Selasa, 16 Oktober 2018

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 28 Mei 2010


Buddha Sakyamuni membabarkan pada kita, Alam Sukhavati merupakan tempat berkumpulnya insan berkebajikan tertinggi. Andaikata kita berniat terlahir ke Alam Sukhavati, maka anda mesti berhati baik, kalau tidak berhati baik, anda bakal gagal ke sana, Buddha Amitabha tidak bisa disogok, jadi apapun alasannya, kembali mengandalkan sebutir hati yang baik.

Maka itu begitu buku sutra dibuka, anda akan membaca kalimat “Putra berbudi dan putri berbudi”, jadi kalau anda bukan putra berbudi atau putri berbudi, yah tidak bisa ke sana.

Lantas apa patokan sebagai putra berbudi atau putri berbudi? Standarnya adalah Sepuluh Kebajikan. Apa itu Sepuluh Kebajikan? Saya katakan pada anda sekalian, “Di Zi Gui” adalah jabaran dari Sepuluh Kebajikan.

Anda sanggup mengamalkan “Di Zi Gui” dan “Risalah Balasan dan Ganjaran Setimpal”, maka anda adalah putra berbudi atau putri berbudi, anda melafal Amituofo pasti terlahir ke Alam Sukhavati. Mengapa demikian? Anda telah memenuhi syarat sebagai penduduk Alam Sukhavati.

Sebaliknya kalau tidak sanggup mengamalkan “Di Zi Gui” dan “Risalah Balasan dan Ganjaran Setimpal”, bahkan masih hobi melanggarnya, walaupun melafal Amituofo, namun saat menjelang ajal, Buddha Amitabha takkan datang menjemputmu. Mengapa demikian?

Buddha Amitabha juga takut anda membawa serta kekotoran batin dan tabiat burukmu ke Alam Sukhavati, sehingga ketenteraman di sana jadi terganggu, pengawasan di sana begitu ketat, makanya orang yang berniat buruk dan berbuat jahat takkan diijinkan masuk ke sana.

Oleh karena itu, praktisi yang melafal Amituofo itu jumlahnya banyak, namun yang berhasil justru sedikit jumlahnya, alasannya terletak di sini.
  
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 28 Mei 2010

釋迦牟尼佛給我們介紹,那個地方的居民皆是上善俱會一處,不但是善,善到極處,上善之人俱會一處。所以我們要想往生到極樂世界,那你得有善心,你沒有善心去不了,阿彌陀佛沒法子賄賂,那你去要憑真正上善。所以經典一打開,你看「善男子善女人」,你不是善男子善女人,你就去不了。善有沒有標準?有標準,十善業道。十善業道怎麼學?給諸位說,《弟子規》就是十善業道。十善只講十條,《弟子規》裡面講得多,講得很詳細,你能把《弟子規》落實、把《太上感應篇》落實,你就是善男子善女人,你念佛肯定往生。為什麼?你具備了它的條件。如果《弟子規》、《感應篇》你沒有做到,你還常常犯過失,念佛也不行,念佛臨命終時阿彌陀佛也不會來接你。你想想為什麼?怕你把煩惱習氣帶到極樂世界,把極樂世界破壞了,人家防得很嚴,心行不清淨是決定不能到極樂世界去。所以念佛的人很多,往生的人不多,原因在此地。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五十二集)  2010/5/28




 

Apakah berdoa itu bisa efektif? Tentu saja, tetapi tidak menyelesaikan hingga ke akar permasalahan. Bencana yang ada di depan mata sesungguhnya dapat diurai, bencana besar jadi bencana kecil, bencana kecil jadi sirna.

Ketika doa dipanjatkan, bencana jadi reda, tetapi ketika doa dihentikan, bencana muncul lagi, jadi solusinya adalah menyelesaikan akar permasalahan-nya. Bagaimana caranya?

Yakni memberikan ceramah Dharma setiap harinya, agar semua orang dapat tercerahkan, setiap hari belajar Dharma, kita akan memperoleh kehidupan manusia yang bahagia.

Leluhur kita begitu memahami hal ini, sebelum Ajaran Buddha memasuki Tiongkok, leluhur sudah mengatakan bahwa “Dalam membangun negara dan menata masyarakat, pendidikan kesusilaan mesti diutamakan”.

Sejak jaman dahulu kala, Bangsa Tiongkok sangat menjunjung tinggi pendidikan kesusilaan, sejak berada dalam kandungan ibunda, janin sudah mulai belajar, maka itu pendidikan moral sudah harus mulai diterapkan pada usia janin.

Mengapa dikatakan sejak berada dalam kandungan ibunda, janin sudah mulai belajar? Hal ini diketahui ketika seorang Psikiater mengobati pasiennya dengan cara hipnotis, dalam kondisi terhipnotis, pasien ini kembali ke masa janin di kandungan ibundanya, lalu Psikiater bertanya apa yang dirasakannya, pasien ini dapat menjawabnya.

Dari sini dapat diketahui bahwa sewaktu berada dalam kandungan ibunda, janin sudah mulai mampu mengenali, perasaan emosional ibunda, ucapan dan tindakan ibunda dapat mempengaruhi si janin. Dengan demikian barulah kita menyadari mengapa Bangsa Tiongkok begitu menitikberatkan pendidikan moral sejak usia janin. `

Begitu bayi lahir ke dunia, perlahan matanya mulai terbuka, dia dapat melihat dan mendengar, dia mulai belajar. Makanya orang Tiongkok memandang berat pada pendidikan anak 3 tahun pertama, sejak lahir hingga usia anak 3 tahun, seribu hari, pendidikan moral harus ditanamkan hingga mengakar dengan kokoh, selama seribu hari tersebut harus menjaganya dengan seksama.

Segala hal yang berbau negatif jangan sampai dilihat atau didengarnya, Ayahbunda harus menjaganya dengan baik. Ayahbunda saat berbicara maupun bertindak harus sesuai dengan tata krama, oleh karena si bayi sedang belajar dan meniru.

Maka itu diantara empat peradaban kuno di dunia, tiga sudah musnah, sisa satu-satunya yang masih bertahan adalah Kebudayaan Tionghoa, semua ini dikarenakan pendidikan kesusilaan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 28 Mei 2010

祈禱有沒有效?有效,但是那是治標,不是治本。眼前的災難確實能化解,大災難化成小災難,小災難就沒有了,真有效果。可是不祈禱的時候,他毛病又出來了,所以它不是治本。治本是什麼?佛法講的治本,治本是講經教學,天天講,讓大家覺悟,天天學習,我們能夠真正獲得幸福美滿的人生。我們中國老祖宗懂得,這佛教沒到中國來之前,中國老祖宗就知道,「建國君民,教學為先」。古時候中國人最重視教育,教育從哪裡開始?從胎教開始。母親懷孕的時候,那個胎兒在胎胞裡面還沒有出世,他已經在學習。這樁事情被現代人發現了,西方這些心理醫生用催眠的這種手段,讓一個人回到在母親胎胞的時候,問他那個感覺,他都能說出來。所以這才曉得,他在胎胞裡面的時候都有知覺。母親的情緒、動作、言談舉止對他都有影響,對嬰兒都有影響。這才真正肯定,中國人的這種胎教大有道理在。小孩從一出生,他睜開眼睛,他就會看,他就會聽,他已經在學習。所以中國從前重視紮根教育,小孩子從出生到三歲,這一千天,這紮根教育,這一千天當中,非常小心去照顧他。所有一切不善的事情,不能讓他聽到、不能讓他看到、不能讓他接觸到,父母要把他看好。父母在他面前言談舉止都要規規矩矩,要合理,為什麼?他在學。所以中國這個民族,五千年的歷史,五千年來長治久安,這個民族是有智慧,有德行。世界上四大文明古國三個都沒有了,唯獨中國還存在,什麼道理?教育,懂得教育。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五十二集)  2010/5/28





 
 
Dalam masyarakat masa kini, saya melihat Ajaran Buddha telah berkembang menjadi 6 jenis, yakni yang pertama adalah Ajaran Buddha Sakyamuni yang murni, yakni yang berupa pendidikan; yang kedua adalah Ajaran Buddha yang berubah jadi kepercayaan, ini sangat banyak dan sudah umum; yang ketiga adalah Ajaran Buddha yang telah berubah jadi ilmu pengetahuan, ini banyak dijumpai di perguruan tinggi, saya sendiri tempo dulu pernah jadi dosen selama 5 tahun.

Yang keempat lebih canggih lagi, Ajaran Buddha sudah berubah jadi objek wisata, di Tiongkok banyak dijumpai hal begini; yang kelima, Ajaran Buddha berubah jadi lahan bisnis, ada pusat dan cabang-cabangnya, mengelola vihara dengan sistem bisnis, bahkan kabarnya ada yang sudah go public dan terdaftar di pasar saham; yang terakhir adalah Ajaran Buddha yang sudah berubah jadi aliran sesat.

Jadi mana yang merupakan pilihanmu? Yang penting adalah harus jelas terlebih dulu, jangan asal pilih, kalau tidak, bisa jadi anda memeluk kepercayaan takhayul.

Kembali melihat vihara mungil kita, walaupun mungil, namun kita menaati aturan, menjalankannya sebagai vihara tempat pendidikan Ajaran Buddha. Kini sulit ditemukan vihara yang merupakan tempat pendidikan Ajaran Buddha, maka itu kita mesti merintisnya, menghasilkan prestasi supaya orang lain juga ikut terpengaruh, perlahan kita mempromosikan gerakan ini, agar Ajaran Buddha kembali pada fungsinya yakni pendidikan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 28 Mei 2010

現前在這個社會上,我看到的有六種不同的佛教,就是佛教形式。第一個,釋迦牟尼佛的教,我們繼承了,教育,佛陀的教育;第二個是宗教的佛教,這很多,很普遍;第三種,學術的佛教,我也曾經幹過,在大學裡面拿著佛經開課,叫佛經哲學,我記得我教了五年,學術的佛教。現在呢?現在還有旅遊的佛教,我在中國大陸看見,觀光旅遊的佛教;還有企業的佛教,開了很多連鎖的寺院,企業的方式來管理,聽說有的還上市;最後一種,邪教的佛教,就是這六種。你學佛,你學哪一種?總得搞清楚搞明白,要不然你迷信。

  說到這個地方,我們這個小道場,這個小道場是規規矩矩從事於教學的道場,這狹,一個教學道場。這個地球上佛教很多,佛教,全世界信佛的應該有六、七億的樣子,有這麼多信佛的人。可是現在真正走佛陀教育這個沒有了,我們要帶頭,我們要一個地方帶頭,做出成績出來,讓其他的道場到我們這裡來看、來學習,慢慢就推廣,把佛陀的教育復興起來,這就對了。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五十二集)  2010/5/28