Master Shandao
berkata “Sepuluh ribu orang yang melatihnya, sepuluh ribu pula yang berhasil
terlahir ke Alam Sukhavati”, satupun takkan ketinggalan. Bagaimana cara
melatihnya? Yakni menfokuskan pikiran melafal Amituofo.
Hal ini sangat
penting adanya, yakni saat melafal Amituofo tidak boleh bercampur dengan
khayalan, tidak boleh ada bentuk-bentuk pikiran, inilah yang disebut sebagai pikiran
terfokus. Setelah pikiran berhasil difokuskan, maka takkan ada lagi keraguan,
takkan lagi terpencar, inilah yang disebut sebagai pikiran terfokus.
Bila anda
membulatkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati, maka anda mesti mengetahui bahwa
Buddha Sakyamuni, Buddha Amitabha, semua Buddha di sepuluh penjuru dari tiga
masa, serentak memberi nasehat padamu, andaikata Pintu Dharma Tanah Suci bukan
memiliki keunggulan yang tiada bandingnya, buat apa para Buddha menasehatimu
supaya melatihnya?
Kesempatan ini
begitu sulit diperoleh! Para makhluk diliputi moha (kedunguan), menganggap
Pintu Dharma ini gampang, makanya tidak sakti, sehingga sibuk berputar-putar
mencari pintu Dharma lainnya, mencari-cari metode mana yang lebih sakti, ini
sudah keliru.
Padahal
sesungguhnya ajaran yang kian unggul adalah kian gampang, sejak jaman dulu
hingga sekarang juga tanpa pengecualian, justru yang paling gampang itulah yang
merupakan paling unggul tiada bandingnya.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 7 Juli 2010
善導大師講的「萬修萬人去」,一個都不漏。怎麼念法?還是要一心稱念。這個也重要,就是念佛的時候不能夾雜妄想,不能有妄念,這就叫一心。一心做到的時候,不懷疑、不夾雜,這就叫一心。所以真正想求生西方極樂世界,你一定要知道,這個世界,釋迦牟尼佛、阿彌陀佛勸導我們,十方三世一切諸佛異口同音都來勸導,要不是無比的殊勝,佛會勸我們嗎?機會太難得了!眾生愚痴,以為這個法門簡單,大概不甚高明,要別求法門,以為別的法門都比這個高,錯了。愈殊勝愈簡單,古今中外沒有例外的,最簡單的最殊勝。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第七十二集) 2010/7/7
Segenap hati
berniat pulang ke kampung halaman Alam Sukhavati, maka kita akan melepaskan
kemelekatan pada duniawi, segala ketenaran dan keuntungan di dunia ini, lima
nafsu keinginan (harta, rupa, ketenaran, makanan dan tidur) dan enam kondisi
luar (rupa, suara, bau-bauan, rasa, sentuhan, bentuk-bentuk pikiran), serupa
dengan yang dikatakan oleh praktisi jaman dulu sebagai aroma duniawi mana
mungkin sekental aroma Dharma!
Di dalam aroma
Dharma, unsur yang paling pekat adalah melafal Amituofo, lantas kenapa anda
tidak sanggup meneruskannya? Oleh karena anda belum mencicipi aroma Dharma,
makanya anda mengalami kemerosotan batin. Kenapa anda belum mencicipi aroma
Dharma? Ketika melafal Amituofo muncul keraguan, bercampur dengan khayalan.
Anda selalu merasa
ragu, benarkah metode ini yang paling unggul, atau masih ada metode lainnya
yang lebih sakti? Benarkah Alam Sukhavati itu nyata adanya? Di dalam hatimu
tiap hari bermunculan banyak pertanyaan. Bingung, bimbang dan curiga.
Alasan lainnya
adalah terhadap ketenaran dan keuntungan di dunia ini masih begitu
mendambakannya, anda masih belum sanggup melepaskannya. Maka itu meskipun anda
tampak begitu sibuk menghitung tasbih melafal Amituofo, demikianlah hari demi
hari berlalu, tahun demi tahun berganti, wajahmu masih saja bermuram durja,
tidak berhasil mencicipi aroma Dharma, alasannya terletak di sini.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 7 Juli 2010
一心嚮往,我們就會把這個世間放下,這個世間裡面的名聞利養、五欲六塵,就如同古人所說的,這是世間的滋味,一般人貪戀,世味哪有法味濃!法味裡面最濃的持名念佛,你為什麼念不下去?你持名沒有嘗到法味,沒嘗到味道,所以你會退心。你為什麼沒有嘗到味道?念佛的時候有懷疑、有夾雜,懷疑這個法門是不是最殊勝的?這法門是不是真的?我真能往生嗎?真有極樂世界嗎?猶疑、懷疑。第二個,對世間名聞利養的貪戀放不下。所以你勤苦念佛,念若干年都得不到法喜,都沒有品嘗法味出來,原因在此地。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第七十二集) 2010/7/7
Alam Sukhavati berbeda dengan alam lainnya, meskipun di Alam
Sukhavati terdapat empat tingkatan tanah suci, namun terlahir di Tanah Suci
tingkat pertama adalah serupa dengan terlahir di Tanah Suci tingkat kedua dan
ketiga. Mengapa demikian?
Oleh karena di Alam Sukhavati tidak ada konsep ruang dan waktu, tidak
sama dengan negeri Buddha lainnya. Di Alam Buddha lainnya masih ada konsep
ruang dan waktu, sehingga anda tidak bisa melihat makhluk lainnya yang berada
dalam dimensi ruang yang berbeda.
Di Alam Sukhavati, meskipun terlahir di Tanah Suci tingkat pertama
yakni Fan-sheng-tong-ju-tu (tempat kediaman insan suci dan orang awam), yakni
praktisi yang terlahir pada Bunga Teratai tingkatan bawah bagian bawah (umumnya
adalah pelaku kejahatan yang sudah bertobat), anda masih dapat bersua dan
berinteraksi langsung dengan Bodhisattva Avalokitesvara, Bodhisattva
Mahasthamaprapta, Bodhisattva Manjusri, Bodhisattva Samantabhadra yang berdiam
di Tanah Suci tingkat ketiga yakni Shi-bao-zhuang-yan-tu (tempat kediaman para
Bodhisattva).
Para Maha Bodhisattva yang berdiam di Tanah Suci tingkat ketiga yakni
Shi-bao-zhuang-yan-tu, senantiasa berada bersama dengan praktisi awam yang
berada di tanah suci tingkat pertama yakni Fan-sheng-tong-ju-tu (tempat
kediaman insan suci dan orang awam), jodoh ini sungguh sulit diperoleh!
Anda akan senantiasa berada bersama Mereka, mendengar ajaran dari
Mereka, maka itu selamanya takkan mengalami kemunduran, yang ada hanyalah
kemajuan.
Di Alam Sukhavati, Guru kita adalah para Buddha Tathagata, teman
sekolah kita adalah para Bodhisattvaya Mahasattvaya, ke mana lagi anda dapat
menemukan lingkungan belajar seperti ini? Terlahir ke Alam Sukhavati pasti
mencapai KeBuddhaan, penduduk di sana memiliki usia tanpa batas, bayangkan,
betapa unggulnya jalinan jodoh ini.
Kalau tidak berjodoh bersua dengan Pintu Dharma ini, maka tak
berdaya, tetapi setelah bertemu dengan Pintu Dharma ini, bila anda masih juga
mendambakan dunia ini, maka ini merupakan kesalahan besar, selama ada satu hal
di dunia ini yang tidak sanggup diikhlaskan, maka pada satu masa kehidupan ini
akan melewatkan kesempatan berharga ini dengan sia-sia. Maka itu kita mesti
melepaskan kemelekatan hingga ke akar-akarnya, takkan mendambakannya sama
sekali.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 7 Juli 2010
極樂世界跟其他世界不一樣,真的像《華嚴經》所說的,「一即一切,一切即一」,生到同居土同時也等於生到方便土跟實報土。為什麼?它那個地方沒有空間維次,不像其他的諸佛國土,其他諸佛國土確實有空間維次,不同空間維次你見不到,極樂世界沒有。所以我們即使是生到同居土,下下品往生到極樂世界,你可以看到觀音、勢至,你可以見到文殊、普賢,他們在哪裡?他們在實報土。實報土的這些大菩薩跟凡聖同居土下下品也常常在一起,這個緣分難得!你常常跟他們親近,常常聽他們的教誨,進步就快,他不會退步,沒有退步的原因,只有向上提升。老師是諸佛如來,同學是諸大菩薩,你到哪裡去找這個修學環境?生到極樂世界決定一生成佛,他壽命長,無量壽,你說這個緣多殊勝。沒有遇到是沒法子,遇到之後,你還留戀這個世間你就錯了,這個世間只要有一樁事情放不下,就把這一生的機緣空過了。所以我們要徹底放下,一絲毫留戀沒有。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第七十二集) 2010/7/7