,我們中國古人講上智下愚,多少?上智也不多,下愚也不多。下愚他雖然不解,你教他,他就一口咬定,他真幹,說念佛,他念個兩年、三年他真的往生,瑞相稀有,他懂不懂經的道理?他不懂。諦閑老和尚那個鍋漏匠的徒弟就是屬於這種人,他往生的時候,老和尚讚歎:稀有!讚歎他的成就,「講經說法的法師、名山道場的住持方丈,不如你、比不上你」,老和尚讚歎,那是真的不是假的。站著走的,還站了三天,等諦閑法師去替他辦後事,那不是一般人能做到的。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第二十五集)  2010/4/29





 

Dimanapun Bodhisattva berada, senantiasa membuat para makhluk membangkitkan hati sukacita, berbahagia dalam Dharma. Makna kalimat ini sungguh mendalam, bila tidak paham bukan masalah, jangan sengaja menelitinya, juga jangan sengaja memikirkannya.

Maka itu Buddha Sakyamuni tidak pernah merasa jenuh setiap hari membabarkan Dharma, setelah banyak mendengar, suatu hari nanti pasti akan tercerahkan. Mengapa ada kejadian pencerahan mendadak? Oleh karena dia sudah belajar untuk jangka waktu yang lama.

Anda sudah lama akrab dengan kekotoran batin dan tabiat, sehingga tanpa diperintah, bentuk-bentuk pikiran dengan otomatisnya bermunculan. Demikian pula bila belajar Buddha Dharma untuk jangka waktu yang lama, maka pencerahan akan terbuka dengan sendirinya.

Maka itu jangan takut, perbanyak mendengar ceramah Dharma, sekarang begitu leluasa, dengan sekeping DVD juga dapat tercerahkan, sekeping DVD diputar ulang didengar 10x,  tiga tahun pasti tercerahkan. Tiga tahun mendengar sekeping DVD, hatipun jadi terfokus, dengan terfokus tercapailah samadhi, dengan tercapainya samadhi, kebijaksanaan pun terbuka!

Setiap insan memiliki kesempatan yang sama, masalahnya apakah anda bersedia melakukannya atau tidak? Apakah anda percaya atau tidak? Kuncinya terletak di sini, asalkan bersedia, Sutra Usia Tanpa Batas pun takkan sulit dikuasai!

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 29 April 2010

菩薩所在之處,令一切眾生生歡喜心,真的這法喜充滿。這個理確實是很深,聽不懂沒有關係,不要去研究它,不要去想它,一遍一遍的聽。所以釋迦牟尼佛不厭其煩,天天講、常常講,聽多了總有一天豁然開悟,為什麼會豁然開悟?薰習久了。你看平常你是煩惱薰習得久,就生煩惱,現在是聖教薰習得久就開悟。所以不怕,多聽,現在方便,一片光碟都能開悟,一片光碟要是每天聽十遍,聽上三年準開悟。三年聽這一片東西,心定了,你得三昧,你怎麼會不開悟!肯定開悟。人人都有分,問題就是你肯不肯信?你能不能相信?你願不願意這樣做?關鍵在此地。只要願意,大乘不難!

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第二十五集)  2010/4/29


 


 

 
Dari mana datangnya bencana? Dari pikiran dan tindakan yang tidak benar. Mengapa demikian? “Segalanya tercipta dari hati dan pikiran”. Dengan hati yang baik, lingkungan kita takkan ada bencana, takkan ada gempa dan longsor. Baru-baru ini ada kejadian longsor di Taiwan, lapisan tanah di atas bukit sudah longgar.

Kini penduduk di dunia ini tidak ada yang merasa aman, tidak seperti dulu, hati manusia difokuskan di dalam pendidikan etika moral. Sehingga niat pikiran yang muncul, ucapan dan tindakannya, baik dalam aktivitas keseharian, dalam bidang pekerjaan, dalam kehidupan sosial, dia tahu mengendalikan diri dan takkan melampaui batas. 

Sekarang sudah tidak ada lagi, hati manusia sudah tidak terfokus lagi, tidak memiliki rasa aman, maka itu tanah jadi longgar. Apabila kita tidak mau serius mempelajari ajaran insan suci dan bijak, menfokuskan pikiran pada hal-hal yang positif, maka musibah ini akan terus berulang, kian lama kian parah.

Lihat saja frekuensi gempa, lebih sering daripada tahun-tahun sebelumnya, di seluruh dunia dalam waktu sebulan ada terjadi beberapa kali, bahkan makin bertambah dan makin parah. Ingatlah bahwa “Segala sesuatu muncul dari hati dan pikiran”!

Lantas apa yang mesti kita pikirkan? Senantiasa merenungkan ajaran insan suci dan bijak, pendidikan etika moral, Ajaran Buddha, Buddha Sakyamuni mengajari kita “Membangkitkan Bodhicitta, menfokuskan diri melafal Amituofo”, pikiran mesti difokuskan ke Alam Sukhavati dan Buddha Amitabha.

Setelah pikiran kita terfokus tak tergoyahkan, maka permukaan alam pun ikut kokoh, takkan muncul masalah.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 29 April 2010

災難從哪來的?不善的心行。為什麼?學到這麼多年,諸位心裡都相當明瞭,「一切法從心想生」。堅定的善心善願,我們居住的環境就變成堅實的大地,不會有災難、不會有地震、不會有土石流。我們在前天看到一個信息,我還看到照片,好像是在台灣發生的山崩,這個山整個崩下來,山上面那一層的樹木還在,當中的土突然崩塌下來,這從前沒見過的現象,沒見過。這在佛法講是什麼因?我們的心行不善感得大地鬆了,搖晃不定。是不是真的?是真的。
  現在想想,有幾個人心在定中?心都不定,可以說是心慌意亂,現在社會一般大眾都是這樣的,沒有安全感。不像從前人,從前人心定的,他定在哪裡?定在倫理道德。因為以前教育,它從紮根教育就教這個,教你定在孝悌、定在五倫、定在五常、定在四維八德,一生起心動念、言語造作,生活也好、工作也好,待人接物他都有個常規,他不越這個規,他心是定的。現在沒有了,現在心不定,沒有安全感,所以大地鬆了,大地也不定,這在大乘教裡講得通。如果我們不能夠認真學習聖賢教誨,把心定下來,這個事情會常常發生,會愈來愈多,這麻煩大!防不勝防。你看這兩年地震的頻率比過去多得太多了,在整個世界來講,每個月都會有好幾次,不定在哪個地方,頻率愈來愈多,災害愈來愈嚴重。記住「一切法從心想生」,佛這句話說得太好!

我們心想什麼?要常常想著祖宗的教誨,倫理道德,常常想著佛的教誨,佛叫我們「發菩提心,一向專念」,把心定在極樂世界,把心定在阿彌陀佛。我們的心定了,山河大地也鞏固了,就不會出問題。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第二十五集)  2010/4/29