Kamis, 25 April 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 8 Agustus 2010 (Bgn 1)


Manusia harus belajar jadi orang baik terlebih dulu, barulah dapat belajar Ajaran Buddha, jadi syarat belajar Buddha Dharma adalah terlebih dulu belajarlah berperilaku baik.

Begitu buku sutra dibuka, Buddha Sakyamuni selalu menyapa “Putra berbudi dan putri berbudi”,  jadi kita harus menjadi putra berbudi dan putri berbudi, apa standarnya? Yakni mengamalkan Sepuluh Kebajikan.

Jadi setelah mengamalkan Sepuluh Kebajikan, barulah anda dapat melangkah memasuki pintu Buddha.

Setelah memasuki pintu Buddha, langkah pertama adalah mengambil Visudhi Trisarana. Sekarang kita telah mengambil Visudhi Trisarana, juga telah mengambil Lima Sila, bahkan banyak praktisi yang juga mengambil Sila Bodhisattva, apakah benar adanya?

Dalam hati kita sangat jelas, itu cuma formalitas belaka, apa alasannya? Tidak sanggup mengamalkannya. Cuma ada ritualnya tapi tidak ada spiritualnya.  

Lantas kalau sudah tahu cuma formalitas belaka, kenapa kita masih mengikuti tata upacaranya? Guru sesepuh bilang, meskipun cuma ecek-ecek, namun kita juga harus mengambil silanya, oleh karena setelah mengambil sila, kita akan senantiasa teringat untuk belajar dengan serius.

Kalau tidak mengambil sila, anda tidak memiliki pemikiran untuk lebih mendisiplinkan diri; jadi ini juga ada bagusnya, lebih baik daripada tidak mengambil sila sama sekali.

Tetapi janganlah malah membanggakan diri, saya telah mengambil Visudhi Trisarana, saya telah mengambil Lima Sila, ini namanya berdusta, oleh karena anda tidak sanggup mengamalkannya.

Bagaimana pun juga mesti belajar untuk sanggup mengamalkannya, berdaya upaya guna mewujudkannya. Maka itu Buddha Dharma menekankan pada spiritual dan bukan pada ritual.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 8 Agustus 2010

人學好了才能夠學佛,學佛的條件是把人學好。經本上一打開,佛常常喊著「善男子善女人」,我們真正把這個善字做到,這個善就是十善業道,十善業道真正做到,你才能入佛門。入佛門首先接受三皈五戒,那我們現在也受了三皈,也受了五戒,還有很多同修都受了菩薩戒,是真的嗎?我們心裡要有數,不是真的,為什麼?沒有做到。天台大師講的六即,我們是名字即佛,就是有名無實,有受過三皈的名,沒有三皈的實質,全是假的,這不能不知道。假的為什麼還要去受?祖師大德告訴我們,假的可以受,受了之後,常常你記得我已經皈依三寶,我已經受了五戒,我要認真學習,它會常常提醒你。沒有受,你不會有這個概念;受了之後,常常提醒,有這個好處,比不受好。可是受了,千萬不要以為我已經是三寶弟子,我受了,受了三皈五戒,這叫大妄語,這有罪過的,你沒做到。受了之後要認真努力去做,一定要把它做到,這才好。所以佛法重實質不重形式。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一0二集)  2010/8/8




 

Ketika menjadi praktisi pemula, saya mengenal Master Zhangjia, saya belajar padanya selama tiga tahun, sepertinya tahun ketiga saya baru mengambil Visudhi Trisarana. Dua tahun sebelumnya, banyak orang yang mengkritik diriku, “Kamu ini mengikuti Master Zhangjia belajar, tapi tidak mengambil Visudhi, mana boleh begitu?”

Master Zhangjia begitu berwelas asih, walaupun saya belum mengambil Visudhi, namun Master tetap membimbing diriku. Tiap minggu meluangkan waktu 2 jam untuk membimbingku. Meskipun saya belum mengambil Visudhi secara formal, namun dalam kenyataannya, saya patuh pada perkataan guru.

Bagaimana guru mengajar, bagaimana pula saya menerima dan mengamalkannya, begini barulah dinamakan Visudhi Trisarana, secara formalitas tidak ada, namun kenyataannya ada.

Buddha Sakyamuni mengajarkan pada kita, “Dengan sila sebagai guru, dengan derita sebagai guru”, jangan takut hidup susah, hal ini lebih penting dari segalanya.

Dapat bersabar menahan derita, dengan demikian dalam menghadapi segala cobaan, pendirianmu takkan goyah, takkan diputar oleh kondisi luar.

Praktisi yang mengalami kegagalan, alasannya tak lain adalah karena diputar oleh kondisi luar, tidak sanggup hidup susah dan menahan derita, tidak sanggup menahan godaan ketenaran dan keuntungan, makanya mengalami kemerosotan batin.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 8 Agustus 2010

我初學佛的時候認識章嘉大師,沒有皈依,我跟他三年,好像第三年才皈依,前兩年都沒有皈依。以後有很多人,「你常常跟他老人家在一起,你不皈依怎麼可以?」好像說不過去了,在大師面前皈依,受三皈。這是大師非常慈悲,沒皈依,也肯熱心的教誨,每個星期給我兩個小時,很不容易。可是我們雖然沒有形式上皈依,實質上是真有,聽話!老師怎麼教,我們都能接受,都肯依教奉行,這就是真的皈依,形式沒有,真的皈依是有。這都叫「行權方便,入佛法藏」,一定要入,一定要跟佛學。佛教我們兩句話,永遠記住,永遠要去做,「以戒為師,以苦為師」,不怕吃苦,這個比什麼都重要。能吃苦,你在一切境界當中不會動搖,不會被外面境界所轉。凡是學佛終究失敗了、墮落了、被環境所轉了,實在話就是不能吃苦,受不了外面境界名聞利養的誘惑,這才失敗。所以佛這兩條教訓多麼重要!

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一0二集)  2010/8/8





 
 
Dari mana kita harus memulai belajar “Sepuluh Kebajikan”? Yakni dari “Di Zi Gui”, “Risalah Balasan dan Ganjaran Setimpal”, dengan demikian barulah anda dapat mengamalkan “Sepuluh Kebajikan”.  

Di dalam Buddha Dharma terdapat metode yang istimewa yakni “Sutra Usia Tanpa Batas”. Asalkan kita memiliki landasan ini, maka dapat terlahir ke Alam Sukhavati.

Dengan menanam tiga akar (Di Zi Gui, Risalah Balasan dan Ganjaran Setimpal, Sepuluh Kebajikan), dengan menuruti kebenaran yang tercantum di dalam “Sutra Usia Tanpa Batas”, untuk bertekad terlahir ke Alam Sukhavati, maka setiap insan pasti meraih keberhasilan.  

Setelah mengamalkannya barulah disebut telah memasuki pusaka Buddha Dharma, lantas bagaimana kalau kita hanya sanggup mengamalkannya sedikit saja? Jangan takut, ada pemberkatan kewibawaan tekad Buddha Amitabha, membaca “Sutra Usia Tanpa Batas”, inilah wujud pemberkatan dari Buddha Amitabha.

Setiap hari anda membaca satu buku “Sutra Usia Tanpa Batas”, maka anda telah memperoleh satu kali pemberkatan dari Buddha Amitabha, tiap hari anda membacanya maka tiap hari pula memperoleh pemberkatanNya.

Tiap hari mendengar ceramah, memahami kebenaran, maka anda juga telah memperoleh pemberkatan, dengan demikian tidak ada alasan tidak dapat terlahir ke Alam Sukhavati.
 
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 8 Agustus 2010

Penjelasan Di Zi Gui :

Risalah Balasan dan Ganjaran Setimpal :


我們十善業從哪裡學起?最近這些年來,我們常常提醒同學,也提醒自己,落實《弟子規》、落實《感應篇》,就是真正在學《十善業道》。如果要問,《十善業道》怎麼個學法?你就告訴他,認真學《弟子規》、學《感應篇》,就是學《十善業道》。這兩樣東西成就了,《十善業道》你就圓滿。佛法裡真的有個特別法門,這就是《無量壽經》,淨宗法門。我們只要有這個基礎就能往生,也就是說,有儒釋道這三個根,這三個根真的紮下去了,我們依照《無量壽經》的理論方法求生西方極樂世界,肯定成就,到了西方極樂世界就究竟彼岸了。所以這句話在此地說的不是假話。入佛法藏,我們在日常生活當中,一定要把儒釋道三個根做出來,你就入佛法藏。入得淺,不怕,有阿彌陀佛本願威神的加持,這個加持就是《無量壽經》。你每天把《無量壽經》從頭到尾念一遍,就是阿彌陀佛加持你一次;你天天念,天天加持你。天天聽講,裡面道理都搞清楚、搞明白了,你得到圓滿的加持,哪有不往生的道理!

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一0二集)  2010/8/8