Selasa, 11 September 2018

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 Mei 2010 (Bgn 1)


Perbuatan itu mencakup 3 jenis yaitu perbuatan yang dilakukan melalui pikiran, ucapan dan tubuh jasmani. Perbuatan baik menghasilkan buah akibat yang baik, antara lain jiwa raga yang sehat, keluarga yang harmonis, karir lancar, masyarakat sejahtera, dunia diliputi perdamaian, ini yang dapat dilihat dari cakupan yang kecil, sedangkan yang lebih luas adalah perbuatan kita dapat mempengaruhi lingkungan di sekitar kita termasuk rerumputan, bunga, pepohonan bahkan gunung, sungai dan alam semesta, mengapa demikian?

Di dalam Buddha Dharma Mahayana disebutkan bahwa “Rupa berubah mengikuti perubahan hati, lingkungan juga berubah menuruti perubahan hati”, “Segalanya tercipta dari hati dan pikiran”, para Buddha Tathagata membabarkan Dharma di seluruh penjuru alam tak terpisahkan dari dua kalimat ini. Bila kita telah memahami dua kalimat tersebut, maka masalah kita pun jadi selesai, segala persoalan alam semesta juga dapat terselesaikan, sungguh tak terbayangkan!

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 Mei 2010

行裡面包括三種,起心動念,這是意的行為;言語,是口的行為;身體一切動作,這是身的行為,行為再多,總不外乎身口意這三類。如果我們的思想言行發生錯誤,佛家,特別是大乘,標準是自性,也就是法性,與自性法性相應的,這是正確的,正當的行為;與性德相違背的,那就是錯誤的行為。正當的行為是健康的,對自己來講是身心健康,我們常講家庭和睦、事業順利、社會安定、世界和平,這是從近處來看,修正行為所得的好處;要從遠大的來看,我們的心行會影響我們周邊的環境,人事環境、物質環境,會影響花草樹木,會影響山河大地,會影響到整個宇宙。為什麼?大乘佛法裡頭有兩句話非常重要,那是最高的原則,是諸佛如來親證的,我們現在一般人講真理,諸佛如來親證的。這就是講,「相由心生,境隨心轉」,「一切法從心想生」,諸佛如來為一切眾生講經教學,無論是在此界他方,我們今天講的不同空間維次教化一切眾生,總離不開這兩句話。這兩句話如果我們參透了,真明白了,我們自己的問題解決了,宇宙之間問題也解決了,真不可思議!

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三十四集)  2010/5/9




 

Dimensi Ruang, menurut para pakar adalah tak terhitung jumlahnya, tak terhingga dan tanpa batas, asalkan anda mampu memecahkannya. Para ilmuwan tidak tahu dari mana ruang dimensi ini berasal, Buddha mengetahuinya, yakni muncul dari khayalan, perbedaan dan kemelekatan.

Apabila khayalan, perbedaan dan kemelekatan telah dilenyapkan, maka seluruh dimensi ruang dapat ditembus dan dipecahkan, anda mampu melihat seluruh semesta alam tanpa bantuan teropong, anda dapat melihat semua planet seperti berada di hadapanmu, begitu jelasnya. Galaksi lainnya yang berada di kejauhan, suara penghuni di sana, kita dapat mendengarnya dengan jelas.

Asalkan dapat menghapus khayalan, perbedaan dan kemelekatan, maka seluruh kemampuan yang sejak semula ada pada diri kita, dapat pulih kembali. Sayangnya dalam kehidupan keseharian orang awam hidup dalam kegelisahan, apa sebabnya? Oleh karena khayalan, perbedaan dan kemelekatan, sehingga kebijaksanaan yang sejak semula ada pada jiwa sejati, tidak dapat muncul ke permukaan. Sebaliknya yang muncul adalah fenomena buruk, beban pikiran dan petaka, beginilah jadinya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 Mei 2010

空間維次,科學家告訴我們,從理論講它是沒有數量的,無量無邊,所以只要你能夠突破。科學家不知道空間維次怎麼來的,佛知道,是從妄想分別執著裡變現出來的。如果妄想分別執著統統放下,空間維次全部打破了,全部打破之後你的能力就大,你睜開眼睛,你能看到遍法界虛空界,不需要用望遠鏡,這些科學儀器統統不需要用,你能看到其他的星球,看到星球就好像看到我們面對面一樣,那麼清楚。其他星球裡面,距離我們無限的遙遠,他們在那裡什麼音聲,我這裡聽得清楚,他有這種能力。本能,我們在《還源觀》上講到的,它有三種周遍,第一個,念頭一起,周遍法界,第二個出生無盡,第三個含容空有。這種能力還得了嗎?不可思議!不需要用任何儀器。所以佛沒有別的,就是把妄想分別執著統統放下,或者講統統斷掉了,他的能力完全恢復。所以他所講的都是現量境界,就是親眼所看、親耳所聽,那當然真實,不是推測,不是妄想。而且佛告訴我們,我們也有這個能力,只要我們肯放下,我們就恢復了。所以這是科學,科學實驗,你試試看,你放下放下看看,你一放下,這個能力真的恢復,這不就證明是真的不是假的嗎?所以凡夫日常生活,生活在哪裡?心浮氣躁。心浮氣躁是怎麼造成的?妄想分別執著造成的,只要有這些東西,你自性裡面的智慧、德相完全不能現前。所現前的是什麼?現前是扭曲的現象,煩惱現前,災難現前,就這麼回事情。這是修行最高指導原則,要知道!

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三十四集)  2010/5/9


 

 
 
Ada 4 jenis cara perenungan pada Buddha, namun yang paling mudah diamalkan adalah melafal sepatah Namo Amituofo. Setiap orang dapat melakukannya, bahkan anak usia 3 tahun juga tahu melafal Namo Amituofo.

Hanya dengan melafal sepatah Amituofo, sampai tidak timbul niat pikiran lagi, tidak membeda-bedakan dan tidak melekat lagi, maka anda mencapai KeBuddhaan, meraih keberhasilan nan sempurna.

Tetapi kenapa ada praktisi yang sudah melafal Amituofo sepanjang hayat, masih saja dihantui bentuk-bentuk pikiran? Oleh karena dia tidak tahu cara melafal Amituofo dengan benar, makanya tidak efektif. Andaikata dia memahami cara melafal Amituofo dengan benar, maka hasil yang diperoleh pasti menakjubkan tak terbayangkan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 Mei 2010

淨宗修行就是四種念佛,四種念佛有難有易,所以難易差別很大,淺深好像不一樣,其實理事不二,淺深相即,淺中有深,深中有淺,這都是事實真相。而這個事實真相,在此地雖然是講我們念佛功夫,其實八萬四千法門,乃至於在我們日常生活當中,統統用得上,就是這個道理。若是圓人看來,稱名暗合道妙。稱名就是念這一句南無阿彌陀佛。道妙是什麼?道妙是性德。稱名很淺,人人都會念,三歲小孩都會念南無阿彌陀佛,道妙是什麼?道妙是大徹大悟、明心見性。稱名,老實念這一句佛號,念到不起心、不動念、不分別、不執著,你就成佛了,你就得到最高、最圓滿的成就。為什麼我們這些人念了一輩子,念了幾十年,還離不開煩惱?為什麼?那是因為你不會念,你不了解念佛的道理,你不懂得念佛的方法,所以你合不了道妙。如果你會念,你懂得道理、懂得理論、懂得方法,那念佛這個受用就不可思議。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三十四集)  2010/5/9