Senin, 11 Februari 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 18 Juli 2010 (Bgn 5)


Tahun-tahun belakangan ini, kami menghadiri konferensi perdamaian dunia yang diselenggarakan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), membahas satu topik yakni mengurai konflik. Dari mana munculnya konflik? Dari perseteruan. Tanpa perseteruan, dari mana munculnya konflik?

Makanya anda harus memahami bahwa di dalam pintu Buddha takkan ada perseteruan, takkan ada perselisihan, juga takkan ada konflik.

Orang lain berseteru denganku, berselisih denganku, dia menciptakan konflik dengan dirinya sendiri, sedangkan di pihakku takkan ada sama sekali, saya takkan menuntut orang lain supaya bersikap baik padaku, barulah ada kemajuan batin.

Apabila kita menuntut orang lain supaya bersikap baik padaku, maka ini sudah keliru! Ini namanya mencari kebenaran di luar batin, inilah yang disebut sebagai aliran luar.  

Ajaran Buddha mengajarkan pada kita untuk mencari kebenaran di dalam batin, jangan mencarinya di luar, mengapa demikian? Oleh karena hati dan pikiran dapat mengubah kondisi atau lingkungan luar.

Umpamanya ada orang yang datang menfitnah diriku, menghina diriku, mencelakai diriku, orang yang tidak belajar Ajaran Buddha akan berkata, ini adalah musuh berbuyutan-ku. Saya akan balas dendam.

Dia memiliki niat balas dendam, niat pikiran ini adalah kesalahan, dia tidak tahu bahwa semua manusia adalah satu kesatuan.

Begitu anda membalas dendam, maka selanjutnya dia juga akan membalasmu, demikianlah berputar di enam alam tumimbal lahir, setiap kelahiran demi kelahiran saling balas membalas, tiada usainya, siksaan ini tak terungkapkan dengan kata-kata.

Insan yang tercerahkan menyadari bahwa seluruh manusia merupakan satu kesatuan, dia menfitnahku, mencelakaiku, menyakitiku, ini dikarenakan dia masih belum tercerahkan, maka itu maafkanlah dirinya, sehingga bekas luka di hatipun jadi sirna. Saat bersua, tetap memperlakukannya dengan penuh sukacita. Siapakah orang ini? Bodhisattva.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 18 Juli 2010

我們這些年來參加聯合國的和平會議,討論一個主題,化解衝突。衝突從哪裡生的?從對立生的。要沒有對立,哪來的衝突?所以你要曉得,佛門裡沒有對立、沒有矛盾、沒有衝突。別人跟我對立,別人對我有矛盾、有衝突,我對他沒有,不要求別人對自己,要求我怎樣對人,你的佛法才能成就。要求別人怎麼對我,錯了!那叫什麼?心外求法,那就變成外道。佛法從自心裡面去求,不在外面求,為什麼?心能轉境界。譬如人家毀謗我、侮辱我、陷害我,不學佛的人說,這是我的冤家對頭,我要報復他,他起這個念頭。這個念頭錯誤,這是不知道自他是一體。你這一報復,在六道輪迴冤冤相報沒完沒了,苦不堪言,錯了!覺悟的人怎麼樣?覺悟的人知道,我跟他是一體,他對我的毀謗、對我的羞辱、對我的傷害,是他迷而不覺,就原諒,痕跡都沒有了,不要說原諒,沒有原諒,痕跡都沒有,歡歡喜喜還是對他。那個人是什麼?菩薩。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第八十三集)  2010/7/18


 

 

Bila direnungkan dengan seksama, orang yang menyakiti kita justru memberi manfaat bagi kita, merupakan orang yang berbudi pada kita, dia menfitnahku untuk menguji apakah saya timbul niat pikiran atau tidak? Kalau tidak timbul niat pikiran, berarti ada kemajuan batin, jadi dia membantuku meningkatkan kualitas batin, satu rintangan ujian ini, saya sudah berhasil melewatinya. Dia menyakitiku, saya tidak memiliki sedikitpun kebencian.

Di dalam sutra Mahayana, praktisi sekalian juga telah membaca ketika Buddha Sakyamuni sedang melatih Jalan Bodhisattva, pernah terlahir sebagai Pertapa Kesabaran, tubuhnya dimutilasi Raja Kalinga, hal ini sungguh sadis dan kejam.

Namun Pertapa Kesabaran tidak benci sama sekali, bahkan memberitahu Raja Kalinga, kelak ketika saya mencapai KeBuddhaan, orang pertama yang akan saya selamatkan adalah kamu. Mengapa demikian? Untuk balas budi.

Oleh karena perlakuanmu padaku, telah menguji sejauh mana Ksanti Paramita (kesabaran) yang saya latih, ternyata saya berhasil menahan kesabaran, Ksanti Paramita yang kulatih kini telah sempurna.

Setiap orang yang datang menguji dirimu merupakan orang yang berbudi padamu. Baik di dalam Dharma non duniawi (Buddha Dharma) maupun Dharma duniawi, segala hal yang berwujud adalah khayalan semu, untuk apa anda melekat padanya?

Maka itu lepaskanlah segala kemelekatan, setiap insan adalah orang baik, setiap hal adalah hal yang baik, dengan demikian hanya ada perasaan terima kasih yang timbul di dalam hati!

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 18 Juli 2010

Buku komik Kisah Petapa Kesabaran unduh di :


再從深處一想,他對我有利益,他是我恩人,他毀謗我,看看我起不起心動念,我不起心動念,我就提升了,他幫助我提升,這一關考試我通過了。他陷害我,我沒有一點怨恨心。你們在大乘經上讀到的,釋迦牟尼佛修忍辱波羅蜜的時候,叫忍辱仙人,遇到歌利王割截身體,那是多麼慘痛的一個事情。釋迦菩薩一絲毫怨恨心都沒有,而且告訴歌利王,我將來成佛第一個度你,為什麼?報你的恩。因為你這樣子對我,考驗我忍辱這個心夠不夠,我能忍,忍辱波羅蜜畢業了,最後一關,畢業了。禁得起考驗,凡是來考驗的人都是恩人。世出世間所有一切法,凡所有相,皆是虛妄,你執著它幹什麼?錯了。統統放下,人人是好人,事事是好事,你怎麼不會生感恩的心!

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第八十三集)  2010/7/18




 

Seorang praktisi sejati dalam segala hal akan senantiasa berterimakasih, dia bersikap baik padaku, saya berterimakasih, sebaliknya bila dia memperlakukan diriku dengan buruk, saya juga berterimakasih, oleh karena telah membantu diriku meningkatkan kemajuan batin.

Dia bersikap baik padaku, saya takkan serakah dan melekat padanya, hal ini berguna untuk menghapus kekotoran batin; sebaliknya kalau dia bersikap buruk padaku, saya juga takkan ambil hati, menghapus kebencian.

Jadi dia datang mengujimu, sejauh mana anda telah berhasil menyingkirkan lobha (ketamakan), dosa (kebencian) dan moha (kebodohan), kalau sudah berhasil menyingkirkan tiga racun ini, maka anda akan bertindak seolah-olah tidak pernah terjadi sesuatu apapun.

Jika sebaliknya di hatimu masih ada secuil kebencian, ini berarti anda masih belum melepaskan kemelekatan, dalam kondisi menyenangkan masih ada sedikit kegirangan, itu tandanya masih belum melepaskan kemelekatan. 

Suka, marah, sedih, senang, sayang, benci dan nafsu keinginan disebut sebagai “Tujuh perasaan emosional”, ini adalah kekotoran batin, maka itu dalam berinteraksi dengan orang lain, kita belajar untuk melatih diri, tidak timbul kekotoran batin, senantiasa memelihara keseimbangan batin.

Dengan demikian muncullah kesucian hati. Lihatlah betapa baiknya dia padamu? Budi kebajikan yang besar! Dia sudah berbudi pada dirimu, tapi anda malah balas dendam padanya, dengan demikian anda akan terus berputar di dalam enam alam tumimbal lahir.

Sampai kapan anda baru dapat mengakhiri tumimbal lahir? Suatu hari ketika anda bertemu dengan rintangan, ketika ada orang lain yang datang menguji dirimu, namun batinmu tetap seimbang, saat inilah anda berhasil mengakhiri tumimbal lahir.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 18 Juli 2010

真學佛,對任何人感恩,他對我好,我感激他,他對我不好,也感激他,都是幫助提升。對你好,好裡頭沒有貪戀,斷什麼?都是斷煩惱,斷貪戀、貪愛;對你不好,斷瞋恚。在這個地方看看你貪瞋痴放下多少,真放下了,若無其事;你還有一點點怨恨,你沒放下,順境裡還有一點歡喜,沒放下。喜怒哀樂愛惡欲叫七情五欲,那是煩惱,必須在環境裡頭,人事環境、物質環境裡去鍛鍊,鍊到不生煩惱,心平氣和,我們這個經本上經題,清淨心現前了。他對你怎麼不好?大恩大德!大恩大德的人你還要去報復他,你完了,你還繼續搞六道輪迴。什麼時候能出頭?什麼時候遇到這些障難、遇到這些考試心平氣和,你就能出頭。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第八十三集)  2010/7/18




 

Seorang praktisi hidup dalam dunia yang penuh dengan perasaan bersyukur. Di dunia ini, tiada seorang pun yang tidak membawa manfaat bagi dirimu, tiada satupun insan yang tidak membantu dirimu meningkatkan kemajuan batin, membantumu supaya berhasil, masalahnya terpulang kembali pada dirimu, bagaimana cara anda menanggapinya.

Dalam kunjunganku kali ini ke Indonesia, bersua dengan seorang pengusaha, bisnisnya mungkin sangat besar, dia mengundangku makan. Lalu menanyakan satu hal padaku, katanya, ada seseorang yang telah menipu uangnya, mungkin jumlahnya besar, dia bertanya, apakah perlu membawa kasus ini ke pengadilan, menuntut orang itu supaya mau mengembalikan uangnya.

Saya bertanya padanya, sudah berapa lama anda belajar Buddha Dharma? Dia jawab, sudah belasan tahun. Saya bilang padanya : Apabila anda adalah seorang praktisi sejati, maka sudahlah, jangan diperhitungkan lagi! Mengapa demikian? Meskipun uang yang ditipu itu jumlahnya banyak, tetapi anda ini adalah orang kaya, seorang hartawan, jumlah tersebut bagimu bukanlah apa-apa, buat apa begitu perhitungan, buat apa taruh di hati? Anda ini bukannya tidak punya uang, juga tidak kekurangan, jadi uang itu, anda pakai atau dia yang pakai, sama saja, apa bedanya?

Nasehatku ini, dia mau terima atau tidak, terpulang kembali pada dirinya. Kalau dia bersedia menerima nasehatku, maka dia adalah seorang praktisi sejati; sebaliknya kalau dia tidak mau menerima saranku, masih juga menyimpan kebencian, bersikukuh membawa kasus tersebut ke pengadilan, maka sia-sia saja dia belajar Buddha Dharma sudah belasan tahun lamanya.

Inilah kondisi yang datang menguji dirimu, apakah anda dapat melepaskan kemelekatan atau tidak. Apabila sampai pada rintangan ini, anda tidak berhasil melepaskan kemelekatan, maka pelatihan dirimu tetap saja nihil, tetap saja berada di garis start, tidak ada kemajuan sama sekali.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 18 Juli 2010

修行人生活在哪裡?永遠生活在感恩的世界。這個世界,沒有一個人對你不起作用的,沒有一個人對你不是在幫助你、在成就你的,就看你會不會、你認不認識。我這次在印尼訪問,也是遇到一個企業家,生意大概做得很大,請我吃飯。問我一個問題,有一個人騙了他的錢,大概不少,他問我,要不要在法院裡起訴,告他,把錢要回來?我說你學佛多久?十多年了。我說:如果你真學佛,就算了吧!為什麼?這錢數目是多,但是你有錢,你是個大財主,對你來講無所謂,你何必計較,何必放在心上?你又不是沒有錢用,又不是缺這個,你用他用是一樣,有什麼兩樣?我看他聽得懂聽不懂,他真聽懂了,那他真的學佛;如果聽不懂,還有怨氣,還去告狀的話,白學了,十幾年佛白學了。這個就是什麼?在考驗你的功夫,你能不能放下。到這個關頭還是放不下,你還是原地踏步,你的學佛是一步也沒走出去。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第八十三集)  2010/7/18