Minggu, 02 Juni 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 29 Agustus 2010


Masa kini banyak umat Buddha yang salah paham, mengira kalau sudah mengambil sila Bodhisattva maka telah menjadi Bodhisattva. Ini sudah keliru. Anda ini merupakan Bodhisattva apa? Bodhisattva lumpur, kalau ketemu air celakalah. Tidak gampang untuk menjadi Bodhisattva!

Seorang Bodhisattva pertama-tama harus jujur dan tulus, sementara anda ini hobinya mengelabui diri sendiri dan menipu orang lain, apakah ini yang namanya Bodhisattva? Bahkan standar jadi orang baik saja anda tidak punya. Bagaimana anda bisa disebut Bodhisattva? Kalau anda disebut Bodhisattva, ini namanya pembohongan besar.

Praktisi sekalian hendaknya tahu bahwa akibat dari pembohongan besar adalah jatuh ke Neraka Avici. Apakah anda berani menyamar jadi Buddha dan Bodhisattva? Tujuan dari penyamaran adalah untuk memperoleh ketenaran dan keuntungan, jika anda memahami Hukum Karma, anda pasti takkan berani melakukannya.

Dari hati yang tulus, barulah ada suci, setara, tercerahkan, maitri karuna. Dengan hati yang suci, setara dan tercerahkan memberi manfaat bagi diri sendiri; dengan hati maitri karuna memberi manfaat bagi makhluk lainnya.

Jadi dalam berinteraksi dan memperlakukan orang lain, mesti dengan Maha Maitri Maha Karuna. Dapat membangkitkan hati begini, inilah yang disebut Bodhicitta.

Dengan hati begini menfokuskan diri melafal Amituofo, satu arah yakni Alam Sukhavati di penjuru barat, sepatah nama Buddha yakni Namo Amituofo, dilafal berkesinambungan tak terputus, sepanjang hayat takkan pernah berubah, inilah yang disebut menfokuskan diri melafal berkesinambungan. Praktisi begini pasti berhasil terlahir ke Negeri Buddha Amitabha, disinilah letak kuncinya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 29 Agustus 2010

現在學佛的同學很多人產生誤會,以為我去受了菩薩戒,我就是菩薩了。錯了,你是什麼菩薩?泥菩薩,遇到水就完了,這真的。菩薩談何容易!菩薩第一個就是真誠,你還欺騙自己,欺騙別人,那哪能叫菩薩?凡夫裡面一個善人你都沒有資格,你怎麼能稱菩薩?你要稱菩薩,那叫大妄語。諸位要曉得,佛經上大妄語,果報在阿鼻地獄。你敢冒充佛菩薩嗎?冒充的目的都是為了名利,如果你真正懂得因果,你不敢這樣做法。從真誠心,才有清淨、平等、正覺、慈悲,清淨平等覺是自受用,真誠心的自受用,大慈大悲是真誠心的他受用,就是待人,待人接物是大慈大悲。這種心發起來,這叫菩提心。用這種心一向專念,一個方向,西方極樂世界,一句「南無阿彌陀佛」念到底,一生不改變,這叫一向專念,這個人決定得生極樂世界。在念佛能不能往生,關鍵在此地。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一二七集)  2010/8/29

 


 

Anda tidak boleh mengatakan bahwa sutra Buddha tidak efektif, Sang Buddha tidak pernah silap menyampaikan ajaranNya, jadi kesalahan bukanlah terletak pada sutra Buddha.

Cobalah amati dengan seksama, apakah pikiran, ucapan dan tindakanmu sudah sesuai dengan ajaran yang tercantum di dalam sutra? Kalau sesuai berarti anda adalah praktisi tulen; sebaliknya bila pikiran, ucapan dan tindakanmu tidak sesuai dengan ajaran yang tercantum di dalam sutra, tidak punya niat tulus, bila masih ada kekotoran batin, maka hatimu tidak suci.

Apa itu kekotoran batin? Mengutamakan kepentingan dan keuntungan diri sendiri adalah kekotoran batin, mengejar ketenaran dan keuntungan adalah kekotoran batin, tamak benci dungu dan ragu adalah kekotoran batin.

Oleh karena adanya kekotoran batin maka hatimu tidak suci; oleh karena adanya hati yang membeda-bedakan makanya hatimu tidak seimbang, suka bersaing, suka menonjolkan diri, hati begini tidak seimbang.  

Buddha Sakyamuni selalu berkata, hati yang suka menonjolkan diri, hati yang suka memamerkan kemampuan diri, hati yang suka bersaing dan berebutan dengan orang lain, hati begini adalah Asura. Raksasa dan Asura memiliki sikap mental sedemikian rupa.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 29 Agustus 2010

你不可以說佛經不靈,那你自己錯了,佛沒有說錯,經典沒有講錯。你要把它看清楚、要把它看明白,你自己心行跟它相不相應?心行相應,你是正修、真修;如果心行不相應,沒有誠意,心裡面有染污,就不清淨了。什麼東西染污?煩惱是染污,自私自利是染污,名聞利養是染污,貪瞋痴慢是染污。染污,你的心不清淨;分別,你的心不平等;爭強、好勝,這心不平等。佛在經裡面講得很多,好勝的心、逞能的心、競爭的心都是屬於阿修羅,羅剎、阿修羅是這樣的心態。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一二七集)  2010/8/29

 


 

Hari ini jodoh kita terhitung lumayan, terlahir sebagai manusia, mendengar pembabaran Buddha Dharma, mendengar Ajaran Mahayana khususnya Ajaran Sukhavati, boleh dikatakan betapa unggulnya jodoh ini.  

Setelah bersua dengan Pintu Dharma Pelafalan Amituofo, lantas apakah kita dapat membangkitkan keyakinan dan dapat memahaminya? Ini adalah akar kebajikan. Apabila akar kebajikan ini mencukupi, barulah dapat membangkitkan keyakinan dan dapat memahaminya.

Sebaliknya apabila keyakinan tidak mendalam, masih ada keraguan, pemahaman masih belum cukup jelas, ini dikarenakan akar kebajikan tidak mencukupi.

Apabila telah memiliki keyakinan dan telah memahami, namun tidak sanggup mengamalkannya, inilah yang disebut tidak punya berkah kebajikan. Berkah kebajikan artinya dapat mengamalkan.

Maka itu Buddha Sakyamuni mengatakan, “Tidak boleh kekurangan akar kebajikan, berkah kebajikan dan jalinan jodoh, barulah dapat terlahir di Negeri Buddha Amitabha”.

Apabila tiga persyaratan ini telah terpenuhi, yakni akar kebajikan mencukupi, berkah kebajikan mencukupi, jalinan jodoh mencukupi, mana ada alasan tidak terlahir ke Alam Sukhavati? Selamat, karena dalam satu masa kehidupan ini juga, anda pasti menjadi Buddha, terlahir ke Alam Sukhavati menyempurnakan KeBuddhaan.

Masalahnya, bagaimana kalau akar kebajikan dan berkah kebajikan tidak mencukupi? Makanya kita harus memotivasi diri sendiri, harus menambal kekurangannya, yakni dengan cara belajar ajaran sutra, bagaimana caranya?

Sekarang banyak beredar DVD ceramah, siaran ceramah melalui internet, siaran televisi parabola, anda dapat belajar sendiri di rumah, tiap hari belajar, pahala ini sungguh terlampau besar!

Anda harus tekun belajar tiap hari berkesinambungan barulah bisa, kalau bukan demikian, maka pahala ini akan terlewatkan sia-sia.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 29 Agustus 2010

我們今天遇的緣不錯,得人身,聞佛法,這個緣好。佛法裡面又聞到大乘、又聞到淨土,這個緣可以說是無比的殊勝。遇到了,能不能相信、能不能理解?這是你的善根。你具足善根,能信能解;你信得不深,還有懷疑,解得不透徹,善根不足;真信真解,沒做到,那是沒福,你有善根,你沒有福報。福是什麼?真幹,福德。所以佛講的,「不可以少善根福德因緣,得生彼國」。你這三個條件都具足了,你看善根具足、福德具足、因緣具足,哪有不往生的道理?恭喜你,你這一生肯定成佛,往生到極樂世界就是成佛。這樁事情非同小可,我們遇到了,遇到善根福德不足怎麼辦?那要認真勉勵自己,一定把它補足,勇猛精進,要把善根福德補足。從哪裡補?從經教上補。經教上,我遇不到好老師,我自己學習有困難,怎麼辦?古人有註解在幫助你,現在人比古人更有福報,為什麼?現在有光碟、有網路、有衛星,你在家裡面就可以學習,天天上課,這個福報太大太大了!你得天天上課才行,你要不天天上課,這個福報還是空過了。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一二七集)  2010/8/29



 
 

Belajar ajaran Buddha guna menyempurnakan diri sendiri, mesti mempergunakan waktu dengan sebaik-baiknya, sehari pun jangan terlewatkan sia-sia, sepuluh tahun pasti bisa berhasil.

Selama satu dasawarsa ini menanam akar dengan sedemikian mendalamnya, menyempurnakan sila, samadhi (konsentrasi) dan prajna (kebijaksanaan).

Sila adalah etika moral, samadhi adalah perhatian terpusat, kebijaksanaan adalah penerangan sempurna, menemukan kembali jiwa sejati. Walaupun tidak berhasil mencapai penerangan sempurna, namun jerih payah belajar selama satu dekade pasti akan membuahkan pencerahan besar, sehingga apa yang tidak pernah dipelajari, sekarang bisa memahaminya segala-galanya.

Andaikata sudah belajar selama sepuluh tahun, tapi masih juga tidak melihat secuil kemajuan batin, maka anda harus merenungkan dengan seksama, pasti ada melakukan kekeliruan.

Walaupun sudah bersusah payah belajar selama satu dasawarsa, tetapi bila belajarnya tidak terfokus, hatimu tidak suci, hatimu tidak setara, maka hasilnya tidak unggul. Sebaliknya bila hatimu suci dan setara, tentunya perolehannya pantas diacungkan jempol.

Semoga rekan praktisi dapat mempergunakan waktu satu dekade untuk belajar dan meraih keberhasilan. Jangan belajar campur aduk, hanya boleh belajar satu Pintu Dharma saja, asalkan satu sutra berhasil dikuasai, maka seluruh sutra lainnya pasti bisa dipahami dengan sendirinya.

Bila belajar campur aduk, alhasil hati pun kalut, mustahil mencapai samadhi, oleh karena samadhi tak tercapai, bagaimana kebijaksanaan bisa terbuka. Menaati peraturan yang ditetapkan insan zaman dulu, pasti bisa berhasil, sebaliknya kalau diri sendiri sok tahu dan merasa lebih pintar, maka sepuluh tahun hanya terlewatkan sia-sia, tidak ada hasil sama sekali alias nihil.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 29 Agustus 2010

學佛成就自己,真正把時間掌握到,一天都不空過,十年成功,正是中國古人所說的「十載寒窗,一舉成名」。世間讀書人成就十年,佛法修行也是十年,這個十年根深蒂固,成就自己戒定智慧。跟諸位說,戒是德行,定是三昧,慧是大徹大悟,明心見性。縱然不能夠大徹大悟,十年也肯定大悟,沒有徹悟也是大悟,所以沒有學過的東西能夠觸類旁通。真正依照這個方法修行,十年不可能沒成就,如果沒有成就,你自己好好想想,你錯用了心。十年當中雖然是一門深入,長時薰修,可是你功夫裡頭一定有夾雜,你心不清淨,你心不平等,所以你的成就就不殊勝。如果你心地真的是保持清淨平等,那個成就是真實的,那個成就是值得人讚歎的。希望真正有志於作聖、作賢、作菩薩、作佛的同學們,記住,好好學十年就成功了。現在有光碟幫助你,有註解幫助你,不能搞多,只能搞一門,要相信一經通一切經通。要想什麼都懂的話,從一門起,一門紮根,不可以學太多,學太多就學雜了,你思想是凌亂的,你不能得三昧,你不能開智慧。遵守古人的教誨,你成功了,你要自作聰明,你的十年會空過,你什麼都得不到。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一二七集)  2010/8/29