Senin, 06 Agustus 2018

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 April 2010 (Bgn 1)



Kematian tidaklah menakutkan, tubuh kasar kita mengalami hidup dan mati, namun Alaya-vijnana (gudang kesadaran/roh) takkan mengalami lahir dan mati. Kalau setelah mati semuanya sudah usai, roh juga sudah tidak ada lagi, maka kita tidak perlu lagi belajar Ajaran Buddha, juga tidak perlu melatih diri.

Setelah meninggal dunia, Alayavijnana akan pergi bertumimbal lahir, inilah yang merupakan masalah besar. Saya selalu mengatakan bahwa setelah mati barulah merupakan persoalan besar! Maka itu dalam satu masa kehidupan ini, mesti terlahir ke Tanah Suci Sukhavati mencapai KeBuddhaan!

Lantas apakah kita dapat mewujudkannya? Setiap orang dapat melakukannya, asalkan anda mengikuti penuntun dari Master Yin Guang, senantiasa berpikir hari ini merupakan hari terakhirku di dunia ini, jangan merisaukan hari esok, hari ini, apakah masih ada yang belum sanggup saya ikhlaskan? Hari ini adalah hari terakhir, apa yang mesti saya lakukan? Yakni melafal Amituofo dengan setulusnya, bukankah dengan demikian pasti meraih keberhasilan?

Bagaimana cara melafal Amituofo? Yakni seluruh sel tubuhku adalah Amituofo, ketika membuka mataku melihat dunia ini, mendengar setiap suara, saat 6 indera (mata, telinga, hidung, lidah, tubuh dan pikiran) melakukan kontak dengan 6 0bjek luar (rupa, suara, bau-bauan, rasa, sentuhan, bentuk-bentuk pikiran), tiada yang bukan merupakan Amituofo, Amituofo memenuhi seluruh semesta beserta isinya, inilah cara melafal Amituofo.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 April 2010

死不害怕,諸位要知道,死是身有生死,靈魂沒有生死。如果死了以後什麼都沒有,靈魂也沒有,那我們大可不必學佛,也用不著修行,像一般人講的人死如燈滅,死了什麼都沒有了。不是這麼回事,身死,靈魂不死,靈魂又去投胎去了,這就講到六道輪迴,這個事情麻煩。我們真把這個事實真相搞清楚、搞明白,決定不能死。我在過去講經時候講過很多次,死了就不得了!那麻煩太大了,一定要在這一生當中往生淨土,往生淨土是成佛去了!
  
能不能做得到?人人能做到,只要你懂得印光法師這個啟示,常常想到我的壽命就今天一天,不要想有明天,今天一天,你還有什麼放不下?只有今天一天,今天是最後的一天,我應該辦什麼事?老實念佛,那不就成功了嗎?怎麼個念法?我這個身體每一個細胞都是阿彌陀佛,每一根汗毛都是阿彌陀佛。我再睜開眼睛看看外面的世界,聽聽外面的聲音,六根所接觸的沒有一個不是阿彌陀佛,阿彌陀佛周遍法界,這就是念佛。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五集)  2010/4/9


 

 
 
Melatih diri adalah melatih hati, apakah hati kita suci dan setara? Hati yang suci adalah sila, hati yang setara adalah samadhi, hati yang tercerahkan adalah prajna (kebijaksanaan); sila, samadhi dan prajna.

Asalkan kita telah mencapai kesucian hati, maka bencana air takkan ada lagi. Bila kita mencapai kesetaraan hati, maka gempa bumi takkan ada lagi. Hari ini ada seorang praktisi yang mengantar padaku selembar laporan, baru-baru ini, tidak sampai sebulan, gempa berkekuatan di atas 6 Skala Richter terjadi belasan kali di berbagai belahan bumi. Gempa berkekuatan  di atas 6-8 SR, ini sungguh menakutkan. Hati yang tercerahkan, bencana angin takkan ada lagi, moha (kebodohan) mengundang bencana angin.

Bila hati ini setara, maka suhu Bumi takkan meningkat, akan kembali normal. Maka itu Ajaran Buddha mengajarkan kita “Melatih sila samadhi prajna, melenyapkan lobha dosa moha”. Maka itu harus membangkitkan Bodhicitta, menfokuskan diri melafal Amituofo, satu arah yakni penjuru barat, satu tujuan yakni Alam Sukhavati, satu harapan yakni belajar pada Buddha Amitabha, dalam satu masa kehidupan ini juga kita meraih keberhasilan.

Memperluas pengetahuan adalah hal yang bagus, tapi nanti sampai di Alam Sukhavati baru diwujudkan, sekarang fokus dulu pada pelafalan Amituofo. Mengapa demikian? Oleh karena sesampainya di Alam Sukhavati, kita memiliki usia tanpa batas, anda boleh belajar sepuas-puasnya, waktu bukan lagi hambatan.

Sedangkan di alam ini, usia manusia begitu singkat, lagi pula tanpa kebijaksanaan, belajar di dunia ini takkan sempurna, salah tafsir malah akan melakukan kesalahan, buat apa? Lantas bagaimana?

Hendaknya bersikap tulus dan patuh. Buddha Sakyamuni mengajari kita menfokuskan diri melafal Amituofo, ini tercantum di dalam “Sutra Usia Tanpa Batas”.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 April 2010

我們修行修什麼?就是修心。我們心清不清淨?平不平等?清淨心是戒律,平等心是禪定,正覺心是智慧,戒定慧。我們怎麼學戒定慧你就明白了,持戒如果心不清淨,你那個戒白持了;修定沒有開智慧,那個定也白修。因戒得定,因定開慧,所以持戒是手段不是目的,是要達到禪定,就是達到平等,平等才是定。我們果然清淨心得到,給諸位說,這個三災,水災就沒有了。平等心現前,地震就沒有了。今天有個同學拿一篇資料給我看,最近大概不到一個月,六級以上的地震在全世界各地有十幾次,這麼頻繁,什麼原因?六級以上的,多可怕,到八級的。覺悟之後,風災就沒有了,愚痴是感風災。這個心要是證到平等,地球溫度就不會上升,就會恢復正常。所以佛教導我們「勤修戒定慧,息滅貪瞋痴」,貪瞋痴感應的是災難、是反常,戒定慧是正常。所以要發菩提心、一向專念,一個方向「西方」,一個目標「極樂世界」,一個願望「親近阿彌陀佛」,我們這一生就成功了,其他的是假的。廣學多聞是不錯,這來不及了。所以我常常勸一些同學,廣學多聞好,到極樂世界去,為什麼?到那個地方去,頭一個我們得的一個條件是無量壽,再多的東西,行!我有的是時間。這個地方生命太短促,我們不能浪費時間,浪費不起。而且在這個世間智慧沒有開,學東西學得不會圓滿,一知半解,當中還犯很多錯誤,那又何必?所以要老實、要聽話。佛教給我們的一向專念,佛教的,這是《無量壽經》上經文。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五集)  2010/4/9




 

Praktisi senior jaman dulu berkata, dari 48 tekad agung Buddha Amitabha, butir manakah yang paling penting? Yakni tekad ke-18, sepuluh lafalan terlahir ke Alam Sukhavati, bahkan satu lafalan juga bisa. Apa syaratnya? Syaratnya adalah sempurna akan keyakinan dan tekad.

Sepuluh lafalan ini menunjukkan niat pikiran terakhir saat menjelang ajal, niat pikiran terakhir adalah melafal Amituofo, dengan demikian barulah dapat terlahir ke Alam Sukhavati.

Sebaliknya kalau niat pikiran terakhir malah teringat harta kekayaan, maka akan jatuh ke Alam Setan Kelaparan; kalau niat pikiran terakhir masih memikirkan siapa yang menfitnah diriku, saya sangat membencinya, maka ini akan jatuh ke Neraka.

Sebersit niat pikiran terakhir merupakan detik yang menentukan, maka itu sangat penting sekali. Kegiatan Zhu Nian atau membantu pasien melafal Amituofo, supaya sebersit niat pikiran terakhirnya tidak lupa melafal Amituofo, kita berada di sampingnya melafal Amituofo berkesinambungan, mengingatkan pasien supaya ikut melafal Amituofo, jangan memikirkan hal lainnya, jasa kebajikan ini tak terhingga.

Praktisi tempo dulu lebih disiplin, saat pasien akan menghembuskan nafas terakhir,  sanak keluarga takkan dibiarkan mendekatinya, oleh karena sanak keluarga akan membangkitkan kemelekatan cinta pasien, kalau kemelekatan cinta muncul maka dia akan segera jatuh ke tiga alam penderitaan. Sanak keluarga menjauh dan membiarkan para sahabat Dharma yang membantunya.

Sanak keluarga yang sudah belajar Ajaran Buddha juga dibiarkan menjauh, oleh karena ketika pasien melihat anak cucunya, dia akan merasa rindu dan tidak ikhlas, maka itu membiarkan sanak keluarga menjauh dari pasien, sungguh beralasan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 April 2010

古大德說,四十八願哪一願最重要?大家都稱說第十八願,十八願是十念、一念都能夠往生。條件是什麼?條件是具足信願。這一念、十念是指什麼時候?是指你往生的時候,你離開世間的時候,就是最後的念頭,最後那一念是阿彌陀佛,那一念就往生。所以臨命終時最後一念,如果還念著家裡一些財產,那完蛋了,那到鬼道去;要是一念哪個人冤枉我,我還恨他,那到地獄去。最後一念是你從這個地方死到底下的往生,關鍵在那一念,所以那一念太重要了。送往生最重要的,就是幫助他最後一念別忘記阿彌陀佛,我們在他旁邊念念都是阿彌陀佛,提醒他,那個功德無量,叫他不要有其他念頭。古大德做得更好,家親眷屬不准接近他,他在快要斷氣的時候,家親眷屬免得引起他的情執,一引起情執馬上就墮落,就三惡道去了。家親眷屬離開,這些同參道友來幫助他,這正確的。家親眷屬是學佛的,最好也離開,看到是他的兒子、孫子,他會動感情,那個時候一動問題就嚴重,所以家親眷屬避開是非常非常有道理的。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五集)  2010/4/9




 

Melafal Amituofo terlahir ke Alam Sukhavati, setiap orang mempunyai kesempatan ini, persoalannya terletak pada apakah anda mempunyai pahala atau tidak, jodoh sudah di depan mata, masalahnya anda percaya atau tidak, asalkan anda mampu membangkitkan keyakinan maka keberhasilan segera anda raih.

Seperti yang diungkapkan di dalam “Sutra 42 Bagian”, perumpamaan “Hartawan sulit belajar Dharma”, orang kaya sibuk menikmati kesenangan, sehingga lupa belajar Ajaran Buddha; orang miskin juga sulit belajar Buddha Dharma, makan tiga kali sehari saja sudah bermasalah, harus sibuk mencari nafkah, mana ada waktu buat belajar Dharma.

Jadi insan yang berada dalam kondisi sedang-sedang, tidak kaya juga tidak melarat, mereka ini lebih mudah berkesempatan melatih diri.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 April 2010

念佛往生淨土去作佛,人人都有分,鬼神也有分,天人也有分,聲聞、緣覺、菩薩也有分,問題就是你有沒有這個福報,緣分你能遇到,遇到了你相信,你就發願往生,那就成了。照理說應該是菩薩、阿羅漢比我們容易,為什麼經上說十法界往生是以人間為最方便,這什麼原因?《四十二章經》裡有個比喻講「富貴學道難」,富貴人享福,把學佛這個事情忘掉,疏忽了;貧窮學道也難,貧窮他生活太苦,三餐飯他都落不著吃,他忙著生活,沒時間來學佛。而人道呢?不算很富足,但是也不是清貧,就小康之家,容易覺悟、容易修行,方便在這個地方,這個我們能體會到。天人生活比我們好,福報大;三惡道呢?太苦!

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五集)  2010/4/9