Tangan menggenggam tasbih, apa maknanya? Tasbih memiliki dua kegunaan
yakni yang pertama, mengingatkan diri sendiri untuk melafal Amituofo, takut
kelupaan. Banyak orang yang melafal Amituofo hingga tidak menyadari kapan sudah
terlupakan, pikirannya sudah melayang entah ke mana, maka itu kegunaan tasbih
untuk mengingatkan dirimu.
Yang kedua, tasbih digunakan untuk menghitung, dalam sehari saya
melafal berapa kali lafalan Amituofo. Cara menghitung umumnya digunakan
praktisi pemula untuk menfokuskan pikiran.
Tasbih digunakan praktisi lanjutan untuk mengingatkan diri sendiri,
takut konsentrasi buyar, jika konsentrasi buyar akibatnya melupakan lafalan
Amituofo, pikirannya melayang mengikuti khayalan terbang entah ke mana, sehingga
melupakan lafalan Amituofo, jadi untuk mengingatkan dirimu. Inilah dua kegunaan
dari tasbih.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 12 Agustus 2010
手上拿著念珠是什麼意思?念珠在平常代表兩個作用,一個作用,提醒自己念佛,怕忘記。很多人念佛念佛到最後不曉得什麼時候忘掉,心裡不曉得跑那裡去了,所以念珠提醒你。第二個,念珠計數,我一天念多少聲佛號,計數。有這兩個用處。計數通常在初學,攝心,計數;提醒是老同修,念佛已經有了相當功夫,怕失念,失念就是忘掉,心跟妄想走,把佛號忘掉了,所以這就是提醒你,這兩種意思。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第一一一集) 2010/8/12
Bodhisattva
Mahasthamaprapta mengajarkan kita, “Mengingat dan melafal Amituofo, baik pada
waktu sekarang maupun kelak pasti bersua dengan Buddha Amitabha”.
Mengingat Buddha
Amitabha, di dalam hati senantiasa merenungkan Buddha Amitabha. Maka itu
membaca “Sutra Usia Tanpa Batas” hingga trampil merupakan hal yang bagus!
Merenungkan jasa
kebajikan Buddha Amitabha, merenungkan tekad agung Buddha Amitabha, merenungkan
pelatihan diri Buddha Amitabha, merenungkan Maha Maitri Maha Karuna Buddha
Amitabha dalam menyelamatkan para makhluk, jangan pikirkan hal lainnya, inilah
yang disebut sebagai mengingat Buddha Amitabha.
Apa kegunaan dari
melafal Amituofo? Apabila anda ingin
terlahir ke Alam Sukhavati di penjuru barat, maka anda mesti melafal Amituofo,
anda mesti melekat pada pelafalan Amituofo, jangan sampai terlupakan.
Ajaran Buddha
mengajarkan kita melepaskan kemelekatan, namun hanya untuk sepatah Amituofo
ini, kita tidak boleh melepaskannya, kalau anda melepaskan lafalan Amituofo
ini, maka anda tidak punya andalan lagi. Jadi segala kemelekatan harus
dilepaskan, hanya satu-satunya lafalan Amituofo ini, kita mesti melekat padanya.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 12 Agustus 2010
大勢至菩薩教導我們,「憶佛念佛,現前當來必定見佛」。憶佛是想佛,心裡常常想著阿彌陀佛。所以《無量壽經》念熟的時候,好!想阿彌陀佛的功德,想阿彌陀佛的大願,想阿彌陀佛的修行,想阿彌陀佛大慈大悲普度眾生,不要想別的,這叫憶佛。念佛,持佛的名號,為什麼?阿彌陀佛是這樣教導我們的,你要想往生西方極樂世界,你就常常執持名號,執就是執著,持就是保持,不能丟掉。佛法都教我們放下,唯獨這個佛號不能放下,佛號放下,你就沒依靠。什麼都放下,專門執著這個佛號。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第一一一集) 2010/8/12
Melatih diri itu harus menfokuskan diri pada satu Pintu Dharma dan
mendalaminya, melatihnya berkesinambungan untuk jangka panjang. Namun dalam
menyelamatkan para makhluk, Guru Sesepuh kadang kala mesti menggunakan upaya
kausalya.
Umpamanya melatih metode ganda yakni metode Dhyana (Zen) dan metode
Sukhavati. Harus diketahui bahwa ini adalah upaya kausalya yang digunakan oleh
Guru Sesepuh, karena melihat anda begitu melekat pada metode Zen, kalau
menyuruhmu melepaskan metode Zen lalu beralih melatih metode Tanah Suci, hatimu
pasti tidak ikhlas, malah akan jadi beban pikiran.
Guru Sesepuh melihat dengan sangat jelas, mengetahui bahwa anda
melatih metode Zen takkan berhasil, lalu menasehatimu supaya melatih metode
Tanah Suci, kamu juga tidak sudi, makanya terpaksa mengemukakan upaya kausalya
yakni melatih metode ganda, melatih metode Zen dan metode Sukhavati, “Dengan
melatih metode Zen disertai dengan metode Tanah Suci, ibarat mengenakan tanduk
macan”, begitu mendengarnya hatimu berbunga-bunga, sehingga menambahkan metode
Sukhavati ke dalam pelatihan dirimu.
Kenyataannya bagaimana? Anda takkan mungkin bisa berhasil melatih
metode Zen, hanya metode Sukhavati yang berhasil. Inilah jerih payah dari Guru
Sesepuh.
Sedangkan bagi kita yang telah melatih metode Tanah Suci selama ini,
lalu menambah metode Zen ke dalamnya, ini sudah keliru! Upaya kausalya Guru
Sesepuh ini bukan ditujukan kepada kita, kalau untuk kita, Guru Sesepuh pasti
bilang, “Jalanmu sudah benar, langkahmu sudah tepat, jangan lagi salah jalan”.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 12 Agustus 2010
修行要一門深入,長時薰修。祖師在接引大眾的時候,有殊勝的異方便,異就是不一樣的方便法。提出怎麼樣?禪淨雙修、密淨雙修,提出這個方法。要知道那是祖師的善巧方便,因為你很執著禪,叫你把禪放下專修淨土,你不甘心、不情願,你會生煩惱。祖師看得很清楚,知道你那個禪修不成功,勸你學淨土你又不肯,用個方便法,禪淨雙修好,「有禪有淨土,猶如戴角虎」,你這一聽就高興,也加上念佛了。實際上什麼意思?你將來禪修不成功,淨修成功了,用這種方法。我們已經修淨土的,再要去修禪,那就錯了!祖師那個話不是對我們說的,對我們說,「你走這個路正確,走對了,別走岔路」。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第一一一集) 2010/8/12