Selasa, 21 Agustus 2018

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 27 April 2010 (Bgn 2)


Manusia masa kini selalu ingin menciptakan teori baru, ingin penemuan baru, ingin menonjolkan diri, inilah yang disebut dengan kekotoran batin!

Ketamakan, kebencian, kebodohan, keangkuhan dan kecurigaan, berapa butir yang sudah anda langgar? Tak sebanding dengan insan jaman dulu yang rendah hati dan mengalah.

Konfusius bersikap harmonis, bajik, hormat, bersahaja, mengalah, takkan berebutan ketenaran dan keuntungan, pandangan dan pemahamannya serupa dengan pandangan dan pemahaman insan jaman dulu. Konfusius menyampaikan apa yang diucapkan oleh insan jaman dulu, jadi bukan ciptaan sendiri, inilah yang disebut etika moral, menimbun kebajikan.

Tidak suka pada ketenaran dan keuntungan, baik dalam belajar Dharma duniawi maupun Buddha Dharma, ini merupakan syarat dasar untuk membina etika moral.  
    
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 27 April 2010

我們現在常常就想要創造、要發明、要出人頭地,這個觀念是什麼?這個觀念是煩惱!貪、瞋、痴、慢、疑,這幾個字裡頭你看看他犯了多少個字?比不上古人那種謙讓。夫子溫良恭儉讓,決定不爭名不奪利,自己的見解跟古人見解一樣,說是古人說的,不說自己說的,這叫德行,積德。不好名聞利養,這是世出世間做學問、養德行基本的條件。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第二十三集)  2010/4/27




 

Orang Tiongkok membahas tentang tata susila, kesusilaan adalah rendah hati dan menghormati orang lain. Diri sendiri mesti mewujudkannya, sehingga orang lain yang melihat hal ini jadi tergugah, kemudian mereka akan datang belajar padamu, begini barulah disebut menyelamatkan para makhluk.  

Menyelamatkan para makhluk adalah melalui pendidikan, bagaimana cara mendidik? Yakni diri sendiri mesti mengamalkannya terlebih dulu, baik dalam tindakan maupun ucapan.  

Tindakan harus ditempatkan di urutan pertama, memberi teladan dalam bentuk tindakan nyata. Orang lain yang melihatnya, akan datang belajar pada kita, ketika dia mengajukan pertanyaan, anda menggunakan ucapan untuk mengajarinya.

Jadi diri sendiri harus sanggup mengamalkannya, barulah mengajari orang lain.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 27 April 2010

中國人講禮,禮的精神是自卑而尊人,自己謙卑、尊重別人,這叫禮。自己得做出來,讓別人看到、接觸到有所感動,來向你學習,這才叫度眾生。世出世間聖人,度就是教化人、教導人,怎麼教法?先要做到,身行、言教。身行放在第一,就是身教,我要把它做到。別人看見了,想跟我們學,他發些問題,你再以言語教導他。一定是先把它做到。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第二十三集)  2010/4/27





Kita mesti membangkitkan hati yang penuh terima kasih pada Buddha Amitabha, yang mendirikan Alam Sukhavati di penjuru barat, menjemput semua makhluk di enam alam tumimbal lahir.

Lingkungan belajar di alam saha ini sangat buruk, rintangan juga sangat banyak, sebaliknya Alam Sukhavati mempunyai lingkungan belajar yang bagus, ada Guru yang baik dan sahabat belajar yang baik. Di dalam lingkungan sedemikian rupa, tanpa kita sadari, kekotoran batin dan tabiat kita lenyap, ini sungguh sulit diperoleh, amat istimewa.

Buddha Sakyamuni menetap di alam kita ini dalam kurun waktu yang singkat, usia 80 tahun memasuki Parinirvana. Sedangkan Buddha Amitabha membabarkan Dharma di Alam Sukhavati buat selama-lamanya, penduduk Alam Sukhavati memiliki usia tanpa batas, demikian pula Buddha Amitabha.

Bukan saja Buddha Amitabha yang menjadi staf pengajar, bahkan para Buddha di sepuluh penjuru juga ikut menjadi staf pengajar, ibaratnya Buddha Amitabha mendirikan universitas, para Buddha di sepuluh penjuru berdatangan ke Alam Sukhavati menjadi Dosen.

Buddha Amitabha sendiri mempunyai 2 asisten pengajar, yakni Bodhisattva Avalokitesvara dan Bodhisattva Mahasthamaprapta; Bodhisattva Mahasthamaprapta membimbingmu belajar ajaran sutra, sedangkan Bodhisattva Avalokitesvara membimbingmu melatih diri.

Makanya dalam waktu singkat bisa meraih keberhasilan, ini juga merupakan alasan mengapa kita memilih Pintu Dharma ini, lantas apakah tidak boleh memilih pintu Dharma lainnya? Tidak boleh, oleh karena kita tidak sanggup menghapus kekotoran batin dan tabiat, makanya memilih Pintu Dharma ini.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 27 April 2010

我們了解歷史,對阿彌陀佛就生感恩的心,他建立西方世界,接引遍法界虛空界一切諸佛剎土當中的六道眾生。四聖法界的人好度,六道眾生不好度,他煩惱不能斷。接引這些眾生到極樂世界去,用現在的話,移民。這個地方學習的環境不好,障緣很多,極樂世界是個非常好的學習環境,那個地方的學習條件是樣樣都具足。有好老師、好環境、好同學,在那個環境當中,不知不覺我們的煩惱習氣都能夠淘汰掉,這是非常難得,非常殊勝。「有佛國土」,我們這個世界上沒佛。釋迦牟尼佛住世的時間很短,從出生到入滅八十年,從開悟到教學四十九年。他三十歲開悟的,教學是從三十歲開始,七十九歲走的,我們中國人講虛歲八十歲,外國人講實足年齡七十九歲。阿彌陀佛在那個世界是常住,眾生無量壽,佛也無量壽。不但阿彌陀佛在那裡教化,十方諸佛常常到那個地方去講經教學,阿彌陀佛開學校,十方諸佛到那裡是以教授的身分、以老師的身分到那個地方。阿彌陀佛也有兩個助手,觀世音菩薩、大勢至菩薩,是他兩個助手,一個主持行門,一個主持解門;大勢至菩薩主持解門,講經教學,觀世音菩薩主持的是行門,指導你怎樣實修,我們講真幹。所以進步就非常快速,這是我們為什麼要選擇這個法門。選擇其他法門不行嗎?真的不行,就是我們煩惱習氣放不下,才選擇這個法門。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第二十三集)  2010/4/27