Jumat, 30 November 2018

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 7 Juli 2010 (Bgn 1)


Master Shandao berkata “Sepuluh ribu orang yang melatihnya, sepuluh ribu pula yang berhasil terlahir ke Alam Sukhavati”, satupun takkan ketinggalan. Bagaimana cara melatihnya? Yakni menfokuskan pikiran melafal Amituofo.

Hal ini sangat penting adanya, yakni saat melafal Amituofo tidak boleh bercampur dengan khayalan, tidak boleh ada bentuk-bentuk pikiran, inilah yang disebut sebagai pikiran terfokus. Setelah pikiran berhasil difokuskan, maka takkan ada lagi keraguan, takkan lagi terpencar, inilah yang disebut sebagai pikiran terfokus.

Bila anda membulatkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati, maka anda mesti mengetahui bahwa Buddha Sakyamuni, Buddha Amitabha, semua Buddha di sepuluh penjuru dari tiga masa, serentak memberi nasehat padamu, andaikata Pintu Dharma Tanah Suci bukan memiliki keunggulan yang tiada bandingnya, buat apa para Buddha menasehatimu supaya melatihnya?

Kesempatan ini begitu sulit diperoleh! Para makhluk diliputi moha (kedunguan), menganggap Pintu Dharma ini gampang, makanya tidak sakti, sehingga sibuk berputar-putar mencari pintu Dharma lainnya, mencari-cari metode mana yang lebih sakti, ini sudah keliru.

Padahal sesungguhnya ajaran yang kian unggul adalah kian gampang, sejak jaman dulu hingga sekarang juga tanpa pengecualian, justru yang paling gampang itulah yang merupakan paling unggul tiada bandingnya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 7 Juli 2010

善導大師講的「萬修萬人去」,一個都不漏。怎麼念法?還是要一心稱念。這個也重要,就是念佛的時候不能夾雜妄想,不能有妄念,這就叫一心。一心做到的時候,不懷疑、不夾雜,這就叫一心。所以真正想求生西方極樂世界,你一定要知道,這個世界,釋迦牟尼佛、阿彌陀佛勸導我們,十方三世一切諸佛異口同音都來勸導,要不是無比的殊勝,佛會勸我們嗎?機會太難得了!眾生愚痴,以為這個法門簡單,大概不甚高明,要別求法門,以為別的法門都比這個高,錯了。愈殊勝愈簡單,古今中外沒有例外的,最簡單的最殊勝。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第七十二集)  2010/7/7

 

 

Segenap hati berniat pulang ke kampung halaman Alam Sukhavati, maka kita akan melepaskan kemelekatan pada duniawi, segala ketenaran dan keuntungan di dunia ini, lima nafsu keinginan (harta, rupa, ketenaran, makanan dan tidur) dan enam kondisi luar (rupa, suara, bau-bauan, rasa, sentuhan, bentuk-bentuk pikiran), serupa dengan yang dikatakan oleh praktisi jaman dulu sebagai aroma duniawi mana mungkin sekental aroma Dharma!

Di dalam aroma Dharma, unsur yang paling pekat adalah melafal Amituofo, lantas kenapa anda tidak sanggup meneruskannya? Oleh karena anda belum mencicipi aroma Dharma, makanya anda mengalami kemerosotan batin. Kenapa anda belum mencicipi aroma Dharma? Ketika melafal Amituofo muncul keraguan, bercampur dengan khayalan.

Anda selalu merasa ragu, benarkah metode ini yang paling unggul, atau masih ada metode lainnya yang lebih sakti? Benarkah Alam Sukhavati itu nyata adanya? Di dalam hatimu tiap hari bermunculan banyak pertanyaan. Bingung, bimbang dan curiga.

Alasan lainnya adalah terhadap ketenaran dan keuntungan di dunia ini masih begitu mendambakannya, anda masih belum sanggup melepaskannya. Maka itu meskipun anda tampak begitu sibuk menghitung tasbih melafal Amituofo, demikianlah hari demi hari berlalu, tahun demi tahun berganti, wajahmu masih saja bermuram durja, tidak berhasil mencicipi aroma Dharma, alasannya terletak di sini.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 7 Juli 2010

一心嚮往,我們就會把這個世間放下,這個世間裡面的名聞利養、五欲六塵,就如同古人所說的,這是世間的滋味,一般人貪戀,世味哪有法味濃!法味裡面最濃的持名念佛,你為什麼念不下去?你持名沒有嘗到法味,沒嘗到味道,所以你會退心。你為什麼沒有嘗到味道?念佛的時候有懷疑、有夾雜,懷疑這個法門是不是最殊勝的?這法門是不是真的?我真能往生嗎?真有極樂世界嗎?猶疑、懷疑。第二個,對世間名聞利養的貪戀放不下。所以你勤苦念佛,念若干年都得不到法喜,都沒有品嘗法味出來,原因在此地。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第七十二集)  2010/7/7




 

Alam Sukhavati berbeda dengan alam lainnya, meskipun di Alam Sukhavati terdapat empat tingkatan tanah suci, namun terlahir di Tanah Suci tingkat pertama adalah serupa dengan terlahir di Tanah Suci tingkat kedua dan ketiga. Mengapa demikian?

Oleh karena di Alam Sukhavati tidak ada konsep ruang dan waktu, tidak sama dengan negeri Buddha lainnya. Di Alam Buddha lainnya masih ada konsep ruang dan waktu, sehingga anda tidak bisa melihat makhluk lainnya yang berada dalam dimensi ruang yang berbeda.

Di Alam Sukhavati, meskipun terlahir di Tanah Suci tingkat pertama yakni Fan-sheng-tong-ju-tu (tempat kediaman insan suci dan orang awam), yakni praktisi yang terlahir pada Bunga Teratai tingkatan bawah bagian bawah (umumnya adalah pelaku kejahatan yang sudah bertobat), anda masih dapat bersua dan berinteraksi langsung dengan Bodhisattva Avalokitesvara, Bodhisattva Mahasthamaprapta, Bodhisattva Manjusri, Bodhisattva Samantabhadra yang berdiam di Tanah Suci tingkat ketiga yakni Shi-bao-zhuang-yan-tu (tempat kediaman para Bodhisattva).

Para Maha Bodhisattva yang berdiam di Tanah Suci tingkat ketiga yakni Shi-bao-zhuang-yan-tu, senantiasa berada bersama dengan praktisi awam yang berada di tanah suci tingkat pertama yakni Fan-sheng-tong-ju-tu (tempat kediaman insan suci dan orang awam), jodoh ini sungguh sulit diperoleh!

Anda akan senantiasa berada bersama Mereka, mendengar ajaran dari Mereka, maka itu selamanya takkan mengalami kemunduran, yang ada hanyalah kemajuan.

Di Alam Sukhavati, Guru kita adalah para Buddha Tathagata, teman sekolah kita adalah para Bodhisattvaya Mahasattvaya, ke mana lagi anda dapat menemukan lingkungan belajar seperti ini? Terlahir ke Alam Sukhavati pasti mencapai KeBuddhaan, penduduk di sana memiliki usia tanpa batas, bayangkan, betapa unggulnya jalinan jodoh ini.

Kalau tidak berjodoh bersua dengan Pintu Dharma ini, maka tak berdaya, tetapi setelah bertemu dengan Pintu Dharma ini, bila anda masih juga mendambakan dunia ini, maka ini merupakan kesalahan besar, selama ada satu hal di dunia ini yang tidak sanggup diikhlaskan, maka pada satu masa kehidupan ini akan melewatkan kesempatan berharga ini dengan sia-sia. Maka itu kita mesti melepaskan kemelekatan hingga ke akar-akarnya, takkan mendambakannya sama sekali.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 7 Juli 2010

極樂世界跟其他世界不一樣,真的像《華嚴經》所說的,「一即一切,一切即一」,生到同居土同時也等於生到方便土跟實報土。為什麼?它那個地方沒有空間維次,不像其他的諸佛國土,其他諸佛國土確實有空間維次,不同空間維次你見不到,極樂世界沒有。所以我們即使是生到同居土,下下品往生到極樂世界,你可以看到觀音、勢至,你可以見到文殊、普賢,他們在哪裡?他們在實報土。實報土的這些大菩薩跟凡聖同居土下下品也常常在一起,這個緣分難得!你常常跟他們親近,常常聽他們的教誨,進步就快,他不會退步,沒有退步的原因,只有向上提升。老師是諸佛如來,同學是諸大菩薩,你到哪裡去找這個修學環境?生到極樂世界決定一生成佛,他壽命長,無量壽,你說這個緣多殊勝。沒有遇到是沒法子,遇到之後,你還留戀這個世間你就錯了,這個世間只要有一樁事情放不下,就把這一生的機緣空過了。所以我們要徹底放下,一絲毫留戀沒有。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第七十二集)  2010/7/7