Terhadap insan suci dan bijak, jangan ada keraguan, terhadap Buddha
dan Bodhisattva juga jangan ada keraguan, mengapa demikian? Mereka merupakan
sosok yang telah menemukan kembali jiwa sejati, bagaimana bisa melakukan
kekeliruan?
Kita hanya memiliki secuil kepandaian, tapi tidak punya
kebijaksanaan. Kita menggunakan segelintir kecerdasan untuk mengkritik insan
suci, dosa ini sangatlah besar!
Seperti anak muda yang diliputi ketidaktahuan, merasa diri sendiri
hebat lalu pergi mengkritik Konfusius, ini adalah dosa yang berat. Jadi yang
dimaksud dengan kecurigaan dan keraguan di sini, bukanlah rasa curiga yang
biasa, kecurigaan biasa mana mungkin dimasukan ke sini?
Curiga dan ragu pada ajaran insan suci dan bijak, curiga dan ragu
pada pencapaian insan suci, masalah ini sangat berat sekali. Kalau diri sendiri
saja yang merasa curiga dan ragu bukanlah masalah, paling tidak, cuma anda
seorang saja yang jatuh ke tiga alam rendah. Tetapi bila anda juga berusaha
mempengaruhi orang banyak, maka dosa ini terlampau mendalam, anda harus
menanggung beban karma ini.
Terhadap ajaran insan suci dan bijak hendaknya memiliki perasaan
hormat. Tidak boleh meremehkan Leluhur, kebijaksanaan dan moralitas Leluhur
lebih tinggi daripada diri kita, kemajuan teknologi kita hari ini, bagi Leluhur
ini bukanlah apa-apa. Lantas apakah kemajuan teknologi membawa kesejahteraan
bagi kehidupan manusia? Belum tentu.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 14 Agustus 2010
對聖人不能懷疑,對佛菩薩不能懷疑,為什麼?他們是明心見性的人,怎麼會有錯誤?我們只是有點小聰明而已,沒智慧。我們用我們的智慧去批評這些聖人,這個罪過很大!像一個無知的年輕人、小學生就批評孔子,那罪過就重了。所以這個根本煩惱那個疑,不是普通的疑惑,普通的疑惑怎麼會放在這裡?對於聖賢教誨的疑惑,對聖人修行成就的疑惑,這個問題嚴重了。你自己疑惑無所謂,你受害不過墮三途而已,如果影響社會大眾,那個罪就很深,你要負擔這個因果責任。所以菩薩在這個世間做出最好的榜樣,你看上供,這就是教我們對於聖賢、對於聖賢教誨要知道尊重。不能輕視老祖宗,老祖宗真的智慧德行比我們高,我們今天這種科技在老祖宗看起來,這雕蟲小技,沒什麼。對這個世界帶來好處嗎?不見得。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第一一五集) 2010/8/14
Sudah satu dasawarsa kami melakukan eksperimen, hasilnya sungguh tak
terbayangkan. Kami bermigrasi ke Australia sudah satu dekade lamanya, di sini
kami memiliki sebuah kebun sayur yang sangat luas, beragam jenis sayur ditanam
di sini, pepohonan saja ada lebih dari 30 jenis, pohon buah, tiap tahun
menghasilkan panen berlimpah.
Terhadap tanaman buah dan sayur ini, bunga, rerumputan, pepohonan,
kami menghormati dan memberi persembahan, merawat dengan sepenuh hati, bahkan
di setiap interval lahannya, kami meletakkan sebuah mesin pelafal Amituofo, sehingga
suara lafalan Amituofo bergema di seluruh kawasan kebun sayur.
Kami tidak memakai pupuk, tidak memakai pestisida, oleh karena
penggunaan bahan-bahan kimia hanya akan merusak permukaan tanah. Anda bersalah
pada tumbuh-tumbuhan, anda menggunakan bahan-bahan kimia untuk meracuninya, ketika
sayur-sayuran tumbuh berkembang, di dalamnya mengandung racun, makanya setelah
mengonsumsinya, anda jatuh sakit.
Apabila kita tidak menggunakan bahan-bahan kimia untuk mencelakainya,
maka dia juga takkan mencelakai kita, bahkan sayuran di kebun kami tumbuh lebih
bagus daripada sayuran yang ditanami para petani yang berdekatan dengan kebun
kami.
Para petani mengunjungi kebun sayur kami, menanyakan cara kami
menanam sayur, mengapa bisa tumbuh dengan begitu bagus? Kami memberitahukan
padanya, tidak perlu pakai pestisida, juga tidak perlu pupuk, namun menggunakan
mesin pelafal Amituofo guna memberi persembahan kepada mereka.
Kalau tidak menggunakan pestisida, lantas apakah ada serangga yang
datang memakan sayuran kami? Ada, tetapi kami menyediakan sebuah lahan kecil
yang khusus diperuntukkan bagi serangga, kawasan ini diberikan garis pembatas,
dia cuma boleh memakan sayuran di sepetak lahan kecil ini saja, sedangkan
tempat lainnya, dia tidak boleh memakannya. Makanya serangga lebih mudah diajak
kompromi daripada manusia, mereka juga penurut dan dapat dipercaya.
Demikian pula dengan burung, lihatlah pohon buah kami, buahnya tidak
perlu dibungkus dengan plastik, tidak perlu, asalkan membuat perjanjian dengan
burung, kami menyediakan beberapa batang pohon buah khusus untuk dimakan
burung, tiap jenis pohon ada satu atau dua batang yang khusus diperuntukkan
buat makanan burung. Selain itu mereka takkan memakan pohon buah di lahan
lainnya, mereka sangat patuh.
Maka itu setiap tahun panen kami berlimpah, burung-burung dan
serangga amat bersukacita, kami hidup berdampingan secara harmonis. Kami
melindungi mereka, mereka juga sangat menghormati kami, alangkah bagusnya!
Tidak boleh melukainya. Terutama kami tidak memakai pupuk dan
pestisida, kami tidak bersalah pada permukaan tanah, sehingga permukaan tanah
memberi perlindungan kepada kami. Ketika kita menggunakan pupuk dan pestisida
adalah meracuni permukaan tanah, tahun pertama anda mungkin masih bisa
memperoleh hasil panen, tetapi 2-3 tahun kemudian, permukaan tanah tidak bisa
ditanami lagi, mengapa demikian?
Tanah sudah mengandung racun, tidak bisa ditanami lagi. Siapa yang
menciptakan karma buruk begini? Tepuk dada tanya hati sendiri, apa yang ditabur
itulah yang dituai.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 14 Agustus 2010
我們做這個實驗也做了十年,十年很有成效,不可思議。我們到澳洲十年了,明年要做十週年紀念。我們在澳洲有一個很大的菜園,種的品種很多,種的樹木有三十多種,水果樹,年年豐收。我們對這些蔬菜、花草樹木恭敬供養,照顧很用心,而且每一個小距離都放一個念佛機,整個菜園、這樹林當中都聽到佛號。我們不用化肥、不用農藥,用化肥、用農藥對不起植物。為什麼?你害它,你拿毒去害它,它那個菜裡面長的時候也有毒,所以你吃了會得病。我們不可以害它,它也不會害我們,它長得比我們附近那些菜農長得更好,他到我們這邊來參觀,問我們怎麼種的,為什麼會種得這麼好?我們就告訴他,不用農藥、不用化肥,用阿彌陀佛的這個念佛機來供養它們。我們沒有農藥,有沒有小蟲?有。小蟲我們是劃一個小區,這個區我們也非常用心照顧,養這個菜專門供養小蟲的,牠吃都到那一塊,隔壁這邊不是給牠吃的,牠就不會來。所以跟小蟲處比人好相處,聽話,很有信用,講信修睦。小鳥也是如此,你看我們這個果木樹,用不著用東西去包起來,不需要,跟小鳥也有約,我們有幾棵,每一種品種都會有一、二棵留給小鳥,你吃的時候專門到那邊吃。沒有指定給牠們吃的,牠們都很遵守約定,牠不會來吃。所以我們年年豐收,這些小鳥、小蟲都很快樂,我們共存共榮,和睦相處。我們保護牠,牠也對我們很尊重,你說這多好!不可以傷害牠。特別是不用化肥、不用農藥,我們對得起大地,這個大地保佑我們。我們用這個農藥、化肥的時候是毒害大地,你今年種的東西不錯,過個二、三年就不能種了,為什麼?土地裡頭有毒,不能種了。那誰造的業?得承認自作自受。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第一一五集) 2010/8/14
Bagi seorang praktisi sejati, hal pertama yang mesti disingkirkan
adalah lobha (ketamakan), dosa (kebencian) dan moha (kedunguan). Ketika Buddha
Sakyamuni membabarkan Dharma di dunia ini, sepanjang hayatNya memperlihatkan
pada kita, betapa bersahajanya kehidupanNya, sehari makan satu kali saja yakni sebelum
melewati tengah hari, beristirahat di bawah sebatang pohon, hanya memiliki tiga
helai jubah dan satu patra, bahagia tiada taranya.
Buat apa anda berharap menikmati harta kekayaan berlimpah, ini
namanya gegabah! Apakah harta kekayaan itu milikmu? Kita telah membahas
berulang kali, berapa jumlah uang yang sekarang ada di kantongmu, itulah
kepunyaanmu, selain itu bukanlah milikmu.
Sama halnya pula dengan pakaian, hanya yang sedang melekat pada
diriku adalah kepunyaanku; demikian juga dengan rumah yang sedang ditempati,
begitu anda melangkah keluar dari rumah, maka rumah tersebut bukan lagi
milikmu.
Apabila anda senantiasa dapat melakukan perenungan begini, maka anda
akan merasa puas dan bahagia. Kalau anda menginginkan lebih banyak lagi, itu
juga bukan milikmu.
Uang yang ditaruh di bank bukanlah kepunyaanmu, bank sewaktu-waktu
bisa saja tutup, lantas apa yang sejati di dunia ini? Menimbun jasa kebajikan
berkesinambungan, inilah yang sejati, inilah yang merupakan kepunyaan diri
sendiri.
Berbakti pada Ayahbunda, menghormati para senior, mengasihi semua
makhluk, jasa kebajikan ini dapat dibawa pergi, ini barulah merupakan milikmu. Segala
harta benda di luar diri adalah khayalan semu, satu pun tidak bisa dibawa
pergi. Inilah yang sering dibahas di dalam Buddha Dharma, insan yang cerdas dan
bijaksana akan menimbun kekayaan batin yang bisa dibawa pergi, takkan mengejar kekayaan
duniawi yang tidak bisa dibawa pergi.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 14 Agustus 2010
真學佛的人,頭一樁事情,把貪瞋痴打掉。釋迦牟尼佛當年在世,一輩子為我們示現,你看他生活多簡單,日中一食,樹下一宿,三衣一缽,快樂無比。你何必希望擁有那麼多的財富,你叫糊塗!那財富是你的嗎?我們在講席我也講了好多次,你身上口袋裡帶的那多少錢,那是你的,不在你身上,都不是你的,你知道嗎?我身上穿的衣服,衣服是我的,沒有穿在身上的時候不是我的;你住在這個房子,這房子是你的,離開這個房子,這房子不是你的。你要能常作如是觀,你就知足常樂了。你要再多,不是你的。放在銀行裡,沒用,不是你的,銀行會倒閉,現在這個金融危機,外國銀行倒閉的很多。什麼東西是真的?積功累德是真的,是自己的。你能孝順父母,你能尊重長輩,你能愛護一切眾生,這個功德帶得去的,這是真正是你自己的。身外之物全是假的,一樣都帶不去。這是佛法裡常講的,聰明人、有智慧的人要幹帶得去的事情,帶不去的千萬不要幹。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第一一五集) 2010/8/14