Rabu, 08 Agustus 2018

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 April 2010 (Bgn 2)


Tempo dulu ketika saya masih menetap di Taiwan, saat perayaan Imlek ada seorang lansia yang mendatangiku, dia merupakan umat setia Perpustakaan Huazang, dia berkata : “Guru, hatiku sekarang sudah begitu suci, apapun sudah saya lepaskan, tapi satu-satunya yang membuatku tidak ikhlas adalah cucuku”.

Ketrampilannya melafal Amituofo sangat bagus, cuma tidak sanggup melepaskan kemelekatan pada cucunya, lalu saya bilang padanya : “Kalau anda dapat menganggap Buddha Amitabha sebagai cucumu, maka anda sudah berhasil”.

Setiap hari mulutnya melafal Amituofo, tapi pikirannya asyik memikirkan cucunya, setiap saat bayangan si cucu memenuhi sanubari hatinya, jadi Buddha Amitabha tidak mampu menembusi hatinya, cuma sebatas dilafal di mulutnya saja.

Maka itu saya mengajarinya satu cara, yakni ganti saja cucumu dengan Buddha Amitabha. Bagaimana supaya cucu di hatimu itu diganti dengan Buddha Amitabha. Inilah yang dimaksud dengan melafal Amituofo.

Bodhisattva Mahasthamaprata berkata : “Mengingat dan melafal Amituofo, baik pada masa sekarang maupun kelak, pasti bersua dengan Buddha Amitabha”. Asalkan anda mengerahkan segenap hati mengingat Alam Sukhavati, maka anda pasti terlahir di sana, persoalannya kalau tidak berhasil terlahir di Alam Sukhavati, maka akan menjadi masalah besar, harus bertumimbal lahir, ketahuilah bahwa enam alam tumimbal lahir sungguh menyengsarakan.

Jangan pernah mendambakan enam alam tumimbal lahir, hati pun terasa tenang, apapun tidak dirisaukan. Makanan asalkan dapat mengganjal perut, pakaian asalkan dapat menghangatkan tubuh, rumah mungil dapat berteduh dari hujan, maka ini sudah cukup, apa lagi yang mau dikeluhkan?  

Orang yang tahu bersyukur barulah bahagia, hati tiada beban, jiwa raga bebas dari tekanan hidup, betapa leluasanya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 April 2010

我早年在台灣,有一年過年,有一位老居士過年的時候來看我,也是我們華藏圖書館的老信徒,她來告訴我:法師,我現在心很清淨,我什麼都放下,可是就是孫子放不下。她念佛的功夫很好,孫子放不下,我就告訴她:「你能把阿彌陀佛想成是你的孫子,你就成功了。」她並沒有念孫子、孫子,沒有念,她心裡真有孫子,時時刻刻都有孫子的影子,阿彌陀佛掛在口上,裡頭心裡是孫子。所以我教她一個方法,換一換,把你孫子換成阿彌陀佛,你就成功了。心上真正有!那叫做念佛,「憶佛念佛,現前當來必定見佛」,大勢至菩薩說的。我們如果一心一意就想極樂世界、就想往生,這不往生麻煩可大了,不往生就得搞六道輪迴,六道輪迴實在太苦,不想再搞。這六道裡面東西不再去沾染它,你心就定了,什麼都不想。每天三餐飯吃飽就行,什麼都不要講究,能吃飽就夠了,衣服能夠禦寒就行了,有個小地方可以睡覺,就夠了,還要什麼?你就知足,知足就常樂。心裡面沒有一絲毫負擔,身心都沒有壓力,你說多自在。
 
文摘恭錄 淨土大經解演義  (第九集)  2010/4/13




 

Andaikata di dalam hati cuma ada Buddha Amitabha, maka dalam kurun waktu setahun atau tiga tahun, anda dapat mencapai Samadhi Pelafalan Amituofo. Apa yang dimaksud dengan “Samadhi Pelafalan Amituofo”? Hati yang suci.

Hati yang suci memunculkan kebijaksanaan, takkan ada kerisauan lagi, kapan Buddha Amitabha akan datang menjemput? Kapan saja anda menginginkannya, maka Buddha Amitabha akan datang menjemput. Setiap hari anda mengirim pesan kepada Buddha Amitabha, Buddha Amitabha pasti menerimanya.

Persoalannya, anda tiap hari meminta Buddha Amitabha datang menjemput, tapi kenapa tidak jadi kenyataan? Oleh karena Buddha tahu anda cuma omong doang, terhadap dunia ini, anda masih begitu mendambakannya, mustahil mau ke Alam Sukhavati.

Di dunia ini kita begitu sengsara, kenyang merasakan semua derita, apa lagi yang pantas didambakan? Lain halnya bila lahir di Alam Sukhavati, selamanya menikmati kebahagiaan, mengapa tidak mewujudkannya?

Terus terang saja hanya satu alasan yakni takut mati. Kalau saja ada Vihara yang menyelenggarakan kegiatan lalu  menempel pengumuman : “Datanglah melafal Amituofo bersama kami, 7 hari kemudian pasti terlahir ke Alam Sukhavati”, siapa yang berani menghadirinya?

Tiap hari bilang bertekad, minta Buddha datang menjemput, tapi lain di hati lain pula di mulut. Maka itu kita harus meningkatkan mawas diri, serius melatih diri, kebenaran harus dipahami dengan jelas.
  
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 April 2010

心裡真有佛,這樣的功夫快則一年,慢頂多三年,你念佛三昧就得到,念佛三昧是什麼?清淨心。《無量壽經》的經題裡「清淨」,你得到了,清淨心生智慧,不再生煩惱。什麼時候往生?在這個境界裡,想什麼時候往生就什麼時候往生,你這一想,阿彌陀佛就來了。有壽命,壽命不要,現在就去行不行?行,你的信息送到阿彌陀佛那裡去,這裡一起念阿彌陀佛就知道,他就來接引。沒有這個功夫不行,怎麼想也想不來,為什麼想不來?你是妄想,佛不來,你對這個世間拉拉雜雜的還沒放下,真放得下隨時可以去。

這個世界這麼苦,受這麼多年苦,還有什麼好留戀的?生到極樂世界永遠離苦,離苦得樂,為什麼不幹?實在講貪生怕死。如果有個念佛堂在這裡開著,告訴大家,「到我這裡來念佛,七天肯定往生」,你看有沒有人敢來?不敢來。天天求往生,七天準定往生,這念佛堂一個人都不敢來,假的不是真的,口是心非。這是我們明瞭之後得真幹,道理統統搞清楚、搞明白了。
  
文摘恭錄 淨土大經解演義  (第九集)  2010/4/13

 


 

Mengamalkan Buddha Dharma tanpa meninggalkan Dharma duniawi. Tak peduli pekerjaan apapun yang sedang dilakukan, dalam hati melafal Amituofo berkesinambungan tak terputus, inilah yang disebut sebagai ketrampilan melafal Amituofo. Maka itu di sela kesibukan juga dapat melatih diri dan terlahir ke Alam Sukhavati.

Pintu Dharma yang sedemikian bagusnya, praktis dan mudah, kalau sudah bertemu lalu dilewatkan dengan begitu saja, maka dosa ini sangat berat, bersalah pada diri sendiri, bersalah pada Buddha dan Bodhisattva, bersalah pada Ayahbunda, bersalah pada leluhur, oleh karena bila anda mencapai KeBuddhaan dalam satu masa kehidupan, maka sanak keluarga anda ikut terselamatkan.

Tak peduli famili anda jatuh ke alam mana, anda dapat melihatnya dengan jelas, melihatnya kesusahan, anda langsung dapat menyelamatkan dirinya, oleh karena anda dan dia memiliki ikatan jodoh, maka itu ketika dia memohon, anda langsung merespon.

Ketika dia menjalani penderitaan, berharap semoga ada yang datang menyelamatkannya, begitu menerima pesan darinya, anda langsung merespon karena kini anda telah memiliki kemampuan menolongnya.  

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 April 2010

確實不離佛法而行世法,世法、佛法一點障礙都沒有。無論做什麼工作,心裡佛號不間斷,這叫功夫成片,生西方極樂世界凡聖同居土。但是不要緊,世尊明白的告訴我們,生到西方極樂世界圓證四土。這種殊勝的果德到哪裡求?八萬四千法門只有這一門有,其他的沒有。所以遇到這個法門多難得、多不容易!遇到了不肯幹,當面錯過,這個罪很重,對不起自己,對不起佛菩薩,對不起父母,對不起祖宗,因為你一往生成佛,你的家人都得度。無論他在哪一道,你都看得清清楚楚的,他有苦有難你就能幫助他,他跟你有緣,所以他有感你就有應。他在受苦受難,希望有人幫助他,那就是感,你跟他有緣,你立刻這個信息就得到,你真的能幫助他。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第九集)  2010/4/13