Sabtu, 20 April 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 1 Agustus 2010 (Bgn 6)


Di dalam “Sutra Altar” tercantum bagaimana guru sesepuh aliran Zen yang ke-6, Master Huineng ketika menyelenggarakan Upacara Visudhi Trisarana, beliau menasehati umat Buddha supaya berlindung pada pencerahan, kebenaran dan kesucian, jadi beliau tidak mengucapkan berlindung pada Buddha, Dharma dan Sangha. Mengapa demikian?

Kami dapat membayangkannya, oleh karena pada era Master Huineng, Buddha Dharma tersebar ke Tiongkok sudah sekitar 700 tahun lamanya, waktu yang panjang sekali, maka itu kian lama kian kabur makna-nya.

Sebagian orang jadi salah paham pada Buddha Dharma, sehingga ketika mengucapkan aku berlindung pada Buddha, dia langsung terpikir pada rupang Buddha; berlindung pada Dharma, dia langsung terpikir pada buku sutra; berlindung pada Sangha, dia langsung terpikir pada anggota Sangha.

Kalau anda mengambil Visudhi Trisarana dengan cara demikian, maka ini sudah keliru, Visudhi Trisarana bukan begitu maknanya.

Maka itu Master Huineng tidak mengucapkan berlindung pada Buddha, Dharma dan Sangha, tetapi beliau mengucapkan berlindung pada pencerahan, kebenaran dan kesucian, barulah kemudian menjelaskan padamu, Buddha bermakna tercerahkan, tercerahkan dan tidak takhayul, inilah makna dari berlindung pada Buddha.

Benar dan tidak sesat, memiliki pengetahuan benar dan pandangan benar, menjauhi pengetahuan sesat dan pandangan sesat, inilah makna dari berlindung pada Dharma.

Enam akar atau enam indra (mata, telinga, hidung, lidah, tubuh dan pikiran) tersucikan, tak ternoda oleh setitik debu batin pun, inilah yang dimaksud dengan berlindung pada Sangha.

Dengan demikian barulah anda telah mengambil Visudhi Trisarana secara benar.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 1 Agustus 2010

尤其在《六祖壇經》裡面,這禪宗的第六代祖師惠能大師,他說得簡單、說得清楚、說得明白,他給人傳授皈依,教人皈依覺、皈依正、皈依淨,他不說佛法僧。為什麼?我們能想像得到,他那個時候佛法傳到中國,大概有七百多年這麼長的時間,所以愈傳愈訛。一般人對佛法產生誤會,提到皈依佛,就會想到泥塑木雕的佛像;皈依法,馬上就想到經典;皈依僧,就想到出家人。你這樣皈依就錯了,皈依不是這個意思。

所以他不用佛法僧,他用覺正淨,然後再給你解釋,佛者覺也,佛是覺的意思,覺而不迷就是皈依佛,你看看這哪有迷信;正而不邪,正知正見,不是邪知邪見,這叫皈依法;六根清淨,一塵不染,這叫皈依僧,這個意思。所以佛是自性覺,法是自性正,僧是自性淨,講的是自性三寶,不是外頭的,這你才真正皈依了。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第九十三集)  2010/8/1