Senin, 26 November 2018

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 25 Juni 2010 (Bgn 2)



Orang Tionghoa memiliki sebuah kata pepatah “Warna hijau berasal dari warna biru, namun warnanya lebih tua dari warna biru”. Maknanya adalah prestasi murid berhasil melampaui gurunya, ini menunjukkan keberhasilan guru dalam mendidik muridnya.

Sebaliknya jika si guru sudah berupaya mendidik muridnya, namun prestasi si murid tidak sanggup melampaui gurunya, maka misi pendidikan ini dianggap gagal, mengapa demikian?

Pada era sekarang ini, prestasi manusia kian merosot, generasi demi generasi kian tidak sebanding, ini tanggung jawab siapa? Guru, guru tidak mengerahkan segenap hati dalam mendidik murid-muridnya.

Ayahbunda selalu berharap prestasi putra-putrinya kelak dapat mengungguli dirinya, sehingga keluarga kian berjaya; kalau sebaliknya generasi demi generasi semakin merosot, maka reputasi keluarga pun kian terpuruk.

Demikian pula dengan usaha yang dirintis, bila tidak dikelola dengan baik, maka generasi demi generasi kian mengalami kemunduran, akhirnya bangkrut, jadi anda harus mendidik generasi penerus sehingga generasi demi generasi kian mampu memikul beban tanggung jawab, mengungguli kemampuan dirimu.

Demikian pula dengan pejabat, lihatlah topi yang dikenakan pejabat Tiongkok jaman dulu, bagian depannya lebih rendah, bagian belakangnya lebih tinggi, maknanya adalah bagian depan adalah diriku, bagian belakang adalah penerusku, semoga prestasi penerusku mengungguli diriku. Oleh karena takut kalau anda melupakan hal ini, makanya anda diwajibkan mengenakan topi begini.

Jika murid tidak dapat mengungguli prestasi guru, maka misi pendidikan ini telah gagal, si guru akan merasa malu. Jadi sudah sepantasnya prestasi murid mengungguli gurunya, ini juga membuktikan keberhasilan seorang guru dalam membimbing muridnya.

Namun kenyataannya, yang kita lihat dan kita dengar, justru kebanyakan guru tidak sudi muridnya mengungguli dirinya. Melihat murid yang berbakat, guru merasa iri dan terancam, adakah hal begini? Tentu saja ada, sejak jaman dulu hingga sekarang, dalam catatan sejarah terdapat banyak kasus begini, guru begini bukanlah guru yang baik.

Lagi pula guru mana yang punya moralitas super tinggi, setiap orang memiliki iri hati sehingga tidak mudah untuk menerima kenyataan kalah bersaing dengan murid sendiri. Iri hati merupakan kekotoran batin yang berasal dari keangkuhan. Kekotoran batin ini akan merintangi jalan pelatihan diri kita.

Ayahbunda bertanggung jawab membesarkan dan mendidik putra-putrinya, membantu mereka supaya berhasil, demikian pula tanggung jawab guru pada murid-muridnya.

Tetapi kenyataannya guru yang baik tidak gampang ditemukan, masa kini guru-guru di sekolah, kebanyakan telah jadi guru pebisnis, memperjualbelikan ilmu pengetahuan, bayar dulu baru diajari, tidak bayar maka tidak usah belajar; namun sesungguhnya, berapa besar pun bayaran anda, belum tentu dia akan mengajari anda sepenuhnya.

Inilah bentuk kemerosotan moral, mengapa ada begitu banyak bencana alam? Kita jadi mengerti. Bagaimana perbuatan kita, diri sendirilah yang paling memahaminya, hendaknya mengerahkan segenap upaya guna membantu orang lain.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 25 Juni 2010

最初老師教學生,到後來的結果好,學生超過老師,我們中國人所謂「青出於藍而勝於藍」,這個教學成功了。如果這個好老師一生教學,學生都不能超過老師,這個教學是失敗的,為什麼?這個世代、大時代水平往下降落,一代不如一代。一代不如一代,責任誰負?老師負,老師沒有盡心盡力,老師沒教導好。你看父母對兒女的期望,總希望自己的兒女能超過自己,家庭的福;如果一代不如一代,衰了;家如此,事業也是如此,你經營一個行業,你下一代不如你,再下一代更不如你,你的事業就完了,你如何能保持一代比一代超越。沒有一行不是這樣的,政治也是如此。

  你看從前作官的戴的那個帽子,那個帽子叫「進賢冠」,前面一層低,後面一層高起來,代表什麼?前面這一層是我這一代,後面是我底下的一代,希望我底下一代的成就要高過我。怕你忘掉,讓你處理公務戴上這個帽子你就想起來。學生不能超過老師,這是教育失敗,老師慚愧。所以學生超過老師是應該的,為什麼?學生踩在老師的肩膀上上去了,這是好老師,這真正的老師。可是我們也曾經看到,聽到的就更多,老師不願意學生超過他。學生超過了,老師嫉妒,有沒有?有,自古就有,歷史上記載的例子就很多,這不是好老師。可是那個老師都很有德行、很有學問,嫉妒的煩惱太重,很不容易把它化掉。這個煩惱是與生俱來的,從哪來的?從我慢來的。我慢是末那識裡面的四大煩惱之ㄧ,這個東西不好,障道,造罪業。父母對兒女有責任,要撫養、要教導他、要成就他,老師對學生亦復如是。可是今天老師不容易找到,今天學校的老師,學店,老師都變成商人,問題是販賣知識,拿錢才教,不拿錢就不教;拿的錢再多,也未必真教你,這太難太難了。這就是世風日下,為什麼會有這麼多災難?我們就曉得、就明白了。我們自己怎麼個做法也就知道了,盡心盡力去幫助人。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第六十八集)  2010/6/25




 

Jagat raya atau alam semesta beserta seluruh isinya, Buddha Dharma menyebutnya sebagai Dasa Dharmadhatu. Para ilmuwan membuktikan bahwa di luar angkasa masih terdapat banyak planet dan galaksi yang tak terhitung.

Setiap planet ada penghuninya, namun setelah semua peralatan canggih dikerahkan sampai ke planet lainnya, tidak berhasil menemukan satu Alien pun. Menurut Ajaran Buddha, bukan berarti tidak ada makhluk di luar angkasa sana, hanya saja kita dan mereka berada dalam dimensi ruang yang berbeda, jadi kita tidak dapat melihat keberadaan Alien dan si Alien juga tidak bisa melihat keberadaan kita.

Terkecuali kalau dimensi ruang mereka lebih tinggi daripada kita, barulah si Alien dapat melihat diri kita, tetapi kita tidak bisa melihatnya.

Demikian pula dengan Alam Manusia ini, yang merupakan ruang berdimensi tiga, adalah tempat kediaman insan suci dan orang awam. Sesungguhnya banyak Suciwan yang berdiam di dunia ini, sayangnya kita tidak mampu melihat Mereka, tetapi Mereka dapat melihat diri kita.

Contohnya Gunung Wutai yang merupakan tempat pertapaan Bodhisattva Manjusri, tempat kediaman Suciwan, orang awam tidak dapat melihat keberadaan-Nya, tetapi Beliau dapat melihat diri kita.  

Terkecuali ada jalinan jodoh istimewa, barulah anda dapat bersua denganNya. Guru Sesepuh Aliran Sukhavati ke-4, Master Fa Zhao, yang hidup pada masa Dinasti Tang, berziarah ke Gunung Wutai, dia berhasil bersua dengan Bodhisattva Manjusri.

Dia melihat sebuah vihara yang indah nan berwibawa, Vihara Hutan Bambu Suciwan Agung. Bodhisattva Manjusri sedang membabarkan Dharma, Master Fa Zhao ikut mendengar satu pokok bahasan, lalu mengajukan pertanyaan pada Bodhisattva Manjusri : “Sekarang dunia ini telah memasuki Jaman Berakhirnya Dharma, metode apa yang sebaiknya digunakan untuk melatih diri, supaya lebih mudah meraih keberhasilan?”. Bodhisattva Manjusri mengajarinya Pintu Dharma Pelafalan Amituofo.

Setelah meninggalkan Vihara Hutan Bambu tersebut, Master Fa Zhao membuat tanda supaya kelak masih bisa kembali lagi ke tempat tersebut, namun ketika dia menoleh ke belakang, vihara tersebut sudah tidak tampak lagi, yang terlihat hanyalah sebuah bukit tandus, akhirnya dia hanya bisa melakukan namaskara kemudian beranjak pergi. Beliau sungguh beruntung memiliki jodoh bersua dengan Bodhisattva Manjusri.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 25 Juni 2010
 
宇宙裡面的一切,這個一切在佛法裡通常叫十法界依正莊嚴,在科學家講真的是無數的星系、星球。星球裡面有生物,沒有一個星球沒有,我們太空人到外面去探險,到別的星球上去,發現沒有人。在佛法裡面講,不是沒有人,有不同維次空間,那裡面有人,我們看不見他,他看不見我們。他的維次比我們高,我們看不見他,他看得見我們。這三維空間,凡聖同居土,我們這個地球上有聖人住在這裡,我們看不到他,他能看到我們。五台山文殊菩薩道場,聖人住在那裡,我們凡夫見不到他,他會見到我們。特殊因緣,有時候你見到他了,我們淨土宗第四代的祖師法照,唐朝時候人,到五台山去參訪文殊菩薩,見到了,見到道場殊勝莊嚴,大聖竹林寺。文殊菩薩正在那裡講經,他進去就是聽了一堂課,向文殊菩薩請教:現在已經到末法時期了,眾生(就是一般大眾)學哪一個法門容易成就?文殊菩薩教他念佛法門。而且還念了幾聲佛號,他學會了,傳下來,叫五會念佛,就是念佛的方法。現在有個五會念佛的譜,但是這個譜是後人編的;法照所傳的,文殊菩薩教法照的,大概已經失傳,已經沒有人會了。五會念佛,這是念佛的方法。他離開竹林寺,沿途做記號,準備下次再來的時候不要迷了路,出去做了幾次記號,回頭一看沒有了,道場沒有了,一片荒山,他只好向山上拜了幾拜離開。有緣見到的菩薩道場。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第六十八集)  2010/6/25


 

 

Apabila sepatah Amituofo ini senantiasa berada dalam hatimu, tak terpisahkan dari mulutmu, maka tak peduli anda berada di mana saja, selalu berada dalam kondisi selamat, diberkati para Buddha Tathagata, dilindungi Dewa Naga Pelindung Dharma. Mengapa demikian? Oleh karena anda adalah siswa Buddha Amitabha.

Semua Buddha di sepuluh penjuru alam, tidak ada yang tidak memuji Buddha Amitabha. Betapa mulianya menjadi siswa Buddha Amitabha! Maka itu kita mesti serius melafal Amituofo, di dalam hati selain lafalan Amituofo, tiada lagi niat pikiran lainnya.

Di dunia ini melewati hari demi hari dengan menuruti jodoh, menerima apa adanya, takkan memaksakan kehendak, dengan demikian barulah bebas tanpa rintangan.

Dalam berinteraksi dengan orang lain, menangani urusan dan harta benda, takkan menaruhnya di dalam hati. Dengan demikian barulah dapat mengalihkan beban pikiran menjadi pencerahan, mengubah karma buruk sejak kalpa tanpa awal menjadi karma baik, sekejab saja sudah mengalihkannya.

Setelah berhasil mengalihkannya, hatimu akan terasa lapang dan bebas, menikmati kebahagiaan yang tiada bandingnya, ini adalah fakta dan bukan semu.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 25 Juni 2010
 
如果這一句阿彌陀佛不離開你的心,不離開你的口,你在這個世間無論在什麼地方,你都得到平安,你都得到諸佛如來的護念、龍天善神的保佑。為什麼?你完全跟性德相應,這是從理上講。從事上講,你真正是彌陀弟子。阿彌陀佛在十方世界沒有一尊佛不尊敬他、不讚歎他的。做彌陀弟子光榮!十方如來讚歎老師,當然也讚歎學生,對學生是特別禮遇。你幹不幹?如果要幹,真幹,心裡除阿彌陀佛之外,其他的什麼雜念都沒有。身體還在這個世間,隨緣度日,就不會攀緣,隨緣自在,對人、對事、對物自自然然大而化之,不放在心裡。這樣你就轉煩惱成菩提,轉無始劫來的惡業都變成善業,這一下就轉掉了。轉過來之後,你的心情就不一樣,自在快樂無比,這是真的,不是假的。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第六十八集)  2010/6/25