Senin, 01 Oktober 2018

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 16 Mei 2010 (Bgn 1)


Pintu Dharma Pelafalan Amituofo merupakan upaya kausalya terunggul, tiada lagi yang lebih praktis, yang mampu merangkul semua makhluk baik yang memiliki akar kebijaksanaan yang tinggi, menengah maupun rendah.

Para makhluk dengan akar kebijaksanaan yang berbeda-beda, setelah bertemu dengan Pintu Dharma ini, semuanya pasti memperoleh manfaat, dalam satu kelahiran mencapai kesempurnaan, bahkan bagi praktisi yang memiliki akar kebijaksanaan terendah sekalipun, juga dapat dalam satu kelahiran mencapai kesempurnaan, sungguh tak terbayangkan!

Yang dimaksud dengan praktisi yang memiliki akar kebijaksanaan terendah (dungu) adalah mereka yang melakukan Pancanantariya Karma dan Sepuluh Kejahatan, saat menjelang ajal bersua dengan Kalyanamitra yang menasehati dirinya supaya melatih Pintu Dharma Pelafalan Amituofo, tetapi dia harus yakin, segera kembali ke jalan yang benar, membulatkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati, baik satu lafalan maupun sepuluh lafalan juga dapat terlahir di Tanah Suci Sukhavati pada Bunga Lotus tingkatan paling rendah.

Meskipun terlahir di Tanah Suci Sukhavati pada Bunga Lotus tingkatan paling rendah, namun tetap bergelar Bodhisattva Avaivartika, sungguh tak terbayangkan, menampilkan kemampuan gaib dan kekuatan sebagai Bodhisattva Avaivartika, semua ini tentunya bukan atas upayanya sendiri, namun merupakan pemberkatan dari Buddha Amitabha, maka itu dia memiliki kemampuan serupa dengan Bodhisattva lainnya, menjelma di Dasa Dharmadhatu (Sepuluh Alam Dharma) untuk membabarkan Dharma kepada para makhluk.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 16 Mei 2010


彌陀這個法門必定是方便究竟的,這方便到家了,沒有再比這個法門更方便的,普遍可以加被一切根性的眾生,這三根是上中下,所有不同根性的眾生遇到這個法門都能得利益,而且都能夠一生成就,下下根人也能一生成就,這個了不起!下下根就是五逆十惡,臨命終時遇到善知識、遇到善友勸你學這個法門,可是你得相信,立刻回頭,發願求生,一念十念都能往生,這個生西方極樂世界凡聖同居土下下品。我們知道下下品也是阿惟越致菩薩,真正不可思議。確實是下下品,但是在西方極樂世界,他所表現的神通道力跟阿惟越致菩薩沒兩樣,這不是他修得的,是阿彌陀佛加持他的,所以他就有能力像其他菩薩一樣應化在十法界教化眾生,他就有這個能力。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四十一集)  2010/5/16




 

Belajar Ajaran Tanah Suci, yakni meneladani Buddha Amitabha, meneladani Buddha Amitabha mesti terjalin dengan tekad agung Buddha Amitabha, yakni hati yang tulus, hati yang suci, hati yang setara, berharap semoga semua makhluk dapat segera menyempurnakan KeBuddhaan. 48 tekad Buddha Amitabha, andaikata kita tidak memiliki tekad yang serupa dengan Buddha Amitabha maka kita tidak dapat terjalin denganNya.

Maka itu Master Ou Yi mengatakan berhasil tidaknya seseorang terlahir ke Alam Sukhavati adalah tergantung pada ada tidaknya keyakinan dan tekad yang dimiliki, apabila hatimu sempit, hanya memikirkan diri sendiri, tidak pernah memikirkan kepentingan orang lain, maka ini tidak terjalin dengan tekad Buddha Amitabha, apakah anda dapat terlahir ke Alam Sukhavati? Mustahil.

Apa alasannya? Tekadmu dengan tekad Buddha Amitabha tidak sama, Buddha Amitabha bertekad menyelamatkan semua makhluk, takkan mengabaikan satupun; sementara anda hanya mementingkan diri sendiri, tak pernah memikirkan kepentingan orang lain, meskipun anda bertekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, namun niatmu tak terjalin dengan tekad Buddha Amitabha, makanya tidak mungkin bisa terlahir ke Negeri Buddha Amitabha, kebenaran ini mesti dipahami.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 16 Mei 2010

我們學淨土,學淨土就是學阿彌陀佛,學阿彌陀佛必須有阿彌陀佛的宏願,以真誠心、清淨心、平等心,願一切眾生悉登彼岸,這個彼岸是大般涅槃,就是究竟成佛。彌陀本願,我們沒有這個本願的話,跟阿彌陀佛就不相應。所以蕅益大師講得很好,能不能往生決定在信願之有無,如果你心量很小,只顧自己,沒想到別人,這個與阿彌陀佛的願不相應,你發願求生淨土能不能去?不能去。原因在哪裡?你跟阿彌陀佛的願性質不一樣,阿彌陀佛是為普度眾生的,遍法界虛空界一個眾生都不捨的;你是專為自己,沒有想到別人,你也發願求生,願的性質不一樣,那去不了,這個道理不可以不知道。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四十一集)  2010/5/16


 

 

Bila kita tidak memiliki tekad yang serupa dengan Buddha Amitabha, maka takkan terjalin dengan Buddha Amitabha. Maka itu Master Ou Yi mengatakan, berhasil tidaknya seorang praktisi terlahir ke Alam Sukhavati adalah tergantung pada apakah dia memiliki keyakinan dan tekad, sedangkan tinggi atau rendahnya tingkatan Bunga Lotus yang dicapainya, adalah tergantung pada dangkal atau dalamnya ketrampilan melafal Amituofo yang dimiliki.

Sekarang kita jadi tahu, hal yang paling penting adalah berhasil terlahir ke Alam Sukhavati, sedangkan tinggi rendahnya tingkatan Bunga Teratai tidak perlu dipermasalahkan, sampai di sana belajar pada Buddha Amitabha, kemajuan batin akan diperoleh dalam waktu singkat, apalagi kalau diri sendiri giat berusaha, maka pencapaiannya akan lebih cepat lagi.

Para Bodhisattva di sepuluh penjuru, tiada yang tidak berniat terlahir ke Alam Sukhavati, apa alasannya? Yakni untuk mempercepat dan mempersingkat waktu mencapai keberhasilan pelatihan dirinya.

Maka itu janganlah meremehkan orang jahat yang bertobat, oleh karena dia memiliki kesempatan bertemu dengan Pintu Dharma Tanah Suci, membaca sutra Aliran Sukhavati, memandang rupang Buddha Amitabha, insan begini sejak kelahiran demi kelahiran lampau pasti sudah belajar Buddha Dharma.

Lantas kenapa pada satu masa kehidupan ini dia jadi begini? Oleh karena kemelekatan pada perasaan dan tabiatnya yang terlampau berat, sehingga jadi sesat, makanya pada satu masa kehidupan ini, saat menjelang ajal barulah bertemu dengan Buddha Dharma.

Meskipun demikian, belumlah terlambat, Kalyanamitra menasehatinya supaya melafal Amituofo, nasehat ini akan membangkitkan benih-benih di Alayavijnana atau gudang kesadarannya, hal ini berlangsung dengan sangat cepat, sehingga hanya dalam waktu singkat, dia langsung menerima dan membangkitkan keyakinan, membulatkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 16 Mei 2010

我們沒有這麼大的願,跟阿彌陀佛就不相應。所以蕅益大師跟我們說出往生的條件,能不能去在信願之有無,品位高下是念佛功夫的淺深。現在我們知道,往生是第一樁大事,品位高下不在乎,到那個地方親近阿彌陀佛,向上提升速度是非常快的,如果自己能勇猛精進的話,那速度太快了。所以十方菩薩沒有一個不嚮往極樂世界的,什麼原因?就是把修行境界提升的速度加快。至於上根我們不會懷疑,下根、下下根很愚痴的人不能輕視,為什麼?有緣分聽到這個法門,看到淨宗經典,見到佛菩薩形像,肯定是多生多劫學佛人。為什麼這一生這個樣子?情執、煩惱太重,迷了,迷得太深,情執太重,所以這一生當中都沒有遇到佛緣,臨命終時才遇到。雖然是臨命終時遇到,不遲,把他阿賴耶識過去那些種子都引出來,這個速度太快,剎那之間阿賴耶的種子已經出來了,他最後那很短的時間他就接受,他就相信、就發願,他真的佛來接引他往生。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四十一集)  2010/5/16