Pada era
berakhirnya Dharma Buddha Sakyamuni, sekarang banyak desas-desus yang
mengatakan bahwa Bodhisattva Maitreya telah mencapai KeBuddhaan, dan akan turun
ke dunia untuk menyelamatkan para makhluk.
Ini adalah ucapan
yang menyesatkan orang banyak, sesungguhnya tidak ada hal begini, Buddha
Sakyamuni menyampaikan dengan jelas di dalam sutra, kapan Bodhisattva Maitreya
akan lahir dan mencapai KeBuddhaan di dunia ini? Empat ribu tahun lagi, empat
ribu tahun ini adalah dihitung berdasarkan waktu di Surga Tusita.
Bodhisattva
Maitreya berdiam di Surga Tusita, usia penghuni Surga Tusita adalah 4000 tahun,
1 hari di Surga Tusita adalah sama dengan 400 tahun waktu di Alam Manusia.
Andaikata usia
manusia dapat mencapai 100 tahun, sehari di Surga Tusita juga adalah 24 jam,
maka para penghuni Surga Tusita melihat usia manusia cuma seberapa lama? Cuma 6
jam saja.
Enam jam waktu di
Surga Tusita, tapi di Alam Manusia adalah seratus tahun, perbedaannya sangat
besar.
Jadi menurut
perhitungan waktu di Alam Manusia, Bodhisattva Maitreya akan lahir ke dunia 5,76
miliar tahun lagi (sumber lainnya mengatakan 5,67 miliar tahun). Waktu yang
sangat panjang sekali.
Selama kurun waktu
yang panjang ini, andaikata tidak ada Buddha yang muncul di dunia, maka akan
sangat menyedihkan sekali, namun Buddha dan Bodhisattva sangat ber-Maitri
Karuna, walaupun Buddha Sakyamuni telah memasuki Parinirvana, namun Dharma-Nya akan
berlangsung selama 12 ribu tahun di dunia ini.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 4 Agustus 2010
世尊末法時期,現在社會上就有很多謠傳,說彌勒菩薩已經成佛,要到這個世間來度化眾生。這是妖言惑眾,根本沒這回事情,佛在經上講得很清楚,彌勒菩薩什麼時候到我們世間來成佛?前面我們讀過,四千年之後,這個四千年是兜率天的四千年,不是我們人間四千年。彌勒菩薩現在在兜率天,兜率天的壽命是四千年,兜率天跟我們這個世間時差很大,現在講時差,他那邊的一天是我們人間四百年。如果說我們世間人,人的壽命很長,活到一百歲,假如兜率天也是一天二十四小時,用兜率天的時間來算,那才活了多少鐘點?六個小時。他六個小時,我們這裡一百年,這時差很大。換算成我們地球這個時間,是五十七億六千萬年,五十七億!時間還長咧,很長很長。這個世間要是沒有佛出世就非常可憐,五十七億六千萬年,我算錯了。可是佛菩薩非常慈悲,在沒有佛出世,現在雖然是釋迦牟尼佛滅度了,但是他的影響力,就是他老人家的法運,一萬二千年。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第九十五集) 2010/8/4
Meskipun Buddha Sakyamuni tidak berada di dunia lagi, namun sutra
masih ada, di dalam sutra Mahayana tercantum bahwa di manapun sutra berada maka
juga merupakan keberadaan Dharmakaya Tathagata.
Sang Buddha menggunakan ajaran sutra untuk membimbing para makhluk,
sedangkan hal lainnya hanya berupa kenangan semata, contohnya sarira atau relik
Buddha, hanyalah berupa kenangan semata.
Berapa banyak pun anda memandang relik Buddha, berapa banyak pun anda
bernamaskara padanya, anda juga takkan mencapai pencerahan, anda juga takkan
mencapai KeBuddhaan.
Apabila kita ingin mencapai pencerahan, ingin mencapai KeBuddhaan, tetap
saja mesti menuruti ajaran sutra dan serius melatih diri. Inilah yang dimaksud
dengan Dharma Sejati (Saddharma) dan bukan kepercayaan takhayul, kebenaran ini
mesti dipahami.
Jadi pada era berakhirnya Dharma, apa yang diajarkan Bodhisattva
Maitreya kepada kita semuanya? Melafal Amituofo, bertekad terlahir ke Tanah
Suci Buddha Amitabha, inilah yang diajarkan oleh Bodhisattva Maitreya kepada
kita semuanya.
Makna ini mesti dipahami, kalau tidak tahu memahaminya maka Sutra
Usia Tanpa Batas Bab 32 dan selanjutnya, jadi tiada bermakna lagi. Jadi kita
mesti memahami mengapa di dalam Sutra Usia Tanpa Batas mulai Bab 32 dan
seterusnya, Bodhisattva Maitreya mewakili hadirin bertanya di dalam sutra.
Jadi bukan hanya untuk waktu sekarang Bodhisattva Maitreya
mengajarkan kita melafal Amituofo bertekad terlahir ke Alam Sukhavati, namun
juga pada masa yang akan datang, 5,76 miliar tahun kemudian, Beliau akan lahir
dan mencapai KeBuddhaan di dunia ini, Bodhisattva Maitreya tetap membabarkan
Sutra Usia Tanpa Batas dan menyebarluaskan Ajaran Sukhavati, menasehati semua
makhluk supaya melafal Amituofo bertekad terlahir di Negeri Buddha Amitabha.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 4 Agustus 2010
所以,佛雖然不在世了,經典在,大乘經上告訴我們,經典所在之處就是如來法身所在之處。佛是用經教度眾生,其他的那屬於紀念,譬如佛的舍利、佛的指骨,這都是一種紀念。你看得再多,拜它拜得再多,你也開不了悟,你也成不了佛。我們想開悟、想成佛,還是要依照經典的教誨認真來修行。這是正法,這不是迷信,這個道理要懂。彌勒當機這個意思就是說,末法時期,彌勒菩薩教我們什麼法門?教我們念佛,教我們求生彌陀淨土,不是彌勒淨土。這個意思要懂,如果不懂這個意思,這個經後面,三十二品以後彌勒當機就沒意義了。所以我們要懂得,要能體會得到佛表法的意思。不但彌勒菩薩現在教我們要念阿彌陀佛求生淨土,彌勒菩薩將來,也就是說五十七億六千萬年之後,他到這個世間來成佛,還是會講這部經,還是宣揚淨土,勸導大家念佛求生西方極樂世界。這個表法才圓滿,要不然他表法有什麼意思?看經像這些地方要細心,不可以粗枝大葉看過去。所以這個地方特別提醒我們。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第九十五集) 2010/8/4
Di dalam Bab 46 Sutra Usia Tanpa Batas, Buddha Sakyamuni berpesan pada
Bodhisattva Maitreya : “Kini
Saya telah membabarkan Dharma pelafalan Amituofo yang agung dan menakjubkan
ini, menuruti sebagaimana mestinya. Semua Buddha di sepuluh penjuru serentak
memberikan pujian. Kini Saya menyerahkan beban tanggung jawab ini kepada anda
semuanya, semoga kalian dapat mengerahkan segenap kemampuan untuk melindungi
sutra ini, melatih diri sesuai ajaran, membabarkan kepada orang lain, memberi
manfaat kepada semua makhluk”.
Inilah
pesan Buddha Sakyamuni kepada Bodhisattva Maitreya, supaya melindungi Pintu
Dharma Pelafalan Amituofo, mempertahankan Pintu Dharma ini agar tetap
berlangsung di dunia ini.
“Bodhisattva
Maitreya menerima, meyakini dan mengamalkan ajaran yang disampaikan Buddha
Sakyamuni, menyebarluaskan dan mendukung Sutra Usia Tanpa Batas”, jadi
Bodhisattva Maitreya juga melafal Amituofo bertekad terlahir di Tanah Suci
Buddha Amitabha.
“Maka
itu kelak di kemudian hari pada Tiga Persamuan Nagapuspa, Bodhisattva Maitreya
pasti membabarkan Sutra Usia Tanpa Batas”, oleh karena Bodhisattva Maitreya
telah menerima pesan dari Buddha Sakyamuni, mengemban tanggung jawab ini,
makanya pada persamuan DharmaNya kelak, yakni di dalam Tiga Persamuan
Nagapuspa, Bodhisattva Maitreya pasti membabarkan Sutra Usia Tanpa Batas.
Buddha
Sakyamuni sendiri membabarkan Sutra Usia Tanpa Batas tidak hanya se-kali saja,
namun berulang kali, sehingga kita dapat membayangkan kelak ketika Bodhisattva
Maitreya membabarkan Dharma di dunia ini, Beliau hanya memiliki tiga persamuan
Dharma, tidak serupa dengan Buddha Sakyamuni yang memiliki lebih dari 300
persamuan Dharma.
Jadi
kita memiliki alasan yang kuat bahwa di dalam Tiga Persamuan Nagapuspa, dalam setiap
persamuan, Bodhisattva Maitreya pasti membabarkan Sutra Usia Tanpa Batas,
menyebarluaskan Pintu Dharma Pelafalan Amituofo, barulah tidak menyia-nyiakan pesan
yang telah disampaikan oleh Buddha Sakyamuni kepada dirinya.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 4 Agustus 2010
再看,「第四十六品,佛咐囑彌勒大士曰:我今如理宣說如是廣大微妙法門」,這就是指這部經,「一切諸佛之所稱讚」,在這裡我們看到,十方一切諸佛如來讚歎釋迦牟尼佛宣揚這個法門,勸導大眾念佛求生淨土,「咐囑汝等作大守護,當令是法久住不滅」,這是釋迦牟尼佛囑咐,也就是交代彌勒菩薩,你要護持這個法門,要叫這個法門久住世間,久住不滅。「彌勒承佛咐囑,宏持是經」,宏是宏揚,持是依教奉行,彌勒菩薩也念阿彌陀佛求生淨土。「是故大士,不但當來龍華會上必說此經」,他是接受釋迦牟尼佛囑咐的,龍華三會怎麼能不講這個經?釋迦牟尼佛對於這部經是多次宣說,我們就能想像得到,將來彌勒菩薩出現於世,他只有三會,不像世尊,世尊是三百多會,他只有三會。我們有理由相信,他每一會都會講這部經,都會宣揚這個法門,才不辜負釋迦牟尼佛的付託。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第九十五集) 2010/8/4