Buddha Sakyamuni membabarkan pada kita Buddha Dharma yang merupakan
kebenaran sejati. Saya telah mempelajarinya 59 tahun lamanya, membuktikan bahwa
semua ini tidaklah semu.
Kini di dunia ini, masyarakat bergolak, bencana menyerang
bertubi-tubi, kita telah menyaksikannya dengan mata dan kepala sendiri, mencari
sumber penyebabnya, bagaimana cara mengatasinya, semuanya ini telah jelas
terpampang di hadapan kita.
Segala bencana di dunia ini tidaklah sulit diatasi, bahkan rotasi dan
revolusi dari planet-planet di alam semesta ini yang telah menyimpang dari
jalurnya, kita juga dapat memulihkannya pada kondisi normal seperti sedia kala,
apalagi musibah dan petaka kecil di dunia ini, bukanlah masalah!
Anda harus memahami bahwa semua bencana berasal dari pikiran dan perbuatan
manusia yang tidak baik. Asalkan dapat meluruskan kembali niat pikiran maka
segala bencana segera reda. Namun sebelumnya mesti memahami teori kebenaran
terlebih dulu.
Apabila anda tidak memahami kebenaran, anda tidak sanggup
membangkitkan keyakinan hati. Apabila tidak sanggup membangkitkan keyakinan
hati, meskipun anda berhasil meluruskan niat pikiran, namun tidak kokoh, masih
mengandung keraguan.
Keraguan ini akan merusak niat pikiran baikmu, meskipun tidak merusak
secara keseluruhan, namun telah melemahkan energi positif tersebut. Hanya
dengan memperkokoh keyakinan hati, tanpa keraguan sama sekali, barulah kekuatan
ini jadi efektif.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 16 Agustus 2010
佛在經教上跟我們講的理是真理,事是實事,實實在在,絲毫不虛。我們學習,我通過這五十九年,證明一點都不假。今天這個社會的動亂,地球上災難這麼多,我們看得清清楚楚。看什麼?它什麼因都知道,什麼原因造成這樣的,用什麼方法來對待,也清清楚楚。地球上這些災變不難處理,連星球在太空當中運行,軌道偏差了,我們也都有辦法把它恢復正常,地球上這些小災難算什麼!你一定要知道,所有一切災難都是心行不善所感的。如果把心態轉過來,災難馬上就消除了。這個地方,一定先要把理論,這個事實真相搞清楚、搞明白。因為你沒有搞清楚,你的信心生不起來。信心生不起來,你這個念頭轉過來,縱然是轉了,不堅固,它還有懷疑。這個懷疑把你這個善的意念破壞了,不能完全破壞,要把那個能量大幅度的減輕了。只有堅定的信心,一絲毫都不懷疑,那個力量非常驚人。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第一一九集) 2010/8/16
Dengan memiliki kebijaksanaan barulah dapat memiliki upaya kausalya, yang
dapat digunakan kapan saja dan di mana saja, upaya kausalya merupakan sesuatu
yang amat dibutuhkan saat ini, cara yang cocok digunakan untuk mengatasi
problema masa kini.
Hari ini masyarakat dunia diliputi kekacauan, apa sebabnya? Oleh
karena terjadinya krisis moral, pendidikan kesusilaan telah diabaikan.
Pendidikan sekarang ini lebih menekankan pada bagaimana cara mencari nafkah,
bagi orang Tiongkok, ini bukanlah pendidikan.
Saat permulaan saya meninggalkan keduniawian, tinggal di Vihara Linji
di Taipei. Sebagai seorang sramanera, saya mendapat pembagian tugas untuk
menyapu halaman vihara setiap pagi bersama tiga orang sramanera lainnya.
Halaman vihara dipenuhi pepohonan, daun-daun yang gugur berjatuhan
dan kami bertugas menyapunya tiap hari. Tiap hari ketika menyapu halaman
vihara, selalu tampak ada empat orang pelajar yang berjalan melewati vihara.
Di belakang vihara terdapat sebuah jalan yang tembus ke Yuanshan Park
(Taman Yuanshan), dari jalanan kecil tersebut bisa masuk ke dalam Yuanshan Park
dengan gratis, oleh karena tidak ada yang menjaga pintu masuk di sana, juga
tidak tersedia loket penjual tiket.
Bila kita hendak masuk ke Yuanshan Park dari gerbang utama, terlebih
dulu harus membeli tiket masuk, tetapi kalau dari jalan altenatif yang ada di
belakang vihara, maka bisa masuk ke dalam taman secara gratis karena tidak ada
penjaganya.
Keempat orang pelajar tersebut mengetahui jalan altenatif ini, mereka
sering menggunakan jalan ini untuk mencuri masuk ke dalam Yuanshan Park. Saya
melihat kecurangan yang dilakukan mereka, suatu kali mereka sedang berjalan
sambil mengobrol.
Ketika mereka berjalan melewati diriku, saya menghela napas panjang
sambil mengeluh, “Ah sayang sekali! Anak muda sekarang tidak berpendidikan”.
Mendengar ucapanku, mereka langsung menoleh dan menghampiriku : “Apa
katamu tadi?”
“Saya bilang sayang sekali, anak muda sekarang tidak berpendidikan”.
Dengan geram mereka berkata : “Kami adalah mahasiswa tingkat empat Universitas
Nasional Taiwan jurusan hukum, kenapa kamu bilang kami ini tidak berpendidikan?”
“Oh ternyata mahasiswa toh, maaf ya sudah meremehkan kalian. Baiklah,
saya ingin meminta bimbingan dari kalian. Apa yang dimaksud dengan pendidikan?
Tolong jelaskan ya”.
Mendengar pertanyaanku, mereka jadi bengong dan tidak sanggup
menjawabnya. Tempo dulu mahasiswa masih tahu bersikap rendah hati, mereka
berbalik bertanya padaku, sikap mereka sangat rendah hati dan penuh hormat,
kemudian saya menjelaskan tentang “Li Ji (salah satu dari lima klasik ajaran
Konfusius)” kepada mereka. Mereka mengaku belum pernah mempelajarinya.
Inilah masalah pendidikan masa kini, anak-anak tidak tahu bagaimana
menjadi manusia yang seutuhnya. Lihatlah
mereka yang telah mengecap pendidikan hingga meraih titel Doktor, tapi tidak
berhasil mencari pekerjaan.
Banyak perusahaan yang mengalami krisis tenaga kerja berbakat, namun
juga tidak berani menggaji orang yang cacat etika moralnya, inilah fenomena
umum yang terjadi dalam masyarakat hari ini.
Maka itu pendidikan kesusilaan “Di Zi Gui”, “Risalah Balasan dan
Ganjaran yang setimpal”, mengajarkan padamu bagaimana menjadi manusia
seutuhnya. Asalkan tahu bagaimana cara menjadi manusia yang seutuhnya, maka
dengan sendirinya anda juga tahu bagaimana cara menangani urusan dengan bijak,
siapa yang tidak gembira melihat dirimu, demikian juga dengan pimpinan
perusahaan pasti akan menggajimu dengan penuh sukacita.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 16 Agustus 2010
有大智才有方便,隨宜設施,宜是需要,當前的需要,定出一套方法,適合於當前需要。今天整個世界的動亂,原因是什麼?我們一般教育把做人的教育忘掉了,沒有教人做人,教育只著重技能,只重視將來長大去謀生,這在中國不稱為教育。所以我初出家的時候,在台北圓山臨濟寺。初出家,小和尚,寺院裡面都分配有工作給我們做的,我的工作是掃院子,大門口,三個師兄弟,每天早晨大門口掃地。那個大門口是樹很多,每天落下的葉子,這掃地。有一天在掃地的時候,看到有四個學生。我們那個寺廟後頭有一條路到圓山公園,那條路進去,沒有人守門,沒有買門票的,大門是有門票的,所以曉得這個通道的,他們就從後面走。我看到這四個學生,一面聊天一面散步,上山去了。我很感嘆說了一句話,「可惜!這年輕人沒受過教育。」這話被他們聽去了,馬上轉過頭來,找我了,質問我,「你剛才說什麼?」我就說了,我說「很可惜,你們沒有受過教育。」他很生氣,「我們是台灣大學法學院四年級的學生,你怎麼說我沒受過教育?」我聽了這個,「原來是大學生,我小看了你們。好吧,我就向你們請教請教。」我說「什麼叫教?什麼叫育?什麼叫教育?你把這三個問題講給我聽聽。」我這一問,把他們就考倒了,他真的說不出來。那個時候的學生不錯,還很謙虛,他反過來向我請教,態度很謙和也很恭敬,我就把《禮記》裡面的解釋講給他聽,他沒有學過。
以後他問我,他說「那我們現在的大學算什麼?」我說「大學最好換個招牌,高級技術研究所。這個招牌很適合你們。你們不但高等教育沒學過,小學教育也沒學過。」他覺得很奇怪,小學教育?我說「你會吃飯嗎?」「這吃飯誰不會?」「哪有那麼簡單?我擺四個菜給你,這四個菜的方向,按五行、按方位,你能擺得出來嗎?」不會吃飯,你沒學過。我說「掃地,你學過嗎?灑掃應對,小學教育,你沒學過,穿衣吃飯都不會。」我說那叫學校,那叫教育。所以這學生都很不錯,那個時候,幾乎六十年前了,那學生都不錯,都很能接受。現在我們遇到不敢講了,那要惹火的時候,他給你動武,我們受不了。這就是教育出了問題,不會做人。所以現在許多博士學位念到了,找不到工作。許多公司行號迫切需要人才,知道他們能幹,他不會做人,不敢用他,這是現在社會普遍存在的現象。所以《弟子規》的教育,《感應篇》的教育,做人的教育。你會做人,你又會做事,誰都喜歡,哪個老闆都喜歡用你。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第一一九集) 2010/8/16
Membantu orang lain (mengenal Buddha Dharma) mesti menggunakan upaya
kausalya dan harus punya kesabaran. Upaya kausalya itu adalah terlebih dulu
diri sendiri harus sanggup mengamalkan, harus sering menyampaikan Buddha Dharma
kepada sanak keluarga.
Carilah waktu yang tepat, ketika anggota keluarga lainnya pulang
kerja, anak-anak pulang sekolah, waktu sarapan, makan malam, saat berkumpul dan
saat istirahat, menyampaikan Buddha Dharma kepada sanak keluarga.
Bagaimana Sang Buddha mengajarkan kita menjalani hidup, bekerja,
setelah sanak keluarga memahaminya, terlebih dulu mereka akan mengamati apakah
benar dirimu telah mengamalkannya, apakah anda sendiri dapat hidup dengan bebas
dan leluasa, barulah memetik manfaat dari Buddha Dharma.
Manfaat ini adalah dalam menjalani hidup dan bekerja, betapapun
sibuknya aktivitas keseharian, namun dia tetap menjalaninya dengan santai,
tiada beban pikiran, bahagia, tiada
kecemasan, begini barulah kebijaksanaan berkembang, siapa yang tidak bersukacita!
Dari mana mempelajarinya? Yakni dari ajaran insan suci dan bijak, barulah
memahami betapa bagusnya budaya warisan leluhur.
Apabila anda sendiri tidak memperlihatkan teladan yang baik, walaupun
anda bersusah payah menyampaikan Buddha Dharma kepada sanak keluarga, mereka
juga takkan percaya. Yang paling efektif adalah dalam kehidupan keseharian kita
hidup bersahaja, sama sekali tidak boros.
Meskipun menempati rumah mungil, tetapi bersih dan rapi, makanya
rumah itu jangan terlampau luas, oleh karena waktu anda habis buat urusan
bersih-bersih, jadi hidup makin sederhana makin bagus, makin praktis makin
bahagia.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 16 Agustus 2010
幫助別人要有方便、要有耐心,有耐心、有方便。這個方便是什麼?方便自己做到,要常常講,對家人講。工作,家人有工作,小孩上學去念書,放工了,下課了,早晚吃飯,休閒的時間,講給大家聽,把經教裡面這些道理講給大家聽。佛陀教我們怎麼去生活、怎麼去工作,這些教訓,大家都明白了,看你做,做得這麼自在,真有受用。這個有受用就是,生活、工作再忙,他也很悠閒,沒有煩惱,快樂,沒有憂慮,這長智慧,誰不歡喜!哪裡學來的?傳統教育裡頭學來的,這大家才知道傳統的東西好。你沒有做出樣子來,你講給他聽,他不相信。最有效的方法,我們的日常生活,你看簡單,一絲毫不浪費。居住的環境雖然小,整潔,不要太大,太大什麼?收拾房間要浪費很多時間,要浪費很多精力,愈簡單愈好,愈簡單愈快樂。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第一一九集) 2010/8/16
Melihat orang lain menempati rumah luas, tidak perlu mengaguminya,
itu adalah kesengsaraan, berapa banyak tenaga dan waktu yang terkuras untuk
merawat rumah tersebut, sungguh tidak pantas.
Orang lain punya taman di rumah, saya punya kebun sayur di rumah. Sayurnya
dapat dimakan, jadi lahannya berguna untuk kehidupanku. Jadi mesti menampilkan
teladan untuk diperlihatkan kepada orang lain, tubuh sehat dan bahagia, siang
malam senantiasa bersukacita, hal ini sungguh sulit diperoleh.
Lihat saja orang zaman now, ada berapa orang saja yang dalam waktu
sehari bisa menampilkan wajah penuh senyuman? Yang ada cuma dalam seharian
berwajah murung. Anda jadi tahu betapa buruknya suasana hatinya.
Sedangkan kami dalam keseharian senantiasa menampilkan keceriaan.
Tempo dulu ketika kami menetap di Amerika, suatu hari tetangga kami bertanya,
apa profesi kalian? Kenapa seharian ceria terus? Saya bilang padanya, kami ini
praktisi Buddhis. Dia bertanya lagi, apa yang diajarkan Buddha pada pengikutNya?
Saya jelaskan padanya bahwa kami belajar Ajaran Tanah Suci. Dia
bertanya lagi apa itu Tanah Suci? Saya menjawab,
Sukhavati, kami belajar untuk hidup bahagia, melatih hati yang suci, manfaatnya
adalah sehat dan panjang umur.
Dia bilang semua manfaat ini sangat dibutuhkan semua insan, kami juga
butuh. Saya bilang, baguslah, kapan saja anda boleh belajar bersama kami, kami
menyambutnya dengan senang hati.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 16 Agustus 2010
別人住大房子不要去羨慕,為什麼?那很苦,住大房子受罪,要用多少精力時間去照顧這些房子,不值得。人家家裡有花園,我家裡有菜園。菜可以吃,統統都是有用處的,與我生活有相關的。做出來,身體健康快樂,一天到晚歡歡喜喜,這一點就很難得了。
你看現在人,有幾個人一天常露到笑容?都是愁眉苦臉。你就曉得,他情緒多不好。他看到我們一天到晚歡歡喜喜。我在美國住的時候,有一天鄰居來訪問我們,問我們,你們是幹什麼的?就是從事哪一個行業的,為什麼你們天天這麼快樂?他問我這個事情。我們就告訴他,我們是學佛的。他不懂。學佛,佛是宗教,我們是學佛教的。他說佛教是什麼?你們學的是什麼?我們學淨土。淨土是什麼?極樂世界,我們學快樂,我們學清淨,我們學健康長壽。他說這些東西我們都需要。好,歡迎你來學。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第一一九集) 2010/8/16