Rabu, 12 September 2018

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 Mei 2010 (Bgn 3)


Melafal Amituofo dapat menghapus dosa, lantas kenapa dosa kita tidak habis-habis? Oleh karena di sini anda menghapusnya, di sana anda sibuk menciptakan karma baru, maka itu tidak habis-habisnya.

Seperti yang disebutkan di dalam “Ksitigarbha Sutra” sebagai “Para makhluk di Jambudvipa, niat pikiran yang muncul tiada yang bukan merupakan dosa”.

Untuk mengatasi masalah ini, praktisi senior jaman dulu mengajari kita “Menfokuskan diri pada satu Pintu Dharma dan mendalaminya, melatihnya berkesinambungan untuk jangka panjang”.

Jadi anda mesti mempunyai kesabaran dan keteguhan hati dalam menggenggam satu Pintu Dharma. Hati yang terfokus pada satu sutra yakni “Sutra Usia Tanpa Batas”, baik-baiklah membaca sutra ini hingga 10 tahun, hatimu jadi tenang dan terfokus, takkan ada bentuk-bentuk pikiran lainnya, hasilnya mulai kelihatan.

Sutra ini seperti yang diberitahukan oleh para praktisi senior jaman dulu sebagai sutra terunggul dalam pintu Buddha, benar-benar dapat mewakili seluruh sutra yang dibabarkan oleh Buddha Sakyamuni selama 49 tahun, sebagai sutra terunggul, mengapa demikian?

Oleh karena asalkan anda bersedia yakin, menerima dan mengamalkannya, melepaskan segala kemelekatan, menfokuskan pikiran membacanya, maka anda akan cepat berhasil, sehingga rintangan karma tereliminasi, prajna (kebijaksanaan)-mu segera muncul ke permukaan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 Mei 2010

念佛確確實實能滅罪,不管它明顯不明顯,滅罪是肯定的。我們的罪滅不掉就是那一邊滅,這一邊又生,所以永遠滅不掉,道理在此地;那一邊滅,這一邊不生,就滅掉了,一定要曉得。像《地藏經》上所說的,「閻浮提眾生,起心動念無不是罪」。要解決這個問題,沒有別的辦法,老祖宗教給我們的,「一門深入,長時薰修」,問題解決了。你真有耐心,真有恆心,守住一門,定!心定在這一部經上,把這部經好好的去念十年,心定了,沒有別的雜念,效果就出來了。這個經,我們看看古來大德為我們所開導的,真正是佛門第一經。真正可以代表釋迦牟尼佛到這個世間來,住世八十年,講經說法教學四十九年,第一部經是什麼?這就是第一經。這一部經能代表一切,只要你肯相信它,你真正受持,放下萬緣,一心讀誦、稱念,你的成就就非常非常的快速。確確實實快速的成就,那就是你業障消除了,你智慧現前。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三十四集)  2010/5/9


 

 
 
Manusia suka mengejar ilmu pengetahuan, namun yang namanya pengetahuan itu bukanlah prajna (kebijaksanaan), pengetahuan itu pasti ada yang diketahui dan tidak diketahui, jadi terbatas dan tidak sempurna.

Hati yang suci menumbuhkan kebijaksanaan, sedangkan pikiran kalut menumbuhkan kekotoran batin, jadi pengetahuan dan kebijaksanaan tidaklah sama, kebijaksanaan dapat mengatasi segala problema, takkan ada efek sampingnya; sedangkan pengetahuan memberi solusi dengan menyisakan sejumlah efek samping.

Masyarakat masa kini mengejar ilmu pengetahuan, namun mengabaikan kebijaksanaan. Insan bijak hatinya suci, memandang hambar pada ketenaran dan keuntungan, pikirannya terfokus, ucapan dan tindakannya tenang, mengamati segala permasalahan dengan jelas dan dimengerti.

Maka itu jaman dulu di Tiongkok, bila ada problema yang tidak bisa diatasi, maka kaum bangsawan akan mencari Bhiksu, meminta petunjuknya. Ini serupa dengan pepatah Tiongkok yang berbunyi : “Orang yang ditimpa masalah tersesat, orang lain yang mengamatinya dapat melihat lebih jelas”, orang lain yang mengamatinya bisa melihat problema yang dihadapi dengan jelas, oleh karena dia tidak terlibat dalam ketenaran dan keuntungan, ingin memperoleh dan takut kehilangan, makanya dia dapat memahami persoalan dengan jelas.

Lantas kenapa anda sendiri tidak dapat melihat masalah sendiri dengan jelas? Oleh karena anda langsung terlibat di dalamnya, ingin memperoleh dan takut kehilangan, pikiranmu dikacaukan oleh benda-benda ini, bercampur aduk dengan ketenaran dan keuntungan, keinginan memperoleh dan takut kehilangan, makanya anda tidak dapat melihat dengan jelas masalah sendiri.

Maka itu melafal Amituofo bukanlah kepercayaan takhayul, juga tidak membahas segala hal-hal berbau mistis dan gaib. Melafal Amituofo merupakan metode yang praktis dan mudah, namun dapat mengantarmu mencapai KeBuddhaan, yang merupakan prajna mendalam, yang sejak semula telah ada di dalam jiwa sejati.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 Mei 2010

我們這個世間人,現在求的是什麼?就是要求有知。那不是般若,那求的是什麼?知識,知識有知,有所不知,它不是圓滿的。無知是什麼?無知是清淨心,清淨心生智慧。有知是什麼?妄想雜念,佛法裡面講所知障。所知障生什麼?生知識,不是智慧。清淨心生智慧,分別執著心生煩惱,不一樣。所以知識跟智慧是兩樁事情,智慧能解決一切問題,沒有後遺症;知識能解決一些問題,可是後遺症一大堆。現在這個社會,普遍在追求知識,智慧沒人求。求智慧的人,身心清淨,你看他的現相,淡泊名利,他的心是定的,他的言語是定的,他的行動是定的。佛經上形容他,「那伽常在定,無有不定時」,他永遠是靜觀法界,他看得清楚、看得明白。所以在中國古代,這些達官貴人遇到難題了,不能解決,找誰去?找道長,找和尚,向他們請教,他們真的能幫助他解決問題。這符合中國一個諺語,「當局者迷,旁觀者清」,他們這些人旁觀,旁觀是什麼?沒有利害得失,他看得清楚。你為什麼看不清楚?你有利害得失在裡頭,你的思考裡頭夾雜這些東西,夾雜利害得失,所以你就看不清楚了。那些人利害得失與他完全不相干,所以他是純客觀的看法。你看不清楚,你主觀,主觀就是你有成見;他沒有成見,所以他看得清楚,道理就在此地。所以這不是迷信,也沒有什麼玄妙,很簡單。持名暗合道妙,就是甚深般若,根本智。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三十四集)  2010/5/9




 

Metode melafal Amituofo yang digunakan oleh Bodhisattva Mahasthamaprapta adalah “Mengendalikan enam landasan indria”. Mengendalikan enam landasan indria adalah melepaskan kemelekatan, ketika mata melihat rupa, janganlah melekat, janganlah menaruhnya di dalam hati; ketika telinga mendengar suara, janganlah taruh di hati, enam indria (mata, telinga, hidung, lidah, jasmani dan pikiran)  melakukan kontak dengan enam kondisi luar (rupa, suara, bau-bauan, rasa, sentuhan, bentuk-bentuk pikiran), janganlah taruh di hati, inilah yang disebut sebagai “Mengendalikan enam landasan indria”.

Jadi bukan menyuruhmu tidak boleh melihat, tidak boleh mendengar, bukan begini artinya. Orang awam kalau sudah melihat atau mendengar, pasti sulit melupakannya, begitu taruh di dalam hati, mulailah membeda-bedakan dan melekat, hati suci jadi tercemar.

Maka itu kita harus belajar melihat maupun mendengar namun tidak menaruhnya di dalam hati, jangan sampai menyimpan kesan ini di dalam alayavijnana (gudang kesadaran).  

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 Mei 2010

大勢至菩薩講的這個念佛方法,一點都不錯,「都攝六根」。都攝六根就是放下萬緣,眼所見的放下,不放在心上,耳所聞的也不放在心上,六根接觸六塵境界都不要向心裡面放,這叫都攝六根。不是叫你不看、不聽,不是這個意思。我們凡夫見聞覺知都放在心裡頭,一放在心裡頭,心裡頭立刻就起了分別執著,心就被染污了。要學的是什麼?視而不見,聽而不聞,也就是說,決定不要用心意識,那就跟菩薩沒有兩樣。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三十四集)  2010/5/9