Kamis, 30 Agustus 2018

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 3 Mei 2010 (Bgn 1)


Buddha Amitabha di dalam tekad-Nya yang ke-19, dengan jelas memberitahukan pada kita, terlahir di Alam Sukhavati semuanya menjadi Bodhisattva Avaivartika, Bodhisattva Avaivartika telah mencapai tiga ketidakmunduran.

Ketahuilah bahwa ini barulah merupakan hal utama, tidak ada urusan yang lebih penting lagi. Hari ini kita telah bertemu dengan Pintu Dharma ini, apakah kita merasa bersyukur, apakah kita tahu menghargainya! Apakah kita telah membulatkan tekad pada satu masa kelahiran ini juga mesti berhasil!

Lantas bagaimana caranya? Master Yin Guang mengajari kita menempel aksara “Mati” di kening, yakni senantiasa berpikir kehidupan ini tidak kekal, setiap saat ajal dapat menjelang. Apa maknanya?

Anda mesti melatih melepaskan kemelekatan baik pada jiwa maupun raga, saya selalu menasehati praktisi sekalian, anggaplah hari ini sebagai hari terakhir dalam hidupku, apa yang mesti saya lakukan sekarang, tak lain adalah melafal Amituofo, memohon penjemputan dari Buddha Amitabha, hal lainnya ditempatkan di urutan kedua.

Hal yang ditempatkan di urutan kedua, yakni membantu para makhluk yang berjodoh, menasehati mereka supaya melafal Amituofo, walaupun dibutuhkan, misi ini boleh diabaikan buat sementara waktu, setelah sampai di Alam Sukhavati barulah mewujudkannya, masih belum terlambat!

Inilah tujuan Buddha Sakyamuni membabarkan Dharma di dunia ini, kita mesti menggenggam jalinan jodoh ini dengan seerat-eratnya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 3 Mei 2010

阿彌陀佛在十九願裡面,清清楚楚的告訴我們,往生極樂世界皆作阿惟越致菩薩,阿惟越致就是三不退,你就圓證三不退。這是稀有難逢!要知道這樁事情是真實的,這樁事情才叫大事,遍法界虛空界,一切諸佛剎土裡沒有比這樁事更大的。我們今天有幸能夠遇到,能不感恩!能不珍重!能不發心在這一生成就!那你就大錯特錯,沒比這個事情更重要了。怎樣才能去?印祖教我們,把「死」字貼在額頭上,就是時時刻刻想著我就要死了。這什麼意思?這是叫你放下身心世界,「發菩提心,一向專念」,教你這個。我也常說,勸勉同學,我把今天這一天做為我這一生當中在這個世間最後的一天,今天是我最後的一天,什麼事情我應該做,什麼事情不應該做,不就清清楚楚、明明白白!應該做的,就是發心念佛,求佛接引,其他的事情都是次要再次要的。這些次要裡面,第一個次要的,幫助有緣眾生,勸導他們發心念佛,這是次要的,再次要的可以放下了。必要的時候,這樁事情也能放下,先到極樂世界,到極樂世界成就之後再來不遲!這是世尊出現在世間為一大事因緣,這就是一大事因緣,我們不能不知道,不能不把這個緣分抓住。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第二十八集)  2010/5/3





 

Buddha Amitabha dapat menjelma hingga tak terhingga untuk membimbing semua penduduk Alam Sukhavati, kenapa salah satu dari jelmaan-Nya tidak datang saja ke Planet Bumi ini buat membimbingku?  

Ini dikarenakan rintangan karma kita terlampau berat. Apakah mungkin jelmaan Buddha Amitabha datang ke dunia ini membimbing manusia? Tentu saja. Siapa saja yang dibimbingNya? Yakni praktisi yang serius melatih diri, yang memiliki pahala dan rintangan karmanya ringan.

Orang yang rintangan karmanya berat tidak bisa dibimbing, karena dia takkan sudi menerimanya, bahkan memandang sebelah mata. Bukannya Buddha dan Bodhisattva tidak sudi datang ke dunia ini, hanya saja jodohnya belum masak terkecuali kalau kebetulan ada beberapa orang yang jodohnya sudah masak, inilah yang disebut dengan Buddha menyelamatkan orang yang berjodoh.

Praktisi yang membangkitkan keyakinan benar dan tekad menyeluruh, yang bersedia membangkitkan Bodhicitta, maka dia akan terjalin dengan Buddha Amitabha; sebaliknya bila di hatinya masih ada niat mementingkan diri sendiri, mengejar ketenaran dan keuntungan, ketamakan, kebencian, kedunguan, keangkuhan, maka ini takkan terjalin.

Kami pernah bersua dengan insan yang terjalin ini, apakah orang begini masih mempunyai tabiat? Tentu saja masih ada, hanya saja tabiatnya sudah ringan dan waktu berlangsungnya juga sangat singkat.

Contohnya ketika dia emosi dan marah, begitu emosi, dia segera tercerahkan dan menyesalinya. Ada orang yang amarahnya bisa bertahan hingga tiga hari berturut-turut, bahkan ada yang bisa awet sampai seminggu, kalau begini tabiatnya sudah terlampau berat, kalau sudah begini, Buddha dan Bodhisattva mau membantu juga tidak berdaya.

Maka itu Buddha dan Bodhisattva menyelamatkan para makhluk juga memerlukan waktu yang tepat, bila jodoh sudah masak, Buddha pasti datang, sebaliknya bila jodoh belum masak, bagaimanapun anda memohonnya, Beliau juga takkan datang, bila hal ini dipaksakan, maka petaka pun muncul, bukan saja tidak membawa manfaat bagi diri sendiri, juga tidak membawa manfaat bagi keluargamu, bahkan terhadap seluruh masyarakat juga takkan bermanfaat.

Apakah Buddha dan Bodhisattva akan melakukan hal tersebut? Tentu saja takkan melakukannya, tetapi Mara dan Siluman mau melakukannya, mereka itu takut kalau tidak membuat kekacauan.

Lain halnya dengan Buddha dan Bodhisattva, sutra menyebutkan, dimanapun Bodhisattva berada, selalu membuat para makhluk membangkitkan perasaan Bodhicitta.

Jika anda tidak menyukai Buddha dan Bodhisattva, Mereka takkan datang, lihatlah betapa Maitri Karuna-Nya, saat anda menyukaiNya, barulah Mereka akan muncul di hadapanmu. Buddha dan Bodhisattva menuruti kehendak para makhluk, bersukacita atas kebajikan yang dilakukan orang lain, ini yang harus kita teladani.

Seseorang yang tidak mementingkan dirinya sendiri, juga bukan demi kepentingan keluarganya, setiap niat pikiran yang muncul adalah memikirkan para makhluk yang menderita, demi terciptanya masyarakat yang stabil, dunia yang damai sejahtera, demi mempertahankan keberlangsungan Dharma Sejati, begini barulah benar.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 3 Mei 2010

阿彌陀佛能分身教化極樂世界一切眾生,為什麼不在我們這個世界教我?我們的業障太重,佛示現了來教我,有沒有?有。什麼樣的人?真修了,有福報、業障輕的人。業障重的人不行,為什麼?他不接受,他不尊重。佛菩薩天天給他講話,天天現身給他看。不得了,這是魔!要想盡方法把魔驅走,這反常!社會我們也不允許。不是佛菩薩不來,緣不成熟,偶爾是幾個人成熟的,這就是所謂的佛度有緣人。真信,肯發願,肯發菩提心,肯發求生淨土的願,願心懇切,他就有感應;願心裡面還有一點自私自利、名聞利養、貪瞋痴慢,就不行,感應就沒有了。我們也曾經遇到有感應的人,他有沒有這些習氣?有,一般講比較薄,有這個習氣,時間比較短,譬如發脾氣,一陣脾氣發,他馬上就覺悟、就後悔了。有人生氣,三天、一個星期都化解不了,那就太重太重了,那佛菩薩想幫你,真的絲毫都幫不上。所以佛度眾生需要時節因緣,什麼時候他來,他一定會來;時節因緣沒成熟,怎麼求也求不來,真求來了,禍害就來了,不但對你自己不利,對你家庭不利,甚至於對整個社會都不利。佛菩薩會不會幹這個事情?不會幹這個事情,妖魔鬼怪會幹這個事情,它是唯恐你不亂,佛菩薩不是這樣的。大經上常說,佛菩薩所在之處,令一切眾生生歡喜心。你不喜歡佛菩薩,佛菩薩不來,你不就很歡喜?你看多慈悲,你喜歡佛菩薩,他就來;你討厭他,他就不來。肯定是恆順眾生、隨喜功德,這是我們做佛弟子應當向佛菩薩學習!一個人真的不為自己,不為家庭,起心動念為苦難眾生,為社會安定,為世界和平,為正法久住,那就對了。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第二十八集)  2010/5/3




 

Dari Alam Manusia ke tingkatan atas adalah Alam Dewa atau Surga. Alam Dewa ada yang berada di Kama-loka, yang di Kama-loka terdiri dari 6 tingkatan, para Dewa mampu meredam Lima Nafsu Keinginan (harta, rupa, ketenaran, makanan dan tidur) dengan kekuatan samadhi.

Apabila anda melatih kekuatan samadhi, maka terhadap lima nafsu keinginan ini, hatimu takkan tergoyahkan, kekuatan samadhi-mu dapat meredamnya; tetapi bila kekuatan samadhi ini hilang, maka terhadap lima nafsu keinginan ini akan timbul keserakahan, kebencian, kebodohan dan kesombongan, kekotoran batinmu akan muncul ke permukaan, maka itu untuk mencapai dan mempertahankan kemajuan batin di enam alam tumimbal lahir bukanlah gampang.

Bertumimbal lahir di Alam Dewa atau Surga, ketika pahala sudah habis, banyak yang harus jatuh ke tingkatan alam yang lebih rendah, terutama para Dewa di Rupa-loka dan Arupa-loka, sebagian besar bahkan jatuh ke tiga alam rendah.

Sedangkan para Dewa yang berada di Kama-loka masih terhitung lumayan, sebagian besar jatuh ke Alam Manusia, seperti kata pepatah : “Semakin tinggi mendaki, jatuhnya kian menyakitkan”.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 3 Mei 2010

人往上生是天道,天道有欲界天,欲界天大分有六層,細分說不盡,這一定要懂!如果能把欲伏住,欲是什麼?財色名食睡。用什麼伏?用定功。你真正修定,定心是清淨的,財色名食睡不動心,他不是真不動心,是你定功伏住;定要失掉的時候,它又現前,從財色名食睡裡頭又會起貪瞋痴慢,你的煩惱又現前,所以在六道裡真的是升沈不定。生到天上,天福享盡,往下墮落的太多太多了,尤其是色界天、無色界天,幾乎都是墮落在三途。欲界天稍微好一點,欲界天墮落到人道裡面很多,因為他爬得不太高。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第二十八集)  2010/5/3