Minggu, 28 April 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 11 Agustus 2010 (Bgn 1)


Kita berniat belajar Buddha Dharma, sebaiknya dari mana memulainya? Dari keharmonisan. Orang lain tidak akur denganku, namun saya tetap harus akur dengannya, begini barulah dapat menyelesaikan masalah.

Orang lain tidak akur denganku, bila saya juga membalasnya dengan sentimen negatif, maka masalah bukan saja tidak bisa selesai, malah akan mengikat permusuhan.

Setelah permusuhan dijalin, maka kelahiran demi kelahiran saling balas membalas, tiada usainya, penderitaan ini tak terungkapkan dengan kata-kata. Kesengsaraan ini bukan saja dialami satu pihak saja, tetapi kedua belah pihak juga menderita, jadi buat apa!

Andaikata kita dapat menahan diri dan sabar sedikit, maka kedua belah pihak pasti memperoleh manfaat, saya tidak punya beban pikiran, anda juga takkan murka, ini namanya win-win solution (solusi menang-menang).

Maka itu, Buddha dan Bodhisattva mengajari kita supaya jangan berseteru dengan orang lain, senantiasa belajar bersabar dan mengalah. Insan suci dan bijak zaman dulu menyampaikan pada kita bahwa menderita kerugian adalah berkah, orang yang ikhlas dirugikan adalah orang yang berberkah.

Sesungguhnya kehidupan ini sungguh adil, di dunia ini tidak ada orang yang rugi juga tidak ada orang yang untung. Orang yang dirugikan akan menerima berkah, sebaliknya orang yang mengambil keuntungan dari orang lain dibuntuti petaka.

Sesungguhnya tidak ada keuntungan yang bisa kita peroleh, juga tidak ada kerugian yang kita derita.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 11 Agustus 2010

我們現在是凡夫,學佛是起步,從哪裡學起?從和學起。別人跟我不和,我們要跟他和睦,這才是解決問題之道。別人跟我不和,我要跟他對抗,這個問題就嚴重了,這結冤仇。冤仇結下之後,冤冤相報,生生世世沒完沒了,那真叫苦不堪言。痛苦不是一方,雙方都痛苦,那又何必!我們能忍一忍,雙方都得好處,我也無煩惱,你也沒有災害,真的叫雙贏。所以古聖先賢、諸佛菩薩教導我們,不能跟人衝突,處處要學忍讓。古人告訴我們吃虧是福,吃虧的人沒錯,吃虧的人不吃虧,佔便宜的人有災難,他真的沒有佔到便宜,吃虧的人真佔到便宜了,這個道理很深。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一0八集)  2010/8/11


 

 

Buddha Sakyamuni selalu mengingatkan diri kita di dalam sutra, agar  senantiasa dapat bersabar dan mengalah, jangan berebutan dengan orang lain, hati mestilah selapang lautan luas dan angkasa yang tak bertepi, tak peduli berada di manapun juga, senantiasa bebas tanpa rintangan, mengapa tidak bersedia mengalah?

Andaikata dia mau merebut dan menguasai tempat hunian kita, maka kita mengalah saja, masih banyak tempat lain yang bisa kita huni bukan? Apa alasannya? Oleh karena mengalah merupakan kebajikan yang mengalir dari dalam jiwa sejati, terjalin dengan Jiwa KeBuddhaan, maka tempat yang akan anda tuju kelak pasti akan lebih baik daripada yang sekarang ini.

Kalau dia bersikukuh memperebutkannya, walaupun dia berhasil mendapatkannya, namun di kemudian hari kalau bukan jatuh sakit pasti akan ditimpa musibah, hari-harinya pasti dilewati tanpa ketenangan.

Buddha dan Bodhisattva menyampaikan ajaran kebenaran kepada kita, kita harus tahu berterimakasih padaNya, hendaknya mengamalkan sesuai dengan apa yang tercantum di dalam ajaran sutra.

Kemudian menyebarluaskan ajaran kebenaran ini, dengan apa kita menyebarluaskannya? Yakni memberi teladan dengan pengamalan yang nyata.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 11 Agustus 2010


佛在經上常常提示我們、教導我們,處處忍、處處讓,不要跟人爭,海闊天空,無論到什麼地方都自在,為什麼不肯讓?他要這個地球,咱們就讓開、就讓他,這宇宙當中星球太多了,找一個比地球更殊勝的地方去住,肯定有。為什麼?因為你讓,讓是性德,與性德相應,你去處愈去愈好。爭得來的不是好事情,縱然他完全得到,他後頭不是生病就是災難,日子還是不好過。古聖先賢、佛菩薩教給我們正道,我們不能不感恩,不可以不依教奉行。宣是示,宣是宣揚,用什麼方法宣揚?做出樣子來給我們看,我們要能學會。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一0八集)  2010/8/11


 

 
 
Rekan-rekan praktisi yang sudah lama mengikutiku, pasti mengetahui bahwa saya pernah mengalah sebanyak tiga kali. Tempo dulu di Taiwan, kami memiliki sebuah vihara mungil, ada orang yang ingin merebutnya, saya mengalah dan menyerahkan padanya, kemudian saya pindah ke Singapura.

Kami juga pernah memiliki vihara di Amerika, juga ada orang yang menghendakinya, kami mengalah dan menyerahkan padanya; kami menetap di Singapura tiga tahun lamanya, umat dari berbagai wilayah membantu kami membeli sebuah apartemen, namun ada orang yang menginginkan kami angkat kaki dari Singapura, kami juga mengalah dan beranjak pergi dari Singapura, apartemennya juga kami serahkan, dengan senang hati.

Kemudian kami bermigrasi ke Australia, lahan tanah di sana harganya murah, oleh karena jumlah penduduknya sedikit, sementara wilayahnya begitu luas.

Kami semakin mengalah semakin unggul, semakin mengalah semakin terasa bebas, semakin mengalah semakin bahagia. Buddha dan Bodhisattva mengajari kita supaya mengalah, di dalamnya ada kebahagiaan yang tak terhingga, hanya orang yang dapat mengalah yang dapat mencicipi kebahagiaan ini.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 11 Agustus 2010

我這一生,很多同學跟著我的、看到我的,我讓了三次。在台灣,我們有個小道場,不大,有人想要,送給他,我們到新加坡;在美國也有道場,也有人要,送他,想要都給他;在新加坡住了三年,各地同修幫助我們買下一棟公寓房子,大概一千多萬,有人希望我們離開新加坡,我們就離開了,都贈送了,歡歡喜喜,我們移民到澳洲,到澳洲快快樂樂。澳洲的土地很便宜,土地不值錢,澳洲人太少了、土地太大了。我們愈讓愈殊勝,愈讓愈自在,愈讓愈快樂。老祖宗、佛菩薩教我們忍讓,這有無窮的樂趣在裡頭,沒人知道,你能依教奉行,你就能嘗到。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一0八集)  2010/8/11