“Andaikata ada
praktisi yang melafal Amituofo selama sepuluh tahun, atau pada momen terakhir,
malah meremehkan metode melafal Amituofo dan beralih mempelajari pintu Dharma
lainnya, atau saat menjelang ajal tidak berniat terlahir ke Alam Sukhavati dan
malah mendambakan dunia ini, belum dapat melafal Amituofo, ini tidak bisa
disebut sebagai menfokuskan diri melafal Amituofo”.
Kejadian begini
sudah banyak kita jumpai, saat menjelang ajal dia malah begitu mendambakan
dunia ini, tidak sanggup melepaskan sanak keluarganya. Maka itu di dalam buku
hasil karya praktisi senior tempo dulu yang berjudul “Apa yang Mesti Diketahui
Saat Menjelang Ajal”, memberitahukan kita bahwa saat mengantar seseorang
terlahir ke Alam Sukhavati, sebaiknya jangan biarkan dia melihat sanak
keluarga, terutama suami/istri dan putra-putrinya, mengapa demikian? Oleh
karena ketika pasien melihat sanak keluarganya, dia akan merasa rindu dan tidak
sanggup mengikhlaskan.
Maka itu biarkan
sahabat Dharma yang menjaganya, mengantar kepergiannya ke Alam Sukhavati. Setelah
dia terlahir ke Alam Sukhavati, 8 jam kemudian setelah Alayavijnana
meninggalkan tubuh kasarnya, barulah sanak keluarganya diperbolehkan masuk ke
dalam kamar pasien, supaya tidak mengganggu konsentrasinya.
Ada pasien yang
begitu menghembuskan nafas terakhir, langsung terlahir ke Alam Sukhavati, ada
pula yang harus mengandalkan kegiatan Zhunian, setelah menghembuskan nafas
terakhir, Alayavijnana tidak langsung meninggalkan tubuh kasarnya, atau arwahnya
berada di sekitar jasadnya, pada saat begini, jasa kebajikan dari melafal
Amituofo adalah sangat luar biasa, usahakan supaya dia mendengar suara lafalan
Amituofo, pada akhirnya dia akan ikut melafal Amituofo dan terlahir ke Alam
Sukhavati.
Harus diketahui
bahwa kegiatan Zhunian diselenggarakan oleh banyak kelompok, sementara itu
banyak pasien yang harus mengandalkan kegiatan Zhunian untuk terlahir ke Alam
Sukhavati, maka itu kegiatan ini hendaknya dilakukan secara benar, kalau tidak
dilakukan secara benar, maka akan jadi masalah besar.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 30 April 2010
Ebook tentang Zhunian dapat diunduh di :
「反之,如有人念佛數十年,或於最後階段,輕視持名而改行他法,或於臨終不欣極樂而戀世間,未能念佛,是則不名一向專念」。這個事情我們也看得很多,真有,不但有,很多。到臨命終的時候,他對於這個世間有留戀,最大的留戀是親情,習氣最重。所以古大德在《飭終須知》裡面告訴我們,就是送往生,送往生這個人快要往生的時候,最好他的家親眷屬、他的兒女,不要讓他看見,為什麼?看見他就動心,這一動心就壞了。所以讓他的佛友,念佛的同修來照顧他,來送他往生。他往生之後,家親眷屬才進來,而且一般斷氣之後八個小時,家親眷屬才可以進來,他神識離開了,怕擾亂他。真正往生,一斷氣就走了,那往生快。有的人憑助念,他斷氣他並沒有走,他靈魂還在身體的附近,這個時候念佛的功德是非常非常之殊勝,讓他聲聲都聽到佛號,最後也跟著佛號走了,這個好。要知道,念佛送往生的很多,許許多多往生真的是要靠助念,所以助念要如法,要是不如法這個麻煩就很大。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第二十六集) 2010/4/30
Keraguan merupakan rintangan terbesar bagi Bodhisattva, Bodhisattva
tidak dapat mencapai pencerahan, tidak dapat menemukan kembali jiwa sejati,
praktisi pelafal Amituofo tidak dapat terlahir ke Alam Sukhavati, semua ini
dikarenakan keraguan.
Andaikata di dalam keyakinan anda masih terdapat 1 persen keraguan
saja, maka ini juga merupakan rintangan berat, yang menghalangi dirimu sehingga
tidak berhasil.
Tempo dulu ketika kami mendengar penjelasan Guru, kami masih sulit memahaminya,
kemudian Guru menjelaskannya dengan sebuah perumpamaan. Umpamanya gelas ini
diisi penuh dengan Tihu (minuman susu berkualitas tinggi), Tihu merupakan
minuman terbaik, lalu di dalamnya ada setetes racun, gara-gara setetes racun tersebut,
segelas minuman Tihu tersebut jadi beracun, tidak bisa diminum lagi.
Jadi meskipun anda memiliki keyakinan 99 persen, namun ada 1 persen
keraguan, maka yang 1 persen ini ibarat racun, yang merusak keseluruhan 99
persen keyakinanmu.
Maka itu kita mesti meningkatkan mawas diri, terhadap ajaran sutra
jangan ada keraguan sama sekali, terhadap Buddha dan Bodhisattva jangan ada
keraguan sama sekali, terhadap akar kebajikan dan berkah kebajikan serta faktor
pendukung diri sendiri, juga jangan ada keraguan sama sekali.
Keyakinan benar dan tekad menyeluruh, jasa kebajikan ini adalah
terunggul tiada bandingnya.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 30 April 2010
疑是菩薩最大的障礙,菩薩不能開悟,不能見性,念佛人不能往生,都犯在這個字上。那就不是真信,信心不到位,不是說你沒有信心,百分之百的信心沒有疑,百分之九十九的信心還有一分疑,那一分疑就是嚴重障礙,就障礙你不能成就,你說這個事情麻不麻煩。我們過去聽老師講,很難理解,老師給我們舉例子,他說譬如這個茶杯盛的是醍醐,滿滿一杯醍醐,醍醐是最好的飲料,裡頭有一滴毒藥,就那麼一滴,你這一杯醍醐就全部都變成毒藥了,你喝一口都要死亡。這就是說什麼?你百分之九十九的信心當中有一分是疑,那就是一滴毒藥,就把你九十九分信心破壞掉了。比喻得好!讓我們真正能提高警覺,對經教不能懷疑,對佛菩薩不能懷疑,對自己的善根福德因緣不能懷疑,有一點點懷疑就障礙你的成就。真信,你看經上講真信願,真信切願,這個功德無比的殊勝。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第二十六集) 2010/4/30